16 Contoh Surat Kuasa Pengambilan Paspor yang Baik

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Paspor – Paspor merupakan salah satu dokumen pribadi yang sangat penting dan harus ada ketika anda ingin bepergian ke luar negeri. Paspor ini bisa diurus di Kantor Imigrasi yang bersangkutan. Pada saat pengurusan paspor, maka biasanya akan membutuhkan waktu beberapa hari agar bisa diterbitkan. Nah, jika anda tidak bisa mengambilnya sendiri, maka bisa memberikan wewenang pengambilan paspor kepada orang lain.

Jika anda menyuruh orang lain untuk mengambil paspor, maka tentu ada syarat pengambilan paspor yang harus anda penuhi. Orang yang mewakili pengambilan paspor tersebut bisa membawa surat kuasa yang sudah anda tanda tangani, dan pihak imigrasi akan bisa memproses permintaan pengambilan paspor anda. Jadi bukan hal yang susah mengenai cara mengambil paspor diwakilkan kepada orang lain.

Agar surat kuasa yang anda gunakan mempunyai kekuatan hukum yang sah, maka anda juga harus menggunakan materai sebelum ditanda tangani. Jika tidak, maka pihak Kantor Imigrasi mungkin tidak akan memenuhi permintaan anda untuk memberikan paspor dimaksud. Pastikan juga jika anda hanya memberikan wewenang atau kuasa kepada orang yang benar – benar bisa anda percayai.

Berbagai jenis dan contoh surat kuasa bisa anda pergunakan sebagai syarat pengambilan paspor yang diwakilkan. Namun pada umumnya semua itu sama saja dan tidak memiliki perbedaan berarti. Nomor paspor adalah hal yang sangat penting untuk anda cantumkan dalam surat kuasa pengambilan paspor tersebut, agar mempermudah pihak Kantor Imigrasi memproses dan memberikan paspor yang anda minta.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Paspor

Jika anda sudah pernah setidaknya satu kali saja menulis surat kuasa, maka tidak perlu bingung atau khawatir lagi mengenai cara penulisan surat kuasa pengambilan paspor. Bisa dikatakan jika struktur penulisan surat kuasa pengambilan paspor tidak memiliki perbedaan dengan beberapa jenis atau contoh surat kuasa lainnya.

Namun jika anda masih baru pertama kali menggunakan atau ingin menulis surat kuasa pengambilan paspor, maka tidak ada salahnya untuk mencari bahan pembanding terlebih dahulu. Ada baiknya agar anda menulis surat kuasa dengan sebaik muungkin dan mudah dimengerti oleh pihak Kantor Imigrasi. Di bawah ini adalah beberapa contoh surat kuasa pengambilan paspor yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Paspor di Kantor Imigrasi

Paspor sebagai dokumen penting untuk bepergian keluar negeri memang diurus di Kantor Imigrasi. Namun saat diurus, paspor tidak akan bisa langsung terbit pada hari itu juga dan harus menunggu selama beberapa hari. Jika anda tidak memiliki waktu untuk mengambilnya di Kantor Imigrasi, maka bisa memberikan wewenang kepada orang lain untuk mengambilnya, tentunya dengan memenuhi syarat pengambilan paspor. Di bawah ini adalah contoh surat kuasa pengambilan paspor di Kantor Imigrasi yang bisa anda pergunakan.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 1990
No. KTP:87358359853278
Pekerjaan:Wirausaha
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini memberikan kuasa penuh kepada :

Nama:Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir:Medan/25 Mei 1991
No. KTP:8745954753986
Pekerjaan:Pegawai Negeri Sipil
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Untuk mengambil Paspor dengan Nomor Paspor 121357235 atas nama Anton Syahputra yang pengurusannya sudah selesai dan menandatangani surat – surat dan semua dokumen yang berkaitan dengan pengambilan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Medan, yang bertempat di Jl. Gatot Subroto No. 123, Medan.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 30 Maret 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Intan Permatasari.

2. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Paspor Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan surat kuasa bahasa Inggris sebagai syarat dalam mewakili pengambilan paspor mungkin memang jarang dipergunakan. Namun bisa saja anda mendapatkan tugas untuk menulis surat kuasa seperti ini dari sekolah atau kampus. Nah, di bawah ini adalah contoh surat kuasa pengambilan paspor dalam bahasa Inggris yang bisa anda jadikan bahan referensi untuk belajar.

LETTER OF ATTORNEY

I signed below :

Name:Muhammad Ilham
Date of Birth:Medan/Juni 25, 1990
ID Card Number:87378537532352
Addres:Jl. Amalium No. 123, Medan

hereby gives full power to :

Name:Dewi Cahaya
Date of Birth:Medan/May 30, 1991
ID Card Number:874356347365732
Addres:Jl. Amal No. 123, Medan

Special to take passport with passport number 87358753785 at Class I Immigration Office Medan, Jl. Gatot Subroto No. 123, Medan. Granting this authority because I’m busy and don’t have time to come to the Office of Immigration.

Any result and it caused from granting this power to become my responsibility as a giver of power completely.

This power of Attorney so I do with real, conscious and in good health, as well as the absence of an element of coercion from anyone, to be used as appropriate.

Medan, March 30, 2019

Giver of Power,Receiver Power,
Muhammad Ilham.Dewi Cahaya.

3. Fomat Surat Kuasa Pengambilan Paspor

Apapun jenis paspor yang akan diambil, baik paspor liburan ataupun seperti paspor umroh, namun surat kuasa yang dipergunakan tidaklah berbeda. Anda bisa menggunakan surat kuasa pengambilan paspor tanpa harus banyak memikirkan perbedaan diantaranya. Dan untuk mempermudah anda, di bawah ini adalah format contoh surat kuasa pengambilan paspor yang bisa anda isi dengan data sendiri sebagai salah satu syarat atau cara mengambil paspor diwakilkan.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:
Tempat/Tgl Lahir:
NIK:
Alamat:

Dengan ini memberikan kuasa penuh kepada :

Nama:
Tempat/Tgl Lahir:
NIK:
Alamat:

Untuk mengambil Paspor dengan nomor Paspor . . . . . . . . . . . . . . atas nama . . . . . . . . . . . . . . . . , serta menandatangani semua dokumen yang berkaitan dengan pengambilan paspor di Kantor Imigrasi . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Segala akibat dan hal – hal yang diakibatkan oleh pelimpahan wewenang ini menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya sebagai pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenar – benarnya, dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, serta tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

(Nama Kota dan Tanggal)

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
(Materai dan Tanda Tangan)
(Nama Pemberi Kuasa).(Nama Penerima Kuasa).

Penutup

Dikarenakan kesibukan ataupun halangan lain, anda mungkin tidak akan sempat untuk mengambil sendiri paspor ke Kantor Imigrasi. Dan disinilah anda bisa menggunakan surat kuasa pengambilan paspor sebagai syarat dalam mewakili pengambilan paspor oleh orang lain. Itulah tadi beberapa contoh surat kuasa pengambilan paspor yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.