16 Contoh Surat Kuasa Bank BRI, Mandiri, BNI, BCA, DLL

Contoh Surat Kuasa Bank – Dalam dunia perbankan, surat kuasa bukanlah sesuatu hal yang jarang. Berbagai keperluan bank yang diwakilkan kepada orang lain semuanya harus menggunakan surat kuasa dari pemberi wewenang kepada penerima wewenang. Dalam beberapa kasus juga seperti penarikan uang tunai di bank, maka diwajibkan menggunakan materai sebagai bukti pengesahan yang akan berguna untuk meyakinkan pihak bank.

Ada banyak kasus dimana anda mungkin harus menggunakan contoh surat kuasa bank, misalnya ketika anda berhalangan untuk melakukan penarikan uang tunai dari rekening. Anda pun bisa memberikan wewenang kepada orang lain dengan menggunakan surat kuasa. Dengan demikian, anda memberikan kuasa kepada orang lain mengenai penggunaan rekening bank, dan anda sebagai pemberi kuasa harus bertanggung jawab atas segala akibat dari pelimpahan wewenang tersebut.

Penggunaan berbagai jenis dan contoh surat kuasa bank, baik di bank BRI, bank Mandiri, bank BNI, bank BCA, ataupun bank yang lainnya terbilang sama saja dan tidak memiliki perbedaan. Cara penulisan kuasa bank inipun tidak berbeda dari berbagai contoh surat kuasa lainnya, yang sudah pernah kami bahas sebelumnya.

Untuk anda yang sudah sering melakukan transaksi di bank, baik itu melakukan penarikan tunai, setor tunai, print buku tabungan, maka tentu sudah tidak asing lagi dengan keperluan surat kuasa bank ini. Terutama karena ini menyangkut keuangan yang sangat sensitif, maka penggunaan surat kuasa bank tidak bisa diabaikan dan memang sudah wajib hukumnya.

Contoh Surat Kuasa Bank

Menulis surat kuasa bank, seperti surat kuasa pengambilan uang di bank bukanlah hal yang susah. Namun sebisa mungkin anda hanya memberikan wewenang kepada orang yang betul – betul bisa anda percayai. Karena jika terdapat kerugian yang diakibatkan dari pelimpahan wewenang penggunan rekening bank tersebut, maka anda harus bertanggung jawab sendiri dan tidak bisa menuntut pihak bank.

Anda pun harus menulis surat kuasa bank dengan baik, karena bukan tidak mungkin kalau pihak bank akan menolak surat kuasa yang terkesan acak – acakan dan kurang teratur. Maka dari itu, di bawah ini adalah beberapa contoh surat kuasa bank yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang di Bank

Penarikan uang tunai di bank seharusnya dilakukan oleh pemilik rekening. Namun jika anda berhalangan, maka bisa memberikan wewenang kepada orang lain mengenai kuasa penggunaan rekening bank. Anda bisa menyebutkan nominal uang tunai yang harus diambil, no rekening dan pemilik rekening, serta melampirkan dokumen persyaratan. Di bawah ini adalah contoh surat kuasa bank untuk melakukan penarikan uang tunai yang bisa anda pergunakan.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
No. KTP:8753766963978
Pekerjaan:Wirausaha
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123, Medan

Dengan ini memberikan kuasa penuh untuk melakukan penarikan uang tunai dari Rekening Bank nomor 326-3266-2362-62-2 atas nama Anton Syahputra senilai Rp. 24.000.000,- (dua puluh empat juta rupiah) dari Bank BRI Cabang Iskandar Muda Medan, kepada :

Nama:Intan Permatasari
No. KTP:78e7585378523
Pekerjaan:Wirausaha
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123, Medan
Hubungan Keluarga:Istri Pemberi Kuasa

Adapun pelimpahan wewenang ini dikarenakan saya sedang sakit dan tidak bisa datang ke bank secara langsung. Segala akibat dan hal – hal yang ditimbulkan dari pelimpahan wewenang ini menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya sebagai pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenar – benarnya, dalam keadaan sadar dan tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 30 Maret 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Intan Permatasari.

2. Contoh Surat Kuasa Rekening Bank

Pada umumnya, rekening bank tertentu hanya bisa digunakan dan dikelola oleh pemilik rekeing itu sendiri. Namun dalam beberapa kasus, mungkin saja anda ingin memberikan hak penggunaan rekening kepada istri misalnya. Nah, anda pun bisa menggunakan contoh surat kuasa untuk bank dalam kasus ini agar istri anda mendapatkan kebebasan menggunakan rekening dimaksud. Di bawah ini adalah contoh surat kuasa penggunaan rekening bank yang bisa anda pergunakan.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:9868764363652
No. Rekening:3464-5236-6236-32-6
Nama Bank:BRI Cabang Iskandar Muda Medan
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Dengan ini memberikan kuasa penuh kepada :

Nama:Dewi Cahaya
NIK:765636763436
Status:Istri
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Untuk menggunakan rekening bank tersebut diatas atas nama Muhammad Ilham, meliputi Penarikan Tunai dan Print Buku Tabungan.

Segala akibat dan hal – hal yang ditimbulkan dari pelimpahan wewenang ini menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya sebagai pemberi kuasa dan tidak akan menuntu pihak Bank BRI di kemudian hari.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenar – benarnya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, serta tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 30 Maret 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Muhammad Ilham.Dewi Cahaya.

3. Contoh Surat Kuasa Tanah Untuk Jaminan Bank

Dalam melakukan pinjaman ke bank, seperti bank mandiri, tentu harus ada agunan yang diberikan. Dan mungkin saja anda berniat memberikan surat tanah atas nama anda sendiri kepada orang lain untuk dipergunakan sebagai jaminan atas pinjaman dimaksud. Namun tentu saja anda harus menggunakan contoh surat kuasa bank mandiri agar penerima bisa menggunakan surat tanah tersebut sebagai jaminan pinjaman. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa ke bank di bawah ini.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:435873697637892
Pekerjaan:Wiraswasta
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Degan ini memberikan kuasa penuh kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:9864679357932
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Alamat:Jl. Pertempuran No. 123, Medan

Untuk menggunakan sertifikat tanah bernomor 123/PNM/NT/2010 atas nama Anton Syahputra sebagai jaminan pinjaman ke bank Mandiri Cabang Citra Garden, Medan.

Segala akibat dan hal – hal yang ditimbulkan dari pelimpahan wewenang ini menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya sebagai pemberi kuasa dan tidak akan menuntut pihak Bank Mandiri di kemudian hari.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenarnya, dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, serta tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 30 Maret 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

4. Contoh Surat Kuasa Print Buku Tabungan

Walaupun tidak menyangkut penarikan uang tunai, namun print buku tabungan juga harus dilakukan sendiri oleh pemilik buku tabungan dimaksud. Jika tidak, maka harus menggunakan surat kuasa agar pihak bank bersedia memprint buku tabungan tersebut. Di bawah ini adalah contoh surat kuasa print buku tabungan yang bisa anda pergunakan.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
NIK:873257637362
No. Rekening:464-6346-3647-53-3
Bank:BRI Medan Kota
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini memberikan kuasa penuh untuk melakukan print buku tabungan dengan nomor rekening dan nama tersebut diatas di Kantor Cabang BRI Medan Kota, kepada :

Nama:Dewi Cahaya
NNIK:76356895689532698
Hubungan Keluarga:Saudara Kandung
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 30 Maret 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Intan Permatasari.Dewi Cahaya.

5. Format Contoh Surat Kuasa Bank

Walaupun ada banyak hal atau kegiatan bank yang bisa diwakilkan, namun semuanya itu terbilang sama saja, baik di bank BRI, di bank BNI, di bank Mandiri, di bank BCA, dan juga bank lainnya. Salah satu contoh surat kuasa bank yang paling sering digunakan adalah surat kuasa penarikan uang di bank. Maka dari itu, di bawah ini adalah contoh format surat kuasa penarikan uang di bank yang bisa anda pergunakan.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:
No. KTP:
No. Rekening:
Nama Bank:
Alamat:

Dengan ini memberikan kuasa penuh kepada :

Nama:
No. KTP:
Pekerjaan:
Alamat:

Untuk melakukan penarikan tunai sebesar Rp. . . . . . . . . . . . . . ,- (nominal dalam huruf), dari rekening dengan atas nama tersebut diatas. Adapun pelimpahan wewenang ini dikarenakan saya sedang . . . . . . . . . . . . . . . . . dan tidak bisa datang ke Bank untuk melakukan penarikan tunai.

Segala akibat dan hal – hal yan ditimbulkan dari pelimpahan wewenang ini menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya sebagai pemberi kuasa dan tidak akan menuntuk pihak bank di kemudian hari.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenar – benarnya, dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, serta tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

(Nama Kota dan Tanggal)

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
(Materai dan tanda tangan)
(Nama Pemberi Kuasa).(Nama Penerima Kuasa).

Penutup

Berkaitan erat dengan uang, memang wajar jika semua urusan bank yang diwakilkan harus menggunakan surat kuasa bank. Jika tidak, maka kemungkinan besar phak bank tidak akan melayani permintaan anda, walaupun dengan berbagai alasan karena sudah menjadi prosedur setiap bank demikian. Itulah tadi beberapa contoh suat kuasa bank yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.