16 Contoh Surat Izin Cuti Kerja, Bersalin, Nikah, & Kuliah

Contoh Surat Izin Cuti – Penggunaan surat cuti bukanlah sesuatu hal yang baru pada berbagai lingkup. Ya, sebut saja seperti di lingkungan pekerjaan dan lingkungan kampus/kuliah. Pada lingkungan kerja, setiap karyawan/buruh memiliki hak untuk cuti, seperti cuti kerja tahunan, cuti melahirkan, cuti menikah, ataupun cuti sakit. Begitu juga dengan mahasiswa/i yang mungkin ingin cuti dikarenakan sesuatu hal. Namun terlebih dahulu, anda pun harus menyampaikan surat izin cuti.

Jika anda merupakan seorang pekerja, maka bisa memberikan surat permohonan cuti kepada atasan, ataupun kepada bagian personalia. Sementara untuk anda para mahasiswa/i, bisa memberikan surat izin cuti kepada rektor ataupun dekan fakultas/ketua jurusan. Anda pun harus melihat waktu yang tepat untuk memberikan surat permohonan cuti. Idealnya, anda sudah harus memberikan surat izin cuti paling lambat 1 minggu sebelum mengambil cuti dimaksud.

Misalnya saja, anda ingin cuti di tanggal 8, maka pada tanggal 1 anda sudah bisa memberikan surat permohonan izin cuti kepada atasan. Namun semua itu balik kepada tempat anda bekerja, terlebih bagi anda yang bekerja di suatu perusahaan. Setiap perusahaan tentu memiliki peraturan, dan mungkin berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lainnya.

Ada banyak contoh surat permohonan cuti yang bisa anda pergunakan. Namun pada umumnya, apapun jenis cuti yang anda inginkan, ataupun apapun alasan anda untuk mengambil cuti, maka biasanya tidaklah jauh berbeda. Hanya saja, mungkin ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, seperti penyampaian alasan, bukti alasan, dan berbagai informasi lainnya.

Contoh Surat Izin Cuti

Ada banyak jenis cuti yang bisa kita temukan pada lingkungan pekerjaan. Diantaranya adalah cuti menikah, cuti sakit, ataupun cuti melahirkan. Khusus untuk cuti melahirkan, maka biasanya akan diambil selama 3 bualn penuh, yakni 1,5 bulan sebelum persalinan, dan 1,5 bulan setelah persalinan, sehingga total 3 bulan cuti.

Sementara untuk cuti kuliah ataupun cuti akademik, bisa mengambil cuti untuk 1 semester atau 2 semester. Hal tersebut semua bergantung pada kebijakan setiap kampus. Pada umumnya, anda tidak akan dikenakan biaya kuliah saat sedang cuti kuliah, namun ada juga kampus yang tetap mengharuskan anda untuk membayar biaya – biaya kuliah per semester. Di bawah ini adalah beberapa contoh surat izin cuti yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Izin Cuti Kerja

Dalam dunia pekerjaan, cuti sudah menjadi hak dari para pekerja, pegawai, ataupun buruh. Ada banyak jenis cuti yang bisa anda ajukan, salah satunya adalah cuti tahunan. Jika anda ingin mengajukan permohonan cuti kepada atasan, maka anda bisa menggunakan surat izin cuti kerja di bawah ini.

Medan, 17 November 2019

Perihal : Permohonan Cuti Kerja

Kepada Yth,
Bapak Anton Syahputra
Kepala Departemen Personalia
PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Staff Produksi
Departemen:Produksi
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan cuti tahunan untuk tahun 2019 selama 5 hari kerja, terhitung dari tanggal 25 November 2019 s/d 29 November 2019.

Demikian surat permohonan cuti ini saya ajukan, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

Muhammad Ilham.

2. Contoh Surat Izin Cuti Melahirkan

Sebagaimana yang saya sebutkan di atas, cuti melahirkan biasanya diambil selama 3 bulan penuh. Jadi, anda bisa memeriksakan kandungan ke dokter kandungan ataupun ke bidan. Dan setelah mendapatkan informasi mengenai jadwal kelahiran anda, anda pun bisa segera mengajukan surat cuti melahirkan kepada atasan.

Medan, 17 November 2019

Perihal : Permohonan Cuti Melahirkan
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Direktur PT. Sukses Makmur
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Peramatasari
No. Karyawan:K8776
Jabatan:Staff Administrasi
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan cuti melahirkan/bersalin selama 3 bulan penuh, sesuai dengan peraturan perusahaan, terhitung dari tanggal 25 November 2019 s/d 25 Februari 2020.

Adapun dasar dari pengajuan cuti ini adalah atas hasil pemeriksaan dokter kandungan yang menyatakan jika saya akan bersalin sekitar tanggal 10 Januari 2020 mendatang. Bersama surat ini, saya sudah melampirkan surat keterangan hasil pemeriksaan dari dokter kandungan.

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

3. Contoh Surat Izin Cuti Menikah

Menikah atau pernikahan tentu membutuhkan banyak persiapan dan waktu. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi anda untuk mengambil cuti setidaknya selama 1 minggu untuk menyiapkan dan menyelenggarakan pernikahan. Anda pun bisa menggunakan surat permohonan cuti menikah di bawah ini.

Medan, 17 November 2019

Perihal : Permohonan Cuti Menikah

Kepada Yth,
Kepala Bagian Personalia
PT. Sukses Makmur
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Staff Marketing
Departemen:Penjualan
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan cuti menikah selama 6 hari kerja, terhitung dari tanggal 25 November 2019 s/d 30 November 2019. Hal ini sehubungan dengan pernikahan saya yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 November mendatang.

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Izin Cuti Kuliah

Ada banyak hal yang menyebabkan seorang mahasiswa/i untuk mengambil cuti. Diantaranya adalah karena sedang sakit, karena akan menikah, akan melahirkan, dan berbagai alasan lainnya. Anda pun bisa menggunakan contoh surat izin cuti kuliah di bawah ini untuk mengajukan cuti akademik/kuliah.

Medan, 17 Juli 2019

Perihal : Permohonan Cuti Akademik
Lampiran : 3 Lembar

Kepada Yth,
Rektor Universitas Sumatera Utara
Cq. Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Administrasi
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
NIM:87657456534
Fakultas:Administrasi
Jurusan:Administrasi Negara
Semester:IV (Empat)
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan cuti akademik selama 2 (dua) semester, yaitu semester 5 dan semeter 6, tahun akademik 2019/2020.

Adapun dasar permohonan cuti akademik ini adalah dikarenakan saya baru saja mengalami kecelakaan dan harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit untuk memulihkan kesehatan. Bersama ini saya sudah melampirkan surat keterangan dari dokter, dan fotocpy bukti pembayaran biaya kuliah untuk semester 3 dan semester 4.

Demikian surat permohonan cuti akademik ini saya ajukan, atas perhatian dan kebijakan dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

5. Contoh Surat Izin Cuti Umroh

Bagi anda yang ingin melaksanakan ibadah umroh, maka tidak ada salahnya juga untuk mengajukan permohonan cuti kepada atasan. Walaupun gaji anda mungkin tidak akan dibayarkan, dikarenakan peraturan yang berbeda – beda antar setiap perusahaan.

Medan, 17 November 2019

Kepada Yth,
Kepala Departemen Personalia
PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Staff Marketing
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

dengan ini bermaksu mengajukan permohonan cuti umroh selama 1 (satu) bulan, terhitung dari tanggal 25 November 2019 s/d 25 Desember 2019. Hal ini dikarenakan saya dan keluarga akan melaksanakan ibadah haji selama 1 bulan penuh.

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

6. Contoh Format Surat Izin Cuti

Jenis izin cuti yang paling sering digunakan adalah cuti kerja. Walaupun ada beberapa kita jumpai yang menggunakan cuti kuliah atau cuti akademik, namun jumlahnya tidak sebanding dengan surat cuti kerja. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan satu format contoh surat cuti kerja yang bisa anda pergunakan.

(Nama Kota dan Tanggal)

Perihal : Permohonan Cuti Kerja
Lampiran :

Kepada Yth,
. . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: 
Jabatan: 
Departemen: 
Alamat: 

dengan ini bermaksud mengajukan cuti kerja selama . . . . hari kerja, terhitung dari tanggal . . . . . . . . . . . . . . . . . .  s/d . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Adapun dasar dari permohonan cuti ini adalah . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Demikian permohonan cuti ini saya sampaikan dengan sebenarnya, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

(Nama dan Tanda Tangan)

Penutup

Penggunaan surat izin cuti memang masih sering kali kita jumpai, terlebih dalam dunia pekerjaan. Namun cuti yang seyogianya sudah menjadi hak dari pekerja/buruh, tetap saja harus diajukan terlebih dahulu dengan menggunakan surat permohonan cuti. Itulah tadi beberapa contoh surat izin cuti yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.