16 Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah Kuliah/Sekolah

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah – Ijazah merupakan dokumen yang sangat penting untuk setiap orang, baik ijazah sekolah ataupun ijazah dari perguruan tinggi/kampus. Namun ada kalanya ijazah tersebut tidak berada di tangan kita, sehingga kita harus mengambilnya. Namun jika berhalangan untuk mengambilnya sendiri, maka anda pun bisa memberikan wewenang kepada orang lain untuk mengambilkan ijazah tersebut dengan menggunakan surat kuasa.

Ijazah memiliki nilai yang tidak ternilai harganya untuk pemiliknya sendiri. Jadi tidak heran jika ada banyak pekerjaan yang mengharuskan anda untuk memberikan ijazah sebagai jaminan, walaupun sebenarnya sudah tidak diperbolehkan oleh pemerintah. Ketika keluar dari pekerjaan tersebut, biasanya anda tidak bisa langsung meminta ijazah. Disaat seperti inilah anda bisa menggunakan surat kuasa pengambilan ijazah di tempat kerja atau perusahaan.

Selain itu, bisa juga ijazah anda ketika masih sekolah atau kuliah masih tertinggal dan belum sempat mengambilnya, sementara anda langsung mendapat pekerjaan dan sibuk setiap harinya. Namun ijazah pun tentu tidak akan bisa dibiarkan lama – lama di sekolah ataupun di kampus. Maka dari itu andapun bisa meminta orang yang bisa anda percayai untuk mengambilkan ijazah tersebut, tentunya harus dengan menggunakan surat kuasa pengambilan ijazah kuliah atau sekolah.

Anda bisa menggunakan salah satu dari berbagai macam contoh surat kuasa pengambilan ijazah yang tersedia. Jika tidak, maka pihak ketiga pun tentu tidak akan mau memberikan ijazah anda kepada orang lain secara sembarangan. Pastikan juga jika orang yang anda berikan wewenang memang bisa dipercayai dan tidak akan menyalahgunakan kuasa yang anda berikan.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah

Menulis atau tata cara membuat surat kuasa pengambilan ijazah sebenarnya tidaklah terlalu berbeda dengan beberapa contoh surat kuasa lainnya. Namun pastikan juga jika surat kuasa yang anda gunakan sudah menggunakan materai, baru kemudian ditanda tangani. Materai dalam surat kuasa berguna sebagai alat pengesahan dan meyakinkan pihak ketiga atau pihak yang akan dimintai ijazah.

Jika anda memang masih kurang mengerti bagaimana tata cara penulisan surat kuasa pengambilan ijazah, maka tidak ada salahnya untuk mencari bahan terlebih dahulu sebagai modal contoh. Di bawah ini adalah beberapa contoh surat kuasa pengambilan ijazah yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah di Tempat Kerja

Ada beberapa orang yang mungkin harus menjaminkan ijazah mereka di tempat kerja untuk bisa diterima bekerja disana. Namun setelah keluar kerja, ijazah tersebut pada umumnya tidak langsung diberikan dan harus menunggu waktu lagi. Jika anda sudah memiliki pekerjaan lain atau sedang sibuk, maka anda bisa memberikan wewenang kepada orang yang bisa anda percayai untuk mengambil ijazah di tempat kerja tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa pengambilan ijazah di tempat kerja ini.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 1990
No. KTP:897459683789236
Alamat:Jl. Pertempuran No. 123, Medan

Dengan ini memberikan kuasa penuh kepada :

Nama:Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir:Medan/30 September 1991
No. KTP:87635763526532
Alamat:Jl. Pertempuran No. 123, Medan
Status:Istri Pemberi Kuasa

Untuk mengambil Ijazah SMA di Mega Finance Medan, dengan atas nama pemberi kuasa tersebut diatas. Adapun pemberian wewenang ini disebabkan oleh kesibukan saya karena sudah memiliki pekerjaan lain.

Segala akibat dan hal – hal yang ditimbulkan dari pelimpahan wewenang ini menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya sebagai pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 30 Maret 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Intan Permatasari.

2. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah Asli

Ketika anda tamat sekolah, maka biasanya akan diberikan SKHUN atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional yang menyatakan bahwa anda sudah lulus, namun ijazah asli akan menyusul beberapa bulan kemudian. Ketika ijazah asli sudah keluar, namun anda sudah memiliki kesibukan lain dan tidak bisa mengambilnya sendiri, maka anda pun bisa memberikan wewenang kepada orang lain, sekaligus untuk menandatangani surat – surat yang berkaitan dengan pengambilan ijazah tersebut. Di bawah ini adalah contoh surat kuasa pengambilan ijazah asli yang bisa anda pergunakan.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
NO. KTP:3258975328963287
Pekerjaan:Mahasiswa
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini memberikan kuasa penuh kepada :

Nama:Dewi Cahaya
NIK:8975986478623
Pekerjaan:Pegawai Negeri Sipil
Alamat:Jl. Sisingamangaraja No. 123, Tarutung

Untuk mengambil Ijazah Asli atas nama pemberi kuasa tersebut diatas dan Surat Keterangan Lulus di SMA Negeri 1 Tarutung, sekaligus menandatangani surat – surat dan dokumen yang berkaitan dengan pengambilan ijazah. Adapun pelimpahan wewenang ini dikarenakan saya sedang sibuk memasuki kuliah awal di Medan.

Apabila di kemudian hari terdapat kesalahan dan sejenisnya yang menyebabkan kerugian untuk saya, maka hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya sebagai pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenarnya dalam keadaan sehat, serta tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 30 Agustus 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Intan Permatasari.Dewi Cahaya.

3. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah Kuliah

Menyelesaikan pendidikan kuliah tentu menjadi kebahagiaan bagi semua orang. Namun tentu saja anda tidak bisa langsung menerima ijazah begitu diwisuda. Setidaknya anda harus menunggu dalam beberapa waktu ke depan, baru kemudian bisa mengambil ijazah di kampus. Jika anda berhalangan atau sudah sibuk bekerja, maka bisa memberikan wewenang kepada orang lain untuk mengambil ijazah kuliah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa menggunakan contoh surat kuasa pengambilan ijazah kuliah di bawah ini.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:873473468634643
NIM:43687
Alamat:Jl. Teratai No. 123, Medan

Dengan ini memberikan kuasa penuh untuk mengambil Ijazah Asli atas nama dan NIM tersebut diatas di Fakultas MIPA, Universitas Sumatera Utara, serta untuk menandatangani segala surat – surat dan dokumen yang berhubungan dengan pengambilan ijazah, kepada adik saya :

Nama:Anton Syahputra
NIK:8754343587546
Pekerjaan:Mahasiswa
Alamat:Jl. Teratai No. 123, Medan

Adapun pelimpahan wewenang ini dikarenakan saya sudah mendapatkan pekerjaan dan dan sibuk setiap harinya karena masih merupakan pegawai baru. Segala akibat dan hal – hal yang ditimbulkan dari pemberian wewenang ini menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya sebagai pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan kesadaran penuh, dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, serta tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 30 Maret 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Muhammad Ilham.Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah di Perusahaan

Ketika bekerja secara kontrak di suatu perusahaan, mungkin saja anda dimintai ijazah sebagai jaminan. Dan ketika anda selesai kontrak, maka otomatis ijazah tersebut harus dikembalikan juga, walaupun mungkin tidak langsung pada saat itu juga. Jika anda berhalangan untuk mengambilnya, maka bisa meminta orang lain untuk mengambilnya. Anda pun bisa menggunakan contoh surat kuasa pengambilan ijazah di perusahaan ini.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
NIK:87325856238732
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Dengan ini memberikan kuasa penuh kepada :

Nama:Intan Permatasari
NIK:8735854875389
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Untuk mengambil Ijasah S1 (Sarjana) di PT. Maju Jaya Sejahtera atas nama Dewi Cahaya sebagai pemberi kuasa tersebut diatas. Segala akibat dan hal – hal yang ditimbulkan dari pelimpahan wewenang ini menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya sebagai pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenarnya dalam keadaan sadar dan tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 30 Maret 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Dewi Cahaya.Intan Permatasari.

5. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah SMP/SMA/SMK

Jika anda baru saja tamat SMP, SMA, ataupun SMK, maka tentu tidak akabisa langsung menerima ijazah, melainkan harus menunggu untuk beberapa bulan. Ketika ijazah keluar dan bisa diambil namun anda tidak memiliki kesempatan, maka bisa membuatkan contoh surat kuasa untuk pengambilan ijazah, tentunya dengan mengguanakan materai. Di bawah ini adalah contoh surat kuasa pengambilan ijazah SMP/SMA/SMK yang bisa anda pergunakan.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:87345863496398
Asal Sekolah:SMA Negeri 123 Medan
Alamat:Jl. Pertempuran No. 123, Medan

Dengan ini memberikan kuasa penuh untuk mengambil Ijazah SMA Asli atas nama tersebut diatas di SMA Negeri 1 Medan, serta menandangani semua surat – surat dan dokumen yang berhubungan dengan pengambilan ijazah, kepada kakak saya :

Nama:Intan Permatasari
NIK:8745765769539532
Pekerjaan:Pegawai Negeri Sipil
Alamat:Jl. Pertempuran No. 123, Medan

Adapun pelimpahan wewenang ini dikarekan saya sedang sibuk mengikuti kegiatan Masa Orientasi Mahasiswa Baru di Universitas Sumatera Utara dan tidak memiliki kesempatan untuk mengambil ijazah.

Apabila di kemudian hari terdapat kerugian yang diakibatkan dari pelimpahan wewenang ini, maka sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya sebagai pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenarnya dan dalam keadaan sadar, tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun juga, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 30 Agustus 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Muhammad Ilham.Intan Permatasari.

6. Surat Kuasa Untuk Pengambilan Ijazah/Sertifikat Pelaut

Sertifikat atau ijazah di bidang tertentu adalah mahal harganya, seperti ijazah atau sertifikat pelaut. Dan ketika anda tidak bisa mengambil sendiri ijazah pelaut anda, maka tidak ada salahnya untuk memberikan wewenang kepada orang lain dalam mengambil sertifikat tersebut. Di bawah ini adalah contoh surat kuasa pengambilan ijazah pelaut yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:83597598358
Alamat:Jl. Mataram No. 123, Jakarta

Adalah pemilik sertifikat STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran) Jakarta bernomor : 123/STIP/JKT/2019

Dengan ini memberikan kuasa penuh kepada :

Nama:Dewi Cahaya
NIK:87549346738632
Pekerjaan:Guru
Alamat:Jl. Majapahit No. 123, Jakarta

Untuk mengambil sertifikat dengan nomor tersebut diatas di STIP Jakarta atas nama Anton Syahputra sebagai pemberi kuasa. Segala akibat dan kerugian yang mungkin ditimbulkan dari pelimpahan wewenang ini menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya sebagai pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenar – benarnya dan dalam kesadaran penuh, serta tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 30 Maret 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Dewi Cahaya.

7. Format Surat Kuasa Untuk Pengambilan Ijazah

Ijazah apapun yang akan diambil atau dimanapun ijazah tersebut, namun pada umumnya penggunaan surat kuasa pengambilan ijazah tidak jauh berbeda. Dan karena itu, di bawah ini kami akan memberikan satu buah format contoh surat kuasa pengambilan ijazah yang bisa anda isi sesuai dengan data sendiri untuk bisa dipergunakan.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:
Tempat/Tgl Lahir:
NIK:
Pekerjaan:
Alamat:

Dengan ini memberikan kuasa penuh kepada :

Nama:
Tempat/Tgl Lahir:
NIK:
Pekerjaan:
Alamat:

Untuk mengambil Ijazah . . . . . . . . di . . . . . . . . . . . . . . atas nama . . . . . . . . . . . sebagai pemberi kuasa tersebut diatas. Adapun pelimpahan wewenang ini dikarenakan saya sedang . . . . . . . . . . . . dan tidak memiliki kesempatan untuk mengambil ijazah dimaksud.

Segala akibat dan hal – hal yang ditimbulkan dari pelimpahan wewenang ini menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya sebagai pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenarnya dan dengan kesadaran penuh, serta tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

(Nama Kota dan Tanggal)

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
(Materai dan Tanda Tandan)
(Nama Pemberi Kuasa).(Nama Penerima Kuasa).

Penutup

Berbagai jenis surat kuasa untuk pengambilan ijazah memang munkgin tidak terlalu sering untuk dipergunakan. Namun jika anda sedang berhalangan mengambil ijazah sendiri, maka tidak ada salahnya untuk memberikna wewenang kepada orang lain, agar ijazah tersebut bisa segera diambil dan sampai ke tangan anda sendiri. Itulah tadi beberapa contoh surat kuasa pengambilan ijazah yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.