16 Contoh Surat Cuti Kuliah Terbaru dan Terlengkap

Contoh Surat Cuti Kuliah – Bukan hanya dalam dunia pekerjaan, namun dalam dunia perkuliahan atau dunia akademik, seorang mahasiswa/i juga bisa mengajukan cuti. Hal ini bisa saja disebabkan beberapa hal, seperti suatu kejadian kecelakaan yang dialami, sehingga tidak bisa mengikuti perkuliahan sebelum kesehatan pulih. Maka dari itu, anda pun bisa mengajukan surat izin cuti kuliah kepada dekan fakultas ataupun kepada rektor kampus anda.

Ada banyak contoh surat permohonan cuti kuliah yang bisa anda pergunakan. Namun pada umumnya, penulian surat cuti kuliah tidaklah jauh berbeda dengan penulisan surat cuti menikah ataupun surat cuti melahirkan. Anda mungkin hanya perlu mengganti alasan anda dan beberapa informasi lain yang berhubungan dengan perkuliahan.

Sebagaimana kita ketahui bersama, banyak yang sudah berkeluarga, kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Jadi, jika kemudian anda sedang hamil dan akan melahirkan, maka bisa saja meminta cuti kepada rektor ataupun pihak kampus untuk mengambil cuti kuliah selama beberapa lama. Hal ini semua tergantung pada peraturan yang sudah diberlakukan oleh masing – masing kampus.

Ketika anda mengajukan permohonan cuti kuliah dan pihak kampus memberikan izin cuti kuliah, maka anda terbebas dari rutinititas kampus selama waktu anda cuti. Anda pun tidak perlu mengikuti kegiatan jam kuliah selama cuti, tidak perlu membayar uang kuliah selama anda cuti. Namun soal biaya kuliah per semester, ada beberapa kampus yang mungkin mengharuskan anda untuk tetap membayar uang kuliah. Hal ini semua tergantung pada kebijakan kampus masing – masing.

Contoh Surat Cuti Kuliah

Lantas, mengapa surat cuti kuliah sangat diperlukan?. Ya, memang harus kita akui jika ada banyak universitas ataupun kampus di Indonesia ini yang memiliki peraturan terkesan longgar dan tidak begitu ketat. Tidak jarang seorang mahasiswa tidak masuk kampus sampai 1 atau 2 semester, lalu masuk kuliah kembali, asalkan tetap membayar uang kuliah selama tidak masuk kuliah tersebut.

Nah, berbeda dengan cuti kuliah, dimana anda tidak perlu membayar uang kuliah dan biaya – biaya lainnya. Jikalaupun peraturan di kampus anda ketat, nama anda pun tidak akan dicoret dari daftar mahasiswa kampus tersebut, hanya dinonaktifkan untuk sementara waktu. Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh surat cuti yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Cuti Kuliah

Ketika anda ingin mengajukan cuti kuliah, maka anda harus memikirkan alasan dari cuti tersebut. Apapun alasan anda, maka sebaiknya mengatakan dengan jujur kepada pihak kampus. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan cuti kuliah di bawah ini.

Medan, 15 Juli 2019

Perihal : Permohonan Cuti Kuliah
Lampiran : 3 Lembar

Kepada Yth,
Rektor Universitas Sumatera Utara
Cq. Dekan Fakultas MIPA
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIM:89785674
Jurusan:Ilmu Matematika
Semester:VI (Enam)
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan cuti kuliah selama 2 (dua) semester, yaitu semester 7 dan semester 8, tahun akademik 2019/2020.

Adapun alasan saya mengajukan permohonan cuti akademik adalah sehubungan dengan kecelakaan yang baru saja saya alami, dan menyebabkan saya harus menjalani perawatan intensif di luar kota, dan tidak memungkinkan untuk mengikuti proses perkuliahan dalam waktu yang lama. Bersama ini saya sudah melampirkan surat keterangan dokter dan juga fotocopy bukti pembayaran biaya kuliah semester 4 dan semester 5.

Demikian surat permohonan cuti kuliah ini saya ajukan dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Cuti Kuliah S1

Bagi anda yang menempuh pendidikan S1, maka anda bisa mengajukan cuti kuliah hanya jika anda sudah menyelesaikan setidaknya 2 semester pendidikan. Berbeda dengan pendidikan D3, dimana diperbolehkan untuk cuti kuliah walaupun baru menjalani 1 semester pendidikan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin cuti kuliah di bawah ini.

Medan, 20 Juli 2019

Perihal : Permohonan Cuti Kuliah
Lampiran : 3 Lembar

Kepada Yth,
Rektor Universitas Negeri Medan
Cq. Dekan Fakultas Ilmu Bahasa
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
NIM:87657564
Fakultas:Ilmu Bahasa
Jurusan:Bahasa Inggris
Semester:II (Dua)
Alamat:Jl. Perwira No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan cuti kuliah selama 2 semester, yaitu semester 3 dan semester 4, tahun akademik 2019/2020.

Adapun alasan saya mengajukan permohonan cuti kuliah ini adalah karena kekurangan finansial untuk membayar kewajiban dan biaya kuliah, sehingga saya harus bekerja selama 1 tahun. Bersama ini saya pun sudah melampirkan surat keterangan dari perusahaan tempat saya bekerja dan fotocopy bukti pembayaran biaya kuliah semester 1 dan semester 2.

Demikian surat permohonan cuti akademik ini saya perbuat, besar harapan saya agar Bapak bisa memberikan izin cuti akademik kepada saya. Atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

Muhammad Ilham.

3. Contoh Surat Cuti Kuliah Karena Sakit

Semua orang tentu tidak suka jika harus menderita suatu penyakit. Namun apabila anda menderita suatu penyakit dan butuh waktu lama untuk memulihkannya, maka anda pun bisa mengajukan permohonan cuti kuliah kepada pihak kampus anda. Anda pun bisa menggunakan surat permohonan cuti kuliah di bawah ini.

Medan, 17 Juli 2019

Perihal : Permohonan Cuti Kuliah
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Rektor Universitas Sumatera Utara
Cq. Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Teknik
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
NIM:876535458
Fakultas:Administrasi
Jurusan:Administrasi Negara
Semester:IV (Empat)
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan cuti akademik selama 2 semester, terhitung semester 5 dan semester 6, tahun akademik 2019/2020. Hal ini dikarenakan kondisi kesehatan saya yang sedang menurun dan butuh banyak istirahat dalam jangka waktu yang lama. Bersama dengan surat ini, saya pun sudah melampirkan surat keterangan dari dokter.

Demikian surat permohohonan cuti akademik ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Dewi Cahaya.

4. Contoh Surat Cuti Kuliah Karena Hamil

Banyak wanita yang sudah berkeluarga melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi. Akibatnya, anda pun mungkin terpaksa harus mengambil cuti ketika sedang hamil, dimana harus butuh banyak istirahat dan pikiran yang lebih santai. Untuk itu, anda pun bisa menggunakan contoh surat pernyataan cuti kuliah di bawah ini.

Medan, 19 Juni 2019

Perihal : Permohonan Cuti Kuliah
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Rektor Universitas Negeri Medan
Cq. Dekan dan Wakil Dekan Fakultas MIPA
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
NIM:87655646
Fakultas:MIPA
Jurusan:Biologi
Semester:VI (Enam)
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan cuti akademik selama 2 semester, yaitu semester 7 dan semester 8, tahun akademik 2019/2020. Hal ini dikarenakan saya sedang mengandung anak pertama, yang harus membutuhkan banyak istirahat dan pikiran yang lebih tenang. Bersama dengan surat ini, saya pun sudah melampirkan surat keterangan hasil pemeriksaan dari dokter kandungan.

Demikian surat permohonan cuti akademik ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari.

5. Contoh Surat Cuti Kuliah Karena Melahirkan

Dalam dunia pekerjaan, anda sudah harus menjalani cuti dalam 1.5 bulan menjelang waktu persalinan, yang bisa anda ajukan dengan menggunakan surat cuti melahirkan. Untuk anda para mahasiswi yang hendak melahirkan juga alangkah baiknya segera mengajukan cuti kuliah, agar bisa fokus pada persalinan dan merawat bayi untuk sementara waktu. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat cuti kuliah karena melahirkan di bawah ini.

Medan, 17 Juli 2019

Perihal : Permohonan Cuti Kuliah
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Rektor Universitas Sumatera Utara
Cq. Dekan Fakultas Sospol
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
NIM:9876574634
Fakultas:Sospol
Jurusan:Ilmu Sosial
Semester:VI (Enam)
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan cuti akademik selama 2 semester, yakni semester 7 dan semester 8, tahun akademik 2019/2020. Hal ini dikarenakan waktu persalinan saya yang sudah semakin dekat, dan agar saya bisa fokus dalam proses persalinan dan merawat bayi untuk sementara waktu. Bersama surat ini, saya sudah melampirkan surat keterangan hasil pemeriksaan dari dokter kandungan.

Demikian surat permohonan cuti akademik ini saya perbuat, atas perhatian dan kebijaksanaanya, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

Dewi Cahaya.

6. Contoh Surat Cuti Kuliah Karena Menikah

Keputusan menikah adalah hak dari setiap orang. Walaupun anda merupakan seorang mahasiswa/i, mungkin saja anda harus memutuskan untuk menikah dikarenakan berbagai alasan. Dan hal ini tentu saja menyita waktu anda. Maka dari itu, tidak ada salahnya juga bagi anda untuk mengambil cuti kuliah sementara waktu. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan cuti kuliah di bawah ini.

Medan, 20 Juni 2019

Perihal : Permohonan Cuti Kuliah
Lampiran : 2 Lembar

Kepada Yth,
Rektor Universitas Negeri Medan
Cq. Dekan Fakultas Teknik
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
NIM:876746564345
Fakultas:Teknik
Jurusan:Teknik Mesin
Semester:IV (Enam)
Alamat:Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan cuti akademik selama 2 semester, yakni semester 7 dan semester 8, tahun akademik 2019/2020. Hal ini dikarenakan saya harus menikah di kampung dan butuh banyak persiapan serta waktu. Bersama dengan surat ini, saya pun sudah melampirkan fotocopy bukti pembayaran uang kuliah semester 5 dan semester 6.

Demikian surat permohonan cuti akademik ini saya perbuat, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

Muhammad Ilham.

7. Contoh Format Surat Cuti Kuliah

Ada beberapa contoh surat cuti kuliah/akademik di atas tadi, namun tidaklah jauh berbeda antara satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan satu buah format contoh surat cuti kuliah, yang nantinya bisa anda copy, lalu edit sesuai dengan keinginan anda sendiri.

(Nama Kota dan Tanggal)

Perihal : Permohonan Cuti Kuliah
Lampiran :

Kepada Yth,
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:
NIM:
Fakultas:
Jurusan:
Semester:
Alamat:

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan cuti akademik selama . . . .  semester, yakni semester . . . . . . dan semester . . . . . . ., tahun akademik 20. . ./20. . . ..

Adapun yang menjadi alasan saya mengajukan cuti akademik ini adalah :

  1. Alasan Permata,
  2. Alasan Kedua, (jika ada).

Demikian surat permohonan cuti akademik ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

(Nama dan Tanda Tangan).

Penutup

Penggunaan surat permohonan cuti kuliah memang mungkin tidaklah dipergunakan oleh semua mahasiswa/i. Namun tetap saja surat ini sangat diperlukan ketika seseorang mahasiswa/i ingin mengajukan permohonan cuti kuliah, apapun yang menjadi alasannya. Itulah tadi beberapa contoh surat cuti kuliah yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.