16 Contoh Surat Himbauan Kebersihan, Keamanan, DLL

Contoh Surat Himbauan – Berbicara mengenai himbauan, tentu sudah bukan hal yang baru lagi untuk kita semua. Kita bisa menemukan jenis surat resmi yang satu ini di berbagai lingkungan, seperti lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah, ataupun lingkungan pekerjaan. Himbauan pun bisa disampaikan dengan cara lisan, namun seringkali juga disampaikan dengan menggunakan surat, yakni surat himbauan.

Mengenai himbauan, siapapun tentu sudah pernah menerima himbauan dari orang lain. Salah satu contoh kecilnya adalah himbauan dari orang tua agar selalu bangun pagi. Nah, itu termasuk ke dalam contoh himbauan, yang memang disampaikan dengan cara lisan. Himbauan tersebut berupa ajakan ataupun perintah agar selalu bangun setiap pagi, tentunya dengan tujuan yang baik.

Banyak orang yang berpikir jika surat himbauan kurang lebih sama dengan surat pengumuman ataupun surat pemberitahuan. Mungkin ada miripnya, namun jelas surat himbauan berbeda dari kedua jenis surat tersebut. Jika contoh surat pengumuman lebih fokus untuk menyampaikan informasi, maka himbaun lebih fokus untuk menyampaikan ajakan ataupun larangan.

Ya, surat himbauan tidak selamanya dipergunakan untuk ajakan, namun juga larangan. Salah satu contoh kecil adalah ketika sedang ada perbaikan jalan di suatu jalan tertentu, yang menyebabkan kemacetan. Maka dari itu, pihak pengelola pekerjaan tersebut pun membuat himbauan di jalan lain yang menuju jalan tersebut agar sebisa mungkin menghindari jalan yang sedang diperbaiki.

Contoh Surat Himbauan

Memang tidak bisa dipungkiri jika surat himbauan resmi yang sering kita jumpai seringkali disertai dengan pemberitahuan. Namun itu bukan berarti jika surat himbauan bisa disebut dengan jenis atau contoh surat pemberitahuan. Salah satu contoh kecil adalah himbaun dari kepala desa agar menjaga kebersihan selokan. Pada surat tersebut juga mungkin saja akan memberikan pemberitahuan ataupun informasi  jika musim hujan akan tiba, sehingga selokan yang kotor mungkin saja mengakibatkan banjir.

Jadi, bagi anda yang ingin menulis berbagai contoh surat himbauan, tentu sudah memiliki gambaran mengenai kegunaan dan fungsi dari surat himbauan tersebut. Namun jika anda membutuhkan referensi, maka beberapa contoh surat himbauan di bawah ini mungkin akan bisa anda gunakan.

1. Contoh Surat Himbauan Kebersihan Desa/Kelurahan

Sebagai warga yang tinggal pada suatu tempat tertentu, maka mungkin saja anda menerima surat himbauan dari kepala desa ataupun lurah mengenai kebersihan. Ya, misalnya saja dikarenakan keadaan lingkungan yang sudah semakin kotor, sehingga perlu mendapat perhatian khusus dari warga. Untuk itulah seorang kepala desa atau lurah perlu memberikan surat himbaun kebersihan desa/kelurahan kepada para warganya.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
KELURAHAN PADANG BULAN
Kecamatan Medan Baru Kota Medan
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

Nomor : 123/SH/KPB/11/2019
Sifat : Penting
Lampiran : –
Perihal : HIMBAUAN

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Warga Padang Bulan
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan banyaknya masalah sampah yang terjadi di lingkunga Kelurahan Padang Bulan dan semakin banyaknya jenis – jenis penyakit yang mewabah. Maka dalam rangka melakukan antisipasi dini terhadap penularan penyakit tersebut, dengan ini Pemerintahan Kelurahan Padang Bulan menghimbau kepada Bapak/Ibu Warga Kelurahan Padang Bulan agar :

  1. Tidak membuang sampah di parit dan selokan, yang bisa menganggun aliran air dan menyebabkan banjir saat musim hujan tiba.
  2. Tidak membuang sampah dengan sembarangan, dan selalu memanfaatkan tempat sampah yang sudah dipersiapkan oleh Pemerintahan Kelurahan Padang Bulan.
  3. Menjaga kebersihan di lingkungan rumah masing – masing demi kenyamanan warga lain.

Demikian surat himbauan ini disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Medan, 05 November 2019

Mengetahui,
Lurah Padang Bulan,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Himbauan Panwaslu

Panwaslu atau Panitia Pengawas Pemilu memiliki peranan yang penting dalam memperhatikan netralitas dari para ASN dalam suatu pemilihan. Bukan hanya itu, seorang ASN atau PNS juga tidak bisa terlibat politik ataupun partai politik. Dan untuk itu, mungkin saja panwaslu memberikan surat himbauan akan hal tersebut, yakni surat himbauan panwaslu kepada para ASN atau PNS.

PANITIA PENGAWAS PEMILU
PROVINSI SUMATERA UTARA
Jl. Amir Hamzah No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Nomor : 123/Bawaslu/Provsu/11/2019
Sifat : Penting
Lampiran : 1 Berkas
Perihal : Himbauan Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN)

Kepada Yth,
1. Sekretaris Provinsi Sumatera Utara
2. Kepala SKPD Se-Provinsi Sumatera Utara
3. Ketua KORPRI Provinsi Sumatera Utara
4. Ketua PGRI Provinsi Sumatera Utara
5. Kepala BUMN/BUMD Se-Provinsi Sumatera Utara
6. Aparatur Sipil Negara (ASN) Se-Provinsi Sumatera Utara

di Tempat.

Dengan hormat disampaikan, merujuk pada ketentuan peraturan perundang – undangan yang terkait dengan larangan pejabat Aparatur Sipil Negara, pejabat BUMN, pejabat BUMD, dan Pemerintah Desa dalam penyelenggaraan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (terlampir), maka dengan ini kami sampaikan himbauan dalam rangka melaksanakan tindakan pencegahan terhadap terjadinya pelanggaran pidana pemilihan selama berlangsungnya penyelenggaraan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Berdasarkan hal tersebut, mohon untuk mensosialisasikan dan menghindari melakukan tindakan dan keputusan atau kebijakan dalam bentuk apapun yang menguntungkan salah satu pasangan calon dan peserta tertentu, berdasarkan ketentuan perundang – undangan sebagai wujud netralitas dalam penyelenggaraan pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden.

Demikian surat himbauan ini disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Medan, 05 November 2019

Panitia Pengawas Pemilu
Provinsi Sumatera Utara
KETUA,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Himbauan Keamanan

Kurangnya keamanan mungkin merupakan salah satu masalah yang seringkali kita temui. Tidak jarang suatu daerah tertentu memberikan himbauan agar selalu menjaga keamanan di lingkungan masing – masing. Dan jika seorang aparat desa atau aparat kelurahan ingin memberikan surat himbauan keamanan kepada warganya, bisa menggunakan contoh surat himbauan keamanan di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
KELURAHAN PADANG BULAN
Kecamatan Medan Baru Kota Medan
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

Nomor : 123/SH/KPB/11/2019
Sifat : Penting
Lampiran : –
Perihal : Himbauan

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Warga Padang Bulan
di Tempat

Menindaklanjuti maraknya kasus kemalingan dan kasus pencurian beberapa bulan belakangan ini. Maka dengan ini kami menghimbau kepada Bapak/Ibu Warga Kelurahan Padang Bulan agar :

  1. Selalu mengunci pagar dan pintu rumah masing – masing dengan baik di malam hari ataupun siang hari saat rumah dalam keadaan kosong.
  2. Memasukkan kendaraan roda dua kedalam rumah untuk menghindari pencurian, dan agar mengunci garasi dengan baik bagi warga yang menyimpan kendaraan di garasi.
  3. Segera melaporkan kepada aparat kelurahan jika ada warga lain yang bertamu ataupun ingin tinggal di lingkungan Kelurahan Padang Bulan paling lama 1 x 24 jam.

Demikian keputusan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih.

Medan, 05 November 2019

Mengetahui,
Lurah Padang Bulan,

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Himbauan Pajak

Pajak merupakan sumber pendapatan yang sangat besar untuk negara kita. Dan setiap daerah tentu memiliki target tertentu untuk mendapatkan pajak dari para wajib pajak. Namun bila tidak mencapai target tersebut, maka mungkin saja pihak yang berwenang memberikan surat himbauan kepada para pihak lain berupa himbauan pajak ataupun himbauan pembayaran pajak dari para wajib pajak. Di bawah ini satu contoh surat himbauan pajak yang mungkin bisa anda gunakan.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
KECAMATAN MEDAN BARU
KELURAHAN PADANG BULAN
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Nomor : 123/SH/KPB/11/2019
Lampiran : –
Perihal : Himbauan Pembayaran PBB

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Dengan hormat,
Kami informasikan bahwa Pagu Pajak Bumi dan Bangunan  (PBB) Kelurahan Padang Bulan Tahun 2019 adalah sebesar Rp. 244.000.000,- (dua ratus empat puluh empat juta rupiah). Berdasarkan Laporan Realisasi Bank Sumut, dimana realisasinya baru mencapai Rp. 122.000.000,- (seratus dua puluh dua juta rupiah) atau sebesar 50% saja.

Maka dalam rangka mengoptimalkan realisasi pajak tersebut, dengan ini kami menghimbau kepada para wajib pajak agar segera membayarkan pajak bumi dan bangunan masing – masing. Bapak/Ibu juga bisa membayar pajak kepada Ketua RT masing – masing untuk mempermudah proses pembayaran.

Bagi para Bapak/Ibu Wajib Pajak yang sudah membayar Pajak Bumi dan Bangunan Tahun 2019 sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan, maka kami atas nama pemerintah menyampaikan terimakasih yang sebesar – besarnya.

Demikian surat himbauan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya,  kami ucapkan terimakasih.

Medan, 05 November 2019

Lurah Padang Bulan,

Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Himbauan RT

Seorang Ketua RT bisa saja memberikan surat himbauan kepada para warganya. Ada banyak hal yang mungkin menjadi topik dan inti dari himbauan tersebut, seperti mengenai keamanan dan kenyamanan warga, berupa beberapa peraturan yang dihimbau untuk ditaati. Di bawah ini adalah salah satu contoh surat himbauan rt yang bisa anda pergunakan.

RUKUN TETANGGA (RT) 07
KELURAHAN PADANG BULAN
Kecamatan Medan Baru Kota Medan
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

Nomor : 123/SH/RT.07/11/2019
Sifat : Penting
Perihal : HIMBAUAN

Sehubungan dengan Rapat Lurah Padang Bulan dan Ketua RT Se-Kelurahan Padang Bulan pada tanggal 02 November 2019 yang lalu yang bertempat di Kantor Lurah Padang Bulan, diputuskan sebagai berikut :

  1. Semua tamu yang berada di lingkungan RT 07 Kelurahan Padang Bulan harus melapor paling lambat 1 x 24 jam.
  2. Bagi Mahasiswa/i dan Karyawan/ti yang berdomisili atau kost di Kelurahan 07 Kelurahan Padang Bulan wajib melapor kepada Ketua RT.
  3. Untuk Mahasiswa/i dan Karyawan/ti yang merupakan anak kost, dilarang bertamu dengan berlainan jenis (bukan muhrim) di atas jam 22.00 (jam 10 malam).
  4. Pemilik rumah kost/kontrakan bertanggung jawab terhadap anak kost/penyewanya.
  5. Jika ada keluarga anak kost yang bertamu, maka pemilik kos atau anak kost wajib melapor kepada Ketua RT.

Demikian himbauan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Medan, 05 November 2019

Mengetahui,
Ketua RT. 07 Kelurahan Padang Bulan,

Anton Syahputra.

Penutup

Penggunaan berbagai jenis dan contoh surat himbauan memang masih seringkali kita jumpai di lingkungan sekitar kita. Salah satu jenis surat resmi ini memang seringkali dipergunakan oleh para pihak berwenang untuk memberikan himbauan kepada para warga atau bawahannya. Itulah tadi beberapa contoh surat himbauan yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.