16 Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua, Wiraswasta, Untuk Kredit

Contoh Surat Keterangan Penghasilan – Berbagai jenis surat keterangan masih seringkali dipergunakan hingga sekarang ini. Salah satunya adalah surat keterangan penghasilan orang tua yang biasanya akan dipergunakan oleh sang anak untuk keperluan sesuatu hal. Baik itu untuk mendaftar beasiswa maupun untuk mendaftar kuliah di salah satu universitas dan perguruan tinggi.

Namun bukan hanya itu saja, ada banyak sekali kegunaan dan manfaat dari surat keterangan penghasilan. Dan yang paling sering digunakan adalah untuk mengajukan kredit ataupun pembelian suatu harta benda secara angsuran. Hal tersebut tentu saja akan membutuhkan surat keterangan penghasilan dari anda sendiri.

Lantas, siapa yang berhak mengeluarkan surat keterangan penghasilan?. Tidak lain dan tidak bukan adalah atasan anda sendiri, dimana anda bekerja. Untuk suatu perusahaan, maka mungkin anda juga bisa meminta surat keterangan penghasilan dari bagian personalia. Sementara jika anda memiliki usaha sendiri, maka bisa meminta surat keterangan penghasilan dari aparat setempat dimana anda tinggal, seperti dari lurah ataupun kepala desa.

Jenis surat resmi yang satu ini memang sangat sering dipergunakan hingga sekarang. Jumlah penghasilan yang harus memiliki bukti otentik akan berguna untuk memberikan kepercayaan kepada orang lain dan tidak  bisa diterangkan secara lisan saja.

Contoh Surat Keterangan Penghasilan

Menulis surat keterangan penghasilan tidak jauh berbeda dengan penulisan surat keterangan lainnya. Dalam hal ini, informasi yang anda cantumkan pada surat keterangan penghasilan haruslah berdasarkan fakta dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Anda pun bisa mencari beberapa contoh surat sebagai bahan referensi untuk mempermudah tugas anda.

Untuk anda yang masih sekolah atau kuliah dan mendapat tugas untuk menulis surat keterangan penghasilan, mungkin saja akan membutuhkan bahan referensi. Maka dari itu, berikut di bawah ini adalah beberapa contoh surat keterangan penghasilan yang bisa anda pergunakan.

1. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua

Ketika anda membutuhkan surat keterangan pengahasilan orang tua, maka anda bisa meminta kepada orang tua anda untuk meminta surat tersebut kepada atasannya dimana bekerja. Untuk bahan referensi, anda bisa melihat contoh surat keterangan penghasilan orang tua di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN
Nomor : 123/MJS/09/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, menerangkan bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Staff Produksi

adalah benar merupakan salah satu karyawan di Perusahaan kami dan hingga saat ini masih aktif bekerja dengan penghasilan setiap bulan sebagai berikut :

Gaji Pokok:Rp. 2.000.000
Tunjangan Makan:Rp. 600.000
Tunjangan Perumahan:Rp. 500.000
Tunjangan Transportasi:Ro. 300.000

Sehingga total gaji yang diperolehnya ialah sebesar Rp. 3.400.000,-  (tiga juta empat ratus ribu rupiah) setiap bulannya.

Demikian surat keterangan penghasilan ini diperbuat, untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 20 September 2019

Mengetahui,
Kepala Personalia
PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua Untuk Beasiswa

Bagi para siswa yang ingin mengajukan diri untuk menerima beasiswa di sekolah, mungkin saja harus memiliki surat keterangan penghasilan orang tua sebagai salah satu syarat administrasi. Untuk bahan referensi, anda bisa melihat contoh surat keterangan penghasilan orang tua untuk beasiswa di bawah ini.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Tanggungan:2 Anak dan 1 Istri

dengan ini bermaksud menerangkan bahwa saya memiliki penghasilan sebesar Rp. 4.500.000 (empat juta lima ratus ribu rupiah) setiap bulannya.

Adapun tujuan dari surat keterangan ini dimaksudkan untuk memenuhi persyaratan administrasi dalam pengajuan beasiswa untuk anak saya, dengan data di bawah ini :

Nama Siswa:Muhammad Ilham
Sekolah:SMA Negeri 1 Medan
Jurusan:IPS
NISN:87363

Demikian surat keterangan penghasilan ini saya perbuat dengan sebenarnya, untuk bisa dipergunakan dalam melengkapi persyaratn administrasi pengajuan beasiswa.

Medan, 20 September 2019

Mengetahui,
Orang Tua Siswa,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua Untuk Daftar Kuliah

Bukan hanya untuk pengajuan beasiswa, anda pun mungkin diminta untuk membawa surat keterangan penghasilan orang tua ketika ingin mendaftar di suatu universitas ataupun perguruan tinggi tertentu. Adapun tujuan dari surat tersebut adalah tergantung dari kampus tempat anda mendaftar. Untuk bahan referensi, anda bisa melihat contoh surat keterangan penghasilan orang tua untuk daftar kuliah di bawah ini.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Pekerjaan:PNS
Jumlah Tanggungan:5 Orang
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini menerangkan bahwa saya memiliki penghasilan sebesar Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah) setiap bulannya. Adapun tujuan dari surat keteranga penghasilan ini adalah untuk melengkapi berkas administrasi pendaftaran kuliah anak saya di Universitas Sumatera Utara, dengan nama tersebut di bawah ini.

Nama:Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 2000
Jenis Kelamin:Perempuan
Universitas Tujuan:Universitas Sumatera Utara

Demikian surat keterangan penghasilan  orang tua ini saya perbuat, untuk bisa dipergunakan sebagai pelengkap berkas pendaftaran kuliah di Universitas Sumatera Utara.

Medan, 20 September 2019

Mengetahui,
Orang Tua,

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Wiraswasta

Kebanyakan orang sekarang ini mencari pekerjaan dan mendapatkan penghasilan dari sana. Namun sebagian kecil lagi memilih untuk berwiraswasta ataupun membuka usaha sendiri. Jadi, ketika anda membutuhkan surat keterangan penghasilan, maka anda pun bisa membuatnya sendiri. Untuk lebih jelas, anda bisa melihat contoh surat keterangan penghasilan wiraswasta di bawah ini.

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1988
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan
Pekerjaan:Wiraswasta
Kewarganegaraan:Indonesia
Agama:Islam
No. KTP:874647485857
No. KK:8478547458754

menerangkan dengan sesungguhnya bahwa saya memiliki pendapatan Rp. sekitar Rp. 15.000.000 (lima belas juta rupiah( setiap bulannya. Adapun surat keterangan penghasilan ini saya perbuat untuk memenuhi syarat penajuan kredit berupa pinjaman modal usaha ke bank BRI Cabang Iskandar Muda Medan.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya dan siap mempertanggungjawabkan isi dari surat ini.

Medan, 20 September 2019

Mengetahui,

Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Untuk Kredit

Jika anda ingin melakukan pembelian suatu harta benda seperti mobil, sepeda motor, ataupun rumah, maka tentu anda akan membutuhkan surat keterangan penghasilan. Maka dari itu, anda bisa meminta surat tersebut kepada atasan anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan penghasilan untuk kredit di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN
Nomor : 123/MJS/09/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, selaku Kepala Bagian Personalia PT. Maju Jaya Sejahtera, menerangkan  bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Staff Marketing
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

adalah benar merupakan seorang karyawan kami di PT. Maju Jaya Sejahtera dan masih aktif hingga sekarang. Dan menurut data bagian personalia perusahaan kami, yang bersangkutan memiliki pendapatan sebesar :

  1. Gaji pokok : Rp 4.200.000
  2. Tunjangan Tempat Tinggal : Rp. 600.000
  3. Tunjangan Transportasi  : Rp 200.000

sehingga jumlah total penghasilan setiap bulannya adalah Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah). Adapun tujuan dari penerbitan surat ini adalah untuk mengajukan pembelian sepeda motor secara kredit melalui Mega Finance.

Demikian surat keterangan penghasilan ini kami perbuat, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 20 September 2019

Mengetahui,
Kepala Bagian Personalia
PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Untuk Pengajuan Kartu Kredit

Dalam mengajukan kartu kredit, persyaratan administrasi yang harus anda penuhi tidak jauh berbeda dengan persyaratan administrasi dalam mengajukan pembelian harta benda secara kredit. Salah satu yang harus anda lengkapi adalah surat keterangan penghasilan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan penghasilan untuk pengajuan kartu kredit di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN
Nomor : 123/MJS/09/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, selaku Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera, menerangkan  bahwa :

Nama:Intan Permatasari
Jabatan:Staff Accounting
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

adalah benar merupakan salah satu karyawan di perusahaan kami yang masih aktif hingga sekarang. Dan menurut data dari bagian personalia, penghasilan yang diterima oleh Saudari Intan Permatasari adalah sebagai berikut :

  1. Gaji Pokok : Rp. 4.000.000
  2. Tunjangan Makan : Rp. 1.000.000
  3. Tunjangan Perumahan : Rp.500.000
  4. Tunjangan Transportasi : Rp. 500.000

Sehingga total penghasilan adalah Rp. 6.000.000 (enam juta rupiah) setiap bulannya. Adapun tujuan dari penerbitan surat keterangan penghasilan ini adalah untuk memenuhi persyaratan administrasi dalam pengajuan penerbitan kartu kredit di Bank BCA Medan.

Demikian surat keterangan penghasilan ini kami perbuat dengan sesungguhnya, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 20 September 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Keterangan Penghasilan PNS

Sebagai seorang PNS tentu memiliki penghasilan tetap setiap bulannya. Namun kendati demikian, anda pun harus tetap memegang surat keterangan penghasilan untuk beberapa urusan tertentu, seperti pengajuan pembelian kredit ataupun pinjaman. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan penghasilan pns di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pangeran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN
Nomor : 123/BKD/09/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Medan, dengan ini menerangkan bahwa :

Nama:Dewi Cahaya
NIP:9876746534
Jabatan:Staff Administrasi
Unit Kerja:Dinas Pertamanan Kota Medan

adalah benar merupakan seorang ASN/PNS pada Pemerintahan Kota Medan yang masih aktif sampai sekarang. Dan menurut data dari BKD Kota Medan, yang bersangkutan memiliki penghasilan sebesar :

  1. Gaji Pokok : Rp. 4.000.000
  2. Tunjangan Anak : Rp. 1.000.000
  3. Tunjangan Perumahan : Rp.1.000.000
  4. Tunjangan Keluarga : Rp. 1.500.000

sehingga total penghasilan yang didapat setiap bulannya adalah Rp. 7.500.000 (tujuh juta lima ratus ribu rupiah).

Demikian surat keterangan penghasilan ini kami perbuat dengan sebenarnya, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 20 September 2019

Mengetahui,
Kepala BKD Kota Medan,

Anton Syahputra.

8. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua Dari Kelurahan

Mungkin banyak pihak yang akan kurang yakin dengan surat keterangan penghasilan orang tua dari orang tua sendiri. Maka dari itu, anda bisa meminta surat keterangan penghasilan orang tua kepada aparat setempat, seperti kepada kelurahan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan penghasilan orang tua dari kelurahan di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
KELURAHAN PADANG BULAN
Kecamatan Medan Baru Kota Medan
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN
Nomor : 123/MJS/09/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan Lurah Padang Bulan, dengan ini menerangkan bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

merupakan orang tua dari :

Nama:Intan Permatasari
Pekerjaan:Pelajar
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

adalah benar merupakan warga kami dan memiliki penghasilan sebesar Rp. 4.000.000 (empat juta rupiah) setiap bulannya, dengan pekerjaan sebagai karyawan swasta.

Demikian surat keterangan penghasilan ini kami perbuat dengan sebenarnya, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 20 September 2019

Mengetahui,
Lurah Padang Bulan,

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Karyawan

Para karyawan di suatu perusahaan yang ingin membuat surat keterangan penghasilan, maka bisa memintanya kepada atasan ataupun kepada bagian personalia di perusahaan tersebut. Surat ini memiliki banyak keperluan yang mungkin sedang anda butuhkan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan penghasilan karyawan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN
Nomor : 123/MJS/09/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera, dengan ini menerangkan bahwa :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan:Supervisor
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

adalah benar merupakan salah satu karyawan di Perusahan kami dan masih aktif bekerja hingga sekarang. Dan menurut data dari bagian personalia, yang bersangkutan memiliki penghasilan sebesar :

  1. Gaji Pokok : Rp. 4.000.000
  2. Tunjangan : Rp. 2.000.000

sehingga total penghasilan yang diperoleh adalah sebesar Rp. 6.000.000 (enam juta rupiah) setiap bulannya.

Demikian surat keterangan penghasilan ini kami perbuat dengan sebenarnya, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 20 September 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

11. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Tambahan

Ada banyak orang yang memiliki penghasilan tambahan selain dari pekerjaan utama mereka. Ada yanng berjualan di rumah setelah sepulang kerja, ataupun melakukan pekerjana lain yang bisa mendapatkan penghasilan tambahan selain dari penghasilan dari pekerjaan utama. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan penghasilan tambahan di bawah ini.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1988
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini menerangkan jika saya memiliki penghasilan tambahan selain dari penghasilan pekerjaan utama saya sebagai karyawan swasta. Adapun penghasilan tambahan tersebut saya peroleh dari berjualan kelontong di rumah, yang beralamat di Jl. Amal No. 123, Medan. Dan dengan ini saya menerangkan bahwa penghasilan tambahan yang saya dapatkan setiap bulannya adalah sebesar Rp. 2.000.000 (dua juta rupiah).

Demikian surat keterangan penghasilan ini saya perbuat dengan sebenarnya, dan saya bertanggung jawab atas isi keterangan tersebut di atas.

Medan, 20 September 2019

Mengetahui,

Anton Syahputra.

12. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Usaha Sendiri

Walaupun kebanyakan orang memilih untuk bekerja sebagai karyawan atau pegawai, namun ada juga sebagian kecil yang memilih membuka usaha sendiri. Dan jika anda membutuhkan surat keterangan penghasilan untuk tujuan tertentu, maka anda bisa membuatnya seperti contoh surat surat keterangan penghasilan usaha sendiri di bawah ini.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1990
Pekerjaan:Wiraswasta
Jenis Kelamin:Laki Laki
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini menerangkan bahwa saya memiliki pekerjaan sebagai wiraswasta, yakni dengan membuka toko kelontong di rumah saya sendiri, yang beralamat di Jl. Amal No. 123, Medan. Dengan ini juga saya menerangkan bahwa saya memiliki penghasilan sebesar Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) setiap bulannya.

Demikian surat keterangan penghasilan ini saya perbuat dengan sebenarnya, dan saya bertanggung jawab atas isi keterangan yang saya berikan tersebut.

Medan, 20 September 2019

Mengetahui,

Anton Syahputra.

13. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Kerja

Adapun yang menjadi pekerjaan anda, namun anda bisa memiliki surat keterangan kerja. Jik anda bekerja kepada orang lain, maka bisa memintanya kepada atasan anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan penghasilan kerja di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN
Nomor : 123/SMAN1/09/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan, dengan ini menerangkan bahwa :

Nama:Intan Permatasari, S. Pd
NIP:9349853495
Pangkat/Golongan:Penata Muda /IV B
Jabatan:Guru Sekolah
Unit Kerja:SMA Negeri 1 Medan

adalah benar nama di atas Guru di SMA Negeri 1 Medan dan sesuai dengan data Kepegawaian dan Keuangan dari Pemerintah Kota Medan, yang bersangkutan mempunyai penghasilan tetap dengan perincian sebagai berikut :

  1. Gaji Pokok :Rp. 4.000.000
  2. TKD : Rp. 2.000.000
  3. Sertifikasi : 3.000.000

Sehingga total penghasilan yang didapat adalah sebesar Rp. 9.000.000m (sembilan juta rupiah) setiap bulannya.

Demikian surat keterangan penghasilan ini dibuat, untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 20 September 2019

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd

14. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua Untuk Beasiswa

Ketika anda ingin mengurus beasiswa di sekolah atau di kampus, maka mungkin anda akan dimintai untuk membawa surat keterangan penghasilan dari orang tua. Nah, untuk lebih jelasnya, anda pun bisa melihat contoh surat keterangan penghasilan orang tua untuk beasiswa di bawah ini.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Jumlah Tanggungan:5 Orang

menerangkan dengan sesungguhnya bahwa saya memiliki pendapatan sebanyak Rp. 4.000.000 (empat juta rupiah) setiap bulannya.

Adapun surat keterangan penghasilan ini dimaksudkan untuk diberikan kepada pihak kopertis untuk melengkapi persyaratan administrasi permohonan beasiswa bagi anak saya :

Nama:Intan Permatasari
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan
Fakultas:Ilmu Sosial dan Politik
Jurusan:S – 1 Sospol
Semester:VI (Enam)

Demikian surat keterangan penghasilan ini saya perbuat dengan sebenarnya, untuk bisa jadikan pedoman dalam memenuhi persayaratan administrasi beasiswa.

Medan, 20 September 2019

Mengetahui,
Orang Tua Mahasiswa,

Anton Syahputra.

15. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Karyawan Dari Perusahaan

Ada sangat banyak orang yang menjadi karyawan dan bekerja pada suatu perusahaan. Jika anda membutuhkan surat keterangan penghasilan, maka anda bisa memintanya kepada atasan anda ataupun kepada bagian personalia. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan penghasilan karyawan dari perusahaan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN
Nomor : 123/MJS/09/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan Kepala Bagian Personalia PT. Maju Jaya Sejahtera, dengan ini menerangkan bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Staff Produksi
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

adalah benar merupakan salah satu karyawan di perusahaan kami dan masih aktif hingga sekarang. Dan menurut data yang tersimpan pada bagian personalia, yang bersangkutan memiliki penghasilan sebesar :

  1. Gaji Pokok : Rp. 4.000.000
  2. Tunjangan : Rp. 1.500.000

Sehingga total penghasilan yang didapatkan setiap bulannya adalah sebesar Rp. 5.500.000 (lima juta lima ratus ribu rupiah).

Demikian surat keterangan penghasilan ini kami perbuat dengan sebenarnya, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 20 September 2019

Mengetahui,
Kepala Bagian Personalia
PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

16. Format Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua

Ada banyak jenis dan contoh surat keterangan penghasilan. Namun yang paling sering dipergunakan adalah surat keteranngan penghasilan orang tua untuk keperluan beasiswa ataupun untuk mendaftar kuliah. Maka dari itu, di bawah ini kami akan memberikan satu buah contoh format surat keterangan penghasilan orang tua untuk keperluan tersebut.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: 
Pekerjaan: 
Alamat: 
Jumlah Tanggungan  

merupakan orang tua dari :

Nama: 
Tempat/Tgl Lahir: 
Pekerjaan: 
Alamat: 

dengan ini menerangkan jika saya memiliki penghasilan sebesar Rp. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . setiap bulannya. Adapun tujuan dari surat keterangan penghasilan ini adalah untuk . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Demikian surat keterangan penghasilan ini saya perbuat dengan sebenarnya, untuk bisa dijadikan pedoman sebagaimana mestinya.

(Nama Kota dan Tanggal)

Mengetahui,
Orang Tua,

(Nama dan Tanda Tangan)

Penutup

Penggunaan surat keterangan penghasilan memang tidak bisa ditinggalkan sekarang ini. Surat ini sangat dibutuhkan dan wajib dimiliki untuk keperluan beberapa hal. Itulah tadi beberapa contoh surat keterangan penghasilan yang bisa anda jadikan bahan referensi.