suratresmi » Umum » Contoh Doa Syafaat Kristen

Contoh Doa Syafaat Kristen

Contoh Doa Syafaat

Contoh Doa Syafaat Kristen – Dalam kehidupan beribadah umat Kristen, tentu sudah tidak asing lagi dengan Doa Syafaat. Doa merupakan salah satu cara umat Kristen untuk berkomunikasi dengan Tuhan, percakapan dengan Tuhan, ataupun media untuk memohon dan bersyukur kepada Tuhan.

Dalam kehidupan sehari – hari, hendaknya Doa menjadi nafas rohani untuk setiap umat Kristen. Dalam keadaan atau situasi apapun, baik suka maupun duka, Alkitab mengatakan “Tetaplah Berdoa” (I Tes 5:17). Doa bukanlah percakapan satu arah, melainkan dua arah (antara manusia dengan Tuhan).

Kembali ke Doa Syafaat, mungkin masih banyak yang kurang mengerti arti dari doa syafaat. Doa syafaat seringkali disebut di dalam kehidupan bergereja ataupun kehidupan beragama Kristen. Jika diartikan secara singkat, maka Doa Syafaat adalah saat manusia berdoa atas nama orang lain.

Sebagaimana dilansir dari Sabda.org, Syafaat diekspresikan dalam bahasa Inggris sebagai kata “Intercession”, yang berarti berdiri di antara dua orang, seperti saya berada dalam kelompok itu, yaitu saya berdiri di antara dua orang yang datang bersama di hadapan Tuhan.


Contoh Doa Syafaat Kristen

Memanjatkan doa syafaat mungkin bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang, terutama jika masih belum terbiasa. Pada umumnya, doa syafaat akan lebih panjang dari doa pribadi ataupun doa kristen yang sehari – hari kita panjatkan ke hadapan Tuhan.

Hal yang wajar jika kamu misalnya sedikit gugup ketika tiba – tiba ditunjuk untuk membawakan doa syafaat dalam kebaktian. Saya, kamu, dan kita semua mungkin saja merasa gugup. Namun yakinlah kepada Tuhan, bahwa Dia akan menuntun kita bahkan dalam berdoa sekalipun.

Untuk bahan referensi, kamu bisa membaca dan mempelajari beberapa contoh doa syafaat kristen di bawah ini. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah dan lebih terbiasa memanjatkan doa syafaat ketika dibutuhkan nantinya.


1. Contoh Doa Syafaat Kristen Protestan Untuk Bangsa dan Negara

 

Ketika sedang beribadah, tentunya sudah hal yang lumrah jika pembawa doa syafaat juga akan mendoakan bangsa dan negara kita tercinta ini. Mendoakan para pemimpin, meminta dan mengharapkan kesejahteraan dan kedamaian negara adalah hal yang bisa kita sampaikan kepada Tuhan.

Terutama seperti sekarang ini dimana dunia, termasuk Indonesia dilanda Pandemi Covid-19 atau Corona Virus, alangkah baiknya jika kita bersama – sama mendoakan agar Corona Virus segera disingkirkan Tuhan dari negara kita. Di bawah ini adalah contoh doa syafaat kristen untuk bangsa dan negara.

Bapa Kami Yesus Kristus yang ada di kerajaan Surga, terimakasih Tuhan karena pada hari ini engkau memberikan kesempatan kepada kami untuk berkumpul saling menguatkan dan saling mendoakan satu sama lain. Ya Bapa, kami berdoa khusus nya bagi Bangsa kami Indonesia, bangsa di mana kami tinggal, kiranya engkau senantiasa memberikan perlindungan bagi bangsa kami Indonesia.

Ya Tuhan, kiranya Engkau menjauhkan Indonesia dari bencana, malapetaka, pertikaian antar suku dan agama. Satu kan hati kami semua Tuhan untuk bisa memberi dampak yang baik bagi Negri ini.

Tak lupa juga kami mendoakan untuk para pemimpin kami ya Tuhan. Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat, hingga para pimpinan di bawah nya. Kiranya Tuhan memberi mereka hikmat, sifat bijaksana, kejujuran, sifat yang adil dan juga sikap yang takut akan Engkau ya Bapa. Dengan demikian, mereka bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan kehendak-Mu.

Demikian doa singkat dari kami ya Tuhan. Kiranya Engkau senantiasa memberi kami pengampunan kepada kami. Terimakasih Tuhan, didalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.


2. Teks Doa Syafaat Kristen Protestan Pada Saat Ibadah

 

Pada saat beribadah, doa syafaat adalah hal yang lumrah dilakukan. Baik itu ibadah di gereja, ibadah perkumpulan, ataupun ibadah lainnya. Di bawah ini adalah contoh teks doa syafaat kristen protestan yang bisa dipelajari dan dihafalkan.

Tuhan yang sungguh mulia. Terimakasih banyak atas berkat dan penyertaan yang Engkau berikan sehingga kami dapat berkumpul pada hari ini untuk bersama memuji dan memuliakan nama-Mu.

Tuhan yang mulia. Ada banyak hal yang ingin kami pergumulkan pada kesempatan ini, namun biarlah kami berdoa sesuai yang Engkau ketahui tentang apa yang hendak terjadi.

Kami mohon kepada-Mu. Kiranya berkatilah gereja ini, kegiatan ibadah yang kami laksanakan dapat turut ditambahkan jiwa-jiwa gres sehingga dapat bersama-sama beribadah bersama kami. Kami juga mohon. Berkatilah pelayan gereja, penerima tamu, pemain tamborine, penyanyi rohani, guru sekolah minggu, hingga jemaat yang mengikuti kebaktian.

Berkatilah pula jemaat dan pelaku ibadah di gereja-gereja lain yang sama-sama tengah memuji dan memuliakan nama-Mu. Lindungilah kami dari roh jahat dan iblis yang hendak mengganggu jalannya acara.

Sejatinya masih banyak yang ingin kami sampaikan, namun Engkau lebih tahu apa yang hendak kami katakan. Biarlah doa ini dapat terjadi sesuai kehendak-Mu seperti ketika Engkau menyertai kami dengan cuaca yang cerah pada hari ini.

Kiranya Tuhan bersedia memberikan sukacita pada ruangan ini. Kiranya Tuhan dapat memberikan umur yang panjang sehingga pergumulan dan ibadah ini akan terulang di kemudian hari. Amin.


3. Contoh Doa Syafaat Ibadah Minggu Kristen Protestan

 

Sebagaimana kita ketahui, setiap hari Minggu adalah hari dimana Umat Kristen beribadah di gereja, berkumpul dan bersekutu bersama dengan jemaat yang lain. Di bawah ini adalah contoh doa syafaat kristen protestan untuk ibadah hari minggu.

Yesus yang senantiasa memberkati, telah banyak berkat yang Engkau sertakan kepada manusia di bumi. Termasuk kami yang Engkau berkati sehingga dapat menjalani ibadah pada hari minggu ini. Meski kami memiliki banyak kekurangan dan kerap melakukan perbuatan dosa, namun Engkau selalu memaafkan dan mengasihi kami sebagaimana kasih Bapa kepada anak-Nya.

Kami pada kesempatan ini ingin melakukan pergumulan, berdoa atas nama orang lain yang tentu telah Engkau ketahui jauh – jauh hari. Biarlah pergumulan ini terjadi sesuai yang Engkau ketahui dan Engkau kehendaki.

Kami mohon kepada-Mu supaya tempat ini, gereja yang kami tempati untuk sarana beribadah memuji dan memuliakan nama-Mu dapat ditambahkan jiwa – jiwa baru sehingga semakin banyak yang beribadah.

Kami juga mohon dari-Mu, berkatilah para pelayan gereja, penerima tamu, worship leader, pemain tambora, pemain musik, MC, hingga jemaat-jemaat yang menyempatkan hadir.

Termasuk bagi mereka yang belum berkesempatan hadir untuk beribadah, kami mohon penyertaan-Mu agar di lain waktu mereka dapat dimudahkan dan tak ada halangan untuk menghadiri kegiatan ini.

Tidak lupa kami memohon kepada Engkau ketentraman lingkungan, kedamaian bangsa, dan negara, Bantulah kami untuk menghindarkan orang-orang yang bermaksud buruk kepada masyarakat Indonesia.

Sebenarnya masih banyak yang ingin kami mohonkan, namun Engkau jauh lebih mengetahui apa yang hendak kami katakan. Biarlah pergumulan ini terjadi seperti yang Engkau kehendaki.

Kiranya Tuhan memberkati semua makhluk di bumi, memberi penyertaan, kebahagiaan, dan sukacita. Biarlah semua beribadah kepada-Mu tanpa ada halangan dan rintangan. Biarlah Tuhan bekerja menurut kehendak-Nya. Campur tangan Tuhan pasti akan membawa kedamaian dan kebahagiaan untuk kami semua.

Dalam nama Yesus, Putera Roh Kudus kami mohon doa. Amin.


4. Contoh Doa Syafaat Kristen Singkat dan Jelas

 

Jika kamu masih baru belajar untuk doa syafaat, tentu butuh waktu. Namun agar lebih mudah, kamu bisa belajar doa syafaat yang singkat saja terlebih dahulu. Semakin kamu mahir, kata demi kata, kalimat demi kalimat tentu akan semakin mudah kamu rangkai menjadi sebuah doa syafaat.

Tuhan Alah Bapa kekal di dalam kerajaan sorga. Pada saat ini kami masih dan selalu mengucap syukur.

Tuhan Yesus pada saat ini kami mau berdoa untuk saudara – audara kami, keluarga kami, orang tua kami, Bapak Pendeta, kiranya Engkau memberkati mereka. Berilah kami semua petunjuk untuk memasuki jalan kebenaran.

Kami mau berdoa juga untuk presiden,wakil presiden,dan para pejabat tinggi negara berkati mereka,. Berikan mereka kesehatan dan kekuatan agar dapat menjalani tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Kami berdoa untuk saudara – saudara kami yang sedang sakit, sembuhkanlah mereka dengan tangan kasih-Mu, berkati obat – obat yang mereka minum agar mereka bisa sembuh hanya dari mujizat-Mu.

Kami juga mau berdoa untuk anak – anak yang terlantar, anak yatim piatu, bapak duda, ibu janda, berikan mereka kesehatan dan kekuatan. Berkati juga persembahan yang telah kami berikan. Kami tahu persembahan itu hanya sedikit dan tidak sebanding dengan berkat yang sudah Engkau berikan kepoada kami. Kiranya persembahan itu bisa berguna untuk pelebaran kerajaan-Mu di muka bumi ini.

Terimalah Doa kami ini ya Bapa, hanya dalam nama anak-Mu Yesus Kristus, Amin.


5. Doa Syafaat di Pagi Hari Setelah Bangun

Pagi hari adalah waktu dimana kita memulai aktivitas sehari – hari. Tentunya kita berharap agar semua aktivitas kita dilancarkan. Namun kamu juga bisa berdoa syafaat di pagi hari, mendoakan diri sendiri, orang lain di sekitar, dan juga umat Kristen di seluruh dunia. Di bawah ini adalah contoh doa syafaat kristen di pagi hari setelah bangun.

Bapa yang maha baik, pertama-tama kami mengucap banyak terimakasih karena Engkau telah memberkati pagi hari kami dengan penuh kebahagiaan serta sukacita. Terimakasih telah memberi tidur yang nyenyak, udara pagi yang sejuk dan suasana yang damai, kicauan burung yang merdu. Kami sungguh bersyukur atas berkat pemberian dari-Mu yang maha baik.

Ada yang ingin kami pergumulkan, dan tentu Engkau telah mengetahuinya. Namun biarlah pergumulan ini terjadi sesuai dengan yang telah Engkau ketahui sebelumnya.

Tuhan, berkatilah seluruh keluarga umat Kristiani, seluruh masyarakat Indonesia dan seluruh makhluk di bumi untuk mendapat pagi yang indah dan sejuk seperti yang kami dapat. Berkatilah orang-orang yang masih kurang tidur karena kerja lembur agar cukup mendapat waktu istirahat dan hidup dengan sehat. Berkatilah bagi yang belum mendapat kedamaian pada pagi hari.

Kami tahu bahwa kehidupan ini berdimensi. Ada yang mendapat sukacita dan ada yang mendapat pencobaan. Namun, kami juga yakin bahwa Engkau maha baik.

Kami yakin Engkau akan memberikan sukacita kepada setiap makhluk yang percaya kepada-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa dan memohon. Amin.


Penutup

Berdoa memang sudah seharusnya menjadi santapan rohani bagi umat Kristen setiap harinya. Dalam keadaan apapun, Tetaplah Berdoa. Itulah beberapa Contoh Doa Syafaat Kristen yang bisa kamu pelajari sebagai bahan referensi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top