16 Contoh Surat Keluar Perusahaan, Dinas, Kantor, DLL

Contoh Surat Keluar – Untuk bisa berkomunikasi dengan pihak eksternal, maka penggunaan surat keluar sangat dibutuhkan oleh berbagai pihak. Terutama untuk urusan resmi, maka penggunaan surat masuk dan surat keluar memang satu hal yang tidak bisa ditinggalkan.

Penggunaan surat keluar resmi ini bisa kita temukan pada berbagai tempat, seperti contoh surat keluar perusahaan, surat keluar dinas, surat keluar niaga, dan lain sebagainya. Sebagai salah satu bentuk komunikasi resmi, tentu saja surat memiliki peranan yang sangat penting untuk pihak pihak tertentu.

Adapun surat keluar adalah semua jenis surat yang diterbitkan ataupun dikeluarkan oleh suatu pihak. Salah satu contohnya adalah surat keluar niaga yang dipergunakan oleh perusahaan. Semua surat yang mereka keluarkan akan disebut dengan surat keluar, begitu juga dengan instansi pemerintahan, lembaga, maupun organisasi.

Penggunaan surat keluar inipun memiliki tujuan yang berbeda beda. Untuk pihak perusahaan, mungkin akan sering mengunakannya untnuk urusan niaga ataupun perdagangan dengan perusahaan lain. Sementara untuk instansi pemerintahan, akan sering menggunakan surat ini untuk keperluan pemberitahuan, perintah tugas, undangan, ataupun hal lainnya kepada instansi lain.

Contoh Surat Keluar

Jika anda sudah bekerja dan bertugas menangani urusan surat menyurat, maka tentu akan seringkali menjumpai berbagai contoh surat masuk dan surat keluar yang digunakan. Anda harus bisa menerjemahkan informasi dari atasan kedalam sebuah surat, yang nantinya akan dikirimkan kepada pihak dimaksud. Dan tentu saja akan ada banyak contoh surat yang bisa anda pergunakan demi kelancaran komunikasi resmi.

Untuk anda yang masih sekolah atau kuliah, juga mungkin saja mendapat tugas untuk menulis surat keluar perusahaan atau surat keluar dinas. Menulis surat keluar yang pada umumnya merupakan surat resmi ini tidaklah begitu susah, dan berikut di bawah ini adalah beberapa contoh surat keluar yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Keluar Perusahaan

Surat keluar perusahaan biasanya dipergunakan oleh perusahaan untuk urusan niaga atau bisnis. Bisa juga sebuah perusahaan mengirimkan surat keluar perkenalan perusahaan, dengan tujuan produk dan perusahaannya lebih mudah dikenal masyarakat. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keluar perusahaan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 11 Oktober 2019

Nomor : 123/MJS/10/2019
Perihal : Undangan

Kepada Yth,
Bapak/ Ibu/ Saudara/ Saudari
Staff dan Karyawan PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan diadakannya HUT Perusahaan PT. Maju Jaya Sejahtera pada tanggal 15 mendatang, maka dengan ini kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu/Saudara/Saudari Staff dan Karyawan untuk hadir pada acara perayaan yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/15 Oktober 2019
Tempat:Aula Perusahaan

Kami berharap agar Bapak/Ibu/Saudara/Saudari berkenan hadir pada perayaan HUT Perusahaan ini, karena akan ada banyak kegiatan yang akan diperlombakan, beserta dengan hadiah hadiah yang menarik.

Hormat Kami,Demikian surat  undangan ini kami sampaikan,  atas perhatian Bapak/Ibu/Saduara/Saudari, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Keluar Barang

Surat keluar barang atau sering disebut dengan nota barang keluar adalah surat yang dipergunakan ketika menjual barang. Surat keluar barang ini juga sering digunakan atau disebut sebagai faktur atas barang yang keluar atau barang yang terjual. Ada banyak contoh surat pengeluaran barang yang bisa anda pergunakan oleh berbagai perusahaan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keluar barang di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KELUAR BARANG

Nama Pelanggan : Toko Sukses Makmur
Alamat : Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan
Nomor : INV/123/MJS/10/2019
Tanggal : 11 Oktober 2019

Bersama ini kami kirimkan barang barang sebagai berikut :

No.Nama BarangJumlahHarga @
1TV LED Samsung 32 Inchi10Rp. 3.000.000,-
2TV LED Samsung 24 Inchi10Rp. 2.500.000,-
3Kulkas Polytron 2 Pintu10Rp. 3.000.000,-
4Kulkas Samsung 2 Pintu10Rp. 3.500.000,-
5Mesin Cuci Polytron10Rp. 5.000.000,-

Demikian surat keluar barang ini kami perbuat dengan sebenarnya.

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Keluar Resmi

Surat keluar resmi bisa dipergunakan oleh pihak mana saja yang mengatasnamakan suatu perusahaan, instansi, lembaga, maupun organisasi. Sebagai salah satu contoh adalah pihak sekolah yang mengeluarkan surat pemberitahuan untuk para orang tua/wali murid, maka itu bisa disebut dengan surat keluar resmi. Selain itu, perusahaan juga bisa menggunakan contoh surat keluar resmi perusahaan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keluar resmi sekolah di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 11 Oktober 2019

Nomor : 123/SMAN1/10/2019
Perihal : Undangan

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Siswa
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan para siswa/i SMAN 1 Medan, khususnya kelas IPA, maka kami dari pihak SMA Negeri 1 Medan bermaksud melakukan studi lapangan yang akan diikut oleh para siswa/i kelas IPA, yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/20 Oktober 2019
Pukul:08.00 – Selesai
Tempat:Aula Sekolah

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd.
NIP. 876435869 2353 3626.

4. Contoh Surat Keluar Kantor Dinas

Kantor kantor instansi pemerintahan atau kantor pemerintahan juga seringkali menggunakan surat keluar untuk berbagai keperluan. Ada banyak contoh surat kantor yang seringkali dipergunakan untuk urusan dinas. Adapun surat tersebut bisa ditujukan kepada instansi lain ataupun pihak lainnya.

Misalnya saja adalah contoh surat keluar dinas pendidikan, yang bisa dikirimkan kepada sekolah tertentu. Namun surat dinas keluar ini juga bisa dipergunakan untuk urusan internal, seperti undangan rapat. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keluar kantor dinas di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 11 Oktober 2019

Nomor : 123/Disdik/10/2019
Perihal : Undangan Rapat

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Kepala Bagian Adminstrasi
Dinas Pendidikan Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan dilaksanakannya rapat internal, dengan surat ini kami bermaksud untuk mengundang Bapak agar bisa hadir mengikuti rapat yang akan dilaksanakan pada  :

Hari/Tanggal:Senin/15 Oktober 2019
Tempat:Ruang Rapat 1 Dinas Pendidikan
Acara:Pembahasan Anggaran Tahun 2020

Mengingat pentingnya rapat ini, maka kami sangat berharap agar Bapak bisa hadir pada rapat tersebut, sesuai dengan waktu dan tempat yagn sudah ditentukan.

Demikian surat undangan rapat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Keluar Niaga Penawaran Barang

Salah satu contoh surat keluar niaga yang sering dipergunakan adalah surat penawaran barang. Surat penawaran barang dipergunakan oleh perusahaan yang memproduksi barang barang tertentu, dengan tujuan agar meningkatkan penjualan barang mereka. Maka dari itu, mereka pun bisa menggunakan surat keluar berupa penawaran kepada perusahaan lain. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat niaga keluar penawaran barang di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 11 Oktober 2019

Nomor : 123/MJS/10/2019
Perihal : Penawaran Barang
Lampiran : 1 Brosur

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Berdasarkan pengamatan kami, PT. Sukses Makmur merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan keuangan dan sekarang ini memiliki rencana untuk membuka kantor cabang baru di Medan. Dengan demikian, tentu saja Bapak/Ibu akan membutuhkan banyak peralatan kantor untuk dipergunakan pada kantor baru tersebut.

Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami bermaksud menawarkan produk produk peralatan kantor dan perabotan kantor yang tentu saja akan Bapak/Ibu butuhkan. Adapun barang barang dan peralatan kantor yang kami miliki memiliki kualitas tinggi, namun dengan harga yang terjangkau.

Jika Bapak/Ibu bersedia, maka bisa menghubungi kami pada nomor telepon yang tersedia ataupun mengirimkan surat balasan langsung kepada kami. Jika Bapak/Ibu membeli dengan jumlah pembayaran minimal Rp. 25.000.000, maka kami akan memberika diskon sebesar 5% tanpa syarat, yang tentunya akan menguntungkan untuk perusahaan Bapak/Ibu.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Keluar Kerja

Surat keluar kerja atau sering disebut dengan surat pengunduran diri dipergunakan ketika seorang pegawai/karyawan ingin mengundurkan diri dari pekerjaanya. Ketika ingin keluar dari pekerjaan, maka anda harus menyerahkan surat keluar kerja kepada atasan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keluar kerja di bawah ini.

Medan, 11 Oktober 2019

Perihal : Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Staff Marketing

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Sukses Makmur, terhitung dari tanggal 20 Oktober 2019 mendatang.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan kerja yang diberikan oleh perusahaan kepada saya. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan dari rekan rekan dan atasan yang saya terima selama ini, secara langsung maupun tidak langsung.

Tidak lupa, saya juga ingin meminta maaf atas semua kesalahan yang mungkin pernah saya perbuat selama saya bekerja di PT. Sukses Makmur. Dan saya berharap agar PT. Sukses Makmur semakin sukses ke depannya dan bisa berkembang dengan cepat.

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran atas keinginan sendiri dan tidak ada paksaan dari siapa pun.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Keluar Sekolah

Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan tentu akan seringkali menggunkan surat resmi. Surat keluar tersebut bisa ditujukan kepada pihak tertentu, untuk suatu kepentingan sekolah tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keluar sekolah di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 11 Oktober 2019

Nomor : 123/SMAN1/11/2019
Perihal : Undangan Rapat

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Orang Tua Siswa
Kelas XII SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan pelaksanaan Ujian Nasional yang sudah semakin dekat, maka Pihak sekolah perlu mempersiapkan banyak hal demi kelancaran Ujian tersebut dan kelulusan para siswa. Namun bukan hanya pihak sekolah, dibutuhkan juga sinergi dari orang tua para siswa.

Oleh karena itu, dengan ini kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu orang tua siswa untuk hadir pada rapat yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/20 Oktober 2019
Waktu:Pukul 09.00 – Selesai
Tempat:Aula SMA Negeri 1 Medan

Adapun maksud dari undangan ini rapat ini adalah untuk membahas mengenai persiapan ujian nasional untuk siswa/i SMA Negeri 1 Medan, khususnya kelas XII yang sebentar lagi akan mengadakan ujian nasional.

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA  Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd.

8. Contoh Surat Keluar Siswa dari Sekolah

Ketika seorang siswa ingin mengundurkan diri atau keluar dari sekolah, maka dia bisa mengirimkan surat pengunduran diri kepada pihak sekolah. Namun alangkah baiknya jika surat keluar siswa dari sekolah tersebut ditanda tangani oleh orang tuanya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keluar sekolah dari siswa di bawah ini.

Medan, 11 Oktober 2019

Perihal : Pengunduran Diri Sekolah

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan orang tua siswa dari :

Nama:Intan Permatasari
Kelas:VII SMP Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud memberitahukan perihal pengunduran diri anak kami dari SMP Negeri 1 Medan. Hal ini dikarenakan saya sebagai orang tua harus pindah tugas ke Pekanbaru sebagai seorang TNI AD. Dengan demikian, kami sekeluarga akan pindah kesana dan tidak mungkin meninggalkan anak kami di Medan sendirian.

Mengenai pengurusan administrasi kepindahan sekolah anak kami, nantinya akan kami urus selanjutnya beserta dengan anak kami, sekalian berpamitan dengan teman teman sekolah dan Bapak/Ibu guru sekalian.

Demikian surat pengunduran diri ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

Anton Syahputra.

9. Contoh Surat Keluar Niaga

Ada banyak jenis surat niaga keluar yang seringkali dipergunakan oleh pihak perusahaan ataupun pihak pihak badan usaha. Dan surat surat keluar niaga tersebut berguna untuk kepentingan bisnis, perdagangan ataupun perniagaan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keluar niaga di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 11 Oktober 2019

Nomor : 123/MJS/11/2019
Perihal : Pesanan Barang

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Menindaklanjuti surat penawaran dari Bapak/Ibu pada tanggal 05 Oktober 2019 yang lalu, dengan nomor surat 126/SM/10/2019 mengenai barang barang elektronik, maka dengan ini kami bermaksud memesan barang barang berikut ini :

  1. 10 Unit TV LED Samsung 32 Inchi
  2. 10 unit TV LED Samsung 24 Inchi
  3. 10 Unit Mesin Fotocopy
  4. 10 Unit Mesin Fax
  5. 10 Unit Printer 3 In 1

Kami berharap agar barang pesanan kami diproses secepatnya dan sudah bisa kami terima setidaknya pada tanggal 20 Oktober mendatang. Mengenai pembayaran akan kami lakukan dengan cara transfer bank, 2 (dua) hari setelah barang pesanan kami terima, dan kami akan mengirimkan fotocopy bukti struk transfer tersebut kepada Bapak/Ibu.

Demikian surat pesanan barang ini kami sampaikan, atas perhatian dan pelayanan Bapak/Ibu yang baik, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Keluar dari Perusahaan

Semua jenis surat yang diterbitkan oleh suatu perusahaan disebut dengan surat keluar perusahaan. Surat surat tersebut bisa ditujukan kepada siapa saja, tergantung isi dan kepentingan dari surat tersebut. Misalnya saja adalah contoh surat pengenalan perusahaan yang bertujuan agar perusahaan dan produknya lebih cepat dikenal masyarakat. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keluar dari perusahaan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 11 Oktober 2019

Nomor : 123/MJS/10/2019
Perihal : Perkenalan Produk
Lampiran : 1 Brosur

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan Hormat,
PT. Maju Jaya Sejahtera adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan berbagai merek dan jenis komputer serta laptop. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1970 dan sudah memiliki banyak cabang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Dan menurut pengamatan kami, PT. Sukses Makmur adalah salah satu perusahaan yang bergerak maju dan sangat pesat belakangan ini, yang tentunya membutuhkan banyak perangkat komputer dan laptop yang mumpuni.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami pun bermaksud memperkenalkan beberapa produk terbaru yang kami miliki sekarang ini, baik komputer maupun laptop, yang mungkin akan Bapak/Ibu butuhkan untuk keperluan inventaris perusahaan. Jika Bapak/Ibu berminat, maka bisa menghubungi kami pada nomor telepon yang tersedia, ataupun mengirimkan surat balasan kepada kami.

Demikian surat perkenalan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

11. Contoh Surat Keluar Dalam Bahasa Inggris

Dalam suatu perusahaan, instansi perusahaan, ataupun lembaga dan organisasi, mungkin kita akan jarang menggunakan surat keluar dalam bahasa Inggris. Namun untuk anda yang masih sekolah ataupun kuliah, maka mungkin saja mendapat tugas untuk menulis surat demikian. Maka dari itu, di bawah ini adalah contoh surat keluar dalam bahasa inggris yang bisa anda jadikan bahan referensi.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, October, 11 2019

Number : 123.SMAN1/10/2019
Subject : Invitation

To :
Mr/Mrs Parents of Student
SMA Negeri 1 Medan
In Place

With Respect,
In connection with the entry of the new semester, of course there are many things that must be discussed between the school and parents / guardians of students. Therefore, we want to invite you to come to the meeting to be held on :

Day/Date:Monday/October 20, 2019
Time:09.00 – 12.00 AM
The Place:Hall of SMA Negeri 1 Medan
Event:Students SPP Fee

Considering the importance of this event, we sincerely hope that the spirit of the Mr/Mrs at the meeting will be held at the time and place that has been determined.

We convey this invitation letter, for your attention and presence, we thank you.

Best Regards,
Headmaster of SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd.

12. Surat Permohonan Keluar dari Klub Sepak Bola

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling digemari di Indonesia. Maka tidak heran jika ada banyak klub sepak bola yang bisa kita temukan di berbagai kota. Namun jika anda ingin keluar dan mengundurkan diri dari sana, maka anda pun bisa menggunakan contoh surat keluar dari klub sepak bola di bawah ini.

Medan, 11 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Bapak Ketua dan Pelatih
Klub Sepak Bola ANAK MEDAN
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Nomor Anggota:123

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari Klub Sepak Bola ANAK MEDAN, terhitung sejak tanggal 20 Oktober 2019 mendatang.

Adapun yang menjadi alasan pengunduran diri saya adalah karena saya harus melanjutkan pendidikan di Universitas Negeri Jakarta dan tidak akan memiliki waktu lagi untuk mengikuti berbagai kegiatan, serta latihan pada Klub Sepak Bola Anak Medan.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya untuk Bapak Ketua dan Bapak Pelatih Klub Anak Medan, yang telah memberikan banyak dukugan dan pelajaran dalam bermain sepakbola dan bermain sportif dari olahraga ini. Saya juga mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada para rekan rekan saya yang selama ini menerima saya dengan baik untuk bergabung pada klub ini.

Tidak lupa, saya juga ingin meminta maaf kepada Bapak Ketua, Bapak Pelatih, dan rekan rekan saya, bilaman selama bergabung disini pernah berbuat kesalahan, baik dari tindakan maupun dari ucapan, disadari atau tidak saya sadari. Saya berharap agar ke depannya Klub Sepak Bola Anak Medan semakin maju dan bisa menghasilkan pemain pemain sepak bola yang berkualitas.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

13. Surat Pernyataan Keluar dari Sekolah

Seorang siswa bisa saja mengundurkan diri dari sekolah dan pindak ke sekolah lain dikarenakan beberapa hal. Salah satu alasan yang paling sering kita temui adalah karena orang tua pindah tugas dan harus ikut dengan orang tua. Namun akan lebih baik jika contoh surat pernyataan keluar dari sekolah ini ditandatangani oleh orang tua siswa yang bersangkutan. Maka dari itu, anda pun bisa membuat surat keluar dari sekolah seperti contoh di bawah ini.

Medan, 11 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Ibu Intan Permatasari
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan orang tua dari siswa :

Nama:Dewi Cahaya
NISN:8765476536
Kelas:X SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud memberitahukan pengunduran diri anak kami dengan nama tersebut di atas dari SMA Negeri 1 Medan, terhitung sejak hari ini, Senin, 11 Oktober 2019.

Adapun yang menjadi alasan pengunduran diri ini adalah karena saya sebagai orang tua dan bekerja sebagai seorang Polisi dipindahtugaskan ke Pekanbaru dan harus membawa keluarga kesana, termasuk anak kami dengan nama tersebut di atas. Hal hal yang berkaitan dengan administrasi pindah sekolah akan kami urus secepatnya beserta dengan anak kami, sekaligus untuk berpamitan kepada Bapak/Ibu guru dan teman temannya siswa yang lain.

Demikian surat pengunduran diri ini kami sampaikan dengan sebenarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

Anton Syahputra.

14. Contoh Surat Keluar Dinas Instansi

Salah satu pihak yang paling sering menggunakan berbagai jenis surat resmi adalah instansi pemerintahan. Mereka pada umumnya akan menggunakan contoh surat dinas keluar untuk urusan eksternal kantor. Surat yang dipergunakan oleh dinas instansi bisa merupakan inisiatif sendiri ataupun sebagai balasan dari contoh surat masuk yang diterima. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keluar instansi di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 11 Oktober 2019

Nomor : 123/Disdik/10/2019
Perihal : Edaran

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMA Sederajat
Daerah Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Dengan surat ini kami sampaikan kepada seluruh Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMA se-derajat di daerah Kota Medan, bahwa dalam rangka meningkatkan mutu sekolah dalam bidang teknologi dan informasi dan kecakapan teknologi, kami dari pihak Dinas Pendidikan Kota Medan akan mengadakan pelatihan kecakapan teknologi.

Dengan pelatihan tersebut diharapkan bapak/ibu sekalian mampu dan lebih baik lagi dalam mengelola sistem pendidikan yang ada di sekolah masing-masing dengan baik dan benar.

Maka, mohon sekiranya Bapak/Ibu Kepala Sekolah sekalian untuk dapat hadir mengikuti kegiatan tersebut yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/20 Oktober 2019
Waktu:Pukul 08.00 WIB – Selesai
Tempat:Gedung Aula Dinas Pendidikan Kota Medan

Demikianlah surat ini kami sampaiakan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

Anton Syahputra, M. Si.

15. Surat Keluar Organisasi OSIS

OSIS sebagai salah satu organisasi resmi di ingkungan sekolah juga seringkali menggunakan surat resmi untuk berbagai keperluan. Salah satunya adalah untuk memberitahukan pengumuman, seperti contoh surat keluar organisasi osis di bawah ini.

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 10 Oktober 2019

Nomor : 123/OSIS/SMAN1/10/2019
Perihal : Pengumuman

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Murid
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubung dengan kegiatan yang akan diadakan untuk memberi pelatihan untuk menjadi anggota OSIS periode 2018-2019. Kami selaku penanggung jawab acara, akan mengadakan kegiatan pelatihan tersebut pada :

Hari/Tanggal:Senin/20 Oktober 2019
Waktu:08.00 – Selesai
Tempat:Taman Perkemahan Sibolangit

Melihat pentingnya acara ini kami harapkan Bapak/Ibu selaku orang tua/wali murid dapat memberikan izin untuk mengikuti kegiatan pelatihan ini dikarenakan kegiatan ini dapat memmbangun sifat dan sikap kepemimpinan guna menunjang kemampuan siswa/i dalam melaksanakan tugas sebagai anggota OSIS di SMA Negeri 1 Medan.

Demikian surat ini kami buat, mohon maaf jika ada kata-kata yang salah. Atas perhatian Bapak/Ibu, Kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua OSIS SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra.

16. Contoh Surat Permintaan Penawaran

Ada banyak jenis surat keluar yang seringkali dipergunakan oleh berbagai pihak. Namun salah satu pihak yang paling sering menggunakan surat adalah perusahaan, dimana sering menggunakannya untuk keperluan perniagaan ataupun perdagangan. Berikut di bawah ini adalah salah satu contoh surat keluar perusahaan berupa surat permintaan penawaran.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 11 Oktober 2019

Nomor : 123/MJS/10/2019
Perihal : Permintaan Penawaran

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan Surat Pengenalan Produk yang telah Bapak/Ibu kirim sebelumnya, kami tertarik untuk membeli berbagai kebutuhan peralatan kantor yang Anda tawarkan.

Untuk itu kami mohon Bapak/Ibu dapat mengirimkan beberapa informasi yang kami butuhkan sebagai berikut :

  1. Rincian Jenis Barang
  2. Daftar Harga Setiap Barang
  3. Cara Pemesanan dan Cara Pembayaran

Pemesanan akan kami lakukan setelah mempertimbangkan kembali informasi diatas yang telah kami terima. Semoga surat ini menjadi awal hubungan kerjasama yang baik antar perusahaan kita.

Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

Penutup

Dalam menulis berbagai contoh surat keluar, alangkah baiknya jika anda memang sudah memiliki format surat keluar. Semuanya tergantung dari isi surat yang dipergunakan, misalnya seperti format surat keluar dinas yang dipergunakan oleh instansi dan lembaga pemerintahan. Jadi, anda pun hanya akan mengisi bagian tertentu saja, yang akan membuat waktu menulis surat keluar lebih singkat.

Penggunaan berbagai jenis dan contoh surat keluar memang masih tidak bisa ditinggalkan hingga sekarang ini, sekalipun sudah ada banyak media komunikasi elektronik dan digital. Hal tersebut dikarenakan surat merupakan media komunikasi yang resmi dan sudah diakui oleh semua pihak. Itulah tadi beberapa contoh surat keluar yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.