16 Contoh Surat Cuti Melahirkan PNS, Guru, dan Pegawai

Contoh Surat Cuti Melahirkan – Melahirkan merupakan suatu proses yang lumrah dialami oleh wanita. Dan kita semua sudah tahu kalau proses melahirkan bukanlah proses yang mudah, membutuhkan banyak tenaga, pengorbanan, persiapan, hingga waktu pemulihan yang tidak sedikit. Jadi, bagi anda yang sudah bekerja, baik sebagai karyawan di perusahaan, guru, pns, ataupun pegawai bumn dan bumd, memiliki hak untuk mendapatkan cuti melahirkan.

Waktu pada cuti melahirkan jauh lebih lama dibandingkan cuti lainnya, seperti surat cuti menikah yang hanya beberapa hari saja. Ketentuan tersebut sudah diatur pada UU No. 13  Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (UUK), dimana disebutkan pekerja/buruh perempuan berhak memperoleh istirahat selama 1.5 bulan sebelum saatnya melahirkan, dan 1.5 bulan sesudah melahirkan menurut perhitungan dokter kandungan atau bidan.

Hal ini berarti bahwa hak anda sebagai pekerja/buruh selama total 3 bulan tersebut harus tetap dibayarkan, termasuk gaji penuh selama 3 bulan. Jadi, bagi anda yang hendak melahirkan, bisa memeriksakan diri ke dokter mengenai waktu kelahiran bayi anda. Dan ketika mencapai 1.5 bulan sebelum melahirkan, anda pun bisa mengajukan surat izin cuti melahirkan, hingga 1.5 bulan setelah melahirkan. Dengan demikian, total cuti melahirkan yang menjadi hak anda adalah selama 3 bulan atau 90 hari.

Jadi, anda tidak perlu harus menunggu hingga bayi anda lahir, baru kemudian mengajukan surat permohonan cuti melahirkan kepada atasan. Anda pun tidak perlu harus mengupayakan diri secepat mungkin agar bisa kembali masuk kerja, karena sudah menjadi hak anda istirahat selama 1.5 bulan sejak melahirkan bayi anda. Namun yang pasti, anda harus memberitahukan hal tersebut, tentunya dengan menyerahkan surat permohonan cuti melahirkan.

Contoh Surat Cuti Melahirkan

Penulisan surat izin cuti melahirkan tidak jauh berbeda dengan penulisan berbagai jenis dan contoh surat cuti lainnya. Namun jika memungkinkan, anda bisa melampirkan surat keterangan hasil pemeriksaaan bidan atau dokter kandungan pada saat mengajukan contoh surat cuti melahirkan tersebut. Hal ini untuk memperkuat alasan jika dalam hitungan sekitar 1.5 bulan lagi, anda memang akan melahirkan.

Bagi anda yang sudah pernah melahirkan dan pernah mengajukan surat izin cuti melahirkan, mungkin memang sudah tidak asing lagi dengan jenis surat ini. Namun jika anda masih pertama kalinya melahirkan dan mengajukan surat cuti bersalin, maka beberapa contoh surat cuti melahirkan di bawah ini mungkin akan bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Cuti Melahirkan dari Bidan

Jika anda sudah memeriksakan kandungan ke  bidan, dan ternyata hanya tinggal waktu sekitar 1.5 bulan lagi bagi anda melahirkan, maka anda pun bisa meminta mereka untuk membuatkan surat cuti melahirkan/bersalin atau surat keterangan cuti melahirkan dari bidan. Jika anda guru, maka bisa contoh surat cuti melahirkan guru, surat cuti melahirkan untuk tenaga honorer, surat pengajuan cuti melahirkan karyawan, dan lainnya.

Apapun profesi anda, tetap berhak mengajukan izin cuti melahirkan. Nah, di bawah ini adalah salah satu contoh surat cuti melahirkan dari bidan.

PEMERINTAN KOTA MEDAN
DINAS KESEHATAN
UPT. PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT
Padang Bulan, Kecamatan Medan Baru
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan Kode Pos 20155

SURAT KETERANGAN CUTI HAMIL DAN BERSALIN
Nomor : 123/SKC/Puskes_PB/11/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, Bidan UPT. Pelayanan Kesehatan Masyarakat Padang Bulan, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan. Dengan ini menerangkan dengan sebenarnya mengingat sumpah jabatan, untuk kesehatan Nyonya :

Nama:Intan Permatasari
Umur:26 Tahun
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

adalah benar yang namanya tersebut di atas merasa perlu diberikan istirahat (Cuti Hamil dan Bersalin) Anak Pertama selama 90 hari, terhitung dari tanggal 20 November 2019 s/d 20 Februari 2020. Adapun yang bersangkutan selama menjalani cuti, berada di kediamannya, Jl. Amal No. 123, Medan.

Demikian surat keterangan ini kami perbuat dengan sebenarnya, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 14 November 2019

Bidan UPT Pelayanan Kesehatan
Masyarakat Padang Bulan,

Dewi Cahaya, Am. Keb.
NIP. 834654 34534 345345

2. Contoh Surat Cuti Melahirkan PNS

Bagi anda para PNS juga tidak berbeda dengan para pekerja lainnya, dimana memiliki hak untuk cuti selama 3 bulan penuh ketika akan melahirkan atau bersalin. Setelah mengetahui prediksi waktu bersalin anda, bisa segera mengajukan surat permohonan cuti melahirkan pns kepada atasan. Di bawah ini adalah contoh surat permohonan cuti melahirkan pns yang bisa anda pergunakan.

Medan, 14 November 2019

Perihal : Permohonan Cuti Melahirkan
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Bapak Anton Syahputra
Kepala Dinas Kebersihan Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
NIP:89765764896
Pangkat/Gol:Penata Muda/IIIB
Jabatan:Staff Administrasi
Unit Kerja:Dinas Kebersihan Kota Medan
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan cuti melahirkan selama 3 (tiga) bulan, terhitung dari tanggal 20 November 2019 s/d 20 Februari 2020 mendatang.

Adapun dasar dari pengajuan surat izin cuti melahirkan ini adalah berdasarkan hasil pemeriksaan dokter kandungan, dimana saya akan melahirkan sekitar tanggal 05 Januari 2020 mendatang, yang mana sudah saya lampirkan bersama dengan surat ini.

Demikian surat permohonan cuti ini saya ajukan, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

3. Contoh Surat Cuti Melahirkan dari Dokter Kandungan

Jika anda memeriksakan kandungan ke dokter, maka tentu anda juga bisa meminta contoh surat keterangan cuti melahirkan dari dokter. Surat cuti melahirkan dari dokter selanjutnya bisa anda berikan kepada atasan, agar anda bisa diberikan surat izin cuti selama 3 bulan. Anda pun tidak perlu repot, karena biasanya dokter tidak keberatan untuk memberikan surat keterangan cuti melahirkan dari dokter.

Anda bisa memilih pergi ke dokter umum, ataupun ke dokter kandungan, semua itu terserah anda sendiri. Jika sudah akan tiba waktunya bagi anda untuk melahirkan, anda pun bisa meminta kepada dokter kandungan anda untuk membuatkan surat cuti melahirkan, yang nantinya bisa anda berikan kepada atasan anda di tempat kerja. Di bawah ini adalah contoh surat cuti melahirkan dari dokter yang bisa anda pergunakan.

KEMENTERIAN KESEHATAN RI
DIREKTORAT JENDERAL PELAYANAN KESEHATAN
RUMAH SAKIT UMUM PUSAT H. ADAM MALIK
Jl. Bunga Lau No. 17 Medan Tuntungan Kotak Pos 246
Telp. 061-1234567; Fax. 061-123456 MEDAN – 20136

SURAT KETERANGAN CUTI HAMIL DAN BERSALIN
Nomor : 123/RSUPAM/11/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:dr. Intan Permatasari, Sp.OG
NIP:89765646365
Jabatan:Dokter Spesialis Kandungan
Unit Kerja: RSU Pusat H. Adam Malik

dengan menerangkan bahwa :

Nama:Dewi Cahaya
Umur:28 Tahun
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

adalah benar sedang membutuhkan istirahat (Cuti Hamil dan Bersalin) selama 3 bulan penuh, terhitung dari tanggal 20 November 2019 s/d 20 Februari 2019. Hal ini sehubungan dengan hasil pemeriksaan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan akan melahirkan sekitar tanggal 05 Januari 2020 mendatang. Adapun selama cuti melahirkan, yang bersangkutan berada dan tinggal di kediamannya, Jl. Mahameru No. 123, Medan.

Demikian surat keterangan ini kami perbuat dengan sebenarnya, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 14 November 2019

Dokter Pemeriksa,
RSU Pusat H. Adam Malik,

dr. Intan Permatasari, Sp. OG
NIP. 8973583 3453453 345345

4. Contoh Surat Cuti Melahirkan Guru

Untuk anda yang berprofesi sebagai seorang guru pns dan akan melahirkan, juga tentu memiliki hak untuk cuti selama 3 bulan penuh. Sementara uru honorer menggunakan contoh surat permohonan cuti melahirkan untuk guru honorer.

Anda pun tidak perlu mencari dokumen contoh surat cuti melahirkan guru doc. Anda bisa mengcopy contoh surat cuti melahirkan guru di bawah ini, lalu kemudian mengeditnya di microsoft word sesuai dengan keinginan anda.

Medan, 14 November 2019

Perihal : Permohonan Cuti Melahirkan
Lampiran : 1 Lembar Surat Keterangan Dokter

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham. M. Pd
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
NIP:87657646556
Pangkat/Gol:Penata Muda/IIIB
Jabatan:Guru Bahasa Indonesia
Unit Kerja:SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Pendidikan No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan cuti melahirkan/bersalin selama 3 (tiga) bulan, terhitung dari tanggal 20 November 2019 s/d 20 Februari 2020.

Adapun dasar dari pengajuan permohonan cuti melahirkan ini adalah hasil pemeriksaan dari dokter, yang menyatakan bahwa saya akan melahirkan sekitar tanggal 05 Januari 2020 mendatang, yang mana sudah saya lampirkan bersama dengan surat ini.

Demikian surat permohonan cuti ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak Kepala Sekolah, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

5. Contoh Surat Izin Cuti Melahirkan Tenaga/Pegawai Honorer

Di instansi pemerintahan ataupun bumn dan bumd, memang bisa kita temukan pegawai honorer. Tidak berbeda dengan para pns, tenaga honorer juga memiliki hak cuti melahirkan selama 3 bulan. Namun tentunya anda pun harus terlebih dahulu mengajukan surat cuti melahirkan, seperti surat cuti melahirkan guru honorer.

Setelah mendapat kepastian dari dokter atau bidan mengenai waktu kelahiran, anda pun bisa segera mengajukan cuti bersalin tenaga honorer. Di bawah ini adalah contoh surat cuti melahirkan untuk tenaga honorer yang bisa anda pergunakan sebagai referensi.

Medan, 14 November 2019

Perihal : Permohonan Cuti Melahirkan
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Bapak Anton Syahputra
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Jabatan:Pegawai Tata Usaha
Unit Kerja:Dinas Pendidikan Kota Medan
Alamat:Jl. Imam Bonjol No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan cuti melahirkan selama 3 (tiga) bulan, terhitung dari tanggal 20 November 2019 s/d 20 Februari 2020. Hal ini sehubungan dengan hasil pemeriksaan dari dokter kandungan, dimana saya akan melahirkan sekitar tanggal 05 Januari 2020 mendatang. Adapun sebagai bukti, surat hasil pemeriksaan dokter tersebut sudah saya lampirkan bersama dengan surat ini. Selama saya cuti, maka saya berada di rumah kediaman saya, Jl. Imam Bonjol No. 123, Medan.

Demikian surat permohohonan izin cuti melahirkan ini saya sampaikan dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

6. Contoh Surat Cuti Bersalin Guru Honorer

Guru PNS memiliki hak untuk cuti selama 3 bulan ketika akan melahirkan, dan anda para guru honorer juga demikian. Prosedurnya tetap sama, yakni harus mengajukan surat contoh surat cuti melahirkan guru swasta atau guru honor. Untuk mengajukan permohonan cuti bersalin kepada atasan atau kepala sekolah, anda pun bisa menggunakan contoh surat cuti melahirkan guru honorer di bawah ini.

Medan, 14 November 2019

Perihal : Permohonan Cuti Melahirkan
Lampiran : 1 Lembar Surat Keterangan Dokter

Kepada Yth,
Bapak Anton Syahputra, M. Pd
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan:Guru Honorer
Unit Kerja:SMP Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan izin cuti bersalin/melahirkan selama 3 (tiga) bulan, terhitung dari tanggal 20 November 2019 s/d 20 Februari 2020.

Adapun selama menjalani cuti, saya akan berada dan tinggal di rumah kediaman saya, Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan.

Demikian surat permohonan cuti ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas  perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak Kepala Sekolah, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

7. Contoh Surat Cuti Bersalin Karyawan

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, karyawan swasta juga memiliki hak cuti selama 3 bulan saat melahirkan. Jadi setelah memeriksakan kandungan ke dokter atau bidan, anda bisa segera mengajukan contoh surat pengajuan cuti melahirkan karyawan. Tentunya akan lebih baik jika disertai dengan surat keterangan cuti melahirkan dari dokter atau dari bidan.

Berbagai contoh surat cuti karyawan swasta memang sering dipergunakan, bukan hanya saat melahirkan saja. Maka dari itu, anda pun bisa menggunakan contoh surat cuti melahirkan karyawan swasta di bawah ini untuk karyawan ketika anda mengajukan permohonan cuti melahirkan.

Medan, 14 November 2019

Perihal : Permohonan Cuti Melahirkan
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Ibu Dewi Cahaya
Kepala Departemen Personalia
PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Jabatan:Staff Administrasi
Alamat:Jl. Pangeran Diponegoro No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan izin cuti melahirkan/bersalin selama 3 bulan, terhitung dari tanggal 20 November 2019 s/d 20 Februari 2020. Hal ini sehubungan dengan hasil pemeriksaan dari bidan, yang menyatakan bahwa saya akan melahirkan sekitar pada tanggal 05 Januari 2020 mendatang.

Adapun dasar dari pengajuan permohonan cuti melahirkan ini adalah UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan (UUK), yang menyatakan bahwa pekerja/buruh perempuan berhak memperoleh istirahat (cuti) selama 1,5 bulan sebelum saatnya melahirkan dan 1,5 bulan setelah melahirkan.

Demikian surat permohonan cuti melahirkan ini saya sampaikan dengan sebenarnya, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

8. Contoh Format Surat Cuti Melahirkan

Jika ingin menulis surat cuti melahirkan, memang alangkah baiknya jika anda memiliki format surat cuti melahirkan. Anda pun tinggal mengisi bagian tertentu pada format cuti melahirkan tersebut, yang akan banyak membantu anda. Ada banyak format surat permohonan cuti bersalin, baik buatan sendiri ataupun dari dokter atau bidan.

Format cuti melahirkan pns tentu saja tidak berbeda dengan format surat cuti melahirkan untuk karyawan. Di bawah ini adalah format surat cuti melahirkan yang bisa anda pergunakan.

(Nama Kota dan Tanggal)

Perihal : Permohonan Cuti Melahirkan
Lampiran :

Kepada Yth,
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: 
Jabatan: 
Alamat: 

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan izin cuti melahirkan selama 3 (tiga) bulan, terhitung dari tanggal . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . s/d . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. Hal ini sesuai dengan hasil pemeriksaaan dari dokter kandungan/bidan yang menyatakan bahwa saya akan melahirkan sekitar tanggal.

Sebagai bukti pertanggung jawaban, saya sudah melampirkan surat hasil pemeriksaan dari dokter bersama dengan surat ini. Adapun selama menjalani cuti, saya berada dan tinggal di kediaman saya, yakni . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ..

Demikian surat permohonan cuti ini saya sampaikan dengan sebenarnya, atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

(Nama dan Tanda Tangan)

Penutup

Penggunaan contoh surat cuti melahirkan tentu bukan sesuatu hal yang asing bagi para guru pns, guru honorer, anggota pns, dan juga karyawan swasta. Apapun pekerjaan anda, sebagai seorang perempuan yang akan melahirkan, tetap memiliki hak yang sama untuk cuti selama 3 bulan penuh. Untuk bisa mendapatkan cuti, maka anda pun harus terlebih dahulu mengajukan surat cuti melahirkan kepada atasan.

Jika anda tidak ingin repot, maka bisa meminta contoh surat keterangan cuti melahirkan dari dokter atau bidan. Namun anda pun bisa membuatnya sendiri jika memang bisa. Itulah beberapa contoh surat cuti melahirkan yang bisa anda pergunakan sebagai referensi.