16 Contoh Surat Pengajuan Barang Kantor/Perusahaan

Contoh Surat Pengajuan Barang – Penggunaan berbagai peralatan dan barang tentu hal yang tidak bisa dihindari di dunia pekerjaan. Baik itu di perusahaan, instansi pemerintahan, bahkan juga lembaga swasta dan pemerintah. Dalam hal ini, pengadaan semua inventaris kantor yang digunakan tentu harus melewati beberapa tahap dan pertimbangan terlebih dahulu.

Ada banyak jenis barang yang dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan. Beberapa diantaranya merupakan barang yang bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, namun sebagian lagi hanya digunakan sekali saja. Semua kebutuhan akan barang tersebut bisa terpenuhi setelah pihak yang bersangkutan mengajukan surat pengajuan barang kepada bagian terkait atau atasan.

Atas hal tersebut, maka pengadaan barang kantor ataupun inventaris harus dilakukan secara berkala. Jika perusahaan memiliki karyawan baru misalnya, tentu saja harus mempersiapkan berbagai macam barang demi kebutuhan pekerjaan karyawan baru tersebut. Mulai dari kursi dan meja kerja, laptop atau komputer, dan juga berbagai jenis barang lainnya.

Pengadaan barang memang merupakan hal yang mutlak di dunia kerja. Namun tetap saja harus melewati pengajuan barang kantor atau inventaris terlebih dahulu, yang biasanya diajukan oleh pihak yang bersangkutan.

Contoh Surat Pengajuan Barang

Penggunaan berbagai jenis dan contoh surat pengajuan memang sering digunakan di dunia kerja, salah satunya adalah pengadaan barang. Ketika anda membutuhkan barang kantor atau inventaris kerja, maka tinggal mengonsep surat pengajuan barang dan memberikannya kepada atasan ataupun pihak terkait yang ditunjuk.

Menulis atau membuat surat pengajuan barang bukanlah hal yang susah. Anda tinggal mendata barang yang dibutuhkan, lalu mengajukannya melalui surat resmi. Di bawah ini adalah beberapa contoh surat pengajuan barang yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Pengajuan Barang Kantor Ke Perusahaan

Surat pengajuan barang ke perusahaan merupakan salah satu yang paling sering dipergunakan. Dalam suatu perusahaan, tentu ada sangat banyak barang yang dibutuhkan. Dan pada umumnya, setiap perusahaan sudah memiliki bagian atau departemen yang khusus menangani urusan sarana dan prasarana tersebut.

Jika misalnya saja bagian marketing ingin mengajukan pengadaan barang, maka bisa menggunakan surat yang ditujukan kepada pihak terkait. Pengajuan barang kantor tentunya harus disetujui terlebih dahulu, dan itulah kegunaan surat pengajuan barang.

Anda pun tidak akan kesulitan menulis pengajuan barang kantor ke perusahaan, karena pada umumnya setiap perusahaan sudah memiliki format pengajuan tersendiri. Namun apabila tidak ada, maka contoh surat pengajuan barang kantor ke perusahaan di bawah ini bisa anda pergunakan sebagai referensi.

DEPARTEMEN PERSONALIA
PT. Maju Jaya Sejahtera

Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 23 November 2020

Nomor : 123/PB/DP-MJS/2020
Perihal : Pengajuan Pengadaan Barang

Kepada Yth,
Kepala Departemen Sarana dan Prasarana
PT. Maju Jaya Sejahtera

Dengan hormat,
Sehubungan dengan bertambahnya pegawai Departemen Personalia PT. Maju Jaya Sejahtera, maka tentu bertambah juga kebutuhan akan barang kantor yang harus kami miliki. Untuk itu, kami bermaksud mengajukan pengadaan barang seperti di bawah ini :

Jenis BarangJumlah
Kursi Kerja1 Unit
Meja Kerja1 Unit
Laptop1 Unit

Kami berharap barang tersebut sudah kami terima selambat – lambatnya pada tanggal 30 November 2020, dikarenakan pegawai baru akan mulai masuk kerja pada tanggal 01 Desember 2020 sesuai dengan instruksi dari atasan.

Demikian surat pengajuan pengadaan barang ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Departemen Personalia,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Pengajuan Barang Inventaris

Barang inventaris merupakan barang yang sejatinya harus dimiliki demi kelancaran proses kerja. Bukan hanya untuk pekerjaan, namun juga di sekolah ataupun lembaga lainnya tentu akan sangat dibutuhkan. Misalnya saja barang inventaris sekolah yang harus dimiliki demi kelancaran proses belajar mengajar.

Salah satu contoh kecil adalah sekolah yang membutuhkan inventaris siswa berupa meja, kursi dan lain sebagainya. Seiring berjalannya waktu, bisa saja sebuah sekolah menambah kuota penerimaan siswa baru, yang mana berimbas pada penambahan inventaris juga.

Dalam hal ini, bagian kemahasiswaan bisa mengajukan pengadaan barang kepada bagian sarana dan prasarana sekolah tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengajuan barang inventaris sekolah di bawah ini.

BAGIAN KEMAHASISWAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN

Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 20 Juni 2021

Nomor : 123/PB/BK-SMAN1/2021
Perihal : Pengadaan Barang Inventaris

Kepada Yth,
Kepala Bagian Sarana dan Prasaran
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Menindaklanjuti arahan Kepala Sekolah untuk menambah kuota jumlah penerimaan Siswa Baru Tahun Ajaran 2021/2022, maka dengan ini kami sampaikan bahwasanya kita membutuhkan penambahan barang inventaris kelas pada saat memasuki Tahun Ajaran Baru.

Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami bermaksud mengajukan pengadaan barang inventaris kelas, berupa :

Jenis BarangJumlah
Meja Guru1 Buah
Kursi Guru1 Buah
Meja Siswa15 Buah
Kursi Siswa30 Buah
Papan Tulis1 Buah

Demi kelancaran proses belajar mengajar, maka kami berharap barang – barang inventaris tersebut sudah tersedia saat memasuki Tahun Ajaran 2021/2022 mendatang pada tanggal 14 Juli 2021.

Demikian surat pengajuan pengadaan barang ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Kemahasiswaan,

Anton Syahputra, M.Pd.
NIP. 3246 7346 2632 7343.

3. Contoh Surat Pengajuan Barang Sekolah

Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada di bawah pengawasan Dinas Pendidikan setiap daerah. Oleh karena itu, sebuah sekolah bisa saja mengajukan pengadaan barang ke Dinas Pendidikan setempat. Adapun barang yang diajukan berbagai macam, mulai dari peralatan kantor sampai dengan inventaris untuk siswa sekolah.

Dalam hal ini, Kepala Sekolah menjadi orang yang bertanggung jawab terhadap pengajuan barang. Surat tersebut harus ditanda tangani oleh kepala sekolah, dan bisa mempertanggung jawabkan pemanfaatan barang tersebut. Di bawah ini adalah contoh surat pengajuan barang sekolah yang bisa anda pergunakan.

Contoh Surat Pengajuan Barang Sekolah
Surat Pengajuan Barang Sekolah

Penutup

Pengadaan barang pada suatu instansi, perusahaan, ataupun lembaga memang membutuhkan proses. Semuanya harus dilakukan secara bertanggung jawab dan harus mendapat persetujuan dari pihak terkait. Surat ini tidak hanya bisa digunakan di lingkungan internal saja. Namun juga untuk pihak eksternal, seperti misalnya surat pengajuan barang dari kepala sekolah kepada Dinas Pendidikan daerah setempat.

Sementara untuk perusahaan, kebanyakan surat pengajuan barang memang digunakan untuk internal. Dalam hal ini, surat bisa ditujukan kepada atasan di perusahaan ataupun kepada pihak yang ditunjuk untuk menangani sarana dan prasarana. Itulah beberapa contoh surat pengajuan barang yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.