16 Contoh Surat Hibah Tanah Untuk Masjid, Jalan, Anak, DLL

Contoh Surat Hibah Tanah – Menghibahkan tanah kepada orang lain tentu bukanlah hal yang terdengar asing sebenarnya. Ya, walaupun harus diakui kalau proses hibah tanah ini terbilang jarang kita temukan, namun anda tentu sudah tahu dan mengerti dari menghibahkan tanah. Dan jika anda ingin menghibahkan tanah kepada orang lain, maka anda pun bisa menggunakan surat hibah tanah sebagai bentuk perjanjian.

Menghibahkan memiliki maksud dan tujuan yang hampir sama dengan kata memberikan. Hanya saja, kata menghibahkan dipergunakan untuk pemberian yang nilainya tergolong besar dan membutuhkan surat perjanjian sebagai bukti. Salah satu harta benda yang sering dihibahkan adalah tanah, baik kepada anak sendiri, kepada pemerintah, untuk jalan, maupun untuk pembangunan masjid.

Lantas, mengapa harus menggunakan surat hibah tanah?, hal ini tentu ada alasannya. Tanah merupakan harta berharga yang tentu tidak bisa dipindah tangankan begitu saja. Selain itu, penggantian nama pada sertifikat tanahpun harus dengan persetujuan dari seseorang yang namanya tercantum pada sertifikat tanah tersebut. Jadi, surat pernyataan hibah tanah ini akan bisa dijadikan sebagai bukti dan dokumen yang sah nantinya.

Bukan hanya untuk pihak yang menghibahkan, namun hal ini juga berlaku untuk pihak yang menerima hibah. Anda akan bisa mengganti nama kepemilikan pada sertifikat tanah dengan surat hibah tanah tersebut. Dengan demikian, maka tanah tersebut pun akan menjadi hak milik anda, dan bertanggung jawab atas pajak yang mungkin berlaku.

Cara Membuat Surat Hibah Tanah

Mengkonsep surat hibah tanah bukanlah hal yang terlalu susah sebenarnya. Terutama jika anda sudah memiliki format surat hibah tanah, maka pastinya akan jauh lebih mudah. Ada banyak jenis surat hibah yang sering digunakan, seperti contoh surat hibah tanah untuk jalan, surat hibah tanah untuk masjid, kepada anak, ataupun kepada pemerintah.

Isi dari surat keterangan hibah tanah tentunya harus berdasarkan fakta yang sesuai. Fakta dimaksud adalah lokasi dan ukuran tanah, pemilik sebagaimana tertera di sertifkat tanah, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah langkah untuk membuat surat hibah tanah.

  1. Tentukan lokasi tanah yang akan dihibahkan,
  2. Tentukan ukuran tanah yang akan dihibahkan dan batas batasnya,
  3. Siapkan sertifikat tanah untuk selanjutnya diserahkan kepada penerima hibah,
  4. Siapkan format surat hibah tanah, selanjutnya isi sesuai data data yang sudah dikumpulkan, untuk selanjutnya ditanga tanganibersama,
  5. Selanjutnya, surat keterangan hibah dan dokumen tanah bisa diserahkan kepada penerima, untuk diurus penggantian nama ataupun untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jadi, tidak ada hal yang terlalu susah dalam menulis surat hibah tanah. Jika menemui kendala dalam beberapa hal, maka bisa didiskusikan antara pemberi dan penerima hibah.

Contoh Surat Hibah Tanah

Surat hibah tanah bisa menjadi dokumen yang sah dan bisa dijadikan alat bukti yang valid di kemudian hari jika terjadi suatu permasalah dengan tanah yang dihibahkan. Maka dari itu, akan sangat penting bagi anda untuk menulis surat hibah tanah, yang nantinya ditanda tangani oleh kedua belah pihak, yakni pihak yang menghibahkan dan pihak penerima hibah. Anda pun bisa mencari banyak contoh surat hibah untuk dijadikan acuan.

Untuk anda yang masih sekolah atau kuliah, juga mungkin saja mendapat tugas untuk menulis atau cara membuat surat hibah tanah. Jika anda membutuhkan bantuan dan pedoman, maka beberapa contoh surat hibah tanah di bawah bisa anda pergunakan sebagai referensi.

1. Contoh Surat Hibah Tanah dari Orang Tua Kepada Anak

Seseorang pemilik tanah memiliki hak untuk menghibahkan tanahnya kepada siapa saja, termasuk kepada anaknya. Namun jika hibah tersebut tidak disertai dengan surat keterangan hibah, maka bukan tidak mungkin akan terjadi permasalahan di kemudian hari, dikarenakan beberapa hal.

Misalnya saja karena ada beberapa orang bersaudara, hingga saling klaim atas tanah tersebut. Maka dari itu, sebagai orang tua alangkah baiknya tetap menggunakan surat hibah tanah dari orang tua ke anak. Di bawah ini adalah contoh surat hibah tanah dari orang tua kepada anak yang bisa anda pergunakan.

SURAT KETERANGAN HIBAH TANAH

Pada hari ini, Senin, 29 Oktober 2019, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:87656745365
Pekerjaan:Pensiun Polisi
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

merupakan pihak Pemberi Hibah.

Nama:Muhammad Ilham
NIK:897656364
Pekerjaan:PNS
Alamat:Jl. Mahameru No. 123,  Medan

merupakan pihak Penerima Hibah.

Dengan ini saya selaku Pemberi Hibah menghibahkan sebidang tanah seluas 245 ha yang terletak di Desa Simalingkar, Kecamatan Pancurbatu, Medan, dengan SHM bernomor 123456, atas nama Anton Syahputra kepada Muhammad Ilham, yang merupakan anak saya sendiri.

Dengan di tanda tanganinya surat keterangan hibah ini, maka saya sudah tidak memiliki hak lagi atas tanah tersebut dan beralih kepada anak saya yang disertai dengan penyerahan Sertifkat Hak Milik Tanah. Begitu juga dengan tanggung jawab pembayaran pajak untuk selanjutnya menjadi tanggung jawab dari anak saya.

Demikian surat hibah ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa ada tekanan dari pihak manapun, untuk bisa dijadikan pedoman sebagaimana mestinya.

Medan, 29 Oktober 2019

Pemberi Hibah,Penerima Hibah
  
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

2. Contoh Surat Hibah Tanah Doc

Ketika sedang membutuhkan surat hibah tanah, mungkin ada banyak orang yang mencari contoh surat hibah tanah doc atau surat hibah tanah yang berbentuk file doc, untuk selanjutnya didownload dan diedit. Namun hal itu akan banyak menyita waktu anda. Sebaliknya, anda pun bisa mengcopy contoh surat hibah tanah doc di bawah ini, lalu mengeditnya pada microsoft word.

SURAT KETERANGAN HIBAH TANAH

Pada hari ini, Senin, 29 Oktober 2019, kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
NIK:87657234765427
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama sendiri, yang selanjutnya disebut sebagai Pemberi Hibah.

Nama:Dewi Cahaya
NIK:7854653466
Jabatan:Pembina Panti Asuhan Cinta Kasih
Alamat:Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan.

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Panti Asuhan Cinta Kasih, yang selanjutnya disebut sebagai Penerima Hibah.

Dengan ini, Pemberi Hibah sudah sepakat untuk menyerahkan sebidang tanah miliknya kepada Penerima Hibah, yakni tanah seluas 75 ha yang beralamat di Jl. Jend. Sudirman No. 124, Medan, atau tepat di samping Bangunan Panti Asuhan Cinta Kasih. Adapun tujuan dari hibah tanah ini adalah agar bisa dipergunakan oleh pengelola panti asuhan sebagai tempat belajar para anak anak panti asuhan.

Penanda tanganan surat hibah ini juga disertai dengan penyerahan Sertifikat Hak Milik Tanah bernomor 123456, atas nama Intan Permatasari dari Pemberi Hibah kepada Penerima Hibah. Dengan demikian, kepemilikan tanah tersebut terlepas dari Pemberi Hibah dan beralih kepada Penerima Hibah.

Demikian surat hibah ini diperbuat dengan sebenarnya, dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, serta tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun, untuk selanjutnya bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 29 Oktober 2019

Pemberi Hibah,Penerima Hibah
  
Intan Permatasari.Dewi Cahaya.

3. Contoh Surat Hibah Tanah Untuk Jalan

Pembangunan memang tidak hanya menjadi tugas dari pemerintah saja, namun juga tanggung jawab dari masyarakat. Salah satu contoh adalah ketika pembangunan jalan umum atau jalan desa melewati tanah milik anda. Anda pun bisa menghibahkan tanah tersebut seara cuma cuma, namun tentunya harus menggunakan surat pernyataan hibah tanah untuk jalan.

Ada banyak contoh pernyataan hibah tanah untuk jalan desa dan jalan umum yang bisa anda pergunakan. Surat hibah tanah untuk jalan tersebut bisa ditandatangani oleh pemilik tanah dan juga pemerintah setempat. Di bawah ini adalah contoh surat hibah tanah untuk jalan yang bisa anda pergunakan.

SURAT KETERANGAN HIBAH TANAH

Pada hari ini, Senin, 29 Oktober 2019, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:87656365332
Alamat:Desa Sukaria, Kecamatan Pancurbatu, Medan

dalam keadaan sadar, sehat jasmani dan rohani, serta tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun, dengan ini saya menyatakan :

Bahwa saya bersedia menghibahkan tanah seluas 300m2 (lebar 2 meter sepanjang 150 meter) yang terletak di sepanjang jalan desa yang menghubungkan Desa Sukarian dengan Desa Sukaramai, untuk selanjutnya dipergunakan dalam pelebaran dan pembangunan Jalan Desa penghubung kedua desa tersebut.

Penanda tanganan surat hibah ini disertai dengan penyerahan Sertifikat Hak Milik Tanah kepada Bapak Kepala Desa Sukaria, Anton Syahputra sebagai perwakilan dari masyarakat Desa Sukaria. Dengan demikian, maka saya tidak memiliki hak dan tanggung jawab lagi atas tanah tersebut.

Demikian surat hibah ini diperbuat dengan sebenarnya untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 29 Oktober 2019

Pemberi Hibah,Penerima Hibah
  
Muhammad Ilham.Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Hibah Tanah Untuk Masjid

Masjid merupakan tempat ibadah yang sudah seharusnya mendapat perhatian dari setiap orang di lingkungan sekitar. Jadi tidak ada salahnya jika anda memberikan tanah wakaf untuk masjid tersebut.

Surat hibah tanah untuk masjid tersebut selanjutnya bisa ditandatangani oleh pengurus masjid sebagai penerima hibah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat hibah tanah untuk masjid pdf di bawah ini.

SURAT KETERANGAN HIBAH TANAH

Pada hari ini, Senin, 29 Oktober 2019, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
NIK:9876535
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini menyatakan :

Bahwa saya bersedia menghibahkan sebidang tanah seluas 100 m2 yang terletak di Jl. Mahameru No. 123, Medan, untuk pembangunan dan perluasan Masjid Al-Ikhlas yang terletak di Jl. Mahameru No. 124, Medan.

Adapun Sertifikat Hak Milik Tanah bernomor 123456, atas nama Dewi Cahaya selanjutnya akan saya berikan kepada Ustadz. Anton Syahputra, selaku Pembina Masjid Al-Ikhlas. Dengan ditanda tanganinya surat hibah ini, maka hak dan tanggung jawab atas tanah tersebut sudah tidak lagi dan beralih ke Masjid Al-Ikhlas.

Demikian surat hibah ini diperbuat dengan sesungguhnya dalam keadaan sadar, sehat jasmani dan rohani, serta tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 29 Oktober 2019

Pemberi Hibah,Penerima Hibah
  
Dewi Cahaya.Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Hibah Tanah Kepada Pemerintah

Hibah tanah kepada pemerintah bisa dilakukan oleh siapa saja sebagai pemilik tanah. Jika pemerintah memiliki program yang baik untuk keperluan dan kepentingan masyarakat, maka alangkah baiknya semua masyarakat mendukung.

Salah satunya adalah ketika ada rencana pembangunan lapangan olahraga, maka bisa menghibahkan tanah untuk pembangunan tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat hibah tanah kepada pemerintah di bawah ini.

SURAT KETERANGAN HIBAH TANAH

Pada hari ini, Senin, 29 Oktober 2019, kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
NIK:86563533453
Alamat:Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan

bertindak untuk dan atas nama sendiri, yang selanjutnya disebut sebagai Pemberi Hibah.

Nama:Muhammad Ilham
NIK:887654367435
Jabatan:Lurah Padang Bulan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

bertindak untuk dan atas nama Pemerintah Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, yang selanjutnya disebut sebagai Penerima Hibah.

Dengan ini, Pemberi Hibah sudah sepakat untuk menghibahkan sebidang tanah seluas 250 m2 yang terletak di Jl. Mahoni No. 123, Medan, dengan SHM bernomor 123456, atas nama Intan Permatasari, kepada Pemerintah Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan.

Adapun tanah tersebut selanjutnya harus dipergunakan untuk keperluan dan kepentingan masyarakat Kelurahan Padang Bulan, yakni untuk pembangunan Lapangan Olahraga.

Penanda tanganan surat hibah ini juga disertai dengan penyerahan Sertifikat Hak Milik Tanah dari Pemberi Hibah kepada Penerima Hibah. Dengan demikian, maka kepemilikan dan tanggung jawab atas tanah tanah tersebut juga beralih dari Pemberi Hibah kepada Penerima Hibah.

Demikian surat hibah ini diperbuat dengan sebenarnya dan dalam keadaan sadar, sehat jasmani dan rohani, serta tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 29 Oktober 2019

Pemberi Hibah,Penerima Hibah
  
Intan Permatasari.Muhammad Ilham.

6. Contoh Surat Hibah Tanah Pdf

Bukan hanya contoh surat hibah tanah doc, namun mungkin juga banyak orang yang mencari contoh surat tanah pdf, atau yang berbentuk file pdf. Sebenarnya, surat hibah tanah pdf akan jauh lebih susah untuk diedit lagi, jika filenya sudah ada. Jadi mungkin saja jika surat pernyataan hibah tanah ini malah akan menyita waktu anda dalam mengeditnya.

Maka dari itu, anda pun bisa mencari cara lain, yakni dengan langsung membuat file surat hibah tanah sendiri. Di bawah ini adalah contoh surat hibah tanah pdf yang bisa anda edit sesuai keinginan.

SURAT KETERANGAN HIBAH TANAH

Pada hari ini, Senin, 29 Oktober 2019, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:89765653542
Pekerjaan:Wiraswasta
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini menyatakan :

Bahwa saya bersedia menghibahkan sebidang tanah seluas 150 m2 yang terletak di Jl. Pendidikan No. 123, Medan dengan SHM bernomor 123456 atas nama Anton Syahputra kepada SMA Negeri 1 Medan.

Adapun tanah tersebut nantinya harus dipergunakan untuk pembangunan ruangan kelas baru yang sedang direncanakan oleh pihak SMA Negeri 1 Medan. Dengan ini, saya pun menyerahkan SHM tanah kepada Ibu Kepala Sekolah selaku perwakilan dari SMA Negeri 1 Medan, Ibu Intan Permatasari.

Dengan di tandatanganinya surat hibah ini, maka saya sudah tidak memiliki hak dan tanggung jawab lagi atas tanah tersebut, dan beralih kepada pihak SMA Negeri 1 Medan.

Demikian surat hibah ini diperbuat dengan sebenarnya dalam keadaan sadar, sehat jasmani dan rohani, serta tanpa adanya paksaan dari pihak manapun, untuk bisa dijadikan pedoman sebagaimana mestinya.

Medan, 29 Oktober 2019

Pemberi Hibah,Penerima Hibah
  
Anton Syahputra.Intan Permatasari.

7. Contoh Format Surat Hibah

Jika anda ingin membuat suatu jenis surat, maka alangkah baiknya menyiapkan format terlebih dahulu agar lebih mudah diedit. Namun tentu akan jarang orang yang memiliki format surat hibah tanah. Hal ini dikarenakan surat hibah tanah memang terbilang jarang digunakan.

Jika anda belum memiliki format surat hibah, maka waktu yang dipergunakan untuk mengkonsep surat tentu akan terasa lebih lama. Maka dari itu, di bawah ini adalah contoh format surat hibah tanah yang bisa anda pergunakan.

SURAT KETERANGAN HIBAH TANAH

Pada hari ini, . . . . . . . . . . . . . . . . . . ., kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: 
NIK: 
Pekerjaan: 
Alamat: 

Untuk selanjutnya disebut sebagai Pemberi Hibah.

Nama: 
NIK: 
Pekerjaan: 
Alamat: 

Untuk selanjutnya disebut sebagai Penerima Hibah.

Dengan surat keterangan hibah ini, Pemberi Hibah bersedia menghibahkan sebagian dari harta miliknya berupa sebidang tanah dengan luas . . . . . . . . . , yang terletak di . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . , dengan Sertifikat Hak Milik bernomor . . . . . . . . . . .  dan atas nama . . . . . . . . . . . . . . . kepada . . . . . . . . . . . . . . . . .

Penanda tanganan surat hibah ini juga disertai dengan penyerahan Sertfikat Hak Milik Tanah dari Pemberi Hibah kepada Penerima Hibah. Dengan demikian, maka hak dan tanggung  jawab Pemberi Hibah atas tanah tersebut sudah tidak ada lagi dan beralih kepada Penerima Hibah.

Demikian surat hibah ini diperbuat dengan sebenarnya dan dalam keadaan sadar, sehat jasmani dan rohani, serta tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun, untuk selanjutnya bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

(Nama Kota dan Tanggal)

Pemberi Hibah,Penerima Hibah
  
(Nama dan Tanda Tangan)Nama dan Tanda Tangan)

Penutup

Penggunaan contoh surat hibah tanah memang terbilang jarang dalam kehidupan sehari hari. Namun jika anda terlibat dalam proses tersebut, baik sebagai pemberi hibah ataupun penerima hibah, maka alangkah baiknya jika anda menggunakan surat hibah tanah sebagai bukti dan dokumen yang sah.

Pemberi dan penerima hibah tanah bisa berunding terlebih dahulu mengenai format surat hibah tanah yang akan dipergunakan, beserta dengan isinya. Itulah beberapa contoh surat hibah tanah yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.