16 Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Paling Lengkap

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji – Bagi orang yang sudah bekerja, momen gajian atau momen mengambil gaji tentu merupakan hal yang ditunggu – tunggu. Gajian atau mengambil gaji pun pada umumnya harus dilakukan oleh orang yang bersangkutan langsung. Namun jika anda sedang berhalangan, maka bisa memberikan surat kuasa pengambilan gaji kepada orang lain untuk nantinya bertugas untuk mengambil gaji anda.

Pada zaman yang modern sekarang ini, kebanyakan perusahaan memang sudah memberikan gaji karyawannya dengan menggunakan cara transfer bank. Namun tidak bisa dipungkiri jika masih ada perusahaan atau badan usaha yang memberikan gaji karyawan secara cash atau tunai, sehingga orang yang bersangkutan harus datang sendiri untuk mengambil gajinya tersebut. Namun bagaimana jika karyawan tersebut sedang berhalangan dan tidak bisa mengambil gaji sendiri?.

Maka dari itulah akan dibutuhkan surat kuasa pengambilan gaji. Penulisan atau formal penulisan contoh surat kuasa inipun tidak berbeda dengan formal penulisan surat kuasa lainnya. Pemberi kuasa memberikan kuasa kepada penerima kuasa, untuk selanjutnya penerima kuasa melakukan apa yang tertulis tersebut atas nama pemberi kuasa. Jadi dalam memberikan surat kuasa pengambilan gaji, anda harus memberikan kuasa kepada orang yang benar – benar bisa anda percayai.

Surat kuasa pengambilan gaji bukan hanya bisa dipergunakan untuk mengambil gaji karyawan/pegawai yang masih aktif. Surat kuasa ini juga bisa dipergunakan untuk mengambil gaji pensiun, yang pada umumnya harus diambil di bank tertentu yang sudah ditunjuk oleh pemerintah atau perusahaan terkait.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Tidak berbeda dengan penulisan surat kuasa pada umumnya, surat kuasa pengambilan gaji juga harus disertai dengan penggunaan materai. Materai ini berfungsi sebagai pengesahan atau bukti sah dari surat kuasa yang ditulis oleh pemberi kuasa dan berguna juga untuk meyakinkan pihak ketiga, dalam hal ini perusahaan pemberi gaji atau bank yang bertugas mengeluarkan gaji.

Jika anda sudah pernah menulis surat kuasa jenis apapun, maka tentu anda sudah tidak perlu bingung lagi menulis kuasa pengambilan gaji, karena konsepnya tidak jauh berbeda. Namun jika anda membutuhkan referensi, maka beberapa contoh surat kuasa pengambilan gaji di bawah ini mungkin akan berguna untuk anda sekalian.

1. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Pensiun

Ada beberapa jenis pekerjaan yang memberikan gaji pensiunan kepada para karyawan/pegawainya. Sebut saja seperti para PNS, TNI, dan Polisi. Nah, ketika mereka sudah pensiun dan mungkin sudah kurang sehat, maka bisa mewakilkan pengambilan gaji pensiunan kepada anaknya ataupun orang lain yang bisa dipercaya. Jika anda ingin mengambil gaji pensiunan namun berhalangan untuk mengambilnya langsung, maka anda bisa menggunakan contoh surat kuasa pengambilan gaji pensiunan di bawah ini.

SURAT KUASA PENGAMBILAN GAJI PENSIUN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
No. KTP:89634853587325
Pekerjaan:Pensiun PNS
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini memberikan kuasa penuh untuk mengambil Gaji Pensiun PNS Periode Bulan Maret 2019 di Bank Sumut Medan dikarenakan saya sedang dalam keadaan kurang sehat kepada anak saya :

Nama:Muhammad Ilham
No. KTP:87656746345578
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Segala resiko atau hal – hal yang ditimbulkan dari pelimpahan wewenang ini menjadi tanggungjawab saya sepenuhnya selaku pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenarnya dalam keadaan sadar dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 30 Maret 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

2. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Karyawan

Sebagaimana kita ketahui bersama, masih ada beberapa badan usaha/perusahaan yang memberikan gaji karyawannya secara tunai atau cash. Hal ini memang sedikit membuat repot, namun peraturan tersebut mungkin saja berlaku di suatu perusahaan tertentu. Dan jika kebetulan anda tidak bisa mengambil gaji karyawan di hari yang sudah ditentukan, anda pun bisa memberikan wewenang kepada orang lain untuk mengambil gaji anda di kantor/perusahaan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa pengambilan gaji karyawan di bawah ini.

SURAT KUASA PENGAMBILAN GAJI

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 1990
NIK:7867463674764
Jabatan:Staff Pemasaran
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Dengan ini memberikan kuasa penuh kepada :

Nama:Muhammad Ilham
Tempat/Tgl Lahir:Medan/30 Agustus 1989
NIK:786576434375
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Alamat:Jl. Marcopolo NO. 123, Medan

Untuk mengambil gaji periode bulan Maret 2019 di Departemen Personalia PT. Maju Jaya Sejahtera dikarenakan saya sedang cuti melahirkan dan masih menjalani rawat inap di Rumah Sakit Adam Malik Medan.

Segala akibat atau hal – hal yang ditimbulkan dari pemberian kuasa ini menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya sebagai pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 30 Maret 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Intan Permatasari.Muhammad Ilham.

3. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Pdf

Bagi anda yang ingin menggunakan surat kuasa pengambilan gaji, maka mungkin akan mencari surat kuasa yang paling mudah dipergunakan, seperti contoh surat kuasa pengambilan gaji pdf atau dalam bentuk file pdf. Nah, anda pun bisa mendownload surat kuasa pengambilan gaji yang sudah dalam bentuk format pdf di bawah ini untuk anda pergunakan kembali. Anda bisa langsung mendownload tautan download dan akan langsung diarahkan untuk mendownload file surat kuasa tersebut.

4. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Doc

Ada juga yang mungkin membutuhkan atau mencari contoh surat kuasa pengambilan gaji dokumen doc, yang memang lebih mudah diedit untuk dipergunakan kembali. Anda pun tidak perlu khawatir karena kami sudah mempersiapkannya, dan anda bisa mendownloadnya langsung melalui tautan download di bawah ini. Setelah mendownload surat kuasa doc tersebut, anda tinggal mengeditnya dan mengubah beberapa bagian agar sesuai dengan keinginan anda.

5. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji Karena Sakit

Malang memang tidak dapat ditolak, begitu juga dengan penyakit yang mungkin saja kita alami saat sedang memiliki keperluan seperti mengambil gaji misalnya. Namun anda tidak perlu khawatir karena anda bisa memberikan wewenang/kuasa kepada orang lain untuk mengambil gaji anda dengan utuh. Anda pun bisa menggunakan contoh surat kuasa pengambilan gaji di bawah ini ketika sedang sakit dan tidak bisa hadir di kantor untuk mengambil gaji.

SURAT KUASA PENGAMBILAN GAJI

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:348253875327
Jabatan:Leader Marketing
Perusahaan:PT. Sukses Makmur
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Dengan ini memberikan kuasa penuh untuk mengambil gaji periode Bulan Maret 2019 dikarenakan saya sedang sakit dan harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Pirngadi kepada :

Nama:Dewi Cahaya
NIK:786453245563
Pekerjaan:Pegawai Negeri Sipil
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan
Hubungan:Istri Pemberi Kuasa

Segala akibat dan hal – hal yang ditimbulkan dari pemberian wewenang ini menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya sebagai pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenar – benarnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 31 Maret 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Muhammad Ilham.Dewi Cahaya.

6. Format Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Memang harus diakui jika ada beberapa jenis surat kuasa pengambilan gaji, namun sebenarnya tidaklah memiliki banyak perbedaan. Maka dari itu, di bawah ini kami akan memberikan format contoh surat kuasa pengambilan gaji yang bisa anda pergunakan untuk memberikan wewenang kepada orang lain dalam mengambil gaji anda.

SURAT KUASA PENGAMBILAN GAJI

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:
No. KTP:
Pekerjaan:
Alamat:

Dengan ini memberikan kuasa penuh kepada :

Nama:
No. KTP:
Pekerjaan:
Alamat:

Untuk mengambil gaji . . . . . . . . . . . . . . . . . di . . . . . . . . . . . . . . . . .. Adapun alasan pemberian kuasa ini dikarenakan saya sedang . . . . . . . . . . . . . . . . . , sehingga tidak bisa mengambil gaji secara langsung sebagaimana biasanya.

Segala akibat dan hal – hal yang ditimbulkan oleh karena pemberian wewenang ini menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya sebagai penberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenar – benarnya dalam keadaan sadar dan tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Nama Kota dan Tanggal,

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Nama, Materai, dan tanda tangan.Nama dan tanda tangan.

Penutup

Sebagian besar perusahaan ataupun lembaga dan instansi pemerintahan memang sudah memberlakukan pemberian gaji secara transfer bank, namun masih ada juga beberapa pihak yang memberikan gaji secara tunai atau cash. Maka dari itulah anda bisa menggunakan surat kuasa pengambilan gaji ketika sedang berhalangan dan tidak bisa mengambil gaji secara langsung. Itulah tadi beberapa contoh surat kuasa yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.