16 Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel Terbaik/Terlengkap

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel – Memiliki pekerjaan dan bisa mendapatkan penghasilan tentu sudah menjadi keinginan semua orang. Ada banyak perusahaan, instansi pemerintahan, ataupun lembaga yang bisa anda lamar ketika menginginkan pekerjaan. Tidak terkecuali juga untuk perhotelan, yang mana sekarang ini memang sangat banyak diincar oleh para tamatan pendidikan di bidang tersebut. Dan untuk itu, anda pun harus menggunakan berbagai contoh surat lamaran kerja di hotel.

Jika anda ingin bekerja di salah satu hotel, maka pertama sekali anda harus mempersiapkan diri. Setidaknya anda harus memiliki pendidikan yang sesuai dengan bidang tersebut. Mungkin saja itu pendidikan jurusan perhotelan ataupun jurusan pariwisata. Dengan demikian, maka anda tentu akan lebih mudah untuk bisa bekerja di hotel, dibandingkan tidak memiliki basic di bidang hotel atau perhotelan sama sekali.

Bagi sebagian orang, bekerja di hotel mungkin bukanlah sesuatu hal yang istimewa. Namun bagi sebagian orang lagi, bisa jadi bekerja di hotel adalah merupakan cita citanya. Jadi, tidak heran jika ada banyak orang yang memiliki jurusan perhotelan ataupun jurusan pariwisata ketika menempuh pendidikan tinggi. Setelah tamat, anda pun bisa mencoba untuk mengajukan surat permohonan pada beberapa hotel, untuk bisa bekerja di hotel tersebut.

Anda pun tidak perlu harus mencari informasi terlebih dahulu mengenai lowongan kerja yang tersedia pada suatu hotel. Anda bisa memberikan lamaran pekerjaan untuk suatu hotel, walaupun tidak mengetahui dengan pasti adanya lowongan pekerjaan di hotel tersebut. Untuk itu, janganlah berfokus melamar pekerjaan pada satu hotel saja, namun kirimkan lamaran pekerjaan anda pada beberapa hotel sekaligus.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

Bagi anda yang sudah terbiasa melamar pekerjaan ataupun sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, maka kemungkinan besar tidak akan terkendala lagi mengenai tata cara penulisan lamaran kerja di hotel. Namun untuk anda yang masih baru pertama kali melamar kerja di suatu hotel, mungkin saja akan membutuhkan beberapa contoh surat sebagai bahan referensi. Baik itu untuk melamar kerja di hotel berdasarkan iklan lowongan kerja, ataupun tanpa iklan lowongan kerja.

Selain itu, untuk anda yang masih sekolah atau kuliah, juga mungkin saja mendapat tugas untuk menulis surat lamaran kerja. Dan bila anda membutuhkan bantuan, beberapa contoh surat lamaran kerja di hotel di bawah ini mungkin akan bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel Umum

Walaupun ada banyak jenis dan contoh surat lamaran kerja di hotel, namun pada umumnya semua itu adalah sama. Anda pun bisa memilih untuk menggunakan contoh mana yang paling anda sukai, seperti surat lamaran kerja di hotel yang umumnya dipergunakan oleh banyak orang. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat surat lamaran kerja di hotel di bawah ini.

Medan, 31 Oktober 2019

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Manajemen Hotel Angkasa Jaya
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari Harian Medan Jaya yang terbit pada tanggal 30 Oktober 2019, bahwa Hotel Angkasa Jaya sedang membuka lowongan kerja untuk posisi Office Boy.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1995
Jenis Kelamin:Laki Laki
Pend. Terakhir:D3 Pariwisata
Telp.:081234567890
Email:antonsyahputra@gmail.com
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan lamaran pekerjaan untuk bisa diterima bekerja di Hotel Angkasa Jaya sebagai Office Boy sesuai dengan posisi lowongan kerja yang Bapak/Ibu butuhkan.

Saya memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, baik secara pasif maupun aktif. Saya juga bisa bekerja dengan baik, secara team maupun individual. Sebelumnya, saya sudah memiliki pengalaman kerja di Hotel Mekar Jaya selama kurang lebih 1 tahun, dan mengundurkan diri atas keinginan sendiri.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama ini saya lampirkan :

  1. Fotocopy Kartu Keluarga
  2. Fotocopy KTP
  3. Fotocopy Ijazah Terakhir
  4. Fotocopy Transkrip Nilai
  5. Fotocopy SKCK dari Kepolisian
  6. Surat Keterangan Berbadan Sehat
  7. Surat Pengalaman Kerja
  8. Daftar Riwayat Hidup
  9. Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6.

Besar harapan saya agar bisa bergabung di Hotel Angkasa Jaya sebagai Office Boy dan bisa bekerja dengan profesional. Maka dari itu, saya sangat berharap diberikan kesempatan interview, sehingga saya bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai kemampuan dan potensi diri yang saya miliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kesempatan dari Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel Dalam Bahasa Inggris

Ada banyak hotel yang mengharuskan para karyawannya untuk bisa berbahasa Inggris dengan baik dan benar. Maka dari itu, seringkali pihak hotel memberlakukan peraturan agar menulis surat lamaran kerja di hotel mereka dalam bahasa Inggris. Jika anda ingin menulis surat lamaran kerja demikian, maka anda bisa menggunakan contoh surat lamaran kerja di hotel dalam bahasa Inggris di bawah ini.

Medan, October, 31 2019

Subject : Job Application

To :
Management of Hotel Angkasa Jaya
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

With Respect,
Based on the information I got from the Angkasa Haya Hotel official website, that you are opening a job opening with a position as a Receptionist.

In connection with this information, I am the undersigned below :

Name:Intan Permatasari
Date of Birth:Medan/August 20 1994
Gender:Female
Last Education:S-1 Perhotelan/Tourism Scholar
Phone:081234567890
Email:intanpermatasari@gmail.com
Addres:Jl. Amal No. 123, Medan

hereby intends to apply for a job application at Angkasa Jaya Hotel, with the position as Receptionist as you need. I can speak English fluently, can work well in teams and individually, and have a high sense of responsibility towards work. I am sure I will be able to work well and professionally at Angkasa Jaya Hotel.

For your consideration, I have attached this to you :

  1. Copy of Family Card
  2. Copy of ID
  3. Copy of Last Diploma
  4. Copy of Transcipts
  5. Copy of SKCK
  6. Certificate of Health
  7. Curriculum Vitae
  8. Foto 4 x 6

I hope that I will be given the opportunity to interview, so that I can explain in detail about my abilities and potential. I am sure I will be able to work well and take part in the progress of the Angkasa Jaya Hotel.

So I do this job application letter in truth, for the attention and opportunity you have given, I say thank you.

Best Regards,

 

Intan Permatasari.

3. Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel Tanpa Iklan

Seperti yang kami jelaskan tadi di atas, melamar pekerjaan di suatu hotel tidak harus menunggu informasi lowongan kerja terlebih dahulu. Anda pun bisa melamar kerja di hotel manapun sesuai dengan keinginan anda, walaupun tidak mengetahui adanya lowongan kerja di hotel tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat lamaran kerja di hotel tanpa iklan di bawah ini.

Medan, 31 Oktober 2019

Perihal : Lamaran Kerja

Kepada Yth,
Kepala Departemen HRD
Hotel Angkasa Jaya
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 September 1995
Jenis kelamin:Perempuan
Pend. Terakhir:S-1 Perhotelan
Telp.:081234567890
Email:dewicahaya@gmail.com
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

bersama dengan surat ini bermaksud mengajukan permohonan lamaran kerja di Hotel Angkasa Jaya sebagai seorang Resepsionis.

Adapun saya merupakan tamatan dari Fakultas Perhotelan Universitas Indonesia dengan nilai IPK 3.4. Saya sudah memiliki pengalaman kerja dengan posisi Resepsionis di Hotel Murni Jaya selama kurang lebih 2 tahun. Saya yakin dengan pengalaman kerja tersebut, saya pun akan bisa bekerja dengan baik dan profesional di Hotel Angkasa Jaya nantinya.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama ini saya lampirkan :

  1. Fotocopy Kartu Keluarga
  2. Fotocopy KTP
  3. Fotocopy Ijazah Terakhir
  4. Fotocopy Transkrip Nilai
  5. Fotocopy SKCK dari Kepolisian
  6. Surat Keterangan Berbadan Sehat
  7. Surat Pengalaman Kerja
  8. Daftar Riwayat Hidup
  9. Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6.

Besar harapan saya agar diberikan kesempatan interview, dengan tujuan agar saya bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai kemampuan yang saya miliki di  bidang pekerjaan sebagai seorang resepsionis dan perhotelan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kesempatan dari Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

Dewi Cahaya.

4. Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel Bagian Waiter/Waitress

Profesi sebagai seorang waiter dan waitress memang bukan hanya untuk rumah makan atau restoran saja. Jika anda memiliki pengalaman dan keahlian bekerja di bidang ini, anda pun bisa melamar kerja di suatu hotel tertentu sesuai dengan keinginan anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat lamaran kerja di hotel bagian waiter/waitress di bawah ini.

Medan, 31 Oktober 2019

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Manajemen HRD
Hotel Angkasa Jaya
Jl. Amal No. 123
Medan

Dengan hormat,
Menurut informasi yang saya dapatkan dari Harian Bisnis Medan yang terbit pada tanggal 30 Oktober 2019 kemarin, bahwa Hotel Angkasa Jaya sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Waiter dan Waitress.

Sehubungan dengan informasi tersebut, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
Tempat/Tgl Lahir:Medan/21 Juli 1993
Jenis Kelamin:Laki Laki
Pend. Terkahir:S-1 Pendidikan Tata Boga
Telp.:081234567890
Email:muhilham@gmail.com
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

dengan ini bermaksud melamar pekerjaan di Hotel Angkasa Jaya, dengan posisi sebagai Waiter seperti yang Bapak/Ibu inginkan.

Sebelumnya saya sudah memiliki pengalaman kerja di Restoran Rasa Enak selama kurang lebih 3 tahun dan mengundurkan diri atas keinginan sendiri. Saya bisa memasak berbagai masakan, mulai dari masakan Indonesia, Asian, hingga masakan Western. Saya juga bisa bekerja dengan baik secara team maupun indvidual.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama ini saya sudah melampirkan :

  1. Fotocopy Kartu Keluarga
  2. Fotocopy KTP
  3. Fotocopy Ijazah Terakhir
  4. Fotocopy Transkrip Nilai
  5. Fotocopy SKCK dari Kepolisian
  6. Surat Keterangan Berbadan Sehat
  7. Surat Pengalaman Kerja
  8. Daftar Riwayat Hidup
  9. Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6.

Sekirannya Bapak/Ibu bersedia memberikan saya kesempatan interview, maka saya akan sangat berterimakasih. Saya juga bersedia jika diminta untuk melakukan demo memasak berbagai jenis masakan yang tersedia di Hotel Angkasa Jaya.

Demikian surat lamaran kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kesempatan dari Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Muhammad Ilham.

5. Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel Via Email

Di zaman yang canggih dan modern sekarang ini, ada banyak pihak yang menggunakan teknologi untuk mempermudah pekerjaan, termasuk dalam menerima lamaran kerja dari para pelamara kerja. Salah satunya adalah hotel, dimana mungkin memberlakukan peraturan kepada para pelamar kerja di hotel tersebut agar mengirimkan surat lamaran kerja mereka  via email. Jika anda ingin mengirimkan lamaran kerja di hotel via email, maka anda bisa menggunakan contoh surat lamaran kerja di hotel via email di bawah ini.

Dari : intanpermatasari@gmail.com
Kepada : hrd@angkasajayahotel.com
Subjek : Front Liner – Intan Permatasari

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari media digital, bahwa Hotel Angkasa Jaya sedang membuka lowongan kerja untuk posisi sebagai Front Liner. Saya pun merasa tertarik untuk ikut melamar kerja dengan posisi tersebut di atas sesuai dengan yang Bapak/Ibu butuhkan.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir:Medan/25 Juli 1993
Jenis Kelamin:Perempuan
Pend. Terakhir:S-1 Perhotelan
Telp.:081234567890
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

bermaksud mengajukan lamaran kerja untuk bisa diterima sebagai Front Liner di Hotel Angkasa Jaya.

Sebelumnya, saya sudah memiliki pengalaman kerja di Hotel Murni Jaya selama kurang lebih 2 tahun dengan posisi Resepsionis dan mengundurkan diri atas keinginan sendiri. Saya yakin akan bisa bekerja dengan baik dan profesional di Hotel Angkasa Jaya nantinya.

Saya juga bisa berbahasa Inggris dengan fasih, baik secara pasif maupun aktif, serta bisa bekerja dengan baik secara team maupun individual. Saya yakin kalau pengalaman kerja yang saya miliki akan bisa saya praktekkan dengan baik nantinya.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu HRD, bersama ini saya sudah melampirkan beberapa dokumen dalam bentuk attachment. Besar harapan saya agar diberikan kesempatan interview, sehingga saya bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai kemampuan dan potensi diri yang saya miliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan, atas perhatian dan kesempatan dari Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

6. Format Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

Ada banyak contoh surat dan jenis surat lamaran kerja di hotel, namun pada umumnya itu adalah sama dan tidak jauh berbeda. Kebanyakan orang melamar kerja di hotel berdasarkan adanya informasi lowongan kerja di hotel tersebut. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan salah satu format contoh surat lamaran kerja di hotel berdasarkan iklan.

(Nama Kota dan Tanggal)

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ., bahwa Hotel . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . sedang membuka lowongan pekerjaan dengan posisi sebagai . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ..

Sehubungan dengan informasi tersebut, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:
Tempat/Tgl Lahir:
Jenis Kelamin:
Pend. Terakhir:
Kewarganegaraan:
Agama:
Telp.:
Email:
Alamat:

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan lamaran kerja di Hotel . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . dengan posisi . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . seperti yang Bapak/Ibu butuhkan.

Saya memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan fasih, serta (cantumkan kelebihan yang anda miliki di bidang perhotelan, dan juga pengalaman kerja jika anda sudah pernah bekerja di hotel sebelumnya).

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama ini saya lampirkan :

  1. Fotocopy Kartu Keluarga
  2. Fotocopy KTP
  3. Fotocopy Ijazah Terakhir
  4. Fotocopy Transkrip Nilai
  5. Fotocopy SKCK dari Kepolisian
  6. Surat Keterangan Berbadan Sehat
  7. Surat Pengalaman Kerja (Jika Ada)
  8. Daftar Riwayat Hidup
  9. Pas Foto Terbaru Ukuran . . . . . . . . . . . .

Besar harapan saya agar kirannya diberikan kesempatan interview, sehingga saya bisa menjelaskan lebih lenjut mengenai kemampuan dan potensi diri yang saya miliki di bidang perhotelan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan dengan sebenarnya, atas perhatian dan kesempatan dari Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

(Nama dan Tanda Tangan).

Penutup

Bekerja di sebuah hotel mungkin sudah menjadi impian atau cita cita bagi seseorang. Dan jika anda memiliki basis pendidikan di bidang perhotelan ataupun pariwisata, alangkah baiknya jika anda melamar pekerjaan di suatu hotel. Itulah tadi beberapa contoh surat lamaran kerja di hotel yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi ketika ingin melamar kerja di hotel.