16 Contoh Surat Keterangan Penghasilan, Kerja, dan Domisili

Contoh Surat Keterangan – Pada zaman modern dan canggih sekarang ini, penggunaan surat memang tidak bisa kita tinggalkan begitu saja. Walaupun mungkin kita bisa menggunakan media komunikasi elektronik untuk berkomunikasi pribadi, namun tidak dengan berbagai urusan resmi. Maka tidak heran jika surat memang masih sangat dibutuhkan, baik oleh instansi pemerintahan, perusahaaan, lembaga, organisasi, sampai dengan perorangan.

Jika anda ingin membaca lebih lengkap mengenai  penjelasan dan pengertian surat keterangan, cara membuatnya dan jenis jenisnya, maka anda bisa membacanya pada Pengertian Surat Keterangan.

Salah satu jenis surat yang masih sangat sering dipergunakan oleh perseorangan adalah surat keterangan. Surat ini berguna untuk menerangkan seseorang ataupun sesuatu hal. Mungkin anda sudah sering mendengar atau bahkan menjumpai surat keterangan penghasilan, surat keterangan kerja, surat keterangan kuliah, surat keterangan sekolah, dan berbagai jenis surat keterangan lainnya.

Pada umumnya, surat ini dibutuhkan oleh perseorangan dan digunakan untuk mempermudah suatu urusan dalam bentuk resmi. Salah satu contoh kecil adalah seorang siswa yang ingin mengajukan diri sebagai penerima beasiswa untuk keluarga yang kurang mampu di sekolah. Maka dari itu, pihak sekolah ataupun pihak pemerintah harus mengetahui penghasilan orang tuanya terlebih dahulu, masuk kategori keluarga kurang mampu atau tidak.

Untuk memenuhi persyaratan tersebut, maka orang tua dari sang siswa tadi  bisa meminta surat keterangan penghasilan kepada aparat desa, seperti lurah, kepala desa, sampai ketua RT. Surat keterangan penghasilan orang tua tersebut akan berisikan jumlah penghasilan dari orang tua siswa, sehingga pihak sekolah bisa menyimpulkan masuk kategori keluarga kurang mampu atau tidak. Jadi, surat keterangan ini merupakan surat resmi, namun diperguakan dan dibutuhkan oleh perseorangan untuk keperluan yang resmi juga.

Contoh Surat Keterangan

Ada banyak jenis surat keterangan dan contoh surat keterangan yang seringkali kita jumpai di lingkungan pekerjaan, lingkungan sekolah, lingkungan bermasyarakat, dan lainnya. Dan menulis surat keterangan sebenarnya tidaklah terlalu susah, karena tidak berbeda jauh dengan penulisan surat resmi lainnya. Namun mungkin masih banyak yang kurang tahu bagaimana cara menulis surat keterangan dengan baik dan benar.

Untuk anda yang sudah bekerja dan bertugas menangani urusan surat menyurat, mungkin saja ditugaskan untuk menulis surat keterangan. Untuk anda yang masih sekolah atau kuliah, bukan tidak mungkin juga mendapat tugas untuk menulis berbagai contoh surat keterangan. Maka dari itu, beberapa contoh surat keterangan di  bawah ini mungkin bisa anda gunakan sebagai bahan referensi untuk menulis berbagai jenis surat keterangan, sesuai dengan kebutuhan anda.

1. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR

Jika anda ingin mengikuti program KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah, maka pihak pemerintah tentu harus mengetahui terlebih dahulu mengenai pekerjaan tetap anda setiap harinya. Berbekal pekerjaan tersebut, mereka akan bisa mengkalkulasikan kemampuan anda dalam membayar kredit rumah tersebut. Maka jika anda membutuhkan surat keterangan kerja untuk kpr, anda bisa melihat contoh surat keterangan kerja untuk kpr di bawah ini.

RUMAH SAKIT UMUM ADAM MALIK
Jl. Pertahanan N0. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT KETERANGAN
No.  : 19/XI/RSBA/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra, SST
Jabatan:Direktur Rumah Sakit Umum Adam Malik
Alamat:Jl. Amal No. 123 Medan

Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Jenis Kelamin:Laki Laki
Jabatan:Dokter Spesialis Kandungan
Alamat:Jl. Mahameru No. 123 Medan

Adalah benar merupakan dokter tetap di Rumah Sakit Umum Adam Malik sebagai dokter spesialis kandungan, terhitung sejak tanggal 20 November 2015 sampai dengan saat inni.

Demikin surat keterangan ini kami perbuat, untuk bisa dipergunakan dalam memenuhi persyaratan mengikuti program KPR dari pemerintah.

Medan, 21 Agustus 2019

Mengetahui,
Direktur Rumah Sakit Umum Adam Malik,

Anton Syahputra, SST

2. Contoh Surat Pengalaman Kerja

Ketika anda bekerja di suatu perusahaan atau instansi pemerintahan, mungkin saja memiliki keinginan untuk bekerja di tempat yang lebih menjanjikan lagi. Dan dengan demikian, maka berarti anda akan keluar dari pekerjaan lama. Untuk mempermudah anda dalam mencari pekerjaan lain, maka anda bisa meminta surat keterangan pengalaman kerja dari perusahaan lama tempat anda bekerja. Surat tersebut nantinya bisa anda pergunakan saat melamar pekerjaan lain, dengan tujuan lebih mudah untuk diterima. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengalaman kerja di bawah ini.

RUMAH SAKIT UMUM ADAM MALIK
Jl. Pertahanan N0. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
No.  : 19/XI/RSBA/2019

Yang bertandatangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra, SST
Jabatan:Direktur Rumah Sakit Umum Adam Malik

Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

Benar telah bekerja sebagai dokter spesialis kandungan di Rumah Sakit Umum Adam Malik, terhitung mulai tanggal 20 November 2015 sampai dengan 20 Agustus 2019. Selama bekerja di RSU Adam Malik, Saudara Muhammad Ilham memiliki kinerja yang baik dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan.

Saya dan segenap keluarga RSU Adam Malik berterimakasih dan berharap semoga yang bersangkutan dapat lebih sukses dimasa yang akan datang.

Demikian surat keterangan pengalaman kerja in ini di buat agar dapat di gunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 21 Agustus 2019

Mengetahui,
Direktur Rumah Sakit Umum Adam Malik,

Anton Syahputra, SST.

3. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Guru Sekolah

Seorang guru sekolah tentu sudah memiliki pendatapan tetap setiap bulannya. Namun bukan tidak mungkin jika seorang guru sekolah juga membutuhkan surat keterangan penghasilan. Maka dari itu, guru tersebut bisa meminta surat keterangan penghasilan kepada kepala sekolah, untuk dipergunakan sendiri nantinya sesuai dengan peruntukannya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan penghasilan guru sekolah di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN
No. :116 / 1.851.08

Yang bertanda tangan di bawah ini, selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan, menerangkan bahwa :

Nama:Muhammad Ilham, S. Pd
NIP:9349853495
Pangkat/Golongan:Penata Muda /IV B
Jabatan:Guru Sekolah

Adalah benar merupakan seorang guru di SMA Negeri 1 Medan, terhitung sejak tanggal 20 November 2015 lalu, dan sesuai dengan data Kepegawaian dan Keuangan dari Pemerintah Kota Medan yang bersangkutan mempunyai penghasilan tetap dengan perincian sebagai berikut :

  1. Gaji :  Rp. 4.782.200,
  2. TKD :  Rp. 8.312.355,
  3. Sertifikasi : Rp. 4.782.200,

Total Rp. 17.876.755 ,-

Jumlah penghasilan per bulan Rp. 17.876.755 ,- ( tujuh belas juta delapan ratus tujuh puluh enam ribu tujuh ratus lima puluh lima rupiah ).

Demikian surat keterangan penghasilan ini dibuat, untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 21 Agustus 2019

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd

4. Contoh Surat Keterangan Sekolah untuk Siswa

Seorang siswa mungkin saja membutuhkan surat keterangan dari pihak sekolah. Salah satunya adalah surat keterangan berkelakuan baik dari pihak sekolah. Dan jika anda membutuhkan surat tersebut, anda pun bisa meminta pihak sekolah atau kepala sekolah untuk menerbitkannya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan sekolah untuk siswa di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

SURAT KETERANGAN BERKELAKUAN BAIK
Nomor : 123/SMAN1/08/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan, menerangkan bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 2001
NISN:328957389457

siswa dengan nama tersebut di atas selalu berkelakuan baik selama berada di lingkungan sekolah dan mengikuti pelajaran. Anak tersebut juga tidak pernah menerima peringatan dari sekolah ataupun surat teguran karena perlakuan yang kurang baik.

Demikian surat keterangan sekolah berkelakuan baik ini kami terbitkan, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 21 Agustus 2019

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd

5. Contoh Surat Keterangan Resmi dari Kelurahan

Surat keterangan ada berbagai jenis dan anda mungkin membutuhkan salah satunya. Ketika anda melamar pekerjaan di suatu perusahaan, maka mereka mungkin saja harus memastikan terlebih dahulu jika anda memang tidak memiliki pekerjaan di tempat lain. Maka dari itu, anda pun bisa meminta surat keterangan resmi terkait hal tersebut dari kelurahan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan resmi di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
KELURAHAN PADANG BULAN
Kecamatan Medan Baru Kota Medan
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT KETERANGAN
Nomor : 123/PB/08/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, selaku Lurah Padang Bulan, Kecamatan Medan Baru Kota Medan menerangkan bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Tempat/Tanggal Lahir:Medan/20 Juli 1995
Jenis Kelamin:Laki-laki
No. KTP:3000500989833
Alamat Lengkap:Jl. Perdana No. 123, Medan

untuk sekarang ini tidak memiliki pekerjaan atau tidak sedang terikat kontrak dengan perusahaan manapun.

Demikianlah surat pernyataan ini saya tulis dengan sebenarnya tanpa ada unsur paksaan dari pihak siapa saja, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 21 Agustus 2019

Mengetahui,
Lurah Padang Bulan,

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Keterangan Kehilangan

Ketika kita kehilangan suatu barang berharga, maka mungkin saja kita harus mengurus surat kehilangan tersebut. Salah satu contoh kecil adalah kehilangan STNK kendaraa bermotor yang merupakan dokumen penting untuk kendaraan bermotor kita. Untuk itu, anda pun bisa meminta pihak kepolisian untuk menerbitkan surat keterangan kehilangan STNK setelah memberikan bukti bukti terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan kehilangan di bawah ini.

KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
DAERAH SUMATERA UTARA
RESORT MEDAN BARU
Jl. Perdana No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT KETERANGAN KEHILANGAN
Nomor : 123/Pol/08/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, selaku Kapolres Medan Baru, Kota medan menyatakan bahwa STNK Kendaraan Bermotor dari :

Kendaraan:Honda Sonic 150R
No. Rangka:89385873589
No. Mesin:3849539875
No. Polisi:BK 4321 CBA
Atas Nama:Muhammad Ilham
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

telah hilang dalam perjalanan sekitaran Jl. Imam Bonjol sampai dengan Jl. Payakumbuh.

Demikianlah surat pernyataan kehilangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya, agar bisa digunakan untuk keperluan pengurusan STNK baru. Apabila nantinya ditemukan adanya keterangan yang tidak sesuai dengan surat ini maka saya siap menerima konsekuensinya.

Medan, 21 Agustus 2019

Mengetahui,
Kapolres Medan Baru,

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Keterangan Kerja Magang

Kegiatan kerja magang merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan oleh mayoritas para anak kuliah. Dan setelah selesai melaksanakan kerja magang, para mahasiswa bisa meminta surat keterangan kerja magang dari perusahaan atau instansi tempat mereka magang. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan kerja magang di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KETERANGAN KERJA MAGANG
Nomor : 002/HRD/VII/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, selaku Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera, dengan ini menerangkan bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Universitas:Universitas Sumatera Utara
Jurusan:Manajemen Ekonomi

Bahwa yang bersangkutan telah melaksanakan kegiatan kerja magang di PT. Maju Jaya Sejahtera. Kerja magang tersebut telah dilaksanakan selama 2 bulan, yaitu mulai tanggal 20 Juni 2019 sampai dengan 20 Agustus 2019.

Selama magang di PT. Maju Jaya Sejahtera, yang bersangkutan selalu bisa bekerja dengan baik, memiliki kemauan belajar yang tinggi, dan juga bertanggung jawab terhadap pekerjaan.

Demikian surat keterangan kerja magang ini kami buat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 21 Agustus 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

8. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Karyawan Swasta

Surat keterangan penghasilan memang memiliki manfaat yang sangat banyak. Berbagai contohnya adalah untuk mengajukan KPR, mengajukan cicilan mobil, cicilan sepeda motor, dan lain sebagainya. Nah, jika anda membutuhkan surat keterangan penghasilan dan bekerja di sebuah perusahaan swasta, anda pun bisa meminta agar atasan anda menerbitkan surat tersebut untuk anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan penghasilan karyawan swasta di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN
Nomor : 123/MJS/08/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, selaku Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera, dengan ini menerangkan bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Kepala Staf Produksi

adalah benar merupakan karyawan tetap di PT. Maju Jaya Sejahtera, terhitung sejak tanggal 20 November 2015 lalu sampai dengan saat ini dengan penghasilan sebagai berikut ini :

  1. Gaji pokok : Rp. 3.990.000,-
  2. Tunjangan Perumahan : Rp. 600.000,-
  3. Tunjangan Makan : Rp. 900.000,-
  4. Tunjangan Transportasi : Rp. 400.000,-
  5. Potongan Asuransi : Rp. 200.000,-

Sehingga total gaji yang diterimanya adalah sebesar Rp. 5.690.000,- (lima juta enam ratus sembilan puluh ribu rupiah).

Demikian surat keterangan penghasilan ini kami terbitkan, untuk dapat dipergunakan dengan semestinya.

Medan, 21 Agustus 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

9. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua

Banyak anak yang mungkin membutuhkan surat keterangan penghasilan orang tua mereka masing masing. Apakah itu untuk mengajukan penerimaan beasiswa keluarga kurang mampu di sekolah atau di kampus, maupun untuk berbagai keperluan lainnya. Maka dari itu, anda dan orang tua pun bisa meminta surat keterangan penghasilan orang tua dari aparat desa setempat. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan penghasilan orang tua di  bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
KELURAHAN PADANG BULAN
Kecamatan Medan Baru Kota Medan
Jl. Jamin Ginting No. 123, Medan

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN
Nomor : 123/SK/PD/08/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, selaku Lurah Padang Bulan, menerangkan bahwa orang tua dari :

Nama:Muhammad Ilham
Umur:15 Tahun
Pekerjaan:Siswa
Alamat:Jl. Amal No. 123 Medan

yakni Bapak Andi Muharjo yang bekerja sebagai karyawan swasta memiliki penghasilan sekitar Rp. 2.500.000 (dua juta lima ratus ribu rupiah) dengan jumlah tanggungan 5 orang.

Demikian surat keterangan penghasilan ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun juga, untuk dapat dipergunakan dalam memenuhi persyaratan dalam penerimaan beasiswa untuk siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Medan, 21 Agustus 2019

Mengetahui,
Lurah Padang Bulan,

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Keterangan Resmi dari Kelurahan

Ada banyak jenis sura keterangan yang bisa anda minta dari aparat desa, salah satunya adalah surat keterangan berkelakuan baik. Surat ini biasanya dipergunakan saat ingin melamar pekerjaan dan lain lain. Maka dari itu, anda pun bisa meminta surat keterangan resmi berisikan keterangan berkelakuan baik dari aparat desa, seperti lurah, kepala desa, bahkan juga ketua RT. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan resmi berkelakuan baik dari kelurahan di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
KELURAHAN PADANG BULAN
Kecamatan Medan Baru Kota Medan
Jl. Jamin Ginting No. 123, Medan

SURAT KETERANGAN BERKELAKUAN BAIK
Nomor : 200/234/ S-Ket- /2019

Yang bertanda tangan di bawah ini Lurah Padang Bulan, Kecamatan Medan Baru Kota Medan, menerangkan bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Jenis Kelami:Laki – Laki
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1994
Agama:Islam
Status Perkawinan:Belum Menikah
Pekerjaan:Wiraswasta
Nomor KTP:2358723598723
Alamat:Jl. Jamin Ginting No. 234, Medan

Nama tersebut diatas adalah benar penduduk Kelurahan Padang Bulan. Sepanjang pengetahuan kami sampai saat ini dia berkelakuan baik  dan tidak tersangkut dalam tindakan  kejahatan/kriminal yang diputuskan oleh Pengadilan Negeri.

Surat keterangan ini dibuat dan diberikan kepadanya menurut  permintaannya sendiri sehubungan dengan maksudnya hendak : Melamar Pekerjaan.

Demikian surat keterangan ini diperbuat dan diberikan kepadanya, untuk dapat dipergunakan seperlunya.

Medan, 21 Agustus 2019

Mengetahui,
Lurah Padang Bulan,

Anton Syahputra.

11. Contoh Surat Keterangan Penghasilan PNS

Seorang PNS tentu sudah memiliki pendapatan tetap setiap bulannya. Dan jika seorang PNS ingin membeli mobil dengan cara membayar cicilan, maka tentu saja harus menyerahkan surat keterangan penghasilan. Surat keterangan penghasilan tersebut nantinya akan diperiksa oleh pihak finance dan bisa memutuskan apakah seseorang itu akan sanggup membayar cicilan mobil atau tidak. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan penghasilan di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DAERAH KOTA MEDAN
Provinsi Sumatera Utara

Jl. Perjuangan No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIP 983475834975
Jabatan:Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Kepala Bagian Administrasi Dinas Pendidikan Kota Medan
Alamat:Jl. Mahameru No. 123 Medan

benar merupakan seorang PSN dan bekerja di Dinas Pendidikan Daerah Kota Medan dengan jabatan Kepala Bagian Administrasi hingga saat ini. Dan berdasarkan data Kepegawaian Daerah Kota Medan, Saudara Muhammad Ilham memiliki pendatapan setiap bulannya seperti di bawah ini :

  1. Gaji Pokok – Rp. 3.500.000
  2. Tunjangan Anak – Rp. 1.000.000
  3. Tunjangan Keluarga – Rp. 1.500.000
  4. Tunjangan Rumah – Rp. 1.000.000

Sehingga total pendatapan Saudara Muhammad Ilham setiap bulannya adalah Rp. 7.000.000 (tujuh juta rupiah).

Demikian surat keterangan ini kami buat atas permintaan yang bersangkutan dan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 21 Agustus 2019

Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

Anton Syahputra.

12. Contoh Surat Keterangan Domisili

Ada saat dimana anda mungkin harus memiliki surat keterangan domisili. Surat ini biasanya dibutuhkan oleh orang orang yang tinggal di daerah yang tidak sesuai atau tidak sama dengan yang tertera di KTP. Dalam artian, surat ini seringkali dibutuhkan oleh mereka yang merantau dan ingin mencari pekerjaan. Dan jika anda membutuhkan surat tersebut, anda pun bisa memintanya kepada aparat desa setempat. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan domisili di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
KELURAHAN PADANG BULAN
Kecamatan Medan Baru Kota Medan
Jl. Jamin Ginting No. 123, Medan

SURAT KETERANGAN
Nomor : 123/SKD/08/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, Lurah Padang Bulan, Kecamatan Medan Baru Kota Medan, menerangkan bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Tempat/Tgl Lahir:Jakarta/20 Juli 1994
Jenis Kelami:Laki – Laki
No. KTP:89473894798375
Agama:Islam
Kewarganegaraan:Indonesia
Alamat Saat Ini:Jl. Jamin Ginting No. 234, Medan
Maksud/Keperluan:Untuk Melamar Pekerjaan

benar – benar tinggal dan berdomisili di Jl. Jamin Ginting No. 123, Medan yang merupakan daerah Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan sejak tanggal 20 November 2018 lalu hingga saat ini.

Demikian surat keterangan ini diperbuat, agar dipergunakan sebagaimana mestinya,

Medan, 21 Agustus 2019

Mengetahui,
Lurah Padang Bulan,

Anton Syahputra.

13. Contoh Surat Keterangan Gaji Karyawan

Untuk anda yang bekerja di suatu perusahaan ataupun instansi pemerintahan, tentu akan mendapatkan gaji setiap bulannya atau setiap periode waktu tertentu. Dan suatu saat, mungkin saja anda membutuhkan surat keterangan gaji tersebut, yang anda dapatkan dari perusahaan. Baik itu untuk mengajukan program KPR, mengajukan cicilan rumah, mengajukan cicilan mobil atau motor, dan berbagai keperluan lainnya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan gaji di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KETERANGAN GAJI
Nomor : 123/MJS/08/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera dengan ini menerangkan bahwa :

Nama:Dewi Cahaya
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1992
Jenis Kelamin:Perempuan
Jabatan:Kepala Bagian Administrasi PT. Maju Jaya Sejahtera
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

adalah benar merupaka karyawan kami di PT. Maju Jaya Sejahtera, terhitung sejak tanggal 20 November 2015 hingga saat ini. Dan menurut dokumen penghasilan karyawan dari Bagian Personalia, Saudari Dewi Cahaya memiliki gaji setiap bulannya seperti berikut ini :

  1. Gaji Pokok – Rp. 3.300.000
  2. Tunjangan Makan – Rp. 1.200.000
  3. Tunjangan Tempat Tinggal – Rp. 600.000
  4. Tunjangan Transportasi – Rp. 400.000

dengan total gaji setiap bulannya adalah Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah), yang selalu dibayarkan oleh pihak perusahaan pada tanggal 30 setiap bulannya.

Demikian surat keterangan gaji ini kami perbuat, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 21 Agustus 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

14. Contoh Surat Keterangan Sehat

Surat keterangan sehat ini biasanya bisa kita dapatkan dari Bidan, Klinik, maupun dari Rumah Sakit tertentu. Namun itu semua tergantung dari kebutuhan anda. Mungkin saja anda harus membutuhkan surat keterangan sehat dari rumah sakit, dan tidak bisa dari sekedar bidan ataupun klinik. Maka dari itu, anda bisa memeriksakan kesehatan ke dokter di rumah sakit dan meminta surat keterangan sehat dari sana. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan sehat di bawah ini.

DINAS KESEHATAN DAERAH KOTA MEDAN
RUMAH SAKIT UMUM ADAM MALIK

Jl. Pertahanan No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT KETERANGAN SEHAT
Nomor : 123/RSUAM/08/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, Direktur Rumah Sakit Umum Adam Malik menerangkan bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1993
Jenis Kelamin:Laki Laki
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

Telah diperiksa dengan teliti dan dinyatakan SEHAT.

Demikian surat keterangan sehat ini diperbuat, untuk bisa dipergunakan dalam melamar pekerjaan.

Tinggi/Berat Badan:162/61
Tekanan Darah:120/80
Denyut Nadi:
Golongan Darah:AB
Buta Warna:Tidak

Medan, 21 Agustus 2019

Mengetahui,
Direktur Rumah Sakit Umum Adam Malik,

dr. Anton Syahputra.

15. Contoh Surat Keterangan Sakit

Bagi anda yang sudah bekerja maupun merupakan siswa sekolah, tentu memiliki kewajiban setiap harinya, yakni pergi ke sekolah atau bekerja. Namun jika anda sedang dalam kondisi sakit, maka sebaiknya tidak perlu terlalu memaksakan diri. Anda bisa berobat ke dokter atau bidan dan meminta surat keterangan sakit dari sana. Surat keterangan sakit tersebut bisa anda pergunakan untuk meminta izin kepada pihak sekolah atau atasan anda di tempat kerja. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan sakit di bawah ini.

DINAS KESEHATAN DAERAH KOTA MEDAN
RUMAH SAKIT UMUM ADAM MALIK

Jl. Pertahanan No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT KETERANGAN SAKIT
Nomor : 123/RSUAM/08/2019

Yang bertanda tangan dibawah ini, Direktur Rumah Sakit Umum Adam Malik, menerangkan bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Umur:37 Tahun
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

Setelah melewati pemeriksaan dengan teliti, maka kami mennyatakan jika yang bersangkutan benar menderita SAKIT dengan diagnosa Obs Febris, Ec Dispepsia dan perlu istirahat selama 3 ( tiga ) hari terhitung sejak tanggal 21 Agustus 2019 s/d 23 Agustus 2019.

Demikian surat keterangan sakit ini kami perbuat, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 21 Agustus 2019

Mengetahui,
Direktur Rumah Umum Sakit Adam Malik,

Anton Syahputra, SST.

16. Contoh Format Surat Keterangan

Sudah ada banyak jenis surat keterangan dan contoh surat keterangan di atas tadi. Beberapa contoh tersebut mungkin sudah bisa anda jadikan sebagai bahan referensi dalam menulis surat keterangan yang baik dan benar. Namun salah satu surat keterangan yang paling sering dipergunakan dan dibutuhkan adalah surat keterangan penghasilan. Maka dari itu, kami akan memberikan format contoh surat keterangan penghasilan dari perusahaan di bawah ini.

(KOP SURAT PERUSAHAAN)

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN
Nomor : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Saya yang  bertanda tangan di bawah ini :

Nama: 
Jabatan: 
Alamat: 

menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama: 
Jabatan: 
Alamat: 

adalah benar merupakan karyawan aktif di perusahaan kami, terhitung sejak tanggal . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  hingga saat ini, dan sekarang menduduki jabatan sebagai . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Dan menurut data kepegawaian dari BagianP Personalia perusahaan kami, Saudara/i . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  memiliki penghasilan setiap bulannya sebagai berikut :

  1. Gaji Pokok – Rp. . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  2. Tunjangan . . . . . . . . . . . . . . . – Rp. . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  3. Tunjangan . . . . . . . . . . . . . . . – Rp. . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  4. Tunjangan . . . . . . . . . . . . . . . – Rp. . . . . . . . . . . . . . . . . . .

dengan total jumlah penghasilan setiap bulannya adalah Rp. . . . . . . . . . . . . . . . . . .  (. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ).

Demikian surat keterangan penghasilan ini kami perbuat dengan sebenarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

(Nama Kota dan Tanggal)

Mengetahui,
Direktur PT. . . . . . . . . . . . . . . . . . . ,

(Nama dan Tanda Tangan).

Penutup

Sekarangi ini teknologi memang sudah sangat maju dan canggih. Anda pun sudah bisa berkomunikasi dengan mudah dan sangat cepat. Bukan hanya sekedar berkirim pesan saja, bahkan anda pun sudah bisa melakukan video call dan bertatap muka langsung dari layar smartphone atau layar komputer anda. Kendati demikian, penggunaan surat tetaplah tidak bisa ditinggalkan, karena berbagai urusan dan keperluan masih sangat membutuhkan surat sebagai media komunikasi yang resmi.