16 Contoh Surat Berita Acara Serah Terima, Kejadian, DLL

Contoh Surat Berita Acara – Ada begitu banyak kegiatan – kegiatan resmi yang dilakukan oleh berbagai pihak. Beberapa di antaranya adalah pihak perusahaan, instansi pemerintahan,  organisasi, sampai dengan lembaga – lembaga, seperti lembaga kepolisian. Nah, dalam suatu kegiatan tersebut, seringkali harus menggunakan surat berita acara sebagai bukti dari adanya suatu kegiatan.

Lantas, apa keperluan dari surat berita acara?. Salah satu jenis surat resmi ini memiliki banyak manfaat, dan salah satunya adalah sebagai bukti sah dari kegiatan ataupun acara yang sudah dilakukan. Salah satu pihak yang paling sering menggunakan surat berita acara ini adalah lembaga kepolisian, dimana sering menggunakan surat berita acara penangkapan, berita acara kejadian, berita acara pemeriksaan, dan lainnya.

Sementara pada suatu perusahaan kita bisa menemukan penggunaan berita acara serah terima, baik itu serah terima barang, dokumen, ataupun barang inventaris kantor. Dan kegiatan seperti ini biasanya juga disertai dengan surat tanda terima yang ditanda tangani oleh pihak penerima barang atau dokumen tersebut. Beberapa waktu yang lalu, kami juga sudah membahas dan memberikan contoh surat tanda terima dengan lengkap untuk anda sekalian.

Lantas, apa saja yang tertera pada surat berita acara?. Ya, untuk anda yang sudah terbiasa menggunakan surat ini tentu sudah tidak asing lagi dengan struktur penulisan surat berita acara. Pada surat berita acara ini bisa kita temukan identitas atau pihak yang melakukan acara, waktu acara, isi ataupun inti dari acara, dan beberapa informasi lainnya yang dianggap penting.

Contoh Surat Berita Acara

Surat berita acara termasuk ke dalam salah satu jenis ataupun contoh surat resmi, dimana anda harus memperhatikan banyak hal. Di antaranya adalah penggunaan kop surat, tanggal, penggunaan bahasa yang baik dan benar, serta isi surat yang harus singkat, namun padat dan jelas, serta mudah dipahami isi dari surat tersebut.

Bagi anda yang sudah bekerja dan bertugas menangani urusan surat menyurat, maka mungkin sudah terbiasa menulis surat berita acara. Sementara untuk anda yang merupakan anak sekolah ataupun mahasiswa, mungkin saja mendapat tugas untuk menulis surat berita acara. Nah, di bawah ini adalah beberapa contoh surat berita acara yang mungkin bisa anda jadikan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Berita Acara Serah Terima

Surat berita acara serah terima bisa dipergunakan untuk banyak hal. Salah satunya adalah surat berita acara barang. Sebagai salah satu contoh kecil, kita bisa menggunakan surat berita acara serah terima barang dari pihak pembeli, yang di tanda tangani bersama oleh kedua belah pihak, yakni pihak penjual dan pihak pembeli. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat surat berita acara serah terima barang di bawah ini.

Pada hari ini, Senin, 06 November 2019, kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama.

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Direktur PT. Sukses Makmur
Alamat:Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua.

Dengan ini Pihak Pertama sudah menyerahkan sejumlah barang kepada Pihak Kedua, dan selanjutnya Pihak Kedua menyatakan sudah menerima barang dari Pihak Pertama yang tercantum di bawah ini :

  1. 10 Unit Kulkas Polytron 2 Pintu
  2. 10 Unit TV LED Samsung 32 Inch
  3. 10 Unit TV LED LG 29 Inch
  4. 10 Unit Rice Cooker Miyako
  5. 10 Unit Kipas Angin Miyako 21 Inch.

Demikianah berita acara ini diperbuat dengan sebenarnya oleh kedua belah pihak, serta barang – barang tersebut dalam kondisi baik dan layak pakai, serta sejak surat berita acara ini di tanda tangani, maka barang – barang tersebut menjadi hak dan tanggung jawab dari Pihak Kedua.

Pihak Pertama,Pihak Kedua,
  
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

2. Contoh Surat Berita Acara Kegiatan

Ada banyak kegiatan yang seringkali dilakukan oleh berbagai pihak. Salah satunya adalah kegiatan rapat. Nah, kegiatan rapat tersebut perlu dicatat pada surat berita acara, dimana meliputi waktu dan tempat acara kegiatan rapat, materi atau topik rapat, pimpinan rapat dan peserta rapat, dan beberapa informasi lainnya. Sebagai bahan referensi, maka anda bisa melihat contoh surat berita acara kegiatan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

BERITA ACARA RAPAT

Berkaitan dengan Penetapan Anggaran Dan Target Penjualan Perusahaan untuk Tahun Anggaran 2020 mendatang, maka pada hari ini :

Hari/Tanggal:Senin/06 November 2019
Waktu:08.00 – 10.00
Tempat:Ruang Rapat

Telah dilaksanakan Rapat Penetapan Anggaran dan Target Penjualan Perusahaan untuk Tahun Anggaran 2020, yang diikuti oleh semua Kepala Departemen Bidang, sebagaimana tercatat pada Daftar Hadir Terlampir.

Materi yang dibahas pada rapat ini serta yang bertugas sebagai unsur pimpinan rapat dan notulen adalah :

Materi Rapat :
Penetapan Anggaran dan Target Penjualan Perusahaan Tahun Anggaran 2020.

Unsur Pimpinan Rapat :
Pimpinan Rapat : Anton Syahputra.

Setelah dilaksanakan rapat dan pembahasan terkait dengan materi atau topik di atas, berikutnya seluruh peserta rapat sudah menyetujui dan menyepakati menjadi Keputusan Akhir Rapat, yaitu :

  1. Jumlah anggaran yang akan dipergunakan untuk Tahun Anggaran 2020 adalah sebesar Rp. 1.500.000.000,- (satu milyar lima ratus juta rupiah).
  2. Target perusahaan naik sebesar 10 % atau senilai Rp. 15.000.000.000,- (lima belas milyar rupiah).

Demikianlah berita acara ini dibuat dan disahkan dengan penuh tanggung jawab agar bisa menjadi pedoman ketentuan di masa mendatang.

Medan, 06 November 2019

Pimpinan Rapat,Notulen Rapat,
  
Anton Syahputra.Intan Permatasari.

3. Contoh Surat Berita Acara Kejadian

Surat berita acara kejadian biasanya dipergunakan oleh pihak kepolisian ketika mendapat laporan mengenai suatu kejadian tertentu dan sudah menyelidiki kebenaran dari kejadian tersebut. Jika kejadian tersebut memang benar – benar membutuhkan penangangan dari pihak kepolisian, maka selanjutnya akan dibuat surat berita acara kejadian seperti contoh di bawah ini.

KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
KEPOLISIAN DAERAH SUMATERA UTARA
KEPOLISIAN RESORT KOTA BESAR MEDAN
Jl. HM. Said No.1, Sidorame Bar. I, Medan
Telp. 0896-7251-0672

BERITA ACARA KEJADIAN
Nomor : 123/POLRESTA.MEDAN/11/2019

Pada hari ini, Senin, 06 November 2019, sekira pukul 09.00 WIB.

Nama:Anton Syahputra
NRP:86071936
Jabatan:Kasat Reskrim
Unit Kerja:Polrestabes Medan Kota

Setelah menerima laporan tentang : Kejadian Pencurian.

Membuat berita acara kejadian sebagai berikut :

Saya telah menerima laporan dari : Intan Permatasari.
Pekerjaan : Wirausaha

Yang melaporkan bahwa telah terjadi : Penganiayaan dan Pencurian di toko kelontong miliknya, Toko Sukses Makmur, yang beralamat di Jl. Amal No. 123, Medan.

Saya dengan dibantu oleh Sdr. Muhammad Ilham telah menangani kasus tersebut dan sudah melakukan pemeriksaan di TKP, meminta keterangan dari beberapa orang saksi, dan membawa rekaman CCTV toko.

Demikian berita acara kejadian saya buat dengan sebenar – benarnya dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kemudian ditutup dan ditanda tangani pada hari dan tanggal serta tempat seperti tersebut diatas.

Mengetahui,
Pembuat Berita Acara,

 

Anton Syahputra.
NRP. 86071936.

4. Contoh Surat Berita Acara Pemeriksaan

Selain dari surat berita acara kejadian, pihak kepolisian juga seringkali menggunakan surat berita acara pemeriksaan. Surat ini dipergunakan ketika sudah memeriksa saksi, tersangka, ataupun korban dari suatu kejadian yang sedang diselidiki. Dan untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat berita acara pemeriksaan di bawah ini.

KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
KEPOLISIAN DAERAH SUMATERA UTARA
KEPOLISIAN RESORT KOTA BESAR MEDAN
Jl. HM. Said No.1, Sidorame Bar. I, Medan
Telp. 0896-7251-0672

BERITA ACARA PEMERIKSAAN
Nomor : 123/POLRESTA.MEDAN/11/2019

Pada hari ini, Senin, tanggal 06 bulan November tahun 2019 sekitar jam 13.00 WIB, saya Anton Syahputra dengan pangkat AIPDA, NRP. 12345678 sebagai penyidik pembantu pada Kantor tersebut di atas menurut Surat Keputusan Kapolda Sumatera Utara No.Pol. : Skep / 143 / VI / 2018 tanggal 10 Februari 2018, telah menjalankan pemeriksaan terhadap satu orang perempuan, yakni :

Nama:Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 1990
Umur:29 Tahun
Agama:Islam
Kewarganegaraan:Indonesia
Pekerjaan:Wiraswasta
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan
Nomor Hp.:081234567890

dan diperiksa untuk diminta dan disimak penjelasan sebagai Korban yang berkaitan dengan kejadian perkara yang diduga telah terjadi Penganiayaan dan Pencurian di toko kelontong miliknya, Toko Sukses Makmur, yang beralamat di Jl. Amal No. 123, Medan, sehubungan dengan Laporan Polisi No. : 123/SLP/Polresta.Medan/11/2019 tanggal 06 November 2019.

Medan, 06 November 2019.

Penyidik,Yang Diperiksa,
  
Anton Syahputra
NRP. 12345678
Intan Permatasari.
 

5. Contoh Surat Berita Acara Serah Terima Barang

Ketika anda menerima ataupun memberikan barang inventaris perusahaan pada pejabat kantor lainnya, tentulah harus menggunakan surat berita acara. Surat tersebut berguna sebagai bukti jika barang tersebut sudah benar – benar diserahkan kepada yang bersangkutan dalam keadaan baik. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat berita acara serah terima barang di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

BERITA ACARA SERAH TERIMA
Nomor : 123/STB/MJS/11/2019

Pada hari ini, Senin, tanggal 06 bulan November tahun 2019, kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Kepala Departemen Inventaris
Unit Kerja:PT. Maju Jaya Sejahtera

Selanjutnya sebagai Pihak Pertama.

Nama:Intan Permatasari
Jabatan:Kepala Departemen Administrasi
Unit Kerja:PT. Maju Jaya Sejahtera

Selanjutnya sebagai Pihak Kedua.

Dengan ini Pihak Pertama sudah menyerahkan barang kepada Pihak Kedua, dan Pihak Kedua sudah menyatakan telah menerima barang dari Pihak Pertama berupa :

NoNama BarangJumlah
1Laptop Acer Core i75 Unit

Demikianlah berita acara serah terima barang ini diadakan oleh masing – masing belah pihak. Adapun barang – barang tersebut dalam keadaan baik dan layak pakai, dan sejak penandatanganan surat berita acara ini, maka barang – barang tersebut menjadi hak dan tanggung jawab dari Pihak Kedua, memelihara, merawat dengan baik, serta untuk dipergunakan dalam menyelesaikan pekerjaan kantor.

Medan, 06 November 2019

Pihak Pertama,Pihak Kedua,
  
Anton Syahputra.Intan Permatasari.

6. Contoh Surat Berita Acara Kehilangan Barang

Surat berita acara kehilangan barang ini mungkin saja akan anda perlukan jika barang yang hilang tersebut bukan milik anda. Sebagai contoh kecil adalah anda kehilangan barang inventaris perusahaan di kantor, dan anda diminta untuk menulis surat berita acara kehilangan sebagai bukti pertanggung jawaban. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat berita acara kehilangan barang di bawah ini.

BERITA ACARA KEHILANGAN

Surat berita acara kehilangan ini dibuat pada hari Senin, tanggal 06 bulan November tahun 2019, bertempat di Medan, oleh saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Staff Personalia
Departemen:Personalia
Unit Kerja:PT. Maju Jaya Sejahtera

yang dengan ini menyatakan dengan sebenar – benarnya bahwa telah kehilangan barang inventaris milik perusahaan dengan detail sebagai berikut :

Jenis Barang:Laptop
Merk Barang:Acer
Tipe:L421
Nomor Aset:01/PTSBH/03.2018

yang telah hilang pada hari ini, Senin, 06 November 2019 di dalam ruangan Personalia ketika saya makan siang di Pantry sekitar pukul 12.00 WIB.

Demikian surat berita acara kehilangan ini saya perbuat dengan sebenar – benarnya dan bersedia bertanggung jawab atas pernyataan tersebut di atas.

Medan, 06 November 2019

Yang Menyatakan Kehilangan,

 

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Berita Acara Serah Terima Pekerjaan

Suatu perusahaan seringkali membutuhkan atau menggunakan jasa dari pihak perusahaan lain untuk mengerjakan sesuatu hal. Salah satunya adalah pemasangan AC di kantor mereka, yang tentunya harus dilakukan oleh orang – orang yang ahli. Dan untuk memperjelas pekerjaan tersebut, kedua belah pihak pun bisa membuat surat berita acara serah terima pekerjaan seperti contoh di bawah ini.

BERITA ACARA SERAH TERIMA PEKERJAAN

Pada hari ini, Senin, tanggal 06 bulan November tahun 2019, kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

bertindak untuk dan atas nama PT. Maju Jaya Sejahtera, merupakan Pihak Pemberi Pekerjaan, yang selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama.

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Direktur PT. Techindo Computer
Alamat:Jl. Jend. Sudirman No, 123, Medan

bertindak untuk dan atas nama  PT. Technindo Computer, merupakan Pihak Pemberi Pekerjaan, yang selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua.

Dengan ini menerangkan bahwa :

Pihak Kedua telah menyerahkan kepada Pihak Pertama, dan Pihak Pertama menyatakan telah menerima dari Pihak Kedua berupa hasil pekerjaan untuk PERBAIKAN 10 UNIT LAPTOP, yang diselesaikan dan diserahkan pada tanggal 06 November 2019.

Dengan adanya berita acara serah terima pekerjaan ini, maka Pihak Kedua telah melaksanakan kewajiban dengan baik dan berhak menerima pembayaran senilai Rp. 2.300.000,- (dua juta tiga ratus ribu rupiah), yang dibayar oleh Pihak Pertama dengan tunai sesuai dengan perjanjian awal.

Demikianlah berita acara serah terima pekerjaan ini dibuat dengan sebenarnya oleh kedua belah pihak untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 06 November 2019

Pihak Pertama,Pihak Kedua,
  
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

8. Contoh Surat Berita Acara Serah Terima Jabatan

Pergantian pejabat pada suatu instansi pemerintahan seringkali kita temukan. Tidak hanya itu, pada organisasi dan lembaga – lembaga juga seringkali adanya pergantian orang yang menduduki jabatan tertentu. Dan untuk itu, diperlukan adanya surat berita acara serah terima jabatan, seperti contoh di bawah ini.

KARANG TARUNA BAKTI JAYA
KELURAHAN PADANG BULAN
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

BERITA ACARA SERAH TERIMA JABATAN

Berdasarkan hasil rapat Kepengurusan Karang Taruna Bakti Jaya Padang Bulan pada tanggal 01 November 2019 yang diikuti oleh Lurah Padang Bulan, Ketua Karang Taruna Bakti Jaya, dan para pengurus, maka pada hari ini, Senin, 06 November 2019, yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1994
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini telah melakukan serah terima jabatan sebagai Ketua Karang Taruna Bakti Jaya Padang Bulan untuk Periode 2019 – 2024 kepada :

Nama:Muhammad Ilham
Tempat/Tgl Lahir:Medan/10 Juni 1995
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

Dengan ini saya menyerahkan segala tanggung jawab, kekayaan, urusan, dan kepemimpinan Karang Taruna Bakti Jaya Padang Bulan kepada nama tersebut di atas untuk dimanfaatkan, dijaga, dikembangkan secara maksimal, demi tercapainya tujuan dan komitmen Karang Taruna Bakti Jaya Padang Bulan. Adapun hal – hal yang diserah terimakan sudah terlampir dalam laporan pertanggung jawaban.

Medan, 06 November 2019

Pemberi Jabatan,Penerima Jabatan,
  
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

Penutup

Penggunaan surat berita acara masih sangat sering kita temukan saat ini. Surat ini tidak hanya berguna sebagai bukti pertanggung jawaban saja, namun juga berguna sebagai dokumen yang mungkin bisa dibutuhkan dikemudian hari. Itulah tadi beberapa contoh surat berita acara yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.