16 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik – Demi memenuhi kebutuhan sehari hari, maka tentu setiap orang harus memiliki penghasilan. Penghasilan tersebut bisa didapatkan dengan cara membuka usaha dan mendapatkan keuntungan dari sana. Namun kebanyakan masyarakat Indonesia masih memilih untuk bekerja dan mendapatkan gaji dari sana. Maka dengan demikian, anda pun harus membutuhkan surat lamaran kerja yang baik ketika mencari pekerjaan.

Sekarang ini, mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah bagi kita. Ada banyak sekali orang yang bersaing untuk mendapatkan satu pekerjaan. Bukan tidak mungkin kalau satu lowongan pekerjaan akan diincar oleh ratusan orang, bahkan mungkin sampai ribuan orang. Dan siapa yang paling mampu akan menjadi pemenang dalam mendapatkan pekerjaan tersebut.

Maka dari itulah anda penting sekali menggunakan surat lamaran kerja yang baik. Sebab dengan surat lamaran kerja yang baik tersebut, maka anda pun akan memiliki peluang yang lebih besar untuk dipanggil dalam mengikuti test ataupun wawancara. Dan pada saat tersebutlah anda bisa menunjukkan dan menjelaskan mengenai potensi diri yang anda miliki.

Jika surat permohonan lamaran kerja yang anda berikan tidak menarik dan kurang baik, tentu saja pihak perusahaan akan kurang berminat memanggil anda. Akibatnya, anda pun akan kehilangan peluang, walaupun anda mungkin memiliki kemampuan dan skill yang bagus. Jadi tidak bisa dipungkiri jika penggunaan surat lamaran kerja yang baik memang memiliki peranan besar.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik

Setelah mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia, maka anda pun bisa mempersiapkan berkas berkas yang penting dan dibutuhkan. Setelahnya, anda bisa menulis surat lamaran kerja untuk kemudian dikirimkan kepada pihak penyedia lowongan kerja tersebut. Akan ada banyak contoh surat yang bisa anda jadikan bahan referensi dalam menulis surat lamaran kerja yang baik.

Untuk anda yang sudah pernah atau sudah terbiasa melamar pekerjaan, tentu bukan hal yang mudah lagi untuk  menulis surat lamaran kerja yang baik. Namun jika anda masih baru mulai menggunakan surat ini, maka di bawah ini adalah beberapa contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar yang bisa anda jadikan bahan referensi.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Ketika anda melamar pekerjaan dan ingin menulis surat lamaran kerja, mungkin anda memang akan menggunakan bahasa Indonesia. Namun bisa saja anda diminta untuk menulis surat lamaran kerja dalam bahasa inggris, ataupun karena mendapat tugas dari sekolah atau kampus. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat lamaran kerja yang baik dalam bahasa Inggris di bawah ini.

Medan, October, 10 2019

Subject : Job Application

To :
Human Resources Department
PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dear Sir/Madam,
I have read your advertisement at Medan Jaya and found that your company is looking for employees for Engineer position. And I believe it is fit with my background educational as Computer Engineering.

My name is Muhammad Ilham, I am twenty three years old. I am a fresh graduated from Computer Engineering Department UTY on November this year. My specialization in Engineering Physics is hardware specialist. I consider myself that I have qualifications as you want. I have good motivation for progress and growing, eager to learn, and can work with a team or by myself. Beside that I have good command in English both spoken and written.

With my qualifications, I confident that I will be able to contribute effectively to your company. Herewith I enclose my :

  1. Copy of Bachelor Degree (S-1) Certificate
  2. Academic Transcript
  3. Curriculum Vitae
  4. Recent photograph with size of 4×6

I would express my gratitude for your attention and I hope I could be the part of your company.

Sincerely,

Muhammad Ilham.

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Pada umumnya, kebanyakan perusahaan memang menerima surat lamaran kerja dalam bentuk hasil print dari para pelamar kerja. Namun ada juga beberapa perusahaan yang mengharuskan para calon pelamar untuk menggunakan surat lamaran kerja tulisan tangan. Maka dari itu, di bawah ini adalah salah satu contoh surat lamaran kerja yang baik tulisan tangan untuk anda sekalian.

Medan, 10 Oktober 2019

Perihal : Lamaran Kerja

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Menurut infirmasi yang saya dapatkan dari Harian Medan Jaya, plada tanggal 08 Oktober 2019, bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi sebagai Staff Marketing.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1994
Jenis Kelamin:Perempuan
Pend. Terakhir:SMK Pemasaran
Status:Belum Menikah
Telp.:081234567890
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dengan posisi sebagai Staff Marketing seperti yang Bapak/Ibu butuhkan.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama ini saya telah melampirkan beberapa berkas, yakni :

  1. Fotocopy KTP
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. Fotocopy Ijazah Terakhir
  4. Fotocopy Transkrip Nilai
  5. Fotocopy SKCK
  6. Daftar Riwayat Hidup
  7. Pas Foto Ukuran 4 x 6

Besar harapan saya agar Bapak/Ibu bisa memberikan saya kesempatan dalam menjalani interview, sehingga saya bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai potensi diri dan kemampuan yang saya miliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kesempatan dari Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

3. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Menulis surat lamaran kerja sebenarnya bukanlah hal yang terlalu susah. Pada umumnya, penulisan surat lamaran kerja sama saja dan tidak terlalu banyak perbedaan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat lamaran kerja yang baik secara umum di bawah ini.

Medan, 10 Oktober 2019

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Berdasarkan iklan di Harian Medan Jaya pada tanggal 08 Oktober 2019 kemarin, mengenai lowongan pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dengan posisi sebagai staff Administrasi. Untuk itu, saya pun berniat mengajukan lamaran kerja untuk bisa diterima pada posisi tersebut seperti yang Bapak/Ibu inginkan.

Saya sudah memiliki pengalaman kerja selama 3 tahun sebagai staff administrasi di PT. Sukses Makmur. Dan saya yakin dengan pengalaman tersebut, saya bisa memberikan kemampuan terbaik saya untuk memajukan turut andil dalam memajukan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama ini saya sudah melampirkan beberapa berkas, sebagai berikut :

  1. Fotocopy KTP
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. Fotocopy Ijazah Terakhir
  4. Fotocopy Transkrip Nilai
  5. Fotocopy SKCK
  6. Daftar Riwayat Hidup
  7. Surat Pengalaman Kerja
  8. Pas Foto Ukuran 4 x 6

Besar harapan saya agar Bapak/Ibu memberikan saya kesempatan untuk mengikuti test ataupun wawancara, agar saya bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai potensi dan kemampuan diri yang saya miliki.

Demikian surat permohonan kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kesempatan dari Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

4. Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Dalam menulis surat lamaran kerja, anda memang harus memperhatikan banyak hal. Mulai dari bahasa yang digunakan, struktur penulisan, serta kelengkapan berkas yang dilampirkan. Di bawah ini adalah salah satu contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk anda sekalian.

Medan, 10 Oktober 2019

Perihal : Lamaran Kerja

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1994
Jenis Kelamin:Perempuan
Pend. Terakhir:S-1 Akuntansi Perbankan
Kewarganegaraan:Indonesia
Agama:Islam
Status:Belum Menikah
Telp.:081234567890
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan untuk bisa diterima bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dengan posisi sebagai Admin sesuai dengan lowongan pekerjaan yang tersedia di PT. Maju Jaya Sejahtera.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama ini saya sudah melampirkan beberapa berkas, seperti :

  1. Fotocopy KTP
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. Fotocopy Ijazah Terakhir
  4. Fotocopy Transkrip Nilai
  5. Fotocopy SKCK
  6. Daftar Riwayat Hidup
  7. Pas Foto Ukuran 4 x 6

Besar harapan saya agar Bapak/Ibu kirannya memberikan saya kesempatan wawancara, agar saya bisa menjelaskan dengan rinci mengenai kemampuan dan potensi diri yang saya miliki.

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya sampaikan dengan sebenarnya, atas perhatian dan kesempatan dari Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

5. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT

Ada banyak sekali pt ataupun perseoroan terbatas yang berdiri di Indonesia dan tentunya membutuhkan banyak karyawan. Dan jika anda ingin melamar pekerjaan disana, maka anda bisa membuat surat lamaran seperti contoh surat lamaran kerja yang baik di pt di bawah ini.

Medan, 10 Oktober 2019

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Kepala Personalia
PT. PLN (Persero)
Cabang Wilayah Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari media digital, bahwa PT. PLN Cabang Wilayah Medan sedang membuka lowongan pekerjaan sebagai Staff Administrasi.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1993
Jenis Kelamin:Perempuan
Pend. Terakhir:S-1 Administrasi Negara
Kewarganegaraan:Indonesia
Agama:Islam
Status:Belum Menikah
Telp.:081234567890
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

dengan ini  bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di PT. PLN Cabang Wilayah Medan dengan posisi sebagai Staff Administrasi sesuai dengan yang Bapak/Ibu inginkan. Sebelumnya, saya sudah memiliki pengalaman kerja sebagai staff administrasi di PT. Sukses Makmur selama kurang lebih 2 tahun.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama ini saya sudah melampirkan :

  1. Fotocopy KTP
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. Fotocopy Ijazah Terakhir
  4. Fotocopy Transkrip Nilai
  5. Fotocopy SKCK
  6. Surat Pengalaman Kerja
  7. Daftar Riwayat Hidup
  8. Pas Foto Ukuran 4 x 6

Besar harapan saya agar diberikan kesempatan wawancara, sehingga saya bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai kemampuan dan potensi diri yang saya miliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kesempatan dari Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

6. Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Sopan

Surat lamaran kerja merupakan salah satu jenis surat permohonan, dimana kita tentu harus sopan karena memohon kepada orang lain untuk diberikan pekerjaan. Jadi, kesopanan dalam menulis surat lamaran kerja adalah hal yang tidak boleh anda lewatkan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat lamaran kerja yang baik dan sopan di bawah ini.

Medan, 10 Oktober 2019

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Manajer HRD
PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Agustus 1994
Jenis Kelamin:Laki Laki
Pendidikan:S-1 Teknik Mesin
Kewarganegaraan:Indonesia
Agama:Islam
Status:Belum Menikah
Telp.:081234567890
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud menyampaikan permohonan lamaran pekerjaan di PT. Maju Jaya Sejahtera yang Bapak/Ibu pimpin sebagai Teknisi Mesin, sesuai dengan pendidikan yang saya miliki.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama dengan surat ini sudah saya lampirkan :

  1. Fotocopy KTP
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. Fotocopy Ijazah Terakhir
  4. Fotocopy Transkrip Nilai
  5. Fotocopy SKCK
  6. Surat Pengalaman Kerja
  7. Daftar Riwayat Hidup
  8. Pas Foto Ukuran 4 x 6

Demikianlah permohonan lamaran kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kesempatan dari Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat saya,

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Menarik

Agar mendapat perhatian dari pihak personalia dan pihak perusahaan, maka anda harus membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik. Anda bisa menyebutkan pengalaman kerja yang anda miliki, sehingga memperbesar ketertarikan mereka terhadap lamaran pekerjaan yang anda berikan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat lamaran kerja yang baik dan menarik di bawah ini.

Medan, 10 Oktober 2019

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Manajer HRD PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Menurut informasi yang saya dapatkan dari Media Harian Medan Jaya, bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sedang membuka lowongan pekerjaan dengan posisi sebagai Frontliner.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1993
Jenis Kelamin:Perempuan
Pendidikan:S-1 Manajemen
Telp.:081234567890
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di PT. Sukses Makmur sebagai Frontliner. Adapun sebelumnya saya sudah memiliki pengalaman kerja di bidang yang sama selama kurang lebih 3 tahun di PT. Maju Jaya Sejahtera, yang mana surat pengalaman kerja dari perusahaan tersebut sudah saya lampirkan bersama dengan surat ini.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama ini saya sudah melampirkan :

  1. Fotokopi Ijazah Terakhir
  2. Fotokopi Transkrip Nilai
  3. Surat Pengalaman Kerja
  4. Surat Pengalaman Magang
  5. Daftar Riwayat Hidup
  6. Fotokopi KTP
  7. Pas Photo 3×4

Demikianlah surat lamaran kerja ini saya tulis dengan sebenar-benarnya, saya sungguh berharap supaya diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

8. Contoh Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris

Kebanyakan perusahaan di Indonesia memang mewajibkan penggunaan surat lamaran kerja berbahasa Indonesia. Namun bukan tidak mungkin kalau ada beberapa perusahaan yang mewajibkan penulisan surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris. Selain itu, bagi anda yang masih sekolah atau kuliah, mungkin saja mendapat tugas untuk menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris. Maka dari itu, di bawah ini adalah salah satu contoh surat lamaran kerja dalam bahasa inggris untuk anda sekalian.

Medan, October, 10 2019

Subject : Job Application

To :
HRD Department
PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Dear Sir/Madam,
According to the information I got from digital media, that the company that you are leading is opening job vacancies with marketing staff positions.

In connection with this matter, then I am the undersigned below :

Name:Muhammad Ilham
Date of Birth:Medan/July, 20 1994
Gender:Male
Education:SMA
Phone:081234567890
Addres:Jl. Amal No. 123, Medan

hereby intend to apply for a job at PT. Maju Jaya Sejahtera as a marketing staff in accordance with what you need.

As a consideration for you, I have attached this together :

  1. Copy of KTP
  2. Copy of Family Card
  3. Copy of Diploma
  4. Copy of Transcripts
  5. Copy of SKCK
  6. Curriculum Vitae
  7. Pas Photo 4 x 6

I hope that I will be given the opportunity to interview, so that I can explain in more detail about the abilities and potential that I have.

So I do this job application letter actually, for your attention and opportunity, I thank you.

Sincerely,

Muhammad Ilham.

9. Contoh Surat Lamaran Kerja Guru yang Baik

Menjadi seorang guru mungkin masih menjadi cita cita banyak orang. Namun tetap saja anda harus mengirimkan surat lamaran kerja terlebih dahulu kepada pihak sekolah sebelum diterima sebagai guru di sekolah tersebut. Di bawah ini adalah salah satu contoh surat lamaran kerja guru yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

Medan, 10 Oktober 2019

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Bapak Kepala Sekolah
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Sesuai dengan iklan di Harian Medan Jaya pada tanggal 08 Oktober 2019 yang lalu, bahwa SMA Negeri 1 Medan sedang membuka lowongan pekerjaan guru untuk Mata Pelajaran Matematika.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1993
Pendidikan:S-1 MIPA
Jenis Kelamin:Laki Laki
Status:Belum Menikah
Kewarganegaraan:Indonesia
Agama:Islam
Telp.:081234567890
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan lamaran kerja untuk posisi tersebut.

Adapun saya sudah memiliki pengalaman kerja sebagai guru bimbel di Bimbel Maju Pintar selama kurang lebih 3 tahun, sewaktu kuliah dan selesai kuliah. Saya yakin dengan pengalaman tersebut, akan bisa memberikan yang terbaik untuk siswa/i di SMA Negeri 1 Medan.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak Kepala Sekolah, bersama surat ini saya lampirkan :

  1. Fotokopi Ijazah Terakhir
  2. Fotokopi Transkrip Nilai
  3. Surat Pengalaman Kerja
  4. Surat Pengalaman Magang
  5. Daftar Riwayat Hidup
  6. Fotokopi KTP
  7. Pas Photo 3×4

Saya berharap agar Bapak Kepala Sekolah kiranya memberikan saya kesempatan untuk wawancara, sehingga saya bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai potensi diri dan kemampuan yang saya miliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kesempatan dari Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan, saya sampaikan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email yang Baik

Berkat kemajuan teknologi sekarang ini, sudah ada banyak perusahaan yang menerima surat lamaran kerja via email dari para calon karyawan mereka. Dan jika anda pun berminat untuk mengirimkan surat lamaran kerja via email, maka anda bisa menggunakan contoh surat lamaran kerja yang baik via email di bawah ini.

To : hrd@adammalik.co.id
Cc : direktur@adammalik.co.id
Subject : Staff Administrasi

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan mengenai lowongan pekerjaan di Rumah Sakit Adam Malik, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 1993
Jenis Kelamin:Perempuan
Pend. Terakhir:S – 1 Perkantoran
Kewarganegaraan:Indonesia
Agama:Islam
Status:Belum Menikah
Telp.:081234567890
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan lamaran kerja untuk bisa diterima sebagai Staff Administrasi di Rumah Sakit Adam Malik sesuai dengan yang Bapak/Ibu butuhkan.

Saya mempunyai keinginan untuk bekerja keras, menyukai interaksi dan bersosialisasi, kemauan untuk belajar dan memperbaiki diri, tanggung jawab, dan mampu bekerja bersama tim ataupun personal. Dan saya akan bekerja dengan serius, baik dalam satu tim ataupun perseorangan, sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan di Rumah Sakit ini.

Bersama dengan surat ini, saya sudah melampirkan beberapa berkas pendukung dalam bentuk attachment sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu. Besar harapan saya agar diberikan kesempatan wawancara, sehingga saya bisa menjelaskan lebih rinci mengenai potensi diri dan kemampuan yang saya miliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas pehatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

11. Contoh Surat Lamaran Kerja Doc yang Baik

Ada banyak orang yang mencari contoh surat lamaran kerja doc ataupun dalam bentuk file document, untuk kemudian didownload dan diedit. Namun hal tersebut hanya akan membuang buang waktu anda saja. Sebaliknya, anda bisa mengcopy surat lamaran kerja di bawah ini, lalu kemudian mengeditnya di microsoft word sesuai dengan keinginan anda sendiri.

Medan, 10 Oktober 2019

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Kepala Departemen Personali
PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Maju Jaya Sejahtera yang dimuat di Harian Medan Jaya pada tanggal 08 Oktober 2019 sebagai Teknisi, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Sanjaya
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1992
Jenis Kelamin:Laki Laki
Pendidikan:S-1 Teknik Mesin
Status Perkawinan:Belum Menikah
Kewarganegaraan:Indonesia
Agama:Islam
Telp.:081234567890
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan lamaran kerja untuk bisa mengisisi posisi tersebut di atas sesuai dengan keinginan Bapak/Ibu Kepala Personalia.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama ini saya sudah melampirkan :

  1. Fotokopi Ijazah Terakhir
  2. Fotokopi Transkrip Nilai
  3. Surat Pengalaman Kerja
  4. Surat Pengalaman Magang
  5. Daftar Riwayat Hidup
  6. Fotokopi KTP
  7. Pas Photo 3×4

Saya memohon Bapak/Ibu sekiranya berkenan meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya bisa memberikan penjelasan dengan lebih lengkap mengenai potensi diri saya.

Demikian surat lamaran kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Anton Syahputra.

12. Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar

Menulis surat lamaran kerja memang tidaklah bisa asal asalan. Sebab jika tidak, maka mungkin saja lamaran kerja yang anda berikan akan dilewatkan begitu saja dan anda tidak akan mendapatkan panggilan interview ataupun panggilan untuk test. Maka dari itu, anda harus menulis surat lamaran kerja dengan benar seperti dibawah ini.

Medan, 10 Oktober 2019

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Bapak Walikota Medan
Up. Kepala Badan Kepegawaian Daerah
Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 1992
Jenis Kelamin:Laki – Laki
Agama:Islam
Pendidikan:S-1 Ekonomi
Telp.:081234567890
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini menyampaikan permohonan kepada Bayak, kirannya saya bisa diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kotamadya Medan.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak, bersama ini saya lampirkan :

  1. Fotokopi Ijazah Terakhir
  2. Fotokopi Transkrip Nilai
  3. Fotocopy SKCK
  4. Surat Pengalaman Magang
  5. Daftar Riwayat Hidup
  6. Fotokopi KTP
  7. Pas Photo 3×4

Demikian permohonan kerja ini saya sampaikan dengan sebenarnya, atas perhatian dan kesempatan dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

13. Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Bekerja di sebuah bank mungkin masih merupakan keinginan bagi banyak orang, terlebih untuk para tamatan dari jurusan perbankan maupun akuntansi. Jadi, jika anda ingin melamar kerja disana, maka anda bisa mengajukan permohonan kerja dengan menggunakan surat lamaran kerja. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat lamaran kerja yang baik di bank di bawah ini.

Medan, 10 Oktober 2019

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Kepala Departemen Personalia
PT. Bank Rakyat Indonesia
Cabang Iskandar Muda Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi lowongan kerja pada harian Medan Jaya tanggal 08 Oktober 2019, bahwa PT. Bank Rakyat Indonesia sedang membutuhkan petugas Account Office (AO) dengan pengalaman setidaknya selama 3 tahun.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 1992
Jenis Kelamin:Perempuan
Pend. Terakhir:D3 Perbankan
Kewarganegaraan:Indonesia
Agama:Islam
Status:Belum Menikah
Telp.:081234567890
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud untuk mengajukan permohonan lamaran kerja sebagai petugas AO Bank Rakyat Indonesia Cabang Iskandar Muda Medan.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama ini sudah saya lampirkan :

  1. Fotokopi Ijazah Terakhir
  2. Fotokopi Transkrip Nilai
  3. Fotocopy SKCK
  4. Surat Pengalaman Magang
  5. Surat Pengalaman Kerja
  6. Daftar Riwayat Hidup
  7. Fotokopi KTP
  8. Pas Photo 3×4

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia untuk memberikan kesempatan tes dan wawancara kepada saya, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci tentang potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

14. Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit

Ada banyak tenaga kerja yang dibutuhkan untuk sebuah rumah sakit, dan salah satunya adalah dokter. Jika anda merupakan lulusan dari kedokteran dan ingin melamar pekerjaan sebagai dokter di salah satu rumah sakit, maka anda bisa menggunakan contoh surat lamaran kerja yang baik di rumah sakit di bawah ini.

Medan, 10 Oktober 2019

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Kepala Departemen Personalia
Rumah Sakit Umum Adam Malik
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Mei 1992
Jenis Kelamin:Perempuan
Pendidikan:Dokter Kandungan
Status:Belum Menikah
Kewarganegaraan:Indonesia
Agama:Islam
Telp.:081234567890
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan lamaran pekerjaan sebagai Dokter Kandungan di Rumah Sakit Umum Adam Malik Medan.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama ini saya sudah melampirkan :

  1. Fotokopi Ijazah Terakhir
  2. Fotokopi Transkrip Nilai
  3. Fotocopy SKCK
  4. Surat Pengalaman Magang
  5. Surat Pengalaman Kerja
  6. Daftar Riwayat Hidup
  7. Fotokopi KTP
  8. Pas Photo 3×4

Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik dan bisa bekerja dengan baik, secara team maupun individual. Saya berharap agar diberikan kesempatan wawancara, sehingga saya bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai potensi dan kemampuan diri yang saya miliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

15. Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

Ada banyak orang yang menginginkan untuk bisa bekerja di sebuah hotel, terlebih untuk para lulusan dari jurusan perhotelan maupun jurusan pariwisata. Dan jika anda ingin melamar pekerjaan di salah satu hotel, maka anda bisa menggunakan contoh surat lamaran kerja yang baik di hotel berikut ini.

Medan, 10 Oktober 2019

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Kepala Bagian Personalia
Hotel Maju Kencana
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan dari Harian Medan Jaya mengenai lowongan kerja di Hotel Maju Kencana untuk posisi Frontliner, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1994
Jenis Kelamin:Perempuan
Pend. Terakhir:S-1 Perhotelan
Kewarganegaraan:Indonesia
Agama:Islam
Status:Belum Menikah
Telp.:081234567890
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan lamaran kerja untuk  bisa diterima di Hotel Maju Kencana sebagai Frontliner sesuai dengan yang Bapak/Ibu inginkan.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama ini saya sudah melampirkan :

  1. Fotokopi Ijazah Terakhir
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotocopy SKCK
  5. Surat Pengalaman Magang
  6. Fotokopi KTP
  7. Pas Photo 3×4

Besar harapan saya agar bisa diberikan kesempatan wawancara, sehingga saya bisa menjelaskan dengan lebih rinci mengenai kemampuan dan potensi diri yang saya miliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

16. Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

Ada banyak toko yang mudah kita temukan sekarang ini dan mungkin saja membutuhkan karyawan untuk bekerja di toko tersebut. Untuk bisa bekerja di sebuah toko biasanya tidak dibutuhkan pendidikan tinggi, dan biasanya hanya sebatas SMA saja. Jika anda berkeinginan untuk melamar pekerjaan di toko, maka anda bisa menggunakan contoh surat lamaran kerja yang baik di toko di bawah ini.

Medan, 10 Oktober 2019

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Pimpinan Toko Maju Jaya
Jl. Cindelaras No. 123
Medan

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari Harian Medan Jaya yang terbit pada tanggal 08 Oktober 2019, bahwa toko Maju Jaya sedang membutuhkan karyawan gudang.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Agustus 1994
Jenis Kelamin:Laki Laki
Pendidikan:SMA
Status:Belum Menikah
Telp.:081234567890
Alamat:Jl. Amal No. 124, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan untuk bisa diterima sebagai karyawan toko di Toko Maju Jaya, seperti yang Bapak/Ibu inginkan. Sebelumnya, saya sudah memiliki pengalaman kerja di Toko Sukses Makmur selama kurang lebih 3 tahun dan mengundurkan diri dari sana atas keinginan sendiri.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama ini saya melampirkan :

  1. Fotokopi Ijazah Terakhir
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotocopy SKCK
  4. Fotokopi KTP
  5. Pas Photo 3×4

Besar harapan saya agar Bapak/Ibu bersedia memberikan saya kesempatan untuk bekerja di Toko Maju. Atas perhatian dan kesempatan dari Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

Penutup

Penggunaan surat lamaran kerja memang tidak bisa ditulis dengan asal asalan. Anda harus bisa menulis surat lamaran kerja yang baik, agar lebih menarik perhatian dari pihak perusahaan yang anda lamar. Itulah tadi beberapa contoh surat lamaran kerja yang baik, yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi ketika menulis surat lamaran kerja.