16 Contoh Surat Keterangan Sakit dari Dokter dan Bidan

Contoh Surat Keterangan Sakit – Penyakit merupakan salah satu hal yang sangat dibenci oleh setiap orang. Pada umumnya, tidak ada orang yang ingin sakit, sekalipun itu hanya penyakit ringan dan biasa saja. Tidak bisa dipungkiri jika kondisi yang sedang sakit mungkin akan menganggu aktivitas anda sehari hari, seperti sekolah, kuliah, maupun bekerja. Dan untuk meminta izin, maka anda pun mungkin harus memerlukan surat keterangan sakit dari pihak yang bersangkutan.

Bagi anda yang sekolah, kuliah, maupun bekerja, maka alangkah baiknya jika anda meminta izin ketika sedang sakit. Namun terkadang guru,dosen, ataupun atasan anda mungkin tidak akan percaya begitu saja dengan alasan sakit yang anda berikan. Disinilah letak kegunaan dan peranan dari surat keterangan sakit, sebagai bukti dan pertanggungjawaban anda sendiri.

Jika anda hanya menahan sakit di rumah dan tidak berobat, maka tidak akan mendapatkan surat keterangan sakit. Namun bila anda sudah memeriksakan kesehatan ataupun berobat ke bidan, puskesmas, klinik, maupun rumah sakit, maka anda berhak untuk meminta surat keterangan sakit. Dan pada umumnya, lembaga kesehatan tersebut tidak akan keberatan untuk menerbitkan surat keterangan sakit untuk anda.

Surat yang termasuk ke dalam surat resmi ini akan banyak membantu anda dalam hal meminta izin atas ketidakhadiran. Sementara jika anda tidak memberikan surat keterangan sakit, maka bukan tidak mungkin pihak yang anda tuju tidak percaya dengan alasan sakit yang anda berikan. Maka dari itu, alangkah baiknya jika anda berobat ketika sedang sakit, agar bisa meminta surat keterangan sakit yang bisa anda pergunakan nantinya.

Contoh Surat Keterangan Sakit

Ada banyak jenis dan contoh surat keterangan sakit yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari  hari. Setiap lembaga kesehatan juga tentu sudah memiliki format tersendiri mengenai surat keterangan sakit dari mereka. Anda pun bisa menulis surat keterangan sakit, dan bila membutuhkan bahan, ada banyak contoh surat yang bisa anda pergunakan.

Untuk anda yang masih sekolah atau kuliah juga, mungkin saja memiliki tugas untuk menulis surat keterangan sakit. Bila anda membutuhkan bantuan dan masih kurang paham bagaimana cara menulis surat keterangan sakit, maka beberapa contoh surat keterangan sakit di bawah ini mungkin akan berguna sebagai bahan referensi untuk anda sekalian.

1. Contoh Surat Keterangan Sakit dari Dokter

Dokter merupakan salah satu profesi di bidang kesehatan yang tentu saja keterangannya sangat dipercaya. Maka jika anda berobat ke salah satu rumah sakit misalnya, alangkah baiknya jika anda meminta surat keterangan sakit yang nantinya akan di tanda tangani oleh dokter pemeriksa. Begitu juga dengan ketika anda berobat ke klinik, bisa meminta surat keterangan sakit yang nantinya di tanda tangani oleh dokter pemeriksa. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan sakit dari dokter di bawah ini.

PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA UTARA
RUMAH SAKIT UMUM ADAM MALIK
Jl. Mahameru No.123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456
Email : rsu@adammalik.go.id

SURAT KETERANGAN SAKIT
Nomor : 123/RSUAM/10/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Umur:19 Tahun
Pekerjaan:Mahasiswa
Alamat:Jl.Amal No.123, Medan

perlu beristirahat selama 3 (tiga) hari, terhitung dari tanggal 30 Oktober 2019 s/d 01 November 2019.

Demikian surat keterangan ini diperbuat dengan sebenarnya, agar yang berkepentingan bisa maklum.

Medan, 30 Oktober 2019

Dokter Pemeriksa,

 

dr. Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Keterangan Sakit Untuk Sekolah

Seseorang siswa yang sedang sakit dan pergi berobat juga bisa meminta surat keterangan sakit. Surat tersebut nantinya bisa dipergunakan untuk meminta izin kepada guru guru dan pihak sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan sakit untuk sekolah di bawah ini.

KLINIK SEHAT HUSADA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456
Email : kliniksehathusada@gmail.com

SURAT KETERANGAN SAKIT
Nomor : 123/KSH/SKS/10/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa :

Nama:Dewi Cahaya
Jenis Kelamin:Perempuan
Usia:13 Tahun
Pekerjaan:Siswa
Alamat:Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan

berdasarkan hasil pemeriksaan dari dokter adalah benar sedang sakit dan menderita penyakit TETANUS sehingga harus beristirahat selama 5 (lima) hari, terhitung dari hari ini, Senin, 30 Oktober 2019 s/d 03 November 2019.

Demikian surat keterangan sakit ini diperbuat dengan sebenarnya, untuk bisa dipergunakan dalam meminta izin kepada pihak sekolah SMP Negeri 1 Medan.

Medan, 30 Oktober 2019

Mengetahui,
Dokter Pemeriksa,

 

dr. Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Keterangan Sakit dari Puksesmas

Jika penyakit yang anda alami tidak terlalu berat atau tidak terlalu parah, maka mungkin berobat ke puskemas saja sudah cukup. Anda pun tetap bisa meminta surat keterangan sakit dari pihak puskesmas, yang nantinya bisa anda pergunakan untuk meminta izin dari sekolah, kampus, ataupun dari atasan di tempat kerja.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
PUSKESMAS PADANG BULAN
Jl. Djamin Ginting No.123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT KETERANGAN SAKIT
Nomor : 123/PUSKES/PB/10/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:dr. Anton Syahputra
NIP:876754354354
Jabatan:Kepala Puskesmas Padang Bulan

dengan sesungguhnya menerangkan bahwa :

Nama:Intan Permatasari
Jenis Kelamin:Perempuan
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

berdasarkan hasil pemeriksaan dari dokter yang dilaksanakan pada hari ini, Senin, 30 Oktober 2019 adalah benar sedang sakit dan harus membutuhkan istirahat selama 3(tiga) hari, terhitung sejak tanggal 30 Oktober 2019 s/d 01 November 2019.

Demikian surat keterangan ini diperbuat dengan sebenarnya, agar bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 30 Oktober 2019

Mengetahui,
Kepala Puskesmas Padang Bulan,

 

dr. Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Keterangan Sakit Sekolah

Tidak harus dari dokter ataupun bidan, namun anda juga bisa membuat surat keterangan sakit dari orang tua. Surat tersebut bisa merupakan surat permohonan izin sakit, yang nantinya akan ditulis dan ditanda tangani oleh orang tua anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan sakit sekolah di bawah ini.

Medan, 30 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Izin Sakit
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Guru Wali Kelas XII
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan orang tua dari siswa :

Nama:Dewi Cahaya
NISN:98767542
Kelas:XI SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud memberitahukan bahwa siswa yang merupakan anak kami dengan nama tersebut di atas tidak bisa mengikuti pelajaran selama 3 hari, terhitung sejak hari ini, Senin, 30 Oktober 2019 s/d 01 November 2019. Hal tersebut dikarenakan anak kami tersebut sedang dalam keadaan sakit.

Oleh karena itu, sudilah kirannya Bapak/Ibu guru memberikan izin kepada anak kami selama tidak bisa masuk sekolah dan mengikuti proses belajar mengajar. Adapun sebagai bentuk pertanggung jawaban, bersama ini kami sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian surat permohonan izin sakit ini kami sampaikan, atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu guru, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

 

Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Keterangan Sakit Dalam Bahasa Inggris

Jika anda berobat ke dokter, rumah sakit, klinik, maupun puskemas, maka mungkin anda memang tidak akan bisa mendapatkan surat keterangan sakit dalam bahasa Inggris. Namun untuk anda yang masih sekolah atau kuliah, mungkin saja mendapat tugas untuk menulis surat keterangan sakit dalam bahasa inggris. Maka dari itu, di bawah ini adalah contoh surat keterangan sakit dalam bahasa inggris yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA UTARA
RUMAH SAKIT UMUM ADAM MALIK
Jl. Mahameru No.123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456
Email : rsu@adammalik.go.id

SICK EXPLANATION
Number : 123/RSUAM/10/2019

The undersigned, hereby explain that :

Name:Muhammad Ilham
Gender:Male
Age:32 Years
Job:Employee
Addres:Jl. Amal No. 123, Medan

based on the results of the examination of the doctor it is true that he is suffering from typhoid and must rest for 5 days, starting from the date October, 30 2019 to November, 03 2019.

thus this pain statement was made in truth, so that the interest would be understood.

Medan, October, 30 2019

Examiner Docter,

 

dr. Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Keterangan Sakit dari Bidan

Ada banyak jenis penyakit dan tidak semuanya harus di bawa berobat ke dokter ataupun rumah sakit. Jika anda hanya menderita penyakit ringan saja, maka mungkin berobat ke bidan saja sudah cukup. Walaupun berobat ke bidan saja, anda pun masih bisa meminta surat keterangan sakit dari bidan tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan sakit dari bidan di bawah ini.

BIDAN PRAKTEK MANDIRI BPM)
INTAN PERMATASARI, S.KEB
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT KETERANGAN SAKIT
Nomor : 123/BIP/SKS/10/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari, S. Keb
Jabatan:Kepala Praktek Bidan Intan Permatasari
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

dengan sesunggunya menerangkan bahwa :

Nama:Dewi Cahaya
J. Kelamin:Perempuan
Usia:16 Tahun
Pekerjaan:Siswa

adalah benar sedang sakit dan harus membutuhkan istirahat selama 3 (tiga) hari, terhitung sejak hari ini, Senin, 30 Oktober 2019 s/d 01 November 2019.

Demikian surat keterangan sakit ini diperbuat dengan sebenarnya, agar pihak yang berkepentingan bisa maklum.

Medan, 30 Oktober 2019

Mengetahui,
Bidan Pemeriksa,

 

Intan Permatasari, S. Keb.

7. Contoh Surat Keterangan Sakit Tidak Masuk  Kerja

Jika anda merupakan seseorang yang sudah bekerja namun sedang dalam kondisi sakit, maka mungkin saja anda tidak bisa memaksakan diri untuk tetap bekerja. Anda pun bisa memberikan surat permohonan izin dengan surat keterangan sakit tidak masuk kerja yang bisa anda minta dari lembaga kesehatan tempat anda berobat. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan sakit tidak masuk kerja di bawah ini.

Medan, 30 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Izin Sakit
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Kepala Departemen HRD
PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
No. Karyawan:B78656435
Jabatan:Staff Marketing
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud memberitahukan bahwa saya tidak bisa masuk kerja selama 3 hari, terhitung sejak hari ini, Senin, 30 Oktober 2019 s/d 01 November 2019. Hal tersebut dikarenakan saya sedang sakit dan harus beristirahat di rumah.

Oleh karena itu, saya pun bermaksud untuk meminta izin kepada Bapak Kepala Departemen HRD PT. Maju Jaya Sejahtera selama 3 hari ini. Sebagai bentuk pertanggung jawaban, bersama dengan surat ini saya pun sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

8. Format Contoh Surat Keterangan Sakit

Walaupun banyak jenis dan contoh surat keterangan sakit, namun pada umumnya itu tetaplah sama. Baik anda berobat ke dokter rumah sakit, dokter klinik, maupun ke puskesmas dan bidan. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan salah satu format contoh surat keterangan sakit untuk anda sekalian.

(KOP SURAT LEMBAGA KESEHATAN)

SURAT KETERANGAN SAKIT
Nomor : . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:
Jabatan:
Alamat:

dengan sesunggunya menerangkan bahwa :

Nama:
Jenis Kelamin:
Usia:
Pekerjaan:
Alamat:

berdasarkan hasil pemeriksaan adalah benar sedang sakit dan menderita penyakit  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Oleh karena itu, yang bersangkutan pun harus beristirahat selama . . . .  hari, terhitung sejak  . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  s/d  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Demikian surat keterangan sakit ini diperbuat dengan sebenarnya, agar yang berkepentingan bisa maklum.

(Nama Kota dan Tanggal)

Mengetahui,

 

(Nama dan Tanda Tangan).

Penutup

Penggunaan berbagai jenis dan contoh surat keterangan sakit memang masih sangat sering kita temukan sekarang ini. Baik itu oleh anak sekolah, para mahasiswa, sampai dengan orang orang yang sudah bekerja. Surat ini nantinya akan dipergunakan untuk meminta izin atas ketidakhadirannya. Itulah tadi beberapa contoh surat keterangan sakit yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.