16 Contoh Surat Kuasa Tanah Untuk Jual Beli dan Lainnya

Contoh Surat Kuasa Tanah – Penggunaan berbagai jenis surat kuasa masih seringkali kita temukan hingga saat ini. Mengenai pembahasan dan pengertian surat kuasa sudah pernah kami sampaikan sebelumnya di pos terdahulu. Salah satu jenis surat kuasa yang sering digunakan adalah surat kuasa tanah, yang sering dipergunakan untuk jual beli atau penjualan tanah dan berbagai keperluan lainnya.

Sebagaimana kita ketahui bersama, menjual tanah bukanlah hal yang singkat dan mudah. Maka tidak heran jika ada banyak orang memberikan kuasa kepada orang lain untuk menjual tanah miliknya. Selain itu, banyak juga orang yang menggunakan surat kuasa tanah warisan untuk anak – anaknya, sehingga nantinya anaknya bisa memiliki tanah tersebut secara hukum dan sesuai dengan perundang – undangan yang berlaku.

Pada umumnya, surat kuasa tanah tidak jauh berbeda dengan surat kuasa lainnya, dimana terdapat pemberi kuasa dan penerima kuasa, serta wewenang yang diberikan kepada penerima kuasa. Dengan anda memberikan kuasa kepada orang lain, maka orang tersebut akan bertindak atas nama anda sendiri. Jadi, sebaiknya anda hanya memberikan kuasa kepada orang yang benar – benar bisa anda percaya saja, agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Jika anda memberikan kuasa kepada orang yang salah, maka bukan tidak mungkin orang tersebut akan membuat masalah dan anda harus ikut serta bertanggung jawab atas hal tersebut. Lantas, kenapa harus menggunakan surat kuasa?. Ya, mungkin saja anda memiliki kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan, ataupun tidak memiliki wawasan yang cukup pada bidang penjualan atau jual beli tanah.

Contoh Surat Kuasa

Jika anda ingin menggunakan surat kuasa tanah untuk keperluan penjualan tanah, maka anda pun bisa menggunakan format surat kuasa pada umumnya. Bisa dibilang jika surat kuasa tanah tidak memiliki perbedaan dengan surat kuasa pengambilan bpkb yang sudah pernah kita bahas sebelumnya. Hanya saja, objek yang dikuasakan berbeda, dari pengambilan kuasa menjadi penjualan tanah.

Anda pun tidak perlu khawatir karena ada banyak contoh surat yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi. Entah itu anda yang membutuhkan surat kuasa tanah karena ingin menjual tanah, ataupun untuk anda yang ingin membuat tugas sekolah atau tugas kampus mengenai surat kuasa tanah. Beberapa contoh surat kuasa tanah di bawah ini mungkin akan bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Kuasa Jual Beli Tanah

Ketika anda ingin menjual sebidang tanah, maka tidak perlu harus mengurusnya sendiri. JIka anda sudah mendapatkan pembeli, maka anda bisa memberikan kuasa kepada orang lain untuk mengurus jual beli tersebut. Nantinya, orang tersebutlah yang akan bertindak sebagai anda, termasuk untuk menanda tangani surat perjanjian jual beli tanah tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat surat kuasa jual tanah di bawah ini.

SURAT KUASA JUAL BELI TANAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:2352636236
Pekerjaan:Wiraswasta
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

sebagai Pemberi Kuasa, dengan ini memberikan kuasa penuh kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:235236746
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

yang selanjutnya disebut sebagai Penerima Kuasa,

UNTUK :

  1. Mewakili dan bertindak untuk dan atas nama Pemberi Kuasa dalam mengurus perjanjian jual beli atas sebidang tanah seluas 200m2 yang terletak di Jl. Pangeran Diponegoro No. 123, Medan, SHM Tanah bernomor 12345678, atas nama Anton Syahputra, dengan pembeli Ibu Intan Permatasari.
  2. Memberikan SHM tersebut diatas kepada pembeli, Ibu Intan Permatasari dan bukti kepemilikan tanah atas nama Pemberi Kuasa.
  3. Menerima pembayaran dari Pembeli sesuai dengan harga yang sudah disepakati antara Pemberi Kuasa dengan pembeli.
  4. Meneyerahkan kuitansi atas pembayaran tanah yang sudah diterima kepada Pembeli.
  5. Membela kepentingan dari pihak Pemberi Kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya. Segala hal atau akibat yang ditimbulkan dari pemberian kuasa ini menjadi tanggung jawab saya sebagai Pemberi Kuasa.

Medan, 08 November 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

2. Contoh Surat Kuasa Penjualan Tanah

Berbeda dengan surat kuasa jual beli tanah, dimana anda menyerahkan kuasa hanya untuk mengurus jual beli tanah tersebut setelah mendapatkan pembeli. Disini anda tidak perlu ikut campur dan menyerahkan semua proses penjualan kepada penerima kuasa, termasuk untuk mencari pembeli. Untuk lebih jelasnya, maka anda bisa melihat contoh surat kuasa menjual tanah di bawah ini.

SURAT KUASA PENJUALAN TANAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
NIK:2362346643
Pekerjaan:Pegawai Negeri Sipil
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa, dengan ini memberikan kuasa kepada :

Nama:Dewi Cahaya
NIK:3262457457
Pekerjaan:Wiraswasta
Alamat:Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan

yang selanjutnya bertindak sebagai Penerima Kuasa.

UNTUK :

  1. Mewakili dan bertindak atas nama Pemberi Kuasa, Anton Syahputra.
  2. Mencari pembeli atas sebidang tanah kosong seluas 250 m2 yang terletak di Jl. Gitar No. 123, Medan, dengan Sertifikat Hak Milik Tanah bernomor 12345678, atas nama Intan Permatasari.
  3. Menjual tanah tersebut di atas kepada calon pembeli yang ditemukan dengan menegosiasikan harga terlebih dahulu kepada Pemberi Kuasa.
  4. Menerima segala pembayaran dari pembeli atas penjualan tanah tersebut di atas.
  5. Menyerahkan kuitansi kepada pembeli atas pembayaran yang diterima.
  6. Menyerahkan segala dokumen kepemilikan tanah tersebut di atas, atas nama Intan Permatasari.
  7. Membela kepentingan Pemberi Kuasa.

Jika tanah tersebut terjual oleh penerima kuasa, maka saya selaku Pemberi Kuasa akan memberikan upah jasa sebesar 5% dari total penjualan tanah yang didapatkan. Segala hal dan akibat dari pemberian kuasa ini menjadi tanggung jawab saya selaku Pemberi Kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun, untuk selanjutnya bisa dipergunakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Medan, 08 November 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Intan Permatasari.Dewi Cahaya.

3. Contoh Surat Kuasa Sertifikat Tanah

Seringkali seorang pemilik tanah tidak memiliki waktu cukup untuk mengurus tanah mereka, terlebih orang yang merantau dan mendapat tanah warisan dari orang tua. Nah, maka dari itu, anda pun bisa memberikan kuasa kepada orang lain untuk mengurus tanah tersebut, sekalian memberikan sertifikat tanah kepadanya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa sertifikat tanah di bawah ini.

SURAT KUASA TANAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:349878754
Alamat:Jl. Jend. Sudirman No. 123, Jakarta

dengan ini memberikan kuasa kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:389589798
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

untuk mengurus dan mengelola tanah kebun seluas 345ha yang terletak di Desa Simalingkar, Kecamatan Pancurbatu, Medan, dengan SHM bernomor 1234567, atas nama Anton Syahputra.

Penerima kuasa berhak untuk mengelola, mengerjakan, memegang dan menyimpan sertifikat tanah, serta mendapatkan hasil panen dari tanah kebun tersebut, namun tidak berhak untuk menjual tanah tersebut diatas. Apabila penerima kuasa melanggar hal tersebut, maka saya berhak memproses dan menuntut sesuai dengan hukum dan perundang – undagang yang berlaku.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Segala sebab akibat dari pemberian kuasa ini menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya sebagai pemberi kuasa.

Medan, 08 November 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

4. Contoh Surat Kuasa Tanah Warisan

Sebagai orang tua, tentu akan memberikan harta warisan kepada anak – anaknya termasuk tanah warisan. Namun seringkali tanah tersebut tidak dipindah namakan terlebih dahulu, namun ingin langsung dijual oleh sang anak atau ahli waris. Maka dari itu, sang anak atau ahli waris harus meminta surat kuasa dari orang tuanya sebagai pemilik sah tanah tersebut sesuai dengan hukum yang berlaku.

SURAT KUASA TANAH WARISAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:23643762376
Pekerjaan:Pensiun TNI
Alamat:Jl. Tritura No. 123, Medan

selaku orang tua dan pemilik tanah yang sah, dengan ini memberikan kuasa kepada :

Nama:Intan Permatasari
NIK:236437754
Pekerjaan:Pegawai Negeri Sipil
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

merupakan anak dari pemberi kuasa dan ahli waris, yang selanjutnya disebut sebagai Penerima Kuasa.

Penerima Kuasa yang merupakan ahli waris dari Pemberi Kuasa atas sebidang tanah seluas 100ha yang terletak di Jl. Hasyim No. 123, Medan, atas nama Anton Syahputra, dengan nomor Sertifikat Hak Milik Tanah 12345678, berhak untuk menjual tanah tersebut di atas.

Penerima Kuasa sekaligus sebagai ahli waris juga diberikan kuasa untuk menghadap kepada pejabat/instansi berwenang dan notaris PPAT untuk menanda tangani Akta Jual Beli dan surat perjanjian jual beli atas tanah tersebut diatas, menerima uang pembayaran dari penjualan tanah.

Demikian surat kuasa ini kami perbuat dengan sebenarnya untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya. Segala hal dan akibat dari pemberian kuasa ini menjadi tanggung jawab dari Pemberi Kuasa.

Medan, 08 November 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Intan Permatasari.

5. Contoh Surat Kuasa Pengurusan Tanah

Dikarenakan kesibukan ataupun pekerjaan lain, anda mungkin saja tidak memiliki waktu untuk mengurus tanah, terlebih untuk tanah kebun yang mungkin agak jauh dari tempat tinggal anda. Nah, agar tanah tersebut tidak terbengkalai, maka anda pun bisa memberikan kuasa kepada orang lain untuk mengurusnya. Di bawah ini contoh surat kuasa pengurusan tanah yang bisa anda pergunakan.

SURAT KUASA PENGURUSAN TANAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
NIK:90832975345
Pekerjaan:Pegawai Negeri Sipil
Alamat:Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan

Selanjutnya disebut dengan Pemberi Kuasa, dengan ini memberikan kuasa kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:8976863248
Pekerjaan:Petani
Alamat:Jl. Mekarsari No. 123, Medan

yang adalah sebagai Penerima Kuasa,

UNTUK :

  1. Mengelola dan mengurus tanah kebun karet seluas 450ha yang terletak di Desa Mekarsari, Kecamatan Simalingkar, Deli Serdang, dengan sertifikat tanah bernomor 12345678, atas nama Dewi Cahaya.
  2. Memanen karet dari tanah kebun tersebut di atas.
  3. Menjual dan memiliki sepenuhnya hasil penjualan dari kebun karet tersebut.
  4. Penerima Kuasa tidak diperkenankan untuk menjual tanah tersebut diatas, tanpa mengonfirmasikan terlebih dahulu kepada Pemberi Kuasa.

Demikian surat kuasa ini diperbuat dengan sebenarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 08 November 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Dewi Cahaya.Muhammad Ilham.

Penutup

Penggunaan surat kuasa tanah masih sering kita jumpai untuk berbagai hal dan keperluan. Salah satunya adalah untuk menjual tanah dimaksud, yang biasanya menggunakan surat jual beli. Dan surat jual beli tersebut nantinya akan diurus serta di tanda tangani oleh penerima kuasa yang ditunjuk. Itulah tadi beberapa contoh surat kuasa tanah yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.