16 Contoh Surat Cuti Menikah Guru, PNS, dan Karyawan

Contoh Surat Cuti Menikah – Pernikahan merupakan sesuatu hal yang tentu sangat dinanti – nantikan setiap pasangan kekasih. Tidak heran jika harus ada banyak persiapan menjelang pernikahan sampai dengan dilaksanakannya pernikahan tersebut. Bagi para orang – orang yang bekerja, maka umumnya bisa meminta izin atau meminta cuti menikah kepada atasan mereka masing – masing, baik karyawan, guru, maupun pns.

Penggunaan surat cuti bukanlah sesuatu hal yang baru di dunia pekerjaan, dimanapun anda bekerja. Berbeda dengan surat cuti kuliah, yang mungkin memang agak jarang kita temukan. Ketika anda berencana untuk melaksanakan pernikahan, maka anda memiliki hak untuk meminta cuti kepada atasan anda. Namun tentu saja hal ini disesuai dengan kebijakan dari perusahaan ataupun instansi tempat anda bekerja, yakni berupa jumlah hari yang bisa anda minta untuk cuti.

Namun walaupun sudah menjadi hak anda untuk absen kerja pada hari pernikahan, tetap saja anda harus memberitahukan dan meminta izin cuti terlebih dahulu. Dengan demikian, pekerjaan yang anda tinggalkan akan bisa diback up oleh karyawan lain ataupun pegawai lain. Hal ini tentu saja merupakan hal yang sangat penting, mengingat setiap orang sudah memiliki job desk masing – masing di kantor ataupun perusahaan.

Penggunaan surat cuti menikah tidak jauh berbeda dengan surat cuti lainnya. Ada banyak contoh surat cuti yang bisa anda pergunakan, seperti hal nya cuti melahirkan. Hanya saja, lamanya anda cuti menikah tentu tidak seperti lamanya cuti melahirkan, yang biasanya memakan waktu hingga 3 bulan. Penulisan surat cuti antara jenis yang satu dengan jenis yang lainnya juga tidak terlalu berbeda.

Contoh Surat Cuti

Setelah menentukan hari pernikahan dan menyiapkan segala persiapan yang dibutuhkan untuk menikah, maka anda pun bisa mengajukan permohonan izin cuti menikah kepada atasan anda. Anda bisa memberikan surat izin cuti menikah setidaknya 1 minggu sebelum pernikahan dilaksanakan, atau 1 minggu sebelum anda cuti. Hal ini tidak jauh berbeda dengan surat cuti melahirkan, yang alangkah baiknya anda sampaikan beberapa hari sebelum anda benar – benar cuti.

Lantas, apa saja yang perlu anda beritahukan pada surat izin cuti tersebut?.  Diantaranya adalah nama dan jabatan anda, tanggal anda cuti dan berapa hari, alasan meminta cuti, yakni menikah, dan beberapa informasi lainnya yang mungkin dibutuhkan. Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh surat cuti menikah yang bisa anda pergunakan.

1. Contoh Surat Cuti Menikah Guru

Bagi anda para guru yang hendak menikah, maka tentu saja mengambil cuti untuk beberapa hari. Anda pun bisa meminta izin cuti menikah kepada kepala sekolah beberapa hari sebelum pernikahan anda dilaksanakan. Untuk contohnya, anda bisa menggunakan contoh surat izin cuti menikah untuk guru di bawah ini.

Medan, 14 November 2019

Perihal : Permohonan Cuti Menikah

Kepada Yth,
Bpk. Muhammad Ilham, M. Pd
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIP:897645643324
Jabatan:Guru Matematika
Unit Kerja:SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan cuti menikah pada tanggal 23, 24, 25, dan 26 November mendatang. Hal ini sehubungan dengan pernikahan saya yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 November mendatang.

Demikian surat izin cuti menikah ini saya sampaikan dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin dari Bapak Kepala Sekolah, saya ucapkan  banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Cuti Menikah PNS

Bagi anda yang bekerja sebagai seorang pns juga bisa saja mengambil cuti menikah selama beberapa hari. Anda pun bisa mengajukan surat izin cuti menikah kepada atasan anda, yakni Kepala Dinas, ataupun Kepala Bagian Tata Usaha/Personalia. Untuk bahan contoh, anda bisa melihat surat izin cuti menikah pns di bawah ini.

Medan, 14 November 2019

Perihal : Permohonan Cuti Menikah

Kepada Yth,
Bapak Anton Syahputra
Kepala Dinas Pertamanan Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
NIP:8976543654
Pangkat/Gol:Penata Muda/IIIB
Jabatan:Kepala Sub Bagian Administrasi
Unit Kerja:Dinas Pertamanan Kota Medan
Alamat:Jl. Pertempuran No. 123, Medan

dengan surat ini bermaksud mengajukan permohonan izin cuti menikah selama 5 hari, terhitung dari tanggal 22 November 2019 s/d 26 November 2019 mendatang.

Demikian surat permohonan cuti ini saya sampaikan, atas perhatian dan izin dari Bapak Kepala Dinas, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari.

3. Contoh Surat Cuti Menikah Doc

Mungkin banyak di antara anda yang mencari contoh surat cuti menikah doc, untuk kemudian didownload dan diedit di microsoft word sesuai dengan identitas diri anda. Namun hal tersebut hanya akan membuang banyak waktu anda. Anda pun bisa mengcopy surat izin cuti menikah di bawah ini, lalu mengeditnya di microsoft word sesuai dengan keinginan anda sendiri.

Medan, 14 November 2019

Perihal : Permohonan Cuti Menikah

Kepada Yth,
Ibu Dewi Cahaya
Kepala BRI Kantor Cabang Iskandar Muda
Jl. Iskandar Muda No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Staff Marketing
Departemen:Marketing Produk
Alamat:Jl. Perdana No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan cuti menikah pada tanggal 22, 23, 24, dan 25 November mendatang.

Demikian surat permohonan cuti ini saya sampaikan dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin dari Ibu, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

Muhammad Ilham.

4. Contoh Surat Cuti Menikah Pada Perusahaan

Setiap perusahaan mungkin saja memiliki peraturan yang berbeda dengan perusahaan lain terkait dengan cuti menikah. Namun pada umumnya, setiap  perusahaan selalu memberikan izin cuti menikah untuk para pegawai dan karyawan mereka. Jadi, anda pun bisa mengajukan surat izin cuti menikah kepada atasan anda ketika anda hendak menikah.

Medan, 14 November 2019

Perihal : Permohonan Cuti Menikah

Kepada Yth,
Ibu Intan Permatasari
Kepala Departemen Personalia
PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Staff Produksi
Departemen:Produksi Barang
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan izin permohonan cuti menikah selama 5 hari, terhitung dari tanggal 20 November 2019 s/d 24 November 2019. Hal ini sehubungan dengan pernikahan saya yang akan dilaksanakan pada tangga 21 November mendatang.

Demikian surat permohonan cuti menikah ini saya sampaikan dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin dari Ibu, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

5. Format Contoh Surat Cuti Menikah

Penulisan surat permohonan izin cuti menikah pada umumnya adalah sama dan tidak jauh berbeda dimanapun anda bekerja. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan satu format surat cuti menikah yang bisa anda copy ke microsoft word, lalu anda edit sesuai dengan keinginan anda sendiri, berupa tanggal, identitas, dan tanggal cuti yang diinginkan.

(Nama Kota dan Tanggal)

Perihal : Permohonan Cuti Menikah

Kepada Yth,
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:
Jabatan:
Alamat:

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan cuti menikah pada tanggal . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . hingga tanggal . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . mendatang.

Demikian surat permohonan cuti menikah ini saya sampaikan dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

(Nama dan Tanda Tangan)

Penutup

Penggunaan surat cuti menikah tentu masih lumayan sering dipergunakan oleh banyak orang. Surat cuti menikah ini tidak jauh berbeda dengan surat cuti melahirkan, yang sudah menjadi hak setiap pegawai ataupun karyawan. Itulah tadi beberapa contoh surat cuti menikah yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.