16 Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar 2019

Surat Lamaran Kerja Yang Benar – Menulis surat lamaran kerja memang tidak bisa asal asalan jika anda memang ingin segera mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan. Tidak bisa dipungkiri jika banyak orang berpikir surat lamaran kerja hanyalah sebagai formalitas dalam mencari pekerjaan. Namun nyatanya tidak, karena surat lamaran kerja yang baik dan benar menjadi salah satu penentu.

Jika anda ingin mencari pekerjaan, maka usahakan untuk menulis surat lamaran kerja yang baik menurut bahasa Indonesia. Ada berbagai aturan surat lamaran kerja yang benar yang tidak bisa anda abaikan. Jika anda menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar, maka peluang untuk dipanggil wawancara ataupun menjalani test akan lebih besar. Tentunya juga harus didukung dengan kelengkapan berkas persyaratan.

Sebaliknya, jika anda tidak mengikuti pedoman menulis surat lamaran kerja dengan baik, maka peluang untuk dipanggil wawancara ataupun menjalani test akan semakin kecil. Memang benar jika ini masih hanya sebatas bagian awal saja. Namun jika anda sudah gagal di langkah awal, maka tentu tidak ada kesempatan lagi di langkah selanjutnya.

Anda bisa menulis surat lamaran kerja dari hasil print out, ataupun menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar tulis tangan. Jika memilih untuk menggunakan tulisan tangan, maka usahakan agar surat anda tetap jelas terbaca, dengan tulisan tangan secantik mungkin.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Hal yang paling penting jika ingin menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar adalah menulis surat dengan bagian bagian yang lengkap, menggunakan bahasa yang sopan, singkat, tapi jelas dan padat. Alhasil, anda akan tidak akan kesulitan dalam menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, jelas, serta jelas. Lantas, bagaimana sih bentuk surat lamaran kerja yang baik dan benar?. Berikut di bawah ini beberapa bagian yang harus anda cantumkan pada surat lamaran kerja.

1.Tempat dan Tanggal

Pada intinya, tidak ada bagian yang tidak atau kurang penting dalam penulisan surat lamaran kerja yang menarik. Walaupun hanya sekedar nama tempat dan tanggal, namun bagian ini harus anda cantumkan di bagian paling atas surat lamaran kerja. Anda bisa menuliskan tempat dan tanggal pada bagian kanan atas surat, seperti : Jakarta, 10 Oktober 2022.

2. Perihal Surat

Ada banyak orang yang mengabaikan bagian ini, namun sebenarnya memiliki peranan penting juga. Tidak ada salahnya bagi anda untuk menuliskan perihal atau hal dari isi surat. Dengan demikian, pihak yang anda lamar sebut saja perusahaan akan langsung mengetahui isi dari surat tanpa harus membaca isi surat secara keseluruhan.

Untuk penulisan perihal surat sendiri tidak terlalu susah. Anda bisa menuliskannya di bagian kanan bawah tempat dan tanggal, namun dengan posisi di sebelah kiri. Penulisan perihal surat yang baik dan benar, misalnya : Perihal : Lamaran Pekerjaan, ataupun Hal : Lamaran Pekerjaan. Dalam hal ini, anda bebas menggunakan kata Perihal atau Hal, karena memiliki arti yang sama.

3. Lampiran

Ketika melamar pekerjaan di perusahaan manapun, maka ada berkas atau dokumen yang dibutuhkan sebagai persyaratan administrasi. Kelengkapan dokumen memang sangat penting, namun tidak kalah penting jika di awal surat saja anda bisa memberitahukan jika anda memenuhi semua persyaratan administrasi tersebut.

Caranya tidak lain dan tidak bukan dengan mencantumkan bagian Lampiran di bawah Perihal. Lampiran surat lamaran kerja biasanya terdiri dari satuan lembar. Maka dari itu, anda bisa menulis lampiran surat, misalnya : Lampiran : 7 (Tujuh) Lembar, dan ini hanyalah sekedar contoh, tergantung pada banyaknya berkas yang anda lampirkan.

4. Tujuan atau Alamat Surat Lamaran Kerja

Penulisan alamat surat lamaran kerja yang benar adalah harus ditulis dengan lengkap. Memang bisa dilakukan pada penulisan di amplop surat lamaran kerja. Namun itu saja tidak cukup dan harus dicantumkan juga pada bagian surat, atau tepatnya di bagian lampiran tadi. Contoh di bawah ini mungkin akan bisa anda jadikan bahan referensi.

Kepada Yth,
Kepala Bagian Personalia
PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Mahameru No. 123
Jakarta

Nah, itu adalah cara penulisan tujuan atau alamat surat lamaran kerja yang benar, ketika anda tidak mengetahui nama kepala bagian personalia dari perusahaan yang anda lamar. Namun ada juga beberapa perusahaan yang meminta agar pelamar mencantumkan nama dan jabatan yang akan bertugas menerima surat tersebut.

Jika demikian, maka anda bisa mencantumkan nama dari pejabat HRD/Personalia, tepat di bagian atas dari nama jabatan. Usahakan untuk menggunakan panggilan Bapak atau Ibu ketika menuliskan nama pejabat perusahaan dimaksud.

5. Salam Pembuka

Urutan pembuka surat lamaran kerja yang benar adalah harus dimulai dengan salam. Bisa anda awali dengan salam pembuka, seperti Dengan hormat, lalu dilanjutkan dengan bagian awal pembuka surat.

6. Isi Surat Lamaran Kerja

Penulisan salam pembuka surat lamaran kerja yang benar diawali dengan kata Dengan Hormat. Lalu, langkah apa selanjutnya?, tentu saja menjelaskan maksud dan tujuan surat yang anda kirimkan. Anda pun bisa memberitahukan mengenai bagaimana anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut, apakah dari rekan yang bekerja disana, dari iklan lowongan kerja, ataupun dari informasi lain.

Pada bagian ini, anda juga bisa memberitahukan pengalaman kerja yang sudah anda miliki, terutama jika berkaitan dengan pekerjaan yang anda lamar. Jangan lupa juga untuk mencantumkan berbagai dokumen atau berkas persyaratan yang anda lampirkan pada surat lamaran kerja tersebut.

7. Salam Penutup

Jika diawali dengan salam pembuka, maka harus diakhiri dengan salam penutup. Pada bagian salam penutup ini, anda bisa menyampaikan harapan anda, kirannya bisa diberikan kesempatan untuk diterima dan bekerja di perusahaan tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh salam penutup surat lamaran kerja di bawah ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya, dengan harapan kirannya bisa diberikan kesempatan untuk bekerja di perusahaan Bapak. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya sampaikan terimakasih.

8. Penutup Surat

Pada bagian penutup surat lamaran kerja yang baik dan benar, anda harus mencantumkan beberapa hal, seperti tanda tangan dan juga nama terang anda. Namun sebelumnya, anda bisa mencantumkan kata Hormat Saya, diikuti dengan tanda tangan dan nama anda. Bagian penutup surat ini biasanya ditempatkan di sebelah kanan surat paling bawah, sejajar dengan bagian 1, yakni tempat dan tanggal surat.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Jika anda sudah memahami bagian bagian penting pada surat lamaran kerja tersebut diatas dengan baik, maka seharusnya anda sudah bisa menulis surat lamaran kerja yang menarik. Namun untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan salah satu contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk anda sekalian.

Medan, 20 Oktober 2022

Perihal : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 10 (Sepuluh) Lembar

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Kepala Personalia
PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari iklan lowongan pekerjaan di media online, bahwasanya perusahaan Bapak sedang membutuhkan karyawan dengan posisi sebagai Admin Keuangan.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini bermaksud mengajukan diri untuk bisa diterima dan bekerja sebagai Admin Keuangan di perusahaan Bapak.

Nama:Intan Permatasari, S.Ak
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Agustus 1993
Jenis Kelamin:Perempuan
Pendidikan:Sarjana Akuntansi
Email:intanpermatasari@gmail.com
Telp.:0812-3456-7890
Alamat:Jl. Majapahit No. 123, Medan

Sebelumnya, saya sudah pernah memiliki pengalaman kerja sebagai karyawan kontrak di PT. Sukses Makmur dengan jabatan Admin selama 2 tahun. Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak, bersama ini saya lampirkan :

  1. Fotocopy Ijazah Terakhir Legalisir
  2. Fotocopy Transkrip Nilai Legalisir
  3. Fotocopy KTP
  4. Fotocopy KK
  5. Fotocopy Sertifikat Kompetensi
  6. Surat Pengalaman Kerja
  7. Daftar Riwayat Hidup
  8. Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  9. Surat Keterangan Berbadan Sehat
  10. Pas Foto Ukuran 3 x 4

Besar harapan saya, kirannya bisa diterima dan diberikan kesempatan untuk bekerja di perusahaan Bapak, dan saya akan bekerja dengan baik, serta menaati semua peraturan perusahaan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya. Atas perhatian dan kebijaksanaanya, saya sampaikan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari. S.Ak.

Diatas tadi adalah contoh surat lamaran kerja yang bisa anda pergunakan sebagai contoh. Namun mungkin saja anda membutuhkan atau mencari surat lamaran kerja dalam bentuk file pdf ataupun dalam bentuk file doc. Maka dari itu, kami sudah mempersiapkannya dan anda bisa mendownload di bawah ini.

Adapun preview dari file contoh diatas adalah seperti pada gambar di bawah ini :

Surat Lamaran Kerja
Surat Lamaran Kerja

Penutup

Pada dasarnya, tidak ada hal yang terlalu susah dalam menyusun ataupun menulis surat lamaran kerja agar lebih menarik perhatian pihak perusahaan. Hanya saja banyak orang mengabaikan berbagai hal, seperti kelengkapan bagian, kelengkapan dokumen administrasi yang dibutuhkan, sampai dengan bahasa surat yang digunakan.

Ketika ingin melamar pekerjaan, maka usahakan agar mempersiapkan berbagai dokumen atau berkas yang biasanya diminta pada saat melamar pekerjaan. Dan bukan tidak mungkin juga jika suatu perusahaan tertentu membutuhkan berkas lain yang mungkin tidak anda pikirkan sebelumnya. Namun dokumen tersebut pun harus anda persiapkan jika memang ingin mendapat perhatian dari pihak perusahaan.

Memang harus diakui jika mencari pekerjaan sekarang ini sangatlah susah. Banyaknya pelamar kerja, sementara lowongan kerja yang terbatas sedikit banyaknya mempersulit kita dalam mencari pekerjaan. Namun dengan berbagai usaha, hal ini bisa terlewati dan tidak terkecuali dengan berusaha menarik perhatian pihak perusahaan melalui surat lamaran kerja yang anda kirimkan.

Itulah pembahasan mengenai tata cara dan contoh surat lamaran kerja yang benar. Dengan menggunakan contoh diatas ataupun menerapkan semua penjelasan diatas, setidaknya anda sudah berusaha menarik perhatian pihak perusahaan. Untuk bisa diterima bekerja, tentunya anda juga harus mampu menunjukkan kemampuan anda, terutama jika harus bersaing dengan para pelamar lain.