16 Contoh Surat Lamaran CPNS 2019 dan Formatnya

Contoh Surat Lamaran CPNS – Tidak lama lagi pendaftaran CPNS akan segera dibuka. Ada banyak formasi yang dibuka dan tentunya menjadi peluang besar bagi anda yang ingin melamar kerja sebagai CPNS. Pendaftaran CPNS juga tidak terlalu susah, karena bisa dilakukan secara online.

Alhasil, anda pun harus mempersiapkan semua dokumen administrasi yang dibutuhkan untuk kemudian di upload di portal pendaftaran CPNS 2019. Semua dokumen yang dibutuhkan harus lengkap, karena satu saja berkas tidak di upload maka peserta pendaftar CPNS akan langsung tereliminasi atau dianggap gagal. Anda juga mungkin saja harus mengirimkan contoh surat lamaran CPNS ke instansi yang anda lamar, tergantung ketentuan dari instansi tersebut.

Selanjutnya, jika anda dinyatakan lolos administrasi, maka tinggal menunggu ujian CPNS. Namun terlebih dahulu harus mencetak kartu pendaftaran dari portal SSCN yang menjadi portal website pendaftaran CPNS di seluruh Indonesia. Lokasi dari ujian CPNS akan disesuaikan dengan daerah instansi yang dilamar oleh masing – masing pendaftar.

Syarat dan Dokumen Pendaftaran CPNS

Jika anda memenuhi semua persyaratan dokumen, maka bukan hal mutlak untuk bisa langsung mendaftar dan mengikuti ujian CPNS di daerah yang dipilih. Namun anda pun harus memenuhi beberapa persyaratan yang sudah ditentukan terlebih dahulu, yang jumlahnya tidak sedikit. Jika anda mengirimkan contoh surat lamaran CPNS pada instansi tertentu, syarat ini juga harus terpenuhi.

Berikut beberapa persyaratan untuk anda yang ingin melamar CPNS 2019 ini :

  1. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun,
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih,
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri, atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta,
  4. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Polri,
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat dalam politik praktis,
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan yang dipilih,
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar,
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah,
  9. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Jika anda sudah memenuhi semua persyaratan tersebut diatas, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan dokumen administrasi yang dibutuhkan. Semua dokumen harus anda upload di portal pendaftaran dengan format Pdf, kecuali berkas foto dengan format JPEG atau JPG, dengan ukuran antara 120 – 200 KB. Dokumen tersebut juga anda butuhkan jika harus mengirimkan contoh surat lamaran CPNS ke instansi yang anda pilih.

Berikut adalah beberapa berkas administasi yang harus anda upload di portal SSCN ketika mendaftar CPNS.

  1. Pas Foto ( wajah harus terlihat dengan jelas, pakaian formal, latar belakang merah,
  2. Scan Kartu Keluarga
  3. Foto diri dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya,
  4. Scan Ijazah Terakhir,
  5. Scan Transkrip Nilai,
  6. Dokumen lain sesuai dengan kebutuhan instansi yang akan dilamar.

Tidak tertutup kemungkinan jika instansi tertentu menambahkan dokumen lain sebagai syarat administrasi yang harus anda penuhi. Anda pun harus mempersiapkan dokumen tersebut jika memang memilih jabatan tertentu pada instansi tersebut.

Selanjutnya, jika anda sudah dinyatakan lulus dalam pengumuman terakhir, masih harus melengkapi beberapa dokumen yang dibutuhkan, diantaranya :

  1. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku,
  2. Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah,
  3. Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah.

Persyaratan untuk melamar CPNS tidaklah terlalu susah, baik dari persyaratan yang harus dipenuhi ataupun dari sisi dokumen yang harus dilengkapi. Hal yang paling sulit justru terdapat pada ujian, dimana tentunya ribuan bahkan puluhan ribu, atau mungkin ratusan ribu calon CPNS harus bersaing untuk mendapatkan nilai tertinggi.

Contoh Surat Lamaran CPNS 2019

Dalam mendaftar CPNS, maka surat lamaran CPNS tidak selamanya dibutuhkan. Namun bukan berarti jika surat lamaran CPNS sama sekali tidak dibutuhkan oleh semua orang. Digunakan atau tidak, semuanya bergantung pada kebijakan instansi yang anda lamar atau anda pilih pada saat mendaftar CPNS.

Jadi, ada beberapa instansi yang memang mengharuskan pelamar untuk mengirimkan surat lamaran CPNS mereka masing masing. Ketika membuka portal pendaftaran CPNS, anda harus memperhatikan apakah instansi yang anda pilih mensyaratkan pengiriman surat lamaran CPNS atau tidak. Jika memang iya, maka anda bisa mencatat alamat instansi yang dituju tersebut.

Lantas, bagaimana format atau contoh surat lamaran CPNS 2019, sesuai dengan yang sudah ditentukan secara resmi?. Tidak jauh berbeda dengan surat lamaran kerja di perusahaan swasta. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini beberapa contoh surat lamaran CPNS yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1.Contoh Surat Lamaran CPNS SMA/SMK

Ada sangat banyak formasi CPNS yang dibuka pada tahun 2019 ini. Bukan hanya untuk lulusan Diploma ataupun Sarjana, namun juga untuk lulusan SMA/SMK sederajat. Misalnya saja formasi CPNS untuk jabatan penjaga tahanan/rutan yang diambil dari lulusan SMA.

Untuk anda yang hanya tamat SMA, tentu ini menjadi peluang besar untuk bisa menjadi seorang CPNS. Tidak banyak persyaratan khusus yang harus anda penuhi, kurang lebih sama dengan formasi jabatan lain. Di bawah ini adalah contoh surat lamaran CPNS SMA dengan jabatan Penjaga Tahanan yang bisa anda pergunakan sebagai referensi.

Medan, 20 Oktober 2019

Yth, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI
di
Jakarta

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 1996
Jenis Kelamin:Laki – Laki
Pendidikan:SMA/ Jurusan IPS
Jabatan:Penjaga Tahanan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini menyampaikan surat lamaran dan dokumen persyaratan agar dapat diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia Tahun Anggaran 2019. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan dokumen sebagai berikut :

  1. Fotokopi KTP
  2. Kartu Pendaftaran SSCN 2019
  3. Fotokopi Ijazah SD yang dilegalisir
  4. Fotokopi Ijazah SMP yang dilegalisir
  5. Fotokopi Ijazah SMA yang dilegalisir
  6. Fotokopi Transkrip Nilai yang dilegalisir
  7. Pas Foto Ukuran 3 x 4, latar belakang merah sebanyak 2 lembar.

Demikian surat lamaran ini saya perbuat. Adapun data dan dokumen persyaratan yang saya berikan adalah benar. Apabila di kemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia untuk membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada seleksi CPNS Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2019. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(Ttd dan materai 6000)

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Lamaran CPNS Sarjana

Bagi anda yang baru menamatkan pendidikan Sarjana ataupun Diploma, tentu saja bisa mengikuti pendaftaran CPNS. Namun dikarenakan pendidikan kuliah sudah menyasar jurusan tertentu, maka anda harus menyesuaikan jurusan anda dengan posisi jabatan yang akan dilamar.

Tidak semua jurusan bisa melamar formasi atau jabatan tertentu yang dibuka pada pendaftaran CPNS. Jadi, jangan hanya karena salah memilih/menyesuaikan formasi dengan jurusan, maka anda harus tereliminiasi. Di bawah ini adalah contoh surat lamaran CPNS Diploma dan Sarjana yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

Medan, 20 Oktober 2019

Yth, Kejaksaan Agung Republik Indonesia
melalui Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung Provinsi Sumatera Utara
di
Medan

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham, S.H
Tempat/Tgl Lahir:Medan/15 Oktober 1995
Jenis Kelamin:Laki – Laki
Pendidikan:S1 Hukum (Hukum Pidana)
Fakultas:Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara
Jenis Formasi:Umum
Jabatan:Calon Jaksa
Unit Kerja:Kejaksaan Agung Sumatera Utara
Alamat Domisili:Jl. Perjuangan No. 123, Medan

Dengan ini menyampaikan surat lamaran untuk dapat diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kejaksaan Agung Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2019.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan berkas sebagai berikut :

  1. Surat lamaran CPNS yang ditulis tangan dan ditandatangani sendiri dengan tinta hitam, ditujukan kepada Kejaksaan Agung Republik Indonesia melalui Kejaksaan Agung Provinsi Sumatera Utara
  2. Fotokopi KTP
  3. Kartu Pendaftaran SSCN 2019
  4. Fotokopi Ijazah SD yang dilegalisir
  5. Fotokopi Ijazah SMP yang dilegalisir
  6. Fotokopi Ijazah SMA yang dilegalisir
  7. Fotokopi Ijazah S-1 yang dilegalisir
  8. Fotokopi Transkrip Nilai S-1 yang dilegalisir
  9. Fotokopi Kartu Keluarga
  10. Pas Foto ukuran 3 x 4 berlatar belakang merah sebanyak 2 lembar
  11. Surat Akreditasi BAN PT Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara

Demikian surat lamaran ini saya perbuat dengan sebenarnya. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila di kemudian hari ditemukan data dan dokumen yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia membatalkan keikutsertaaan/kelulusan saya pada seleksi CPNS di Kejaksaan Agung Republik Indonesia Tahun 2019. Atas perhatiannya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

(Ttd dan materai 6000)

Muhammad Ilham, S.H.

3. Contoh Surat Lamaran CPNS Guru Sekolah

Profesi menjadi seorang guru masih menjadi profesi yang sangat diidamkan oleh banyak orang. Namun jika anda ingin melamar CPNS sebagai guru sekolah, tentu saja tidak sembarangan dan harus mengikuti persyaratan yang sudah ditentukan oleh Kementerian Pendidikan dan instansi daerah yang anda lamar.

Selain itu, dari sisi jurusan juga harus sesuai yang pada umumnya harus tamat dari jurusan keguruan. Jika tidak cocok dengan jurusan anda, maka sebaiknya tidak perlu melamar CPNS guru. Namun jika sudah merasa sesuai, maka anda bisa menggunakan contoh surat lamaran CPNS guru sekolah di bawah ini sebagai bahan referensi.

Medan, 20 Oktober 2019

Yth, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
melalui Dinas Pendidikan Kota Medan
di
Medan

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari, S.Si
Tempat/Tgl Lahir:Medan/17 September 1997
Jenis Kelamin:Perempuan
Pendidikan:S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas:MIPA Universitsa Negeri Medan
Jenis Formasi:Umum
Jabatan:Guru Sekolah SMP
Unit Kerja:Dinas Pendidikan Kota Medan
Alamat Domisili:Jl. Pertahanan No. 123, Medan

Dengan ini menyampaikan surat lamaran untuk dapat diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Medan Tahun 2019.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan dokumen persyaratan sebagai berikut :

  1. Surat lamaran CPNS ditulis tangan dan ditanda tangani menggunakan tinta hitam
  2. Kartu Pendaftaran SSCN 2019
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi Kartu Keluarga
  5. Fotokopi Ijazah SD yang dilegalisir
  6. Fotokopi Ijazah SMP yang dilegalisir
  7. Fotokopi Ijazah SMA yang dilegalisir
  8. Fotokopi Ijazah S-1 yang dilegalisir
  9. Fotokopi Transkrip Nilai S-1 yang dilegalisir
  10. Surat Akreditasi BAN PT Fakultas MIPA Universitas Negeri Medan
  11. Pas Foto ukuran 3 x 4 berlatar belakang merah sebanyak 2 lembar.

Demikianlah surat lamaran ini saya perbuat dengan sebenarnya. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar adanya. Apabila dikemudian hari ditemukan data dan dokumen yang tidak sesuai, maka saya menerima keputusan panitia membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada seleksi CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun Anggaran 2019. Atas perhatiannya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

(Ttd dan materai 6000)

Intan Permatasari, S.Si.

4. Download Surat Lamaran CPNS Doc/Word

Mungkin saja anda membutuhkan contoh surat lamaran CPNS doc yang berbentuk file doc/word, maka anda bisa mendownloadnya di bawah ini. Memang tentu saja tidak bisa digunakan secara langsung, karena surat lamran CPNS harus dibuat dengan tulisan tangan, bukan hasil print out dari ketikan.

Jika anda ingin mendownload surat lamaran CPNS doc atau dalam bentuk file word, maka bisa melalui link download di bawah ini.

Adapun file yang kami lampirkan diatas untuk didownload adalah file surat lamaran CPNS yang sudah terisi dengan lengkap. Tentunya jika anda ingin menulis surat lamaran sendiri, maka harus mengubah beberapa bagian tertentu, tergantung dari kebutuhan anda masing – masing.

5. Download Surat Lamaran CPNS Pdf

Selain dalam bentuk file doc, beberapa diantara anda munkin juga ingin mendownload file surat lamaran kerja CPNS pdf atau dalam bentuk pdf yang sudah biasa kita temukan. Sama seperti file surat lamaran doc diatas, file surat lamaran CPNS Pdf di bawah ini sudah terisi dengan lengkap.

Untuk anda yang mencari contoh surat lamaran CPNS dalam bentuk file Pdf, maka bisa mendownloadnya melalui link di bawah ini.

Namun tetap harus anda ingat, kalau format surat lamaran CPNS diatas tersebut tidak bisa anda edit, lalu dikirimkan ke instansi yang anda lamar. Hal ini karena surat lamaran CPNS harus dibuat dengan tulisan tangan, menggunakan tinta hitam. Selain itu, penggunaan materai 6000 juga diharuskan ketika anda menulis surat lamaran CPNS untuk dikirimkan.

Penutup

Mendaftar dan melamar CPNS sekarang ini memang terbilang sangat mudah. Semuanya bisa anda lakukan melalui portal SSCN yang dibuat oleh pemerintah. Namun untuk sebagian formasi, anda diwajibkan mengirimkan surat lamaran CPNS beserta dokumen yagn dibutuhkan dalam bentuk fisik ke instansi ataupun kementerian yang bersangkutan.

Kendati demikian, anda harus terlebih dahulu mendaftar di portal SSCN untuk bisa mendapatkan Kartu Pendaftaran SSCN, yang selanjutnya harus anda lampirkan pada surat lamaran yang dikirim. Itulah beberapa contoh surat lamaran CPNS 2019 yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi.