16 Contoh Surat Masuk dan Surat Keluar Perusahaan, DLL

Contoh Surat Masuk dan Surat Keluar – Sekarang ini sudah ada begitu banyak media komunikasi digital dan elektronik yang dengan mudah kita temukan dan kita pergunakan. Namun tentu saja penggunaan surat masuk dan surat keluar masih berlaku untuk urusan resmi. Berbagai pihak seperti perusahaan, sekolah, kantor dinas dan instansi pemerintahan masih menggunakan surat.

Ada begitu banyak jenis atau contoh surat masuk dan surat keluar resmi yang sering digunakan. Surat surat yang diterbitkan dan dikirimkan kepada pihak lain oleh suatu pihak disebut dengan surat keluar. Sementara semua surat surat yang diterima oleh pihak tersebut dari pihak lain disebut dengan surat masuk. Jadi, contoh surat masuk dan balasannya memang tidak bisa dipisahkan.

Untuk anda yang sudah bekerja dan bertugas menangani urusan surat menyurat, tentu sudah tidak asing lagi dengan penggunaan berbagai jenis dan contoh surat masuk dan surat keluar tersebut. Pada sebuah perusahaan, surat surat yang dipergunakan biasanya tidak jauh dari urusan bisnis ataupun urusan niaga dengan perusahaan lain. Sementara untuk instansi pemerintahan, maka biasanya dipergunakan untuk berkomunikasi dengan instansi lain ataupun untuk internal kantor.

Surat masuk dan surat keluar yang dipergunakan adalah biasanya merupakan surat resmi, dimana kaidah penulisan dan penggunaan bahasa pada surat tersebut harus diperhatikan. Selain itu, surat tersebut juga harus memiliki kop surat, sebagai identitas dari pengirim atau pihak yang menerbitkan surat tersebut.

Contoh Surat Masuk dan Surat Keluar

Menulis contoh surat masuk dan surat keluar bukanlah hal yang terlalu susah. Baik itu contoh surat masuk dan surat keluar pada sekolah, surat masuk dan keluar perusahaan, surat masuk dan keluar dinas, ataupun surat masuk dan surat keluar bisnis. Untuk bisa mengurus contoh surat menyurat perusahaan dan mengkonsep surat dengan baik, maka anda bisa mencari contoh surat di internet terlebih dahulu sebagai bahan referensi.

Untuk anda yang masih sekolah atau masih kuliah, mungkin juga mendapat tugas untuk menulis berbagai contoh surat masuk dan surat keluar. Maka dari itu, di bawah ini adalah beberapa contoh surat masuk dan surat keluar yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Masuk dan Surat Keluar Dinas

Penggunaan contoh surat masuk dan surat keluar dinas memang seringkali kita temukan pada berbagai dinas atau instansi pemerintahan. Jika anda menerima surat masuk dinas, maka bisa mengirimkan contoh surat balasan berupa surat dinas keluar. Berbagai instansi sering menggunakan surat dinas untuk berkomunikasi dengan instansi lainnya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat masuk dan surat keluar dinas di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 12 Oktober 2019

Nomor : 123/Disdik/10/2019
Perihal : Undangan Rapat

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Kepala Sekolah
SMA Se-derajat Se-Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Persiapan Ujian Nasional TA 2019/2020 sudah semakin dekat dan semua sekolah harus mempersiapkan diri untuk menyambut Ujian Nasional tersebut tanpa terkecuali. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan harus dipenuhi.

Sinergi yang baik antara dinas pendidikan, pihak sekolah, siswa dan orang tua memiliki peranan yang sangat besar demi kesuksesan Ujian Nasioanl. Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu semua Kepala Sekolah SMA Se-derajat se-Kota Medan untuk menghadiri rapat yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/20 Oktober 20919
Waktu:Pukul 09.00 – Selesai
Tempat:Aula Dinas Pendidikan Kota Medan

Mengingat pentingnya acara ini, maka kami berharap agar semua undangan bisa hadir tepat pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan.

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Masuk dan Surat Keluar Perusahaan

Tidak jauh berbeda dengan kantor dinas, penggunaan berbagai contoh surat masuk dan surat keluar perusahaan juga tidak bisa ditinggalkan. Ketika anda menerima contoh surat masuk perusahaan, maka bisa membalasnya dengan contoh surat keluar perusahaan. Dan pada umumnya surat yang dipergunakan tidak jauh dari urusan bisnis atau niaga. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat masuk perusahaan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 12 Oktober 2019

Nomor : 123/MJS/10/2019
Hal : Pesanan Barang

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Kami ucapkan terimakasih atas surat penawaran yang Bapak/Ibu kirimkan pada tanggal 10 Oktober 2019 yang lalu, dengan nomor surat 72/SA/IV/19. Surat teresebut sudah kami terima dengan baik, dan dengan ini kami bermaksud memesan barang barang seperti di bawah ini :

  1. 15 Unit TV LED Samsung 32 Inchi
  2. 15 Unit TV LED Samsung 24 Inchi
  3. 15 Buah Kompor Listrik
  4. 15 Unit Kulkas 2 Pintu
  5. 15 Unit Kipas Angin Miyako 21 Inchi

Kami berharap agar barang barang tersebut bisa kami terima secepatnya, setidaknya pada tanggal 20 Oktober 2019 mendatang. Mengenai pembayaran, akan kami lakukan dengan menggunakan metode transfer, dua hari setelah barang barang tersebut kami terima. Untuk bukti pembayaran, kami akan mengirimkan fotocopy struk transfer yang kami lakukan kepada Bapak/Ibu.

Demikian surat pesanan ini kami sampaikan, atas perhatian dan pelayanannya yang baik, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Masuk Resmi

Berbagai contoh surat keluar resmi perusahaan biasanya digunakan untuk keperluan bisnis. Beberapa contoh surat masuk resmi juga bisa dipergunakan oleh dinas instansi, lembaga, ataupun organisasi. Dan anda pun bisa membalasnya dengan menggunakan contoh surat keluar resmi tentunya. Untuk bahan contoh, di bawah ini merupakan salah satu contoh surat masuk resmi untuk anda sekalian.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 12 Oktober 2019

Nomor : 255/IM/IV/10/2019
Perihal : Permintaan Penawaran

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan Hormat,
Perkenalkan, perusahaan kami adalah PT. Maju Jaya Sejahtera, yang memiliki banyak kantor cabang di kota Medan, yang tentunya juga memiliki banyak perangkat AC pada setiap kantor cabangnya. Dan untuk itu, kami pun membutuhkan teknisi teknisi yang berpengalaman di bidangnya untuk menanangani dan melakukan perawatan pada ac yang kami pergunakan dengan rutin dan terjadwal.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami bermaksud ingin menggunakan jasa dari Bapak/Ibu, yang menyediakan service AC dengan rutin pada beberapa perusahaan dan selalu memberikan laporan bulanan mengenai perawatan AC. Kami pun berharap agar Bapak/Ibu bisa menjelaskan secara rinci mengenai perawatan yang akan dilakukan untuk bisa memperpanjang masa pemakaian AC dan mencegah kerusakan dengan lebih dini.

Tidak terkecuali, kami pun meminta agar Bapak/Ibu menjelaskan mengenai sistem pembayaran yang bisa diterima oleh Bapak/Ibu. Setelah mendapatkan informasi tersebut, maka kami pun akan mempertimbangkan kembali mengenai keputusan kami untuk menggunakan jasa yang Bapak/Ibu miliki.

Demikian surat permintaan penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Masuk Penawaran Barang

Jika anda menawarkan barang kepada perusahaan lain, maka bisa menggunakan surat keluar penawaran barang. Namun jika anda menerima penawaran dari perusahaan lain, maka surat yang digunakan disebut dengan contoh surat masuk penawaran barang. Untuk perusahaan produksi, tentu saja akan sering menggunakan contoh surat masuk barang dan contoh surat keluar barang. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat masuk dan surat keluar penawaran barang di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 12 Oktober 2019

Nomor :11/12/11/2019
Hal : Penawaran Barang
Lamp : 1 Buah Brosur

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, perusahaan Saudara merupakan salah satu perusahaan distributor barang barang elektronik yang sekarang ini sedang maju pesat di Kota Medan. Kami pun berpikir jika perusahaan Saudara harus memiliki pasokan barang barang elektronik yang berkualitas, namun dengan harga yang terjangkau.

Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami pun bermaksud menawarkan barang barang elektronik yang diproduksi oleh perusahaan kami. Tentunya akan saling menguntungkan bagi kedua perusahaan jika Saudara bersedia menjadi distributor dari  barang barang elektronik yang kami miliki. Tidak lupa, kami pun akan menawarkan harga khusus kepada Saudara.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Masuk dan Surat Keluar Niaga

Untuk memperlancar usaha, maka penggunaan contoh surat masuk niaga ataupun contoh surat keluar niaga memang adalah wajib. Contoh surat niaga masuk dan keluar ini biasanya berisikan penawaran, pesanan, perkenalan, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat masuk dan surat keluar niaga di bawah ini.

PT. MAJU JAYA EXPRESS
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 12 Oktober 2019

Nomor : 123/MJE/10/2019
Perihal : Penawaran Jasa

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Perkenalkan, kami adalah PT. Maju Jaya Express yang berfokus pada bidang jasa pengiriman barang. Kami melayani pengiriman barang antar kota dan antar pulau di seluruh kota kota di Indonesia. Dan menurut informasi yang kami dapatkan, perusahaan Bapak/Ibu merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi peralatan elektronik yang sering mengirimkan barang pesanan ke luar kota.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami pun bermaksud menawarkan jasa yang kami miliki kepada Bapak/Ibu, untuk bisa menjadi agen pengiriman terpercaya di perusahaan Bapak/Ibu. Kami melayani penjemputan barang kiriman ke perusahaan Bapak/Ibu, dan mengirimkan barang tersebut ke alamat langsung dari para pelanggan Bapak/Ibu.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Express,

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Masuk Pesanan Barang

Untuk perusahaan produksi barang, tentu akan sering mendapatkan contoh surat masuk barang. Anda pun bisa mengirimkan surat keluar penawaran barang agar lebih dikenal perusahaan lain. Dalam hal penjualan atau pengiriman barang, anda tentu tidak akan terlepas surat masuk keluar barang.

Ketika akan mengirimkan barang pesanan, anda bisa terlebih dahulu membuat surat keluar barang atau contoh surat keluar barang. Untuk lebih jelansnya, anda bisa melihat contoh surat masuk dan surat keluar pesanan barang di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 12 Oktober 2019

Nomor : 123/MJS/10/2019
Perihal : Pesanan Barang

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Kami ucapkan terimakasih atas surat penawaran yang Bapak/Ibu kirimkan kepada kami mengenai barang barang alat tulis kantor. Kami pun sudah mempertimbangkan dengan baik dan kami berniat untuk membeli beberapa barang atk dari perusahaan Bapak/Ibu. Untuk itu, kami memesan barang barang berikut ini :

  1. 25 RIM Kertas A4
  2. 25 Lusin Pensil 2B
  3. 25 Lusin Pulpen Hitam
  4. 25 Kotak Paper Clip
  5. 25 Kotak Amplop Surat Air Mail

Kami berharap agar barang barang tersebut bisa kami terima secepatnya, atau paling lambat pada tanggal 30 Oktober 2019 kami sudah menerima barang pesanan tersebut di perusahaan kami. Mengenai pembayaran, akan kami lakukan dengan cara transfer, satu minggu setelah barang barnag pesanan kami terima. Adapun bukti pembayaran akan kami kirimkan kepada Bapak/Ibu sebagai bukti.

Demikian surat pesanan ini kami sampaikan, atas perhatian dan pelayanannya yang baik, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Masuk dan Surat Keluar Bisnis

Contoh surat keluar bisnis bisa anda pergunakan ketika berkomunikasi dengan pelanggan. Anda pun akan mendapatkan balasan berupa contoh surat masuk perusahaan. Berbagai contoh surat menyurat perusahaan memang selalu digunakan untuk memperlancar jalannya bisnis perusahaan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat masuk bisnis di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 12 Oktober 2019

Nomor : 123/MJS/10/2019
Perihal : Konfirmasi Pesanan

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Kami ucapkan terimakasih yang sebesar besarnya atas kepercayaan Bapak/Ibu dalam membeli barang barang elektronik dari perusahaan kami. Surat pesanan yang Bapak/Ibu kirimkan pada tanggal 05 Oktober 2019 yang lalu dengan nomor surat 123/SM/10/2019 sudah kami terima dengan baik.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami pun ingin memastikan dan mengonfirmasi jenis jenis barang elektronik yang Bapak/Ibu pesan, seperti di bawah ini :

NoNama BarangJumlahHarga
1Komputer Acer2@ Rp 4.500.000,-
2Mesin Fotokopi3@ Rp 5.800.000,-
3Printer2@ Rp 800.000,-
4Mesin Jilid2@ Rp 1.300.000,-

Pesanan Bapak/Ibu sudah kami kami proses secepat mungkin dan akan kami kirimkan pada besok hari, Selasa, 13 Oktober 2019 dengan menggunakan Kilat Express seperti yang Bapak/Ibu minta.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

8. Contoh Surat Masuk dan Surat Keluar Hotel

Bukan hanya perusahaan ataupun instansi pemerintahan saja yang sering menerima surat masuk, namun juga hotel sebagai salah satu badan usaha. Sebuah hotel bisa saja menerima surat masuk perusahaan lain, contoh surat masuk penawaran barang atau penawaran jasa. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat masuk hotel di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
AC SERVICE – AC MAINTENANCE

Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 12 Oktober 2019

Nomor : 123/MJS/10/2019
Perihal : Penawaran Jasa

Kepada Yth,
Pimpinan Hotel Sukses Jaya
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Perkenalkan, kami adalah perusahaan dengan nama PT. Maju Jaya Sejahtera yang bergerak di bidang jasa service dan maintenance AC. Perusahaan kami sudah berpengalaman di bidang ini dan sudah memiliki banyak pelanggan di kota Medan.

Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami bermaksud untuk menawarkan jasa yang kami miliki kepada Bapak/Ibu pimpinan Hotel Sukses Jaya. Kami bersedia untuk melakukan service dan maintenance secara berkala pada semua perangkat AC yang terdapat di Hotel Bapak/Ibu.

Kami juga akan memastikan jika masa pakai perangkat AC di Hotel Bapak/Ibu akan jauh lebih panjang jika dirawat oleh para teknisi kami yang berpengalaman. Untuk pertanggungjawaban, kami pun akan memberikan laporan bulanan kepada Bapak/Ibu mengenai kondisi semua perangkat AC dan kemungkinan dibutuhkannya perbaikan untuk mencegah kerusakan parah.

Jika Bapak/Ibu bersedia menjalin kerjasama dengan kami, maka bisa menghubungi kami pada nomor telepon yang tersedia ataupun mengirimkan surat balasan kepada kami. Kami tentu akan sangat senang jika bisa menjalin kerjasama dengan Bapak/Ibu.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

9. Contoh Surat Keluar Perusahaan

Membuat contoh surat keluar perusahaan bukanlah hal yang susah. Namun untuk surat balasan, maka surat keluar perusahaan yang anda kirimkan harus berhubungan dengan contoh surat masuk perusahaan yang sudah anda terima. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat masuk keluar perusahaan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 12 Oktober 2019

Nomor : 123/MJS/10/2019
Perihal : Penawaran Barang
Lampiran : 1 Brosur

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Berdasarkan pengamatan kami, PT. Sukses Makmur merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan keuangan dan sekarang ini memiliki rencana untuk membuka kantor cabang baru di Medan. Dengan demikian, tentu saja Bapak/Ibu akan membutuhkan banyak peralatan kantor untuk dipergunakan pada kantor baru tersebut.

Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami bermaksud menawarkan produk produk peralatan kantor dan perabotan kantor yang tentu saja akan Bapak/Ibu butuhkan. Adapun barang barang dan peralatan kantor yang kami miliki memiliki kualitas tinggi, namun dengan harga yang terjangkau.

Jika Bapak/Ibu bersedia, maka bisa menghubungi kami pada nomor telepon yang tersedia ataupun mengirimkan surat balasan langsung kepada kami. Jika Bapak/Ibu membeli dengan jumlah pembayaran minimal Rp. 25.000.000, maka kami akan memberika diskon sebesar 5% tanpa syarat, yang tentunya akan menguntungkan untuk perusahaan Bapak/Ibu.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Keluar Barang

Contoh surat keluar barang bisa juga disebut sebagai nota pembelian barang yang anda kirimkan kepada pembeli. Jadi, saat sudah mengirimkan barang pesanan, anda juga harus mengirimkan contoh surat pengeluaran barang kepada pembeli. Dalam hal ini, maka surat tersebut adalah contoh surat masuk barang untuk pelanggan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keluar barang di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KELUAR BARANG

Nama Pelanggan : Toko Sukses Makmur
Alamat : Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan
Nomor : INV/123/MJS/10/2019
Tanggal : 11 Oktober 2019

Bersama ini kami kirimkan barang barang sebagai berikut :

No.Nama BarangJumlahHarga @
1TV LED Samsung 32 Inchi25Rp. 3.000.000,-
2TV LED Samsung 24 Inchi25Rp. 2.500.000,-
3Kulkas Polytron 2 Pintu25Rp. 3.000.000,-
4Kulkas Samsung 2 Pintu25Rp. 3.500.000,-
5Mesin Cuci Polytron25Rp. 5.000.000,-

Demikian surat keluar barang ini kami perbuat dengan sebenarnya.

Medan, 12 Oktober 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

11. Contoh Surat Masuk dan Surat Keluar Resmi

Contoh surat masuk dan surat keluar resmi bisa saja dipergunakan oleh siapa saja, seperti instansi pemerintahan, lembaga, organisasi, ataupun perusahaan yang menggunakan contoh surat keluar resmi perusahaan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keluar resmi di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 12 Oktober 2019

Nomor : 123/SMAN1/10/2019
Perihal : Pemberitahuan

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Siswa
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan para siswa/i SMAN 1 Medan, khususnya kelas IPA, maka kami dari pihak SMA Negeri 1 Medan bermaksud melakukan studi lapangan yang akan diikut oleh para siswa/i kelas IPA, yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/20 Oktober 2019
Pukul:08.00 – Selesai
Tempat:Aula Sekolah

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd.
NIP. 873346 4364 7163.

12. Contoh Surat Masuk dan Surat Keluar Penawaran Barang

Untuk produsen penyedia barang, maka tentu akan sangat baik jika menggunakan surat keluar penawaran barang. Berbagai contoh surat keluar penawaran bisa anda pergunakan, tergantung dari produk atau barang yang anda sediakan. Hal ini diperlukan agar barang barang yang anda jual lebih mudah dikenal oleh pihak lain, dan menarik minat daya beli mereka. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keluar penawaran barang di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 12 Oktober 2019

Nomor : 123/MJS/10/2019
Perihal : Penawaran Barang
Lampiran : 1 Brosur

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Berdasarkan pengamatan kami, PT. Sukses Makmur merupakan salah satu perusahaan distributor yang fokus dalam menjual barang barang elektronik. Kami pun berpikir jika perusahaan Bapak/Ibu harus memiliki pasokan barang elektronik dengan kualitas tinggi, namun dengan harga yang terjangkau. Hal tersebut tentu akan semakin memajukan perusahaan Bapak/Ibu.

Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami bermaksud menawarkan produk produk elektronik yang sudah terbukti dari perusahaan kami dan memiliki banyak peminat. Adapun barang barang elektronik yang kami miliki selalu mengutamakan kualitas, namun dengan harga yang terjangkau.

Jika Bapak/Ibu bersedia, maka bisa menghubungi kami pada nomor telepon yang tersedia ataupun mengirimkan surat balasan langsung kepada kami. Jika Bapak/Ibu membeli dengan jumlah pembayaran minimal Rp. 100.000.000 (seratus juta rupiah), maka kami akan memberika diskon sebesar 10% tanpa syarat, yang tentunya akan menguntungkan untuk perusahaan Bapak/Ibu.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

13. Contoh Surat Keluar Kerja

Surat keluar kerja pada umumnya dipergunakan oleh para karyawan yang ingin mengundurkan diri dari perusahaan atau tempat dimanapun mereka bekerja. Pengunduran diri ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan, yang bisa diberitahukan namun juga bisa tidak. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keluar kerja di bawah ini.

Medan, 12 Oktober 2019

Perihal : Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Jabatan:Staff Personalia

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Sukses Makmur, terhitung dari tanggal 01 November 2019 mendatang.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan kerja yang diberikan oleh perusahaan kepada saya. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan dari rekan rekan dan atasan yang saya terima selama ini, secara langsung maupun tidak langsung.

Tidak lupa, saya juga ingin meminta maaf atas semua kesalahan yang mungkin pernah saya perbuat selama saya bekerja di PT. Sukses Makmur. Dan saya berharap agar PT. Sukses Makmur semakin sukses ke depannya dan bisa berkembang dengan cepat.

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran atas keinginan sendiri dan tidak ada paksaan dari siapa pun.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

14. Contoh Surat Keluar Sekolah

Berbagai contoh surat masuk dan surat keluar pada sekolah seringkali dipergunakan. Untuk mengirimkan surat kepada pihak lain, maka sekolah bisa menggunakan contoh surat keluar sekolah secara resmi. Begitu juga ketika menerima surat dari pihak lain, sehingga contoh surat masuk dan surat keluar sekolah tidak bisa dipisahkan.

Sementara jika seorang guru atau murid mengundurkan diri dari sekolah, maka bisa menggunakan surat keluar sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keluar sekolah di bawah ini.

Medan, 12 Oktober 2019

Perihal : Pengunduran Diri Sekolah

Kepada Yth,
Ibu Intan Permatasari
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan orang tua siswa dari :

Nama:Intan Permatasari
Kelas:XI SMP Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud memberitahukan pengunduran diri anak kami dari SMA Negeri 1 Medan. Hal ini dikarenakan saya sebagai orang tua harus pindah tugas ke Pekanbaru sebagai seorang TNI AD. Dengan demikian, kami sekeluarga akan pindah kesana dan tidak mungkin meninggalkan anak kami di Medan sendirian.

Mengenai pengurusan administrasi kepindahan sekolah anak kami, nantinya akan kami urus selanjutnya beserta dengan anak kami, sekalian berpamitan dengan teman teman sekolah dan Bapak/Ibu guru sekalian.

Demikian surat pengunduran diri ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

Anton Syahputra.

15. Contoh Surat Keluar Niaga

Contoh surat masuk dan surat keluar niaga selalu dipergunakan oleh berbagai perusahaan untuk keperluan niaga ataupun perdagangan. Namun untuk keperluan komunikasi dengan perusahaan lain, tentu saja anda harus menggunakan contoh surat keluar niaga.

Surat niaga keluar ini bisa anda pergunakan ketika menerima contoh surat masuk niaga dari perusahaan lain ataupun atas inisiatif sendiri. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keluar niaga yang berisikan pesanan barang di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 12 Oktober 2019

Nomor : 123/MJS/10/2019
Perihal : Pesanan Barang

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Kami mengucapkan terimakasih atas surat penawaran yang Bapak/Ibu kirimkan pada tanggal 05 Oktober 2019 yang lalu, dengan nomor surat 123/SM/11/2019, mengenai penawaran barang elektronik. Setelah berdiskusi dengan Departemen Pengadaan Barang, maka kami memutuskan untuk membeli barang barang berikut ini :

  1. 10 Unit TV LED Samsung 32 Inchi
  2. 10 unit TV LED Samsung 24 Inchi
  3. 10 Unit Mesin Fotocopy
  4. 10 Unit Mesin Fax
  5. 10 Unit Printer 3 In 1

Kami berharap agar barang pesanan kami diproses secepatnya dan sudah bisa kami terima setidaknya pada tanggal 20 Oktober mendatang. Mengenai pembayaran akan kami lakukan dengan cara tunai di kantor kami, pada saat barang pesanan sudah kami terima dan diperiksa dalam keadaan baik semua.

Demikian surat pesanan barang ini kami sampaikan, atas perhatian dan pelayanan Bapak/Ibu yang baik, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

16. Contoh Surat Masuk dan Surat Keluar Dalam Bahasa Inggris

Di Indonesia, anda mungkin akan sangat jarang menerima contoh surat masuk dalam bahasa inggris. Begitu juga sebaliknya, anda akan sangat jarang atau bahkan tidak pernah contoh surat keluar bahasa inggris. Namun jika anda masih sekolah atau kuliah, maka mungkin saja anda mendapat tugas untuk menulis surat keluar bahasa Inggris.

Begitu juga jika anda berkomunikasi dengan perusahaan dari luar negeri, maka tentu harus menggunakan surat masuk bahasa inggris dan surat keluar bahasa inggris. Untuk bahan contoh, anda bisa melihat contoh surat masuk dalam bahasa Inggris di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, October, 12 2019

Number : 123.SMAN1/10/2019
Subject : Invitation

To :
Mr/Mrs Parents of Student
SMA Negeri 1 Medan
In Place

With Respect,
In connection with the entry of the new semester, of course there are many things that must be discussed between the school and parents / guardians of students. Therefore, we want to invite you to come to the meeting to be held on :

Day/Date:Monday/October 20, 2019
Time:09.00 – 12.00 AM
The Place:Hall of SMA Negeri 1 Medan
Event:Students SPP Fee

Considering the importance of this event, we sincerely hope that the spirit of the Mr/Mrs at the meeting will be held at the time and place that has been determined.

We convey this invitation letter, for your attention and presence, we thank you.

Best Regards,
Headmaster of SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd.
NIP. 349436 4364 7643.

Penutup

Penggunaan berbagai contoh surat masuk dan contoh surat keluar memang masih seringkali dipergunakan oleh berbagai pihak. Surat sebagai media komunikasi resmi memiliki kekuatan hukum dan bisa dijadikan bukti yang valid jika terjadi permasalahan di kemudian hari.

Jadi tidak heran jika berbagai contoh surat masuk dan balasannya masih diperlukan, terutama untuk surat masuk dan suart keluar perusahaan. Itulah tadi beberapa contoh surat masuk dan surat keluar yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.