16 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja, Sekolah, dan Kuliah

Contoh Surat Izin – Berbicara mengenai surat izin, tentu anda sudah tidak merasa asing lagi dengan jenis surat yang satu ini. Ada banyak alasan yang mungkin memaksa anda untuk meminta izin atas suatu hal, baik itu di pekerjaan, sekolah, maupun yang lainnya. Surat ini dipergunakan ketika seseorang tidak bisa melaksanakan kewajibannya sebagaimana biasanya, seperti para karyawan atau pegawai, dan juga anak sekolah. Jadi, ketik anda berhalangan untuk masuk kerja atau sekolah, maka bisa meminta izin dengan mengirimkan surat izin.

Jika anda ingin membaca lebih lanjut mengenai pengertian surat izin, struktur surat izin, dan unsur unsur surat izin, maka anda bisa membacanya pada Pengertian Surat Izin.

Lantas, kenapa anda harus menggunakan surat izin?, tentu ada alasannya. Untuk anda yang sudah bekerja dan mendapatkan gaji, berarti memiliki tanggung jawab di perusahaan ataupun di instansi tempat anda bekerja. Begitu juga untuk anda yang masih sekolah dan kuliah, memiliki kewajiban untuk datang mengikuti pelajaran di sekolah setiap hari yang sudah ditentukan. Namun bagaimana jika  anda tidak bisa hadir?, maka berarti anda tidak bisa melakukan tanggung jawab anda sebagaimana biasanya.

Sebagai bentuk pertanggung jawaban atau bentuk permohonan maaf, maka anda harus mengirimkan surat izin kepada guru maupun atasan anda di tempat kerja. Anda bisa menjelaskan alasan mengapa harus meminta izin, baik itu karena sedang sakit, karena sedang memiliki urusan penting, ataupun karena hal hal lainnya. Walaupun mungkin anda harus tetap menerima sanksi, namun sanksi yang anda terima sudah pasti lebih ringan daripada dengan sanksi yang tidak meminta izin.

Salah satu contoh kasus adalah karyawan yang sedang sakit dan tidak bisa bekerja pada hari tertentu. Dengan memberikan surat izin, maka pihak perusahaan akan mengetahui alasan ketidakhadirannya dan mungkin memberikan pengertian kepadanya. Begitu juga untuk para anak sekolah dan anak kuliah yang menempuh pendidikan, harus tetap mengirimkan surat izin ketika tidak bisa masuk sekolah dan masuk kuliah.

Contoh Surat Izin

Ada banyak jenis dan contoh surat izin yang mungkin seringkali kita gunakan. Untuk anda yang sudah bekerja, akan membutuhkan surat izin ketika tidak bisa masuk kerja. Untuk anda yang masih sekolah dan kuliah, akan membutuhkan surat izin ketika tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah dan di kampus.

Menulis surat izin tidaklah begitu susah, bahkan lebih mudah daripada menulis surat resmi lainnya. Namun jika anda membutuhkan bahan referensi, maka beberapa contoh surat izin di bawah ini mungkin akan bisa anda gunakan sebagai bahan referensi dalam menulis surat izin yang baik dan benar.

1. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit

Ketika anda sedang sakit, maka mungkin saja anda harus membutuhkan perawatan atau membutuhkan istirahat. Dengan sendirinya, anda pun tidak bisa lagi untuk mengikuti proses belajar mengajar di sekolah. Untuk menghindari sanksi dari pihak sekolah dan menunjukkan rasa tanggung jawab anda sebagai pelajar, maka baiknya mengirimkan surat izin tidak masuk sekolah karena sakit kepada guru atau kepala sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit di bawah ini.

Medan, 25 Agustus 2019

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Dengan ini kami orang tua/wali murid dari :

Nama:Muhammad Ilham
Siswa:Kelas XII SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Memberitahukan bahwa anak kami tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Senin, 25 Agustus 2019 dikarenakan sakit demam berdarah yang mengharuskannya istirahat total. Oleh karena itu, sudilah kiranya Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII memberikan izin.

Demikian surat izin yang kami buat, atas pemberian izin dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru Wali Kelas kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Pergi Keluar Kota

Untuk anda yang sedang bepergian ke luar kota untuk sesuatu hal, maka sebaiknya harus tetap mengirimkan surat izin tidak masuk sekolah. Bukan hanya karena sakit, namun apapun alasan ketidakhadiran anda, maka sebaiknya tetap mengirimkan surat izin tidak masuk sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin tidak masuk sekolah karena pergi ke luar kota di bawah ini.

Medan, 25 Agustus 2019

Hal : Permohonan Izin

Kepada Yth,
Bapak Wali Kelas XII
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan dibawah ini adalah Orang Tua/Wali dari :

Nama:Muhammad Ilham
Kelas:XII A

Bersama ini saya memberitahukan bahwa putra/i (tersebut diatas) tidak masuk sekolah dikarenakan mengikuti prosesi akad nikah kakak kandungnya di luar kota, tepatnya di Pekanbaru. Sehubungan dengan hal tersebut, agar Bapak Wali Kelas XII A sudi kirannya memberikan izin untuk anak kami.

Demikian surat izin ini saya buat. Atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,
Orang Tua Siswa,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Izin Sakit Kuliah

Untuk para mahasiswa/i, tentu sudah memiliki jadwal mata kuliah masing masing yang harus dihadiri. Namun jika anda sedang sakit dan butuh istirahat, maka sebaiknya tidak perlu memaksakan diri untuk tetap masuk kuliah. Karena walaupun anda memaksakan diri, tentu anda tidak akan bisa mengikuti pelajaran dengan maksimal. Maka dari itu, anda bisa mengirimkan surat izin sakit kuliah kepada dosen pengampu mata kuliah yang anda tidak bisa hadiri. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin sakit kuliah di bawah ini.

Medan, 25 Agustus 2019

Hal : Permohonan Izin Kuliah

Kepada Yth,
Bapak Dosen Pengampu
Mata Kuliah Hukum Islam
Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara :

Nama:Anton Syahputra
NIM:785487
Prodi:Fakultas Hukum

bermaksud meminta izin untuk tidak mengikuti seluruh kegiatan perkuliahan pada hari ini, Senin, 25 Agustus 2019. Hal tersebut sehubungan dengan kondisi saya yang sedang sakit dan harus membutuhkan istirahat sesuai saran dari dokter.

Demikian surat permohonan izin ini, atas perhatian dan izin yang diberikan, saya mengucapkan terima kasih.

Medan, 25 Agustus 2019

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Acara

Anda bekerja, maka tentu mendapatkan gaji dari perusahaan ataupun instansi tempat anda bekerja. Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban anda untuk hadir dan bekerja setiap hari kerja yang sudah ditentukan. Namun jika anda harus menghadiri suatu acara yang tidak bisa ditinggalkan, maka sebaiknya mengirimkan surat izin kepada atasan anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin tidak masuk kerja karena acara di bawah ini.

Medan, 25 Agustus 2019

Hal : Permohonan Izin Kerja

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:87435878345
Jabatan:Staff Personalia

Dengan ini mengajukan permohonan izin selama 3 (tiga) hari kerja terhitung mulai tanggal 25 Agustus 2019 s/d 27 Agustus 2019 mendatang. Hal ini dikarenakan saya harus menghadiri acara wisuda anak saya di luar kota, tepatnya di Jakarta.

Demikian surat izin ini saya sampaikan, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit

Ketika sakit, maka anda mungkin membutuhkan istirahat. Walaupun anda memaksakan diri untuk bekerja, maka mungkn hasilnya akan tidak maksimal dan hanya akan memperparah penyakit anda. Maka dari itu, anda bisa berisitrahan di rumah atau dirawat di rumah sakit, serta mengirimkan surat izin tidak masuk kerja kepada atasan anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin tidak masuk kerja karena sakit di bawah ini.

Medan, 25 Agustus 2019

Perihal : Permohonan Izin
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Manajer Marketing
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

bermaksud untuk menyampaikan permohonan maaf karena tidak bisa masuk kerja selama 3 hari, terhitung sejak hari ini. Hal tersebut sehubungan dengan kondisi saya yang sedang sakit dan menurut pemeriksaan dari dokter harus menjalani rawat inap selama 3 hari di Rumah Sakit Adam Malik, Medan. Bersama ini juga sudah saya lampirkan surat keterangan sakit dari dokter RSU Adam Malik, sebagai pertanggung jawaban dari saya.

Demikian surat permohonan izin saya sampaikan, atas perhatian dan izin dari Bapak saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Izin Sekolah SD

Seorang anak sd pada umumnya masih tidak bisa menulis surat izin tidak masuk sekolah. Maka anda sebagai orang tua bisa menulis surat izin dan mengirimkannya kepada pihak sekolah, ketika anda anda yang masih sd sedang tidak bisa masuk sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin sekolah sd di bawah ini.

Medan, 25 Agustus 2019

Hal : Permohonan Izin

Kepada Yth,
Wali Kelas 3
SD Negeri 123456 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini, merupakan orang tua dari siswa:

Nama:Dewi Cahaya
NISN:9875487
Kelas:Kelas 3
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

bermaksud memberitahukan bahwa anak kami dengan nama tersebut di atas tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar di sekolah pada hari ini, Senin, 25 Agustus 2019. Hal tersebut sehubungan dengan kondisi anak kami yang sedang sakit dan harus membutuhkan perawatan dari dokter. Maka dari itu, kami bermaksud untuk meminta kebijaksanaan dari Bapak Wali Kelas 3 SD Negeri 123456 Medan agar memberikan izin kepada anak kami selama tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah.

Atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak Wali Kelas, kami mengucapkan terimakasih.

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa,

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

Anda sebagai seorang mahasiwa, mungkin saja memiliki halangan dan tidak bisa mengikuti mata kuliah tertentu di kampus. Maka dari itu, anda pun bisa mengirimkan surat izin tidak masuk kuliah kepada dosen pengampu mata kuliah yang tidak bisa anda hadiri. Namun jika ada beberapa mata kuliah yang tidak bisa anda hadiri, maka anda bisa mengirimkan surat izin tidak masuk kuliah kepada dekan jurusan anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin tidak masuk kuliah di bawah ini.

Medan, 25 Agustus 2019

Hal : Permohonan Izin Kuliah

Kepada Yth,
Dekan Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara
Bapak Muhammad Ilham
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIM:9789667
Jurusan:S-1 Hukum
Fakultas:Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara

bermaksud memberitahukan jika saya tidak bisa mengikuti mata kuliah selama 3 hari ini, terhitung sejak tanggal 25 Agustus 2019 s/d 27 Agustus 2019. Hal tersebut dikarenakan saya harus berangkat ke luar kota, untuk menghadiri pernikahan kaka saya di Jakarta. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk meminta kebijaksaan dari Bapak berupa pemberian izin selama saya tidak bisa hadir mengikuti mata kuliah di kampus.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksaan dari Bapak saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

8. Contoh Surat Izin Kegiatan

Jika anda ingin menyelenggarakan suatu kegiatan tertentu, mungkin saja anda harus meminta izin kepada pihak lain, baik berupa permohonan izin untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut maupun izin untuk menggunakan tempat. Hal tersebut berguna untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan dalam perencanaan kegiatan tersebut. Maka dari itu, anda bisa melihat contoh surat izin kegiatan di bawah ini.

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
SEKRETARIAT BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
Jl. Universitas No. 123, Medan

Hal : Peminjaman Tempat
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Kepala Bagian Sarana dan Prasana
Universitas Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Dalam rangka mewujudkan program BEM USU dan sebagai salah satu saranan untuk meningkatkan tingkat kreatifitas mahasiswa dalam menjalankan kegiatan perkuliahan. Maka, kami selaku BEM USU akan melaksanakan kegitan Seminar Motivasi dengan tema “Ilmu Adalah Senjata Terbaik”. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/30 Agustus 2019
Waktu:08.00 – 12.00
Tempat:Ruangan Seminar

Maka dari itu, kami selaku panitia pelaksana kegiatan ingin memnjam ruangan Seminar Gedung G5.1 Kaultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara terhitung dari tanggal yang telah disebutkan diatas.

Demikian surat izin kegiatan untuk menggunakan tempat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama dari Bapak, kami ucapkan terimakasih.

Medan, 25 Agustus 2019

Hormat Kami,
Ketua BEM Universitas Sumatera Utara,

Anton Syahputra.

9. Contoh Surat Izin Sakit Kerja

Kondisi dan keadaan sakit merupakan kondisi yang tentu dihindari oleh semua orang. Namun jika sudah terkena penyakit, maka mungkin anda harus beristirahat agar segera pulih dan bisa beraktivitas kembali seperti biasanya. Dan ketika sakit, anda pun mungkin tidak bisa bekerja seperti biasa setiap hari. Maka dari itu, anda pun bisa mengirimkan surat izin sakit kerja kepada atasan anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin sakit kerja di bawah ini.

Medan, 25 Agustus 2019

Hal : Permohonan Izin Kerja

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Staff Marketing
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

bermaksud untuk meminta izin tidak masuk kerja untuk hari ini, dikarenakan saya sendiri sedang dalam kondisi sakit. Berdasarkan hasil pemeriksaan dari dokter, saya pun harus berisitrahat total selama 3 hari, terhitung sejak hari ini, Senin, 25 Agustus 2019.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS Instansi Pemerintahan

Bagi anda yang bekerja menjadi seorang PNS, mungkin memang tidak akan dikenakan pemotongan gaji ketika tidak masuk kerja. Kendati demikian, anda harus tetap mengirimkan surat izin tidak masuk kerja ketika berhalangan masuk kerja. Hal tersebut sebagai bukti tanggung jawab anda terhadap pekerjaan dan tanggung jawab atas ketikdahadiran tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin tidak masuk kerja pns instansi pemerintahan di bawah ini

Medan, 25 Agustus 2019

Hal : Permohonan Izin

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
NIP:8934758385
Jenis Kelamin:Perempuan
Jabatan:Staff Administrasi Dinas Pendidikan Kota Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

bermaksud untuk memberitahukan bahwa saya tidak bisa masuk kerja pada hari ini, Senin, 25 Agustus 2019. Hal ini karena saya harus menhadiri wisuda anak saya di Hotel Polonia, Jl. Perjuangan No. 123, Medan. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk meminta izin tidak masuk kerja kepada Bapak.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak saya ucapkan terimakasih.

Medan, 25 Agustus 2019

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

11. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS Guru

Seorang guru tentu sudah memiliki jadwal mengajar di setiap kelas di sekolahnya. Namun jika anda seorang guru, mungkin saja berhalangan untuk masuk sekolah dan tidak bisa mengajar di kelas yang sudah menjadi jadwal anda. Maka dari itu, anda perlu mengirimkan surat izin tidak masuk kerja pns kepada kepala sekolah, agar kepala sekolah bisa mencari pengganti anda mengisi jadwal anda yang kosong. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin tidak masuk kerja pns guru di bawah ini.

Medan, 25 Agustus 2019

Hal : Permohonan Izin

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIP:9847589357973
Jabatan:Guru Matematika SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

bermaksud memberitahukan jika saya tidak bisa masuk  kerja dan mengajar di sekolah pada hari ini, Senin, 25 Agustus 2019. Hal tersebut dikarenakan saya harus menghadiri pernikahan adik saya di Hotel Perdana, Jl. Mongonsidi No. 123, Medan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka saya bermaksud untuk meminta izin kepada Bapak dan agar Bapak kirannya sudi mencari guru pengganti untuk menggantikan jadwal saya.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

12. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karyawan

Seorang karyawan perusahaan sudah tentu memiliki jadwal dan shift kerja yang teratur. Namun jika anda tidak  bisa masuk kerja sebagaimana biasanya, maka anda wajib memberikan surat izin tidak masuk kerja kepada atasan. Dengan demikian, maka anda akan terlepas dari sanksi perusahaan, atau setidaknya tidak mendapatkan sanksi yang berat. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin tidak masuk kerja karyawan di bawah ini.

Medan, 25 Agustus 2019

Hal : Permohonan Izin

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Staff Produksi
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

bermaksud memberitahukan kepada Bapak jika saya tidak bisa masuk kerja pada hari, Senin, 25 Agustus 2019. Hal tersebut dikarenakan keluarga saya sedang berduka, dimana orang tua saya baru saja meninggal pada kemarin malam. Sehubungan dengan hal tersebut, maka saya bermaksud untuk meminta izin tidak masuk kerja kepada Bapak.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Anton Syahputra.

13. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit Buatan Sendiri

Ketika anda ingin mengirimkan surat izin tidak masuk sekolah karena sakit kepada pihak sekolah, maka sebaiknya memang mencantumkan nama dan tanda tangan orang tua pada surat tersebut. Namun jika anda tidak tinggal bersama orang tua, maka anda pun bisa menulis dan menandatangani surat tersebut. Namun alangkah baiknya jika anda memberikan bukti tambahan jika anda memang benar benar sedang dalam kondisi sakit. Salah satunya adalah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter, agar pihak sekolah lebih yakin dengan alasan anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit buatan sendiri di bawah ini.

Medan, 25 Agustus 2019

Hal : Permohonan Izin
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Ibu Dewi Cahaya
Wali Kelas XII – A
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NISN:346346346364
Kelas:XII – A
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

bermaksud memberitahukan bahwa saya dengan nama tersebut di atas tidak bisa masuk sekolah dan mengikuti proses belajar mengajar sebagaimana biasanya selama 3 hari , terhitung mulai hari ini, Senin 25 Agustus 2019 s/d 27 Agustus 2019. Hal tersebut dikarenakan saya sedang dalam kondisi sakit, dan menurut keterangan dokter harus mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Adam Malik, Medan. Maka selama saya tidak masuk sekolah, saya berada di Rumah Sakit Adam Malik Medan.

Bersama ini juga saya sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter atas nama saya sendiri. Sehubungan dengan hal tersebut, saya pun bermaksud untuk meminta izin tidak masuk sekolah kepada Ibu.

Demikian surat permohohan izin ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksaan dari Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Anton Syahputra.

14. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Melahirkan

Ada banyak karyawan wanita pada setiap perusahaan yang sudah biasa kita temukan. Dan ketika seorang karyawan wanita hendak melahirkan, maka sudah sepantasnya dia mendapatkan izin tidak masuk kerja dari perusahaan. Dan jika anda mengalami hal tersebut, maka anda pun bisa meminta izin tidak masuk kerja kepada atasan anda sesuai dengan peraturan yang berlaku pada perusahaan tersebut. Ada banyak perusahaan yang memberikan cuti selama 3 bulan untuk karyawan mereka yang sedang melahirkan, namun semua itu tergantung dari peraturan perusahaan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin tidak masuk kerja karena melahirkan di bawah ini.

Medan, 25 Agustus 2019

Hal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan:Staff Administrasi
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

bermaksud memberitahukan bahwa saya baru saja melahirkan anak pertama saya kemarin malam, Senin, 24 Agustus 2019. Bersama ini saya juga sudah melampirkan fotocopy surat bukti persalinan saya dari Rumah Sakit Adam Malik, Medan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka saya bermaksud untuk meminta izin tidak masuk kerja atau meminta cuti selama 3 bulan, terhitung mulai dari hari ini, Senin, 25 Agustus 2019. Hal tersebut sesuai dengan peraturan PT. Sukses Makmur yang memberikan cuti selama 3 bulan untuk karyawan yang melahirkan.

Demikian surat permohonan izin tidak masuk kerja ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

15. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit dari Orang Tua

Sekarang ini ada banyak siswa yang naka dan tidak masuk sekolah dengan berbagai alasan. Karena hal tersebut, maka pihak sekolah pun tentu tidak akan mudah percaya kepada siswa yang tidak masuk sekolah tanpa ada bukti yang kuat. Namun jika anda memang benar benar sedang sakit, maka anda bisa mencantumkan nama dan tanda tangan pada surat izin tidak masuk sekolah yang anda kirimkan. Dengan nama dan tanda tangan orang tua, tentu pihak sekolah akan lebih percaya dengan alasan anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit dari orang tua di bawah ini.

Medan, 25 Agustus 2019

Hal : Permohonan Izin
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Wali Kelas XII – B
SMA Negeri 1 Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan orang tua dari :

Nama:Intan Permatasari
Jenis Kelamin:Perempuan
NISN:34587357
Kelas:Kelas XII – B
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

bermaksud memberitahukan bahwa siswa dengan nama tersebut di atas tidak bisa masuk sekolah dan mengikuti proses belajar mengajar sebagaimana biasanya pada hari ini, Senin 25 Agustus 2019. Hal tersebut dikarenakan anak saya dengan nama tersebut di atas sedang dalam kondisi sakit, dan menurut pemeriksaan dari dokter harus membutuhkan istirahat total di rumah.

Bersama ini, saya juga sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter atas nama anak saya, Intan Permatasari. Sehubungan dengan hal tersebut, maka saya bermaksud untuk meminta izin dan kebijaksanaan dari Bapak terkait ketidakhadiran anak saya.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa,

Anton Syahputra.

16. Contoh Format Surat Izin

Berbagai contoh dan jenis surat izin di atas mungkin sudah bisa menjadi bahan referensi untuk anda sekalian ketika ingin menulis surat izin. Sudah ada beberapa contoh dengan sangat lengkap, mulai dari contoh surat izin tidak masuk kerja, contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit, contoh surat izin tidak masuk sekolah karena pergi, contoh surat izin kegiatan, contoh surat izin tidak masuk kuliah, dan lain sebagainya. Namun satu jenis surat izin yang paling sering digunakan adalah surat izin tidak masuk kerja. Maka dari itu, kami akan memberikan satu buah format surat izin tidak masuk kerja di bawah ini untuk anda sekalian.

(Nama Kota dan Tanggal)

Hal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Kepada Yth,
Bapak/Ibu . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . .

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: 
Jabatan: 
Alamat: 

bermaksud memberitahukan bahwa saya tidak bisa masuk kerja pada hari ini, . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. Hal tersebut dikarenakan saya . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Sehubungan dengan hal tersebut, saya pun bermaksud untuk meminta izin kepada Bapak/Ibu atas ketidakhadiran saya untuk bekerja sebagaimana biasaya.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

(Nama dan Tanda Tangan)

Penutup

Sekarangi ini teknologi memang sudah sangat maju dan canggih. Anda pun sudah bisa berkomunikasi dengan mudah dan sangat cepat. Bukan hanya sekedar berkirim pesan saja, bahkan anda pun sudah bisa melakukan video call dan bertatap muka langsung dari layar smartphone atau layar komputer anda. Kendati demikian, penggunaan surat tetaplah tidak bisa ditinggalkan, karena berbagai urusan dan keperluan masih sangat membutuhkan surat sebagai media komunikasi yang resmi.