16 Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Visa, Bank, KPR, dan Kuliah

Contoh Surat Keterangan Kerja – Setiap orang tentu membutuhkan pekerjaan agar bisa mendapatkan penghasilan. Pekerjaan dimaksud bisa berupa pekerjaan di sebuah perusahaan ataupun instansi pemerintahan dan juga pekerjaan berupa usaha sendiri. Namun yang pasti, tujuan dari bekerja adalah untuk bisa memiliki penghasilan dan bisa menutupi kebutuhan sehari hari.

Jika anda ingin membaca lebih lanjut mengenai pengertian surat keterangan kerja, bagian bagian, cara membuatnya, dan jenis jenis surat keterangan kerja, maka anda bisa membacanya pada Pengertian Surat Keterangan Kerja.

Setelah anda bekerja, tentu ada banyak keinginan yang ingin anda penuhi. Berbagai macam contohnya adalah untuk kredit kpr, untuk membeli kendaraan bermotor secara cicilan, dan lain sebagainya. Dan hal tersebut tentu membutuhkan surat keterangan kerja dari anda, baru kemudian bisa diproses. Salah satu contoh kecil penggunaan surat keterangan kerja adalah untuk kredit kpr. Sudah pasti ada banyak berkas administrasi yang harus anda lengkapi untuk memenuhi persyaratan.

Salah satu persyaratan yang harus anda miliki adalah memiliki surat keterangan kerja. Surat keterangan kerja tersebut nantinya akan berguna untuk meyakinkan pihak pemberi kredit jika anda benar benar memiliki pekerjaan tetap dan sanggup untuk membayar cicilan kpr. Sementara jika anda tidak bisa memberikan surat keterangan kerja, maka serta merta pihak pemberi kredit juga tidak akan bisa menyetujui permohonan anda.

Masih ada banyak kasus lainnya yang mungkin membutuhkan surat keterangan kerja dari anda. Dan satu hal yang pasti adalah surat keterangan kerja harus diterbitkan oleh orang yang berwenang, dari suatu instansi ataupun dari badan usaha tertentu. Sementara untuk penggunaanya adalah dipergunakan oleh perseorangan untuk kebutuhan resmi.

Contoh Surat Keterangan Kerja

Ada banyak jenis jenis surat keterangan kerja dan contoh surat keterangan kerja yang mungkin seringkali kita temui. Baik untuk anda yang sudah bekerja dan  bertugas menangani urusan surat menyurat. Begitu juga untuk anda yang masih sekolah atau kuliah dan mendapatkan tugas untuk menulis surat keterangan kerja. Menulis surat keterangan kerja memang bukanlah hal yang terlalu suit, karena tidak berbeda jauh dengan jenis jenis surat resmi lainnya.

Namun mungkin masih ada banyak orang yang tidak begitu paham bagaimana cara menulis surat keterangan kerja yang baik dan benar. Jika anda ingin menulis surat keterangan kerja, maka berikut di bawah ini adalah beberapa contoh surat keterangan kerja yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Visa Bahasa Inggris

Visa adalah sesuatu berkas yang harus dilengkapi ketika ingin bepergian ke luar negeri, seperti untuk berlibur. Namun banyak orang yang pergi ke luar negeri dengan alasan berlibur, padahal akhirnya menetap dan bekerja di luar negeri. Maka dari itu, seseorang bisa meminta atasannya, agar memberikan surat keterangan kerja untuk visa. Dalam surat tersebut bisa dijelaskan jika seseorang tersebut memang benar benar memiliki pekerjaan dan pasti pulang ke Indonesia tepat waktu. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan kerja untuk visa di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

To :
Visa Section
Embassy of Italy
Jakarta

Dear Sir/Madam,
With this letter, I would like to inform you, I, the undersigned :

Name:Anton Syahputra
Position:Director of PT. Maju Jaya Sejahtera

Certify that,

Name:Muhammad Ilham
Position:Financial Department
DOB:July, 20 1990
Working Since:205

Is planning to have vacation to Italy, on December, 20th 2019 until January, 10th 2020.

I acknowledge and guarantee that he is really an Employee in our company with average monthly THP is IDR 15.000.000. He will not seek any employment or permanent stay into your country, and will return to Indonesia soon after his holiday trip is completed. All kind of expenses during this trip will be fully covered by his personal account.

Kindly grant his the necessary entry visa to your country. Your kind assistance will be very highly appreciated.

Medan, August 22, 2019

Sincerely yours,
Director of PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Visa Bahasa Indonesia

Jika di atas tadi merupakan surat keterangan kerja untuk visa dalam bahasa Inggris, maka kali ini adalah surat keterangan kerja untuk visa dalam bahasa Indonesia. Caranya masih sama, yakni meminta atasan anda untuk menerbitkan surat keterangan kerja, yang tujuannya adalah untuk menerbitkan atau mengurus visa. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan kerja untuk visa dalam bahasa Indonesia di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Pimpinan Kedutaan Prancis
Bagian Visa
Jakarta

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan Direktur Pt. Maju Jaya Sejahtera, menerangkan bahwa :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan:Kepala Departemen Personalia
Alamat:Jl. Almamater No. 123, Medan

memiliki rencana untuk berlibur ke Prancis pada tanggal 20 November 2019 sampai 10 Desember 2019 mendatang.

Dengan ini saya menerangkan jika nama yang bersangkutan di atas benar benar merupakan karyawan dari perusahaan kami dengan penghasilan setiap bulannya sebesar Rp. 18.000.000 (delapan belas juta rupiah). Saya bisa menjamin jika nama yang bersangkutan di atas tidak akan mencari pekerjaan atau menetap di Prancis, dan akan kembali ke Indonesia setelah selesai masa liburannya. Untuk biaya perjalanan dan liburannya akan ditanggung oleh dana pribadi dengan nama yang bersangkutan di atas.

Untuk itu, saya sangat berharap agar Bapak/Ibu bisa memberikan visa liburan untuk nama yang tercantum di atas. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terimakasih.

Medan, 22 Agustus 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR

Ketika anda ingin mengajukan kpr, maka pihak pemberi kpr harus memastikan terlebih dahulu mengenai keuangan dan pekerjaan tetap anda. Maka dari itu, anda bisa meminta surat keterangan kerja dari atasan, dan memberikannya kepada pihak pemberi kpr. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan kerja untuk kpr di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KETERANGAN KERJA
No. : 03/BPS/XII/2019

Yang bertandatangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera

Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Kepala Bagian Administrasi
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123, Medan

adalah benar benar merupakan karyawan tetap di perusahaan kami dan sudah bekerja terhitung sejak tanggal 20 November 2015 hingga saat ini. Adapun penghasilan tetapnya setiap bulannya adalah Rp. 13.000.000 (tiga belas juta rupiah). Selama bekerja di perusahaan kami, Saudara Muhammad Ilham selalu menunjukkan dedikasi, loyalitas yang tinggi, dan juga selalu bertanggung jawab terhadap pekerjaan.

Demikian surat keterangan kerja ini kami perbuat, dengan tujuan untuk memenuhi persyaratan administrasi pengajuan program KPR.

Medan, 22 Agustus 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Kuliah Terkait Penggantian Jadwal

Jika anda masih merupakan seorang mahasiwa, maka tentu sudah memiliki jadwal tertentu untuk masuk kuliah setiap harinya. Namun jika anda mendapatkan pekerjaan untuk membiayai kuliah anda, maka mungkin saja waktu kuliah dan waktu bekerja anda akan  berbenturan. Maka dari itu, anda pun bisa mengajukan permintaan kepada pihak kampus untuk menggeser jadwal jam kuliah anda, agar tidak bertabrakan dengan waktu kerja. Namun sebelumnya, anda pun bisa meminta surat keterangan kerja untuk kuliah dari atasan anda, yang menyatakan jika anda memang benar benar bekerja. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan kerja untuk kuliah di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KETERANGAN KERJA
Nomor : I/II/III/08/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera menerangkan bahwa :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan:Staff Administrasi
Jenis Kelamin:Perempuan
No. KTP:3485973589745

Adalah benar merupakan karyawan sebagai staff Administrasi di perusahaan kami, terhitung sejak tanggal 20 Juni 2019 lalu hingga saat ini. Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami memohon agar pihak kampus bisa memberikan keringanan kepada Saudari Dewi Cahaya, yakni berupa penggantian jadwal kuliah, dari shift pagi menjadi shift malam. Hal ini dikarenakan Saudari Dewi Cahaya harus bekerja di perusahaan kami pada pagi hari hingga sore hari, untuk bisa memenuhi biaya kuliahnya.

Demikian surat keterangna kerja ini kami perbuat, dengan harapan agar pihak kampus bisa memberikan keringanan kepada nama yang tercantum di atas. Atas perhatian dan kebijaksanaannya kami ucapkan terima kasih.

Medan, 22 Agustus 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Bank

Ketika anda mengajukan pinjaman atau cicilan ke suatu bank, maka pihak bank harus terlebih dahulu mengetahui kondisi keuangan anda. Maka dari itu, anda mungkin akan diminta untuk menyerahkan surat keterangan kerja dari atasan anda dimana anda bekerja. Dengan demikian, pihak bank akan bisa mengkalkukasikan kemampuan anda dalam membayar cicilan tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan kerja untuk bank di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KETERANGAN KERJA
Nomor : 123/MJS/08.2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera

Dengan ini menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan Kepala Teknisi
Jenis Kelamin:Laki – Laki
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123, Medan

adalah benar merupakan seorang karyawan tetap di perusahaan kami, terhitung sejak tanggal 20 November 2014 hingga saat ini. Dan menurut data karyawan dari bagian personalia, Saudara Muhammad Ilham memiliki penghasilan Rp. 13.000.000 (tiga belas juta rupiah) setiap bulannya.

Adapun tujuan dari diterbitkannya surat ini adalah untuk memenuhi persyaratan administrasi dalam pengajuan pinjaman ke Bank BRI Cabang Iskandar Muda oleh yang bersangkutan dengan nama tersebut di atas.

Demikian surat keterangan kerja ini kami terbitkan, untuk bisa dipergunakan untuk melengkapi administrasi pengajuan pinjaman ke bank oleh yang bersangkutan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Medan, 22 Agustus 2019

Mengetahui,
Direktur Pt. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Keterangan Pernah Bekerja

Ketika anda melamar pekerjaan di suatu perusahaan baru, maka mungkin mereka akan lebih mengutamakan orang orang yang sudah berpengalaman bekerja. Maka dari itu, anda pun bisa membawa surat keterangan pernah bekerja jika memang sudah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya. Surat keterangan pernah bekerja ini bisa anda minta dari atasan, dimana anda pernah bekerja. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan pernah bekerja di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
No: 10/HRD-MA/SKK.X/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera, menerangkan bahwa :

Nama:Dewi Cahaya
NIK:89347538475
Jabatan Terakhir:Staff Administrasi

adalah benar pernah bekerja di perusahaan kami dengan sistem kontrak selama 4 tahun, terhitung mulai tanggal 20 Juli 2015 sampai dengan 20 Juli 2019 lalu. Selama bekerja di PT. Maju Jaya Sejahtera, yang bersangkutan selalu bekerja dengan baik, penuh tanggung jawab terhadap pekerjaan, dan memiliki disiplin kerja yang baik. Kami yakin jika Saudari Dewi Cahaya akan bisa bekerja dengan baik, dimanapun nantinya bekerja, sama seperti ketika bekerja di perusahaan kami.

Demikianlah surat keterangan ini kami buat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 22 Agustus 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR dengan Slip Gaji

Ketika anda ingin mengajukan KPR, mungkin pihak pemberi kredit tidak hanya akan meminta surat keterangan kerja dari anda. Namun mereka juga ingin mengetahui besaran dari gaji yang anda dapatkan setiap bulannya. Maka dari itu, anda pun bisa meminta surat keterangan kerja untuk kpr dari atasan anda, dan melampirkan slip gaji yang anda terima setiap bulannya. Untuk lebih  jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan kerja untuk kpr dengan slip gaji di  bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

SURAT KETERANGAN KERJA
No: 123/SMAN1/08/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra, M. Pd
NIP:34875375834
Jabatan:Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama:Muhammad Ilham, S. Pd
NIP:38476836834
Jabatan:Guru Olahraga SMA Negeri 1 Medan

Adalah benar guru sekolah SMA Negeri 1 Medan dan telah bertugas sejak tanggal 20 November 2015 lalu hingga saat ini. Bersama ini juga sudah kami lampirkan slip gaji dari nama yang bersangkutan selama 3 bulan terakhir, sesuai dengan permintaan yang bersangkutan untuk melengkapi persayaratan administrasi dalam pengajuan program KPR.

Demikianlah surat keterangan ini kami buat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya untuk melengkapi persyaratan administrasi pengajuan program KPR.

Medan, 22 Agustus 2019

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd

8. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR Beserta Rincian Gaji

Rincian penghasilan dan total jumlah penghasilan yang anda dapatkan setiap bulannya mungkin saja akan dibutuhkan oleh pihak pemberi kredit ketika mengajukan program KPR. Maka dari itu, anda bisa meminta atasan anda untuk menerbitkan surat keterangan kerja untuk kpr, dan juga menerangkan mengenai rincian gaji yang anda dapatkan setiap bulannya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan kerja untuk kpr beserta rincian gaji di bawah ini.

DINAS KESEHATAN DAERAH KOTA MEDAN
RUMAH SAKIT UMUM ADAM MALIK
Jl. Pertahanan No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT KETERANGAN KERJA
No: 10/SDM-RSUAM/08/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra, dr. Sp. Og, M. Kes
NIK:43589735873
Jabatan:Kepala Rumah Sakit Umum Adam Malik

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama:Dewi Cahaya
NIK:3458734587
Jabatan Dokter Spesialis Kandungan Rumah Sakit Umum Adam Malik

Adalah benar merupakan dokter tetap di RSU Adam Malik sebagai dokter spesialis kandungan, dan sudah aktif bekerja sejak 20 Juli 2015 yang lalu hingga saat ini. Dan menurut bagian personalia RSU Adam Malik, Saudari Dewi Cahaya memiliki penghasilan setiap  bulannya seperti berikut ini :

  1. Gaji Pokok – Rp. 7.000.000
  2. Tunjangan Anak – Rp. 1.000.000
  3. Tunjangan Keluarga – Rp. 2.500.000
  4. Tunjangan Rumah – Rp. 500.000
  5. Tunjangan Transportasi – Rp. 500.000

dengan total jumlah penghasilan setiap bulannya adalah Rp. 11.500.000 (sebelas juta lima ratus ribu rupiah). Adapun surat keterangan kerja beserta rincian penghasilan ini kami terbitkan untuk memenuhi persyaratan pengajuan program KPR oleh yang bersangkutan dengan nama tersebut di atas.

Demikianlah surat keterangan ini kami buat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 22 Agustus 2019

Mengetahui,
Kepala RSU Adam Malik,

Anton Syahputra, dr. Sp. Og, M. Kes

9. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Bank Pembuatan Rekening Baru

Ketika anda ingin membuat rekening baru di suatu bank, mungkin saja anda akan ditanyai mengenai pekerjaan. Namun ini semua tergantung dari jenis buku tabungan atau jenis rekening yang anda pilih. Maka dari itu, anda pun bisa meminta surat keterangan kerja dari tempat anda bekerja, yakni dari atasan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan kerja untuk bank pembuatan rekening baru di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KETERANGAN KERJA
No: 123/MJS/08/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:345987435345435
Jabatan:Direktur PT. MJS

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:3458734873345
Jabatan:Manajer Marketing

Adalah benar karyawan di perusahaan kami dengan jabatan sebagai Manajer Marketing. Adapun yang bersangkutan sudah bekerja di perusahaan kami terhitung sejak tanggal 20 Juli 2015 lalu hingga saat ini. Adapun surat keterangan ini kami buat sebagai permohonan pembuatan rekening baru BCA Cabang Imam Bonjol, Medan sesuai dengan permintaan dari nama yang bersangkutan di atas.

Demikianlah surat keterangan ini kami buat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 22 Agustus 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Bank Beserta Rincian Gaji

Setiap warga negara Indonesia tentu memiliki hak untuk meminjam dana dari bank. Namun tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi terlebih dahulu. Terlebih jika anda ingin meminjam uang dalam jumlah yang lumayan besar, maka tentu saja pihak bank harus mengetahui penghasilan anda setiap bulannya terlebih dahulu. Maka dari itu, anda pun bisa meminta surat keterangan kerja untuk bank dari atasan, tempat dimana anda bekerja, yang dilengkapi dengan rincian gaji anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan kerja untuk bank beserta rincian gaji di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KETERANGAN KERJA
No : 123/MJS/08/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:87364856373
Jabatan:Direktur PT. MJS

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Manajer Personalia

Adalah benar merupakan karyawan di perusahaan kami dan sudah mulai bekerja sejak tanggal 20 Juli 2015 hingga saat ini. Dan menurut data karyawan dari bagian administrasi, Saudara Muhammad Ilham memiliki penghasilan setiap bulannya seperti berikut ini :

  1. Gaji Pokok – Rp. 7.000.000
  2. Tunjangan Anak – Rp. 1.000.000
  3. Tunjangan Keluarga – Rp. 2.500.000
  4. Tunjangan Rumah – Rp. 500.000
  5. Tunjangan Transportasi – Rp. 500.000

sehingga total jumlah penghasilan Saudara Muhammad Ilham setiap bulannya adalah Rp. 11.500.000 (sebelas juta lima ratus ribu rupiah). Adapun surat keterangan kerja beserta rincian penghasilan ini kami terbitkan untuk tujuan melengkapi administrasi pengajuan pinjaman ke Bank BRI Cabang Iskandar Muda oleh yang bersangkutan dengan nama tersebut di atas.

Demikianlah surat keterangan ini kami buat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 22 Agustus 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

11. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Visa Liburan

Pada umumnya, surat keterangan kerja yang seringkali kita butuhkan memang merupakan surat keterangan kerja dalam bahasa Indonesia. Namun bukan tidak mungkin jika anda akan membutuhkan surat keterangan kerja dalam bahasa Inggris, seperti untuk pengurusan visa. Maka dari itu, anda pun bisa meminta atasan untuk menerbitkan surat keterangan kerja dalam bahasa Inggris. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan kerja untuk visa liburan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

CERTIFICATE OF EMPLOYMENT
Number : 123/MJS/08/2019

To :
Swiss Embassy
Sentral Senayan 2 Floor 10
Jl. Asia Afrika No. 8 Gelora Bung Karno
Jakarta Pusat 10270
Indonesia

This is to certify that :

Name:Muhammad Ilham
Employee ID:3458634587654

Is planning to have vacation to Swiss, on December, 20th 2019 until January, 10th 2020.

I acknowledge and guarantee that he is really an Employee in our company with average monthly THP is IDR 15.000.000. He will not seek any employment or permanent stay into your country, and will return to Indonesia soon after his holiday trip is completed. All kind of expenses during this trip will be fully covered by his personal account.

Kindly grant his the necessary entry visa to your country. Your kind assistance will be very highly appreciated.

Medan, August 22, 2019

Sincerely Yours,
Director of Pt. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

12. Contoh Surat Keterangan untuk Visa Pekerjaan

Setiap perusahaan tentu memiliki hubungan kerja dengan beberapa perusahaan lainnya. Dan miungkin saja jika suatu perusahaan akan menjalin kerjasama dengan perusahaan di luar negeri. Dan jika anda ditunjuk oleh atasan untuk bertemu rekan atau mengurus pekerjaan ke luar negeri, maka tentu saja anda harus memiliki visa. Maka dari itu, atasan anda harus menerbitkan surat keterangan kerja untuk anda dalam mengurus visa, agar lebih mudah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan kerja untuk visa pekerjaan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KETERANGAN KERJA
No : 123/MJS/08/2019

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Pimpinan
Kedutaan Besar Singapura
Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Ahmad Kurniawan
NIK:34576345
Jabatan:Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama:Dewi Cahaya
NIK:435876387645
Jabatan:Staff Akuntan

Adalah benar karyawan di PT. Maju Jaya Sejahtera terhitung mulai tanggal 20 Juli 2015 hingga saat ini. Perlu kami beritahukan jika perusahaan kami menjalin kerjasama dengan PT. Zero To Hero yang ada di Singapura. Dan pada 20 Oktober 2019 mendatang, Saudari Dewi Cahaya akan berangkat kesana untuk menyelesaikan suatu kerjasama dengan perusahaan tersebut. Maka dari itu, kami memohon kepada Kedutaan Besar Singapura untuk menerbitkan visa atas nama yang bersangkutan tersebut di atas untuk keperluan pekerjaan. Semua biaya pengurusan visa dan biaya perjalanan akan menjadi tanggung jawab PT. Maju Jaya Sejahtera.

Demikianlah surat keterangan ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Medan, 22 Agustus 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

13. Contoh Surat Keterangan Kerja dan Penghasilan

Ketika anda meminta surat keterangan kerja dari atasan anda, anda juga bisa meminta agar atasan melampirkan atau menerangkan mengenai gaji yang anda dapatkan dari perusahaan setiap bulannya. Hal ini mungkin akan berguna untuk anda atau mungkin sudah menjadi kewajiban atas hal apa yang ingin anda urus. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan kerja dan penghasilan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KETERANGAN KERJA
No : 123/MJS/08/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, selaku Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan:Staff Personalia

Adalah benar merupakan karyawan di perusahaan kami, terhitung sejak tanggal 20 Juli 2015 lalu hingga saat ini. Dan menurut data kepegawaian dari bagian administrasi, Saudari Dewi Cahaya mendapatkan gaji setiap bulannya sebesar Rp. 7.500.000 (tujuh juta lima ratus ribu rupiah).

Demikian surat keterangan kerja dan penghasilan ini kami perbuat, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 22 Agustus 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

14. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Kuliah Mengenai Kegiatan

Sekarang ini ada banyak mahasiwa yang harus sambil bekerja untuk memenuhi biaya kuliah mereka. Sementara kampus tempat mereka mungkin saja melakukan kegiatan yang bersamaan pada jam mereka bekerja. Maka dari itu, seorang mahasiswa bisa meminta surat keterangan kerja untuk meminta izin kepada pihak kampus mengenai ketidakhadirannya untuk mengikuti kegiatan dimaksud. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan kerja untuk kuliah di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KETERANGAN KERJA
Nomor : 123/MJS/08/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama:Dewi Cahaya
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123, Medan

Adalah benar-benar karyawan di perusahaan kami dengan jabatan sebagai staff administrasi. Sehubungan dengan hal tersebut, perlu kami beritahukan jika Saudari Dewi Cahaya tidak bisa mengikuti kegiatan Persiapan Lomba di kampus pada tanggal 23 Agustus 2019 besok.

Demikian surat keterangan kerja ini kami perbuat, atas perhatian dan kebijaksanaanya kami ucapkan terimakasih.

Medan, 22 Agustus 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

15. Contoh Surat Keterangan Kerja Word

Untuk anda yang ingin menulis surat keterangan kerja, mungkin saja ingin membutuhkan bahan referensi untuk kemudian mengeditnya dalam microsoft word. Hal tersebut akan memudahkan anda karena hanya tinggal mengedit bagian bagian tertentu saja. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan kerja word di bawah ini, kemudian mengcopynya ke microsoft word dan mengeditnya disana.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KETERANGAN KERJA
No. : 123/MJS/08/2019

Yang bertanda tangan dibawah ini, merupakan Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Manajer Marketing
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123 Medan

adalah benar merupakan karyawan di perusahaan kami sebagai Manajer Marketing, terhitung sejak tanggal 20 Juli 2015 lalu hingga saat ini dengan penghasilan sebesar Rp. 9.000.000 (sembilan juta rupiah) setiap bulannya.

Demikian surat keterangan kerja ini kami perbuat, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 22 Agustus 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

16. Contoh Format Surat Keterangan Kerja

Beberapa contoh surat keterangan kerja di atas mungkin sudah cukup menjadi bahan referensi untuk anda sekalian. Sudah ada contoh surat keterangan kerja untuk visa, contoh surat keterangan kerja untuk kpr, surat keterangan kerja untuk bank, surat keterangan kerja untuk kuliah, dan berbagai contoh lainnya. Dan salah satu jenis surat keterangan kerja yang mungkin sangat sering kita temukan adalah surat keterangan kerja untuk kpr. Maka dari itu, kami akan memberikan contoh format surat keterangan kerja untuk kpr yang bisa anda edit dan isi sesuai dengan informasi yang anda miliki.

(KOP SURAT PERUSAHAAN)

SURAT KETERANGAN KERJA
Nomor : . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: 
Jabatan: 
Alamat: 

menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama: 
Jabatan: 
Alamat: 

adalah benar benar merupakan karyawan di persahaan kami, terhitung sejak tanggal . . . . . . . . . . . . . . . . . .  hingga saat ini. Adapun menurut data kepegawaian kami, Saudara/i . . . . . . . . . . . . . . . . . .  memiliki penghasilan sebesar Rp. . . . . . . . . . . . . . . . . . .  setiap bulannya.

Demikian surat keterangan kerja ini kami perbuat, untuk bisa dipergunakan dalam melengkapi berkas administrasi terkait pengajuan program KPR oleh nama yang bersangkutan di atas.

(Nama Kota dan Tanggal)

Mengetahui,
Direktur PT. . . . . . . . . . . . . . . . . . . ,

(Nama dan Tanda Tangan)

Penutup

Sekarangi ini teknologi memang sudah sangat maju dan canggih. Anda pun sudah bisa berkomunikasi dengan mudah dan sangat cepat. Bukan hanya sekedar berkirim pesan saja, bahkan anda pun sudah bisa melakukan video call dan bertatap muka langsung dari layar smartphone atau layar komputer anda. Kendati demikian, penggunaan surat tetaplah tidak bisa ditinggalkan, karena berbagai urusan dan keperluan masih sangat membutuhkan surat sebagai media komunikasi yang resmi.