16 Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang di Bank/Lainnya

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang – Surat kuasa merupakan surat yang digunakan untuk memberikan limpahan wewenang/kuasa dari pemberi kuasa kepada penerima kuasa. Dalam hal ini, maka penerima kuasa akan bertindak ataupun melakukan sesuatu hal atas nama dan dari pemberi kuasa. Dan salah satunya yang sering dipergunakan adalah surat kuasa pengambilan uang.

Sebagaimana surat kuasa pada umumnya, harus menggunakan materai sebagai bukti pengesahan dari isi surat kuasa tersebut. Dan untuk surat kuasa pengambilan uang, sebaiknya menggunakan materai 6000, terutama jika jumlah uang yang akan diambil terbilang besar. Ada banyak surat kuasa yang dipergunakan, seperti contoh surat kuasa pengambilan uang di bank BRI, di bank BNI, di bank Mandiri, ataupun bank – bank lainnya.

Bukan hanya untuk mengambil uang di bank, surat kuasa pengambilan uang ini juga bisa dipergunakan untuk mengambil uang pensiun, uang gaji, uang pinjaman, uang thr, uang jamsostek, dan beberapa jenis lainnya. Selain di bank dan beberapa jenis tadi, penggunaan surat kuasa pengambilan uang juga dipergunakan ketika akan mengambil uang di kantor pos.

Pengiriman uang sekarang ini sudah sangat mudah, salah satunya menggunakan western union. Dan jika anda mendapatkan kiriman uang dari luar negeri menggunakan western union, maka anda bisa mengambilnya di kantor pos. Jika berhalangan, maka harus menggunakan surat kuasa tadi. Jika tidak, maka uang tersebut tidak bisa diambil dan anda harus menunggu sampai anda benar – benar memiliki waktu atau kesempatan untuk mengambilnya sendiri.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang

Menulis surat kuasa pengambilan uang bukanlah hal yang terlalu susah. Anda bisa memberikan surat kuasa kepada siapa saja, asalkan sudah memenuhi persyaratan seperti usia yang harus diatas 17 tahun. Namun yang perlu anda perhatikan adalah anda harus bisa mempercayai orang yang anda berikan kuasa. Karena jika terjadi kerugian karena penyalahgunaan wewenang, akan menjadi tanggung jawab anda dan tidak bisa menuntut pihak ketiga, kecuali menuntut pihak penerima kuasa.

Jadi bagi anda yang ingin memberikan kuasa pengambilan uang kepada orang lain, pastikan terlebih dahulu jika orang tersebut tidak akan menyalahgunakan wewenang yang anda berikan. Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh surat kuasa pengambilan uang yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang di Bank

Salah satu yang paling sering digunakan dalam urusan kuasa pengambilan uang tentu adalah pengambilan uang di bank, baik itu di bank BRI, bank BNI, bank Mandiri, maupun bank lainnya. Pada umumnya, penggunaan atau penulisan surat kuasa pengambilan uang di setiap bank tidaklah berbeda dan anda hanya perlu mengganti nama bank-nya saja. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa pengambilan uang di bank BRI di bawah ini.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
No. KTP:987644536477
Pekerjaan:Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini memberikan kuasa kepada :

Nama:Intan Permatasari
No. KTP:87656345848854
Pekerjaan:Karyawan PT. Maju Jaya Sejahtera
Alamat:Jl. Pertempuran No. 123, Medan

Untuk melakukan penarikan uang tunai di Bank BRI Cabang Iskandar Muda, Medan dari nomor rekening 3253-6236-2362-63-3 atas nama Anton Syahputra sejumlah Rp. 45.000.000,- (empat puluh lima juta rupiah). Adapun pelimpahan wewenang ini dikarenakan saya sedang sakit dan tidak bisa datang langsung ke Bank.

Segala akibat dan hal – hal yang ditimbulkan dari pelimpahan wewenang ini menjadi kewajiban dan tanggung jawab saya sebagai pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 30 Maret 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Intan Permatasari.

2. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang Pinjaman di Bank

Sekarang ini ada banyak program pinjaman dari Bank untuk keperluan modal usaha ataupun untuk keperluan lainnya. Namun ketika anda mengurus pinjaman tersebut, tentu pinjaman tidak akan bisa cair pada saat itu juga. Dan ketika pinjaman anda sudah bisa dicairkan namun anda sendiri tidak bisa mengambilnya ke bank, maka anda bisa memberikan wewenang kepada orang lain untuk mengambil uang pinjaman tersebut. Di bawah ini adalah contoh surat kuasa pengambilan uang pinjaman di bank BRI yang bisa anda pergunakan.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:89765464523844
Pekerjaan:Wiraswasta
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Dengan ini memberikan kuasa kepada :

Nama:Dewi Cahaya
NIK:875463463653356
Pekerjaan:Wiraswasta
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan
Hubungan Keluarga:Istri Pemberi Kuasa

Untuk melakukan segala prosedur dan menjalani segala transaksi pengambilan uang pinjaman di Bank BRI Cabang Iskandar Muda Medan, serta menandatangani semua dokumen yang diperlukan atas nama Muhammad Ilham selaku Peminjam Uang demi keperluan modal usaha. Adapun alasan pelimpahan wewenang ini dikarenakan saya selaku pemberi kuasa sedang sakit dan tidak bisa datang ke Bank.

Semua hal – hal yang ditimbulkan dari pelimpahan wewenang ini menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya sebagai pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenarnya dan dalam keadaan sadar, serta tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun.

Medan, 30 Maret 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Muhammad Ilham.Dewi Cahaya.

3. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang Pensiun

Untuk anda yang berprofesi sebagai pensiunan PNS, maka biasanya akan mendapatkan uang atau gaji pensiun di hari tua. Dan pada umumnya uang pensiun tersebut akan diambil sendiri ke Bank yang ditunjuk oleh pemerintah daerah setempat setiap bulannya. Namun jika anda tidak bisa mengambil sendiri dikarenakan berhalangan, maka anda bisa memberikan wewenang kepada orang lain untuk mengambil gaji pensiun tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa menggunakan contoh surat kuasa pengambilan uang pensiun di bawah ini.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:8675645253636
Pekerjaan:Pensiunan PNS
Alamat:Jl. Pertempuran No. 123, Medan

Dengan ini memberikan kuasa penuh untuk mengambil Gaji Pensiun PNS Periode Bulan Maret 2019 di Bank Sumut Medan dikarenakan saya sedang dalam keadaan sakit kepada anak saya :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:87654345278764
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Alamat:Jl. Pertempuran No. 123, Medan

Segala resiko ataupun kerugian yang diakibatkan oleh pelimpahan wewenang ini menjadi tanggung jawab saya sebagai pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenar – benarnya dalam keadaan sadar dan tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 30 Maret 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

4. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang Gaji

Saat ini mayoritas perusahaan memang memberikan gaji para karyawannya melalui cara transfer. Namun masih ada juga sebagian perusahaan yang memberikan gaji dengan cara tunai ataupun cash. Jika anda berhalangan mengambil gaji di kantor atau perusahaan, maka bisa memberikan wewenang kepada teman kerja untuk mengambilkan gaji anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa pengambilan uang gaji di bawah ini.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
NIK:89675636536
Jabatan:Staff Penjualan
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123, Medan

Dengan ini memberikan kuasa penuh kepada :

Nama:Dewi Cahaya
NIK:78563576736476
Jabatan:Staff Administrasi
Alamat:Jl. Pertempuran No. 123, Medan

Untuk mengambil gaji Periode Bulan Maret 2019 di PT. Maju Jaya Sejahtera atas nama Intan Permatasari selaku pemberi wewenang dikarenakan saya sedang sakit dan tidak bisa hadir di kantor pada saat penerimaan gaji bulanan.

Semua akibat dan hal – hal yang ditimbulkan oleh pemberian wewenang ini menjadi tanggung jawab saya sebagai pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenarnya dan dalam keadaan sadar, serta tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun.

Medan, 30 Maret 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Intan Permatasari.Dewi Cahaya.

5. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang Jamsostek/BPJS

Ketika akan melakukan penarikan dana BPJS atau uang BPJS Ketenagakerjaan, maka anda harus melengkapi berbagai dokumen terlebih dahulu. Namun jika anda berhalangan untuk mencairkannya secara langsung, maka bisa memberikan wewenang kepada orang lain. Kendati demikian, dokumen yang diperlukan juga harus lengkap, dan ditambah dengan adanya surat kuasa dari anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa pengambilan uang jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan di bawah ini.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
NIK:897356759532
No. Kartu BPJS:67674
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini memberikan kuasa penuh untuk mencairkan dana Jamsostek di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Tanjung Morawa, Medan atas nama keanggotaan/kepesertaan pemberi kuasa diatas kepada :

Nama:Anton Syahputra
NIK:76565337375
Pekerjaan:Pegawai Negeri Sipil
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan
Hubungan Keluarga:Suami

Segala akibat dan hal – hal yang ditimbulkan dari pelimpahan wewenang ini menjadi tanggunj jawab saya sepenuhnya sebagai pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 30 Maret 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Dewi Cahaya.Anton Syahputra.

6. Format Surat Kuasa Pengambilan Uang di Bank

Surat kuasa pengambilan uang di bank memang salah satu yang paling sering digunakan. Jika anda berhalangan ke bank, maka uang dimaksud tidak akan bisa dicairkan ataupun diambil, kecuali anda memberikan wewenang kepada orang lain dengan menggunakan surat kuasa yang disertai materai. Di bawah ini adalah format contoh surat kuasa pengambilan uang di bank yang bisa anda pergunakan.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:
No. KTP:
Pekerjaan:
Alamat:

Dengan ini memberikan kuasa penuh untuk melakukan penarikan uang tunai sejumlah Rp. . . . . . . . . . . . . ,- (nominal dalam huruf) di Bank . . . . . . . . . . . . . . dari rekening bernomor . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . atas nama . . . . . . . . . . . . . . . . kepada :

Nama:
No. KTP:
Pekerjaan:
Alamat:

Segala akibat dan hal – hal yang ditimbulkan dari pelimpahan wewenang ini menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya sebagai pemberi kuasa dan tidak akan menuntut pihak Bank . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . di kemudian hari.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenar – benarnya dalam keadaan sadar, dan tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun.

(Nama Kota dan Tanggal)

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Materai dan tanda tangan.
(Nama Pemberi Kuasa).(Nama Penerima Kuasa).

Penutup

Penggunaan surat kuasa pengambilan uang memang sangat diperlukan dalam kondisi tertentu, terutama dalam pengambilan uang di bank. Baik itu Bank BRI, di Bank BNI, di Bank Mandiri, ataupun di Bank lainnya. Selain itu, surat ini juga bisa dipergunakan untuk mengambil uang gaji, uang pensiun, uang jamsostek dan lainnya. Itulah tadi beberapa contoh surat kuasa pengambilan uang yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.