16 Contoh Surat Edaran Dinas, Khusus, Umum, dan Libur Sekolah Terlengkap

Contoh Surat Edaran – Dalam suatu instansi pemerintahan maupun perusahaan tentu ada banyak jenis surat resmi yang dipergunakan. Surat tersebut dipergunakan sebagai media komunikasi dengan pihak lain, baik untuk komunikasi internal maupun untuk komunikasi eksternal. Dan surat surat yang dipergunakan untuk komunikasi eksternal tentu saja berbeda dengan surat yang dipergunakan untuk komunikasi internal. Kendati demikian, ada beberapa jenis surat yang bisa dipergunakan untuk kedua keperluan komunikasi tersebut.

Jika anda ingin membaca lebih lanjut mengenai penjelasan dan pengertian surat edaran, jenis jenis surat edaran, dan cara membuatnya, maka anda bisa membacanya pada Pengertian Surat Edaran.

Salah satu contoh surat resmi yang sering dipergunakan adalah surat edaran. Surat ini lebih sering dipergunakan untuk kepentingan komunikasi internal, namun juga bisa dipergunakan untuk kepentingan komunikasi eksternal. Banyak juga orang yang menyebut surat edaran dengan surat pemberitahuan. Hal tersebut memang tidak salah, karena surat ini memiliki banyak persamaan. Setidaknya kedua surat ini bertujuan untuk memberitahukan sesuatu hal, seperti pengumuman kepada pihak lain.

Namun khusus untuk surat edaran, biasanya lebih sering dipergunakan untuk komunikasi internal, dimana surat ini diterbitkan oleh atasan dan ditujukan kepada para bawahan. Tujuan dari surat ini juga biasanya tidak hanya satu orang, namun banyak. Seperti salah satu contoh adalah penggunaan surat edaran di instansi pemerintahan, yakni Dinas Pendidikan.

Ketika libur semester akan tiba, maka pihak Dinas Pendidikan suatu daerah akan mengirimkan surat edaran kepada setiap sekolah, dimana isinya mengenai jadwal hari libur dan kapan masuk sekolah kembali. Jadi, tujuan dari surat edaran dinas pendidikan tersebut bukan hanya satu pihak, melainkan banyak pihak, yakni semua sekolah yang berada di suatu daerah tersebut.

Contoh Surat Edaran

Ada banyak contoh surat edaran yang seringkali dipergunakan. Baik itu pada instansi pemerintahan, perusahaan, lembaga, dan juga organisasi. Kepentingan dan tujuan surat edaran tersebut juga berbeda beda, tergantung isi atau pengumuman yang diberikan. Menulis surat edaran pun bukanlah sesuatu hal yang terlalu sulit, karena penulisannya tidak jauh berbeda dengan surat resmi pada umumnya.

Namun tidak bisa dipungkiri jika mungkin masih banyak orang yang tidak begitu paham bagaimana cara menulis surat edaran dan bagaimana menggunakan pemilihan kata kata yang tepat. Maka dari itu, beberapa contoh surat edaran di bawah ini mungkin akan bisa menjadi bahan referensi untuk anda sekalian.

1. Contoh Surat Edaran Dinas Pendidikan Berupa Undangan Rapat

Ada banyak instansi pemerintahan yang mungkin seringkali menggunakan surat edaran. Dan seringkali surat edaran ini dipergunakan untuk keperluan komunikasi internal saja. Sebagai salah satu contoh adalah ketika suatu dinas pemerintahan ingin melaksanakan rapat besar, maka bisa memberitahukan hal tersebut kepada para staff dan pegawai. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat edaran dinas berupa undangan rapat di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN KOTA MEDAN PROVINSI SUMATERA UTARA
Jl. Perjuangan No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT EDARAN
No. : 123/SE/08/2019

Sifat  : Penting
Perihal  : Rapat Besar Dinas

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Staff dan Pegawai
Dinas Pendidikan Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan diadakannya Rapat Besar Kedinasan dalam rangka melaksanakan Peraturan Daerah No. 22 Tahun 2017 mengenai penetapan pengambilan cuti dan izin tidak masuk kerja dan Peraturan Daerah No. 65 Tahun 2016 mengenai kewajiban kepemilikan NPWP, maka dimohon kepada Bapak/Ibu untuk hadir pada Rapat Besar tersebut pada :

Hari/Tanggal:Senin/20 Agustus 2019
Tempat:Ruang Rapat Dinas Pendidikan
Waktu:09.00 – Selesai

Mengingat pentingnya rapat tersebut maka dimohon Bapak/Ibu hadir tepat waktu. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Medan, 18 Agustus 2019

Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Edaran Dinas Sekolah

Sekolah mungkin membutuhkan sinergi yang baik dengan para orang tua/wali siswa. Jadi, tidak heran jika pihak sekolah harus berkoordinasi mengenai banyak hal hal penting dengan para orang tua/wali siswa. Salah satu contoh kecil adalah terkait pelaksanaan ujian nasional, dimana bisa didiskusikan terlebih dahulu dengan para orang tua/wali siswa. Untuk memberitahukan hal tersebut, pihak sekolah pun bisa mengirimkan surat terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat edaran dinas sekolah di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

SURAT EDARAN
Nomor       : 100/SUR/SMP-SK/2019

Perihal : Undangan

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Orang Tua.Wali Siswa Kelas XII
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan Hormat,
Dengan surat ini, kami mendoakan semoga Bapak/Ibu sekeluarga selalu dalam keadaan sehat wal’afiat serta selalu dalam lindungan-Nya. Amin.

Perlu kami beritahukan jika ujian nasional untuk kelas XII SMA Negeri 1 Medan sudah semakin dekat, dan kita perlu menyiapkan banyak hal demi kesiapan para siswa dalam menjalani ujian tersebut. Melalui surat ini, kami mengundang Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Murid kelas XII (Dua Belas) SMA Negeri 1 Medan untuk berkenan hadir pada :

Hari/Tanggal:Senin/25 Agustus 2019
Waktu:Jam 09.00 – Selesai
Acara:Rapat Persiapan UN TA 2019/2020
Tempat:Aula SMA Negeri 1 Medan

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadiran Bapak/Ibu sekalian kami ucapkan terima kasih.

Medan, 20 Agustus 2019

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd

3. Contoh Surat Edaran Dinas Pemberitahuan Ujian

Setiap sekolah tentu akan melaksanakan ujian setiap periode waktu yang sudah ditentukan. Dan biasanya para siswa diharuskan melunasi seluruh kewajiban di sekolah sebelum memasuki hari ujian. Maka dari itu, pihak sekolah bisa memberitahukan hal tersebut kepada para orang tua/wali siswa. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat edaran dinas pemberitahuan ujian di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

SURAT EDARAN
Nomor      : 017–LPCS/SMAN1/2019

Hal  : Pemberitahuan Ujian MID Semester

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Siswa
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Bersama dengan surat ini kami beritahukan jika ujian MID Semester untuk siswa SMA Negeri 1 Medan sudah hampir tiba. Mengingat ujian MID Semester yang sudah semakin dekat, maka dengan ini kami beritahukan kepada para Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Siswa untuk segera menyelesaikan administrasi sebagai berikut :

  1. Melunasi SPP
  2. Melunasi uang LKS

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Medan, 20 Agustus 2019

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, MM

4. Contoh Surat Edaran Umum Berupa Permintaan Partisipasi

Suatu pihak mungkin saja ingin melaksanakan kegiatan tertentu, seperti kegiatan amal atau kegiatan lainnya. Namun tidak jarang juga para penyelenggara kegiatan meminta partisipasi dari orang lain untuk kelancaran kegiatan tersebut, yakni partisipasi berupa bantuan dana. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat edaran umum berupa permintaan partisipasi di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

SURAT EDARAN
Nomor  :  I/III.4.AU/A/2019

Hal   : Pemberitahuan

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Siswa
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Bersama ini kami  beritahukan jika Hari Ulang Tahun SMA Negeri 1 Medan sudah semakin dekat, yakni jatuh para tanggal 30 September 2019 mendatang. Maka kami dari pihak SMA Negeri 1 Medan ingin melaksanakan suatu acara kegiatan amal  untuk para anak yatim pada tanggal tersebut.

Sehubungan dengan kegiatan tersebut, bersama ini kami meminta bantuan partisipasi berupa bantuan dana dari para Bapak/Ibu Orang Tua/Wali siswa. Untuk Bapak/Ibu yang ingin berpartisipasi bisa hadir pada :

Hari/Tanggal:Senin/30 Agustus 2019
Waktu:Pukul 08.00 – Selesai
Tempat:Aula SMA Negeri 1 Medan

Mengingat betapa pentingnya acara amal ini, maka kami sangat mengharapkan partisipasi berupa bantuan dana dari Bapak/Ibu semua.

Demikian informasi ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Medan, 20 Agustus 2019

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd

5. Contoh Surat Edaran Organisasi OSIS

OSIS merupakan organisasi yang berada dalam suatu sekolah dan berada di bawah kewenangan pihak sekolah. Dan mungkin kita sudah tahu jika OSIS seringkali melaksanakan suatu kegiatan di sekolah ataupun menjadi panitia dari suatu kegiatan sekolah. Maka dari itu, pihak OSIS pun membutuhkan sinergi yang baik dengan para siswa lainnya, agar tercapai penyelenggaraan kegiatan yang lancar. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat edaran organisasi osis di bawah ini.

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

SURAT EDARAN
Nomor: 003/OSIS-SMAN1/XII/2019

Perihal : Pemberitahuan

Kepada Sdr/i,
Semua Ketua Kelas
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Dengan ini kami informasikan kepada seluruh  ketua kelas SMA Negeri 1 Medan. Dalam waktu dekat ini akan diselenggarakan “Class Meeting” yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/30 Agustus 2019
Waktu:08.30 – Selesai
Tempat:Aula SMA Negeri 1 Medan

Untuk kelancaran acara “ Class Meeting”  setiap kelas diwajibkan memberi bantuan sebesar Rp.45.000,-

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Medan, 20 Agustus 2019

Hormat Kami,
Ketua OSIS SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Edaran Khusus Acara

Ada banyak acara yang mungkin kita jumpai di sekeliling kita, baik itu di kampus, sekolah, lingkungan desa, lingkungan pekerjaan, dan lain sebagainya. Dan mungkin saja pihak penyelenggara acara memiliki peraturan khusus untuk para peserta acara, salah satunya adalah kegiatan wisuda di suatu kampus. Nah, untuk memberitahukan sesuatu hal yang berkaitan dengan acara tersebut, pihak kampus pun bisa mengirimkan surat edaran kepada pihak tujuan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat edaran khusus acara di bawah ini.

KEMENTERIAN TEKNOLOGI, RISET, DAN PERGURUAN TINGGI
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Jl. Universitas No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT EDARAN
No       : 11/NJ/USU/08/2019

Perihal : Pemberitahuan

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Dosen
Universitas Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Berdasarkan dengan surat gubernur tingkat dua No.23/DKI/II/2019 tentang penetapan waktu pelaksanaan wisuda dengan ini kami beritahukan bahwa dalam hubungannya dengan kegiatan pelaksanaan wisuda tersebut yang akan berlangsung pada tanggal 30 Agustus 2019 mendatang.

Sehubungan dengan hal tersebut, engan ini kami beritahuan bahwa agar selama kegiatan wisuda Saudara- saudara dosen harus mengenakan pakaian jas berwarna hitam.

Demikian informasi ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Medan, 20 Agustus 2019

Hormat Kami,
Rektor Universitas Sumatera Utara,

Anton Syahputra, MM

7. Contoh Surat Edaran Khusus Lomba MTQ

Perlombaan MTQ sudah menjadi agenda tahunan di beberapa derah. Dan para panitia tentu harus mempersiapkan banyak hal untuk kegiatan lomba MTQ tersebut, termasuk para peserta dari setiap sekolah. Untuk memberitahukan kegiatan dimaksud kepada pihak pihak sekolah, panitia pun bisa mengirimkan surat edaran kepada para kepala sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat edaran khusus lomba MTQ di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
KEMENTERIAN AGAMA KOTA MEDAN PROVINSI SUMATERA UTARA
Jl. Pertahanan No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-12345456

SURAT EDARAN
No. : 123/MTQ/MDN/08/2019

Hal : Pemberitahuan Lomba MTQ

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Kepala Sekolah se-Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Bersama dengan surat ini kami beritahukan bahwa lomba MTQ sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota Medan. Dan sehubungan dengan akan diselenggarakannya Lomba MTQ se-Kota Medan yang dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/30 Agustus 2019
Waktu:07.00 – Selesai
Tempat:Islamic Center Medan

Melalui surat ini kami bermaksud mengundang untuk bisa mengirimkan peserta maxsimal 3 orang di acara tersebut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Medan, 20 Agustus 2019

Hormat Kami,
Ketua Panitia Lomba MTQ,

Anton Syahputra.

8. Contoh Surat Edaran Umum Kerja Bakti

Masyarakat desa atau kelurahan tertentu pada umumnya memiliki semangat gotong royong yang tinggi. Dan tidak jarang juga kita temukan beberapa kegiatan kerja bakti yang dilakukan oleh masyarakat suatu desa secara bersama sama. Namun agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan baik, maka pihak aparat desa harus memberitahukan dulu kepada para warga mengenai kegiatan tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat edaran khusus kerja bakti di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
KELURAHAN PADANG BULAN KOTAMADYA MEDAN
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT EDARAN
Nomor : 123/KB/PB/08/2019

Perihal : Undangan

Kepada Yth,
Seluruh Bapak/Ibu Warga
Kelurahan Padang Bulan
di Tempat

Dengan Hormat,
Dalam rangka menjaga kebersihan, keindahan dan kesehatan lingkungan, untuk itu kami sebagai pengurus Kelurahan Padang Bulan mengundang kepada seluruh warga untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti pada :

Hari/Tanggal:Senin/30 Agustus 2019
Pukul:08.00 – Selesai
Tempat Kumpul:Balai Kelurahan Padang Bulan

Demikian surat undangan ini kami buat, kami berharap seluruh warga dapat ikut serta dalam kegiatan ini untuk meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan dan menjaga kekompakan antar warga.

Medan, 20 Agustus 2019

Hormat Kami,
Lurah Padang Bulan,

Anton Syahputra.

9. Contoh Surat Edaran Khusus Kepada Mahasiswa

Setiap kampus atau perguruan tinggi tentu memiliki peraturan tersendiri untuk para mahasiswa/i mereka. Namun khusus untuk peraturan yang baru diterapkan, terlebih dahulu harus disosialisasikan kepada para mahasiwa/i, agar bisa berjalan dengan baik. Untuk mempermudah sosialisasi, pihak kampus pun bisa memberikan surat edaran kepada semua mahasiswa. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat edaran khusus kepada mahasiswa di bawah ini.

KEMENTERIAN TEKNOLOGI, RISET, DAN PERGURUAN TINGGI
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Jl. Universitas No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT EDARAN
No       : 11/NJ/USU/08/2019

Perihal : Pemberitahuan

Kepada Yth,
Seluruh Mahasiwa/i
Universitas Sumatera Utara
di Tempat
Dengan hormat,

Sehubungan dengan penegakan kedisiplinan bagi seluruh para mahasiswa, maka dengan ini kami sampaikan kepada seluruh mahasiswa yang bahwa dalam proses pelaksanaan belajar mengajar dikampus agar memakai baju kemeja berwarna putih, celana kain berwarna hitam lengkap dengan sepatu, dan dilarang untuk tidak merokok didalam ruang perkuliahan selama proses belajar mengajar.

Demikianlah surat edaran ini kami sampaikan atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Medan, 20 Agustus 2019

Hormat Kami,
Rektor Universitas Sumatera Utara,

Anton Syahputra, MM

10. Contoh Surat Edaran Pendek

Surat edaran memang bisa kita temukan dimana saja. Namun ada juga beberapa jenis surat edaran yang mungkin hanya berisikan informasi yang sangat pendek dan singkat saja. Salah satu contoh kecil adalah surat edaran yang dipergunakan untuk memberitahukan pengumuman di suatu tempat, seperti pasar malam. Nah, untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat edaran pendek di bawah ini.

PENGELOLA PASAR MALAM
Jl. Perjuangan No. 123, Medan

SURAT EDARAN

Kepada Yth,
Para pengunjung Pasar Malam
Di Tempat

Dengan hormat,
Melalui surat edaran ini kami memberitahukan yang bahwa tanggal 30 Agustus 2019 untuk sementara pasar malam di Medan Baru akan ditutup dan kembali dibuka pada tanggal 05 September 2019 mendatang.

Demikian yang dapat kami beritahukan atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Medan, 20 Agustus 2019

Hormat kami,
Pengelola Pasar Malam,

Anton Syahputra.

11. Contoh Surat Edaran Pemerintah

Sebagaimana yang saya sebutkan di atas, surat edaran juga seringkali dipergunakan oleh berbagai instansi pemerintahan. Tujuannya tentu tidak lain dan tidak bukan adalah memberitahukan suatu informasi kepada para bawahan mereka. Maka dari itu, para pihak bawahan bisa menerima informasi dengan lebih cepat dan serentak. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat edaran pemerintah di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
SEKRETARIAT DAERAH KOTA MEDAN PROVINSI SUMATERA UTARA
Jl. Pertahanan No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT EDARAN
Nomor : 123/MDN/08/2019

Sifat     : Penting
Perihal : Kerja Bakti Bersama

Kepada Yth,
Semua Lurah/Kepala Desa se-Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Melalui surat keputusan dari Kepala Dinas Kesehatan Masyarakat Kotamadya Medan Nomor: 05/2.654 pada tanggal 10 Agustus 2019 mengenai hal Jadwal Pelaksanaan Bulan Bakti Gerakan Menguras, Menutup dan Mengubur (BBG 3M) yaitu dalam rangka memberantas nyamuk demam berdarah serta penanggulangan bencana banjir, maka bersama surat ini kami mohon kepada para pengurus Kelurahan/Desa supaya mengoordinasi/mengarahkan semua warga untuk dapat melakukan kerja bakti tersebut, yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/30 Agustus 2019
Waktu:Pukul 08.00 – Selesai
Tempat:Lingkungan Kelurahan/Desa Masing Masing

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan untuk dapat diketahui atas perhatian dan kerjasama bapak kami ucapkan terimakasih.

Medan, 20 Agustus 2019

Hormat Kami,
Walikota Medan,

Anton Syahputra.

12. Contoh Surat Edaran Resmi Sekolah

Ada banyak hal yang mungkin perlu dikoordinasikan atau diberitahukan oleh pihak sekolah kepada pihak lain. Salah satunya adalah kepada pihak orang tua/wali para siswa dari sekolah tersebut. Jika ingin memberitahukan suatu informasi, maka pihak sekolah pun bisa mengirimkan surat edaran resmi sekolah kepada orang tua/wali siswa. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat edaran resmi sekolah di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

SURAT EDARAN
Nomor : 123/SMAN1/08/2019

Perihal : Pemberitahuan

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Siswa
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Berdasarkan hasil pertemuaan Orang Tua / Wali Murid kelas IX dan staff guru- guru SMA Negeri 1 Medan serta di hadiri oleh pihak komite SMA Negeri 1 Medan pada tanggal 10 Agustus 2019 lalu, maka telah disepakati akan diadakan acara perpisahan bagi siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 1 Medan yang dihadiri oleh pengurus komite SMA Negeri 1 Medan tahun pelajaran 2019/2020. Untuk mendukung kegiatan tersebut kami mengharapkan kontribusi finansial dari orang tua/ wali murid dengan rincian sebagai berikut :

  1. Kelas XII :Rp. 65.000
  2. Kelas XI :Rp.45.000
  3. Kelas X :Rp.30.000

Demikianlah surat edaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Medan, 20 Agustus 2019

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd

13. Contoh Surat Edaran Khusus Rapat

Banyak pihak yang mungkin akan melaksanakan suatu rapat dalam periode waktu tertentu. Salah satunya adalah pihak sekolah, dimana seringkali mengadakan rapat antar para guru. Maka dari itu, seorang kepala sekolah harus memberitahukan terlebih dahulu informasi mengenai rapat tersebut kepada para guru, agar bisa hadir tepat pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan. Untuk lebih jelasya, anda bisa melihat contoh surat edaran khusus rapat di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

SURAT EDARAN
Nomor : 123/SMAN1/08/2019

Hal : Undangan Rapat

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Salam sejahtera, semoga Bapak/Ibu selalu dalam keadaan sehat wal-afiat.

Menindaklanjuti program yang telah kami buat, dengan ini kami mengundang bapak/ibu untuk hadir pada pertemuan tersebut pada :

Hari/Tanggal:Senin/30 Agustus 2019
Pukul:09.00 – Selesai
Tempat:SMA Negeri 1 Medan
Agenda:1. Penyempurnaan Rencana Pembelajaran

 

2. Sharing Pengalaman Dalam Pembelajaran

3. Persiapan Menjelang Ujian Semester Genap

Demikian Atas perhatian dan kehadiran bapak/ibu tepat pada waktunya, kami ucapkan terima kasih.

Medan, 20 Agustus 2019

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd

14. Contoh Surat Edaran Libur Sekolah

Setiap sekolah tentu memilik hari libur yang sudah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan daerah setempat. Namun informasi ini perlu diberitahukan kepada para siswa/i di sekolah tersebut. Maka dari itu, pihak sekolah pun bisa menggunakan surat edaran, yang berisikan informasi mengenai hari libur dan kapan masuk sekolah kembali. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat edaran libur sekolah di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

SURAT EDARAN
Nomor : 123/SMAN1/08/2019

Hal : Pemberitahuan Hari Libur

Kepada
Seluruh Siswa/i
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Mengikuti surat edaran dari Dinas Pendidikan Kota Medan, mengenai hari libur semester ganjil tahun ini, maka bersama ini kami beritahukan jika SMA Negeri 1 Medan akan libur mulai tanggal 22 Desember 2019 sampai dengan 07 Januari 2020 mendatang. Dan sekolah akan kembali aktif sebagaimana biasanya pada tanggal 08 Januari 2020 mendatang. Kami pun berharap agar semua siswa/i bisa memanfaatkan hari libur dengan baik dan bermanfaat.

Demikian surat pemberitahuan ini kami berikan, atas segala perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Medan, 10 Desember 2019

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd

15. Contoh Surat Edaran Resmi Perusahaan

Bukan hanya pihak instansi pemerintahan dan lembaga sekolah saja, namun perusahaan juga sering menggunakan surat edaran. Berbagai tujuan dari surat edaran akan seringkali dipergunakan, salah satunya adalah mensosialisasikan peraturan peraturan baru di perusahaan tersebut. Agar peraturan baru lebih mudah diketahui oleh para karyawan dan lebih mudah tersosialisasikan dengan baik, maka pihak perusahaan pun bisa menggunakan surat edaran. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat edaran resmi perusahaan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT EDARAN
Nomor : 035/ST/X/19

Hal : Pemberitahuan

Kepada Yth,
Seluruh Karyawan PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya Peraturan Pemerintah Kota Medan nomor: 72/PP/X/2019 mengenai aturan dilarang merokok pada lingkungan kerja, maka dengan ini kami melarang kepada seluruh pegawai karyawan PT. Maju Jaya Sejahtera untuk tidak merokok di lingkungan kantor kecuali pada ruangan smoking area yang telah disediakan.

Demikian surat edaran ini dibuat harap menjadi maklum dan dipatuhi demi kenyamanan bersama.

Medan, 20 Agustus 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

16. Contoh Format Surat Edaran

Ada banyak jenis dan contoh surat edaran yang sudah kami beberkan tadi di atas. Dan beberapa contoh tersebut mungkin sudah cukup lumayan untuk anda jadikan sebagai bahan referensi. Namun salah satu contoh surat edaran yang paling sering digunakan adalah contoh surat edaran dinas, salah satunya surat edaran dinas sekolah kepada orang tua berupa undangan rapat. Maka dari itu, di bawah ini kami akan memberikan contoh format surat edaran dinas sekolah.

(KOP SURAT SEKOLAH)

SURAT EDARAN
Nomor : . . . . . . . . . . . . .

Hal : . . . . . . . . . . . . . . . . .

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Siswa
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan diadakannya . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . , maka bersama ini kami mengundang Bapak/Ibu Orang Tua/Wali siswa untuk datang hadir pada rapat yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal: 
Waktu: 
Tempat: 
Acara: 

Mengingat betapa pentingnya rapat ini, maka kami sangat mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu semua tepat pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

(Nama Kota dan Tanggal)

Hormat Kami,
Kepala Sekolah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ,

(Nama dan Tanda Tangan)

Penutup

Sekarangi ini teknologi memang sudah sangat maju dan canggih. Anda pun sudah bisa berkomunikasi dengan mudah dan sangat cepat. Bukan hanya sekedar berkirim pesan saja, bahkan anda pun sudah bisa melakukan video call dan bertatap muka langsung dari layar smartphone atau layar komputer anda. Kendati demikian, penggunaan surat tetaplah tidak bisa ditinggalkan, karena berbagai urusan dan keperluan masih sangat membutuhkan surat sebagai media komunikasi yang resmi.