16 Contoh Surat Cuti Kerja Tahunan, Nikah, & Melahirkan

Contoh Surat Cuti Kerja – Dalam dunia kerja, perihal cuti bukanlah sesuatu hal yang baru. Setiap perusahaan memiliki peraturan tersendiri mengenai cuti yang akan diberlakukan kepada semua karyawan maupun pegawai mereka. Dengan demikian, maka cuti kerja sudah menjadi hak anda sebagai pekerja/buruh. Namun tetap saja, anda harus mengajukan permohonan surat izin cuti terlebih dahulu kepada atasan.

Setiap perusahaan tentu memiliki peraturan yang berbeda – beda, antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lainnya. Ada perusahaan yang tetap akan membayar gaji karyawannya untuk cuti yang sudah ditentukan. Namun tidak sedikit juga perusahaan yang memberlakukan pemotongan gaji karyawannya ketika mengambil cuti tertentu.

Salah satu cuti yang biasanya gajinya akan tetap dibayarkan oleh perusahaan adalah cuti melahirkan. Walaupun cuti melahirkan lumayan lama, yakni sampai 3 bulan, namun sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk membayarkan gaji mereka. Untuk mendapatkan izin cuti melahirkan ini, maka anda pun tetap harus mengajukan surat permohonan cuti terlebih dahulu kepada atasan dengan menggunakan surat cuti melahirkan.

Nah, bagaimana dengan cuti – cuti lainnya?, seperti cuti tahunan, cuti sakit, cuti menikah, dan lainnya?. Tetap saja, anda harus mengajukan surat permohonan cuti kerja terlebih dahulu. Mengenai gaji dibayar atau tidak,  maka itu semua tergantung pada perusahaan tempat anda bekerja. Berbeda dengan para PNS, yang sudah bisa dipastikan jika gaji mereka akan dibayarkan.

Contoh Surat Cuti Kerja

Ada banyak contoh surat pengajuan cuti kerja yang bisa anda pergunakan. Anda hanya perlu memiliki alasan pasti mengapa harus mengambil cuti. Jika sekirannya anda mengambil cuti karena sakit atau karena akan melahirkan, maka anda pun bisa melampirkan surat keterangan dari dokter. Hal ini tentu akan menambah keyakinan bagi perusahaan tempat anda bekerja untuk memberikan cuti kerja.

Namun satu hal yang harus anda perhatikan, anda harus memberikan surat pengajuan cuti atau surat permohonan cuti beberapa hari sebelum mengambil cuti. Idealnya, anda bisa memberikan surat izin cuti kerja 1 minggu sebelum anda cuti. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini ada beberapa contoh surat cuti kerja yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Cuti Kerja Tahunan

Pada umumnya, setiap perusahaan selalu memberikan cuti tahunan selama beberapa hari kepada para karyawan dan pegawainya. Misalnya saja, cuti selama 12 hari dalam satu tahun. Dan jika anda ingin mengambil cuti tahunan untuk beberapa hari sekaligus, anda pun bisa menggunakan contoh surat pengajuan cuti kerja tahunan di bawah ini.

Medan, 16 November 2019

Perihal : Permohonan Cuti Tahunan

Kepada Yth,
Kepala Departemen Personalia
PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Branch Marketing
Departemen:Penjualan
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan cuti kerja tahunan selama 6 (enam) hari kerja, terhitung dari tanggal 24 November 2019 s/d 29 November 2019 untuk cuti tahunan tahun 2019.

Demikian surat permohonan cuti ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijakasanaanya, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Cuti Kerja Karena Menikah

Pernikahan pada umumnya membutuhkan banyak persiapan. Belum lagi waktu yang mungkin akan banyak tersita untuk mengurus pernikahan. Maka dari itu, anda pun bisa mengajukan surat cuti kerja menikah kepada atasan anda, agar bisa lebih fokus dalam mempersiapkan pernikahan. Anda pun bisa menggunakan contoh surat cuti menikah di bawah ini.

Medan, 16 November 2019

Perihal : Permohonan Cuti Menikah

Kepada Yth,
Bapak Anton Syahputra
Direktur PT. Sukses Makmur
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
No. Karyawan:N7345
Jabatan:Staff Produksi
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan cuti menikah selama 5 (lima) hari kerja, terhitung dari tanggal 24 November 2019 s/d 28 November 2019. Hal ini sehubungan dengan pernikahan saya yang akan diselenggarakan pada tanggal 26 November mendatang.

Demikian surat permohonan ini saya ajukan, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Muhammad Ilham.

3. Contoh Surat Cuti Kerja Dalam Bahasa Inggris

Dalam dunia pekerjaan, anda mungkin akan sangat jarang menggunakan surat izin cuti dalam bahasa Inggris. Namun untuk anda para anak sekolah atau mahasiswa, bisa saja mendapat tugas untuk menulis surat cuti kerja dalam bahasa Inggris. Maka dari itu, di bawah ini adalah contoh surat pengajuan cuti kerja dalam bahasa Inggris yang bisa anda pergunakan.

Medan, November, 16 2019

Subject : Application for Married Leave

To :
Mrs. Intan Permatasari
Director of PT. Sukses Makmur
in Place

With Respect,
I, the undersigned below :

Name:Dewi Cahaya
Position:Marketing Staff
Departement:Sales
Addres:Jl. Amal No. 123, Medan

hereby intends to apply for marriage leave during 6 days, starting from date November, 24 2019 – November, 29 2019.

So I do this leave of absence, for your attention and wisdom, I thank you.

Best Regards,

Dewi Cahaya.

4. Contoh Surat Cuti Kerja Karena Hamil/Melahirkan

Cuti hamil dan cuti melahirkan biasanya akan digabung selama 3 bulan. Adapun ketentuannya adalah 1,5 bulan sebelum melahirkan, dan 1,5 bulan setelah melahirkan, sehingga total cuti selama 3 bulan penuh. Jika anda sudah memeriksakan diri ke bidan ataupun ke dokter mengenai jadwal kelahiran anda, anda pun bisa segera memberikan surat cuti melahirkan kepada atasan anda.

Medan, 16 November 2019

Perihal : Permohonan Cuti Melahirkan
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Kepala Departemen Personalia
PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
No. Karyawan:N8976
Jabatan:Staff Administrasi
Alamat:Jl. Pertempuran No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan cuti melahirkan selama 3 bulan, terhitung dari tanggal 20 November 2019 – 20 Februari 2020.

Adapun yang menjadi dasar saya mengajukan surat permohonan cuti melahirkan ini adalah atas hasil pemeriksaan dokter, dimana saya akan melahirkan sekitar tanggal 05 Januari 2020. Sebagai bukti pertanggung jawaban, bersama ini saya sudah melampirkan surat keterangan dari dokter.

Demikian surat permohonan cuti ini saya perbuat, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

5. Contoh Surat Cuti Karena Sakit

Bagi anda yang menderita suatu penyakit dan butuh waktu lama untuk pulih, maka tidak ada salahnya untuk mengambil cuti. Walaupun mungkin resikonya anda tidak akan mendapatkan gaji selama cuti tersebut, namun anda akan bisa pulih dengan lebih cepat. Untuk itu, anda pun bisa mengajukan surat permohonan cuti kerja resmi kepada atasan.

Medan, 16 November 2019

Perihal : Permohonan Cuti Sakit
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Bapak Anton Syahputra
Direktur PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Staff Produksi
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan cuti selama 1 bulan, terhitung sejak hari ini, Senin, 16 November 2019 s/d 16 Desember 2019.

Adapun dasar saya mengajukan cuti tersebut dikarenakan kondisi saya yang sedang sakit, dimana saya mengalami kecelakaan kemarin, yang menyebabkan saya harus menjalani perawatan intensif dalam waktu yang lama di rumah sakit. Bersama ini saya pun sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Selama saya menjalani cuti, saya harus berada dan menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Pusat Adam Malik, Medan, dan 10 hari setelahnya berada di rumah kediaman saya, Jl. Mahameru No. 123, Medan.

Demikian surat permohonan cuti ini saya ajukan, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

Muhammad Ilham.

6. Contoh Format Surat Cuti Kerja

Walaupun ada berbagai jenis surat cuti kerja, namun pada umumnya tidaklah jauh berbeda dan hampir mirip. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan satu buah format contoh surat cuti kerja yang bisa anda pergunakan. Anda pun bisa mengcopynya, lalu mengubah dan mengedit beberapa detail sesuai dengan keinginan anda sendiri.

(Nama Kota dan Tanggal)

Perihal : Permohonan Cuti Kerja
Lampiran :

Kepada Yth,
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: 
Jabatan: 
Alamat: 

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan cuti kerja selama . . . . hari kerja, terhitung dari tanggal . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  s/d. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Adapun yang menjadi dasar saya mengajukan cuti kerja ini adalah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Demikian surat permohonan ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

(Nama dan Tanda Tangan)

Penutup

Penggunaan berbagai jenis surat izin cuti kerja memang masih sangat sering kita temukan. Hal ini karena cuti sudah menjadi sebuah hak untuk para karyawan/pegawai/buruh. Jadi, anda bisa mengajukan cuti kepada atasan, namun tentu saja harus tetap memperhatikan dan mempertimbangkan peraturan perusahaan. Itulah tadi beberapa contoh surat cuti kerja yang  bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.