16 Contoh Surat Pengantar Proposal Sponsor, Kerjasama, Dana

Contoh Surat Pengantar Proposal – Sebagian besar dari anda tentu sudah tau atau setidaknya pernah mendengar mengenai kata proposal. Ya, jika diartikan dengan sederhana, maka proposal merupakan suatu rancangan kegiatan atau event yang dibuat secara tertulis dan terperinci. Dalam hal ini, proposal seringkali dipergunakan ketika akan melaksanakan suatu kegiatan ataupun suatu event event tertentu.

Namun sebenarnya pengertian proposal tidaklah sesempit itu. Proposal juga bisa digunakan sebagai pengajuan kerjasama kepada pihak lain ataupun kepada perusahaan lain. Namun yang paling sering kita temui adalah yang berkaitan dengan suatu kegiatan, dan dengan tujuan untuk meminta bantuan dana atau sponsor dari pihak lain. Jadi bisa disimpulkan jika surat pengantar propsal ini termasuk ke dalam bagian surat permohonan yang bisa dipergunakan oleh berbagai pihak.

Salah satu jenis surat resmi ini biasanya dipergunakan oleh para pihak yang menjadi panitia dari suatu acara. Dan proposal dari acara tersebut mungkin akan perlu diberikan kepada pihak lain, dimana perlu menggunakan surat pengantar proposal. Jadi, anda tidak bisa memberikan proposal begitu saja kepada orang lain, melainkan harus menggunakan surat pengantar proposal.

Anda mungkin saja mengajukan proposal kepada pihak lain dengan menggunakan media komunikasi lain. Menyampaikan proposal tidaklah semudah berkomunikasi mengenai hal lain, karena pada suatu proposal terdapat banyak data dan informasi yang terperinci. Dan untuk memberikan proposal kepada pihak lain, anda pun bisa menggunakan salah satu surat resmi, yakni surat pengantar proposal

Contoh Surat Pengantar Proposal

Surat pengantar proposal tidaklah berbeda jauh dengan berbagai contoh surat pengantar lainnya. Namun khusus jenis ini, yang diantarkan hanyalah mengenai proposal. Menulis surat pengantar proposal pun bukanlah hal yang terlalu susah, karena penulisannya tidak berbeda jauh dengan surat pengantar lainnya.

Namun jika anda membutuhkan beberapa contoh surat sebagai bahan referensi, maka di bawah ini adalah beberapa contoh surat pengantar proposal yang bisa anda gunakan.

1. Contoh Surat Pengantar Proposal Sponsor

Jika anda ingin atau akan melaksanakan suatu event, maka tentu harus membutuhkan banyak biaya, dan biaya tersebut bisa anda dapatkan dari para sponsor. Namun untuk bisa mencari sponsor, maka berarti anda harus mengirimkan proposal event kepada mereka. Maka dari itulah, anda bisa menggunakan contoh surat pengantar proposal sponsor di bawah ini sebagai bahan referensi.

KARANG TARUNA BAKTI JAYA
KELURAHAN PADANG BULAN
Kecamatan Medan Baru Kota Medan
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

Medan, 15 September 2019

Nomor : 123/KTBJ/09/2019
Perihal : Pengantar Proposal Sponsor
Lampiran : 1 Bundel Proposal

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Dalam rangka menampung aspirasi dan mengembangkan minat para remaja di Kelurahan Padang Bulan, khususnya di bidang olahraga, maka kami dari Karang Taruna Bakti Jaya Kelurahan Padang Bulan sudah mempersiapkan kegiatan pertandingan sepak bola antar klub di Kelurahan Padang Bulan yang akan dilaksanakan pada :

Tanggal:20 – 30 September 2019
Tempat:Lapangan Bola Padang Bulan

Sehubungan dengan hal tersebut, kami bermaksud untuk mengajukan proposal kepada Bapak pimpinan PT. Sukses Makmur agar menjadi sponsor dari kegiatan pertandingan olahraga tersebut. Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak, bersama ini kami juga sudah melampirkan 1 bundel proposal kegiatan.

Demikian surat pengantar proposal ini kami sampaikan, atas perhatian dan partisipasi Bapak, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Ketua Karang Taruna Bakti Jaya,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Pengantar Proposal Kerjasama

Suatu perusahaan tentu harus bisa menjalin kerjasama yang baik dengan perusahaan lain. Dengan demikian, maka perusahaan tersebut pun akan lebih cepat berkembang dan bisa memperoleh keuntungan yang banyak. Untuk itu, anda pun bisa nengajukan proposal kerjasama kepada perusahaan lain. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar proposal kerjasama di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 15 September 2019

Nomor : 123/MJS/09/2019
Perihal : Pengantar Proposal Kerjasama
Lampiran : 1 Bundel

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Sebelumnya kami perkenalkan perusahaan kami, yakni PT. Maju Jaya Sejahtera yang bergerak di bidang produksi barang barang elektronik. Dan menurut informasi yang kami dapatkan PT. Sukses Makmur merupakan salah satu perusahaan distributor yang khusus menyalurkan barang barang elektronik.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami pun bermaksud mengajukan proposal kerjasama kepada Bapak, untuk bisa menjadi distributor dari barang barang elektronik yang kami produksi. Adapun ketentuan dan semua informasi mengenai hal tersebut, sudah kami cantumkan pada lampirkan bersama dengan surat ini.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamannya yang baik, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Pengantar Proposal Sponsorship

Suatu kegiatan yang membutuhkan banyak biaya mungkin tidak akan bisa berjalan dengan lancar tanpa bantuan dari pihak sponsorship. Namun untuk mendapatkan sponsorship tentu saja anda harus melakukan usaha. Anda bisa memberikan proposal kepada orang lain, dan mengutarakan maksud dan tujuan anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar proposal sponsorship di bawah ini.

KARANG TARUNA BAKTI JAYA
KELURAHAN PADANG BULAN
Kecamatan Medan Baru Kota Medan
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

Medan, 15 September 2019

Nomor : 123/KTBJ/09/2019
Perihal : Pengantar Proposal Sponsorship
Lampiran : 1 Bundel Proposal

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Mahameru No. 123, Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Dalam rangka menjalin kerjasama dan kekompakan di antara semua pemuda/i Kelurahan Padang Bulan, maka kami dari Karang Taruna Bakti Jaya Kelurahan Padang Bulan berencana untuk mengadakan berbagai kegiatan perlombaan, yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/20 September 2019
Waktu:Pukul 08.00 – Selesai
Tempat:Lapangan Bola Padang Bulan

Adapun rencana berbagai kegiatan tersebut sudah kami lampirkan pada proposal bersama dengan surat ini. Dan sehubungan hal tersebut, kami bermaksud meminta kepada Bapak pimpinan PT. Maju Jaya Sejahtera untuk bersedia menjadi sponsorship kami pada kegiatan tersebut.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Ketua Karang Taruna Bakti Jaya,

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Pengantar Proposal ke Perusahaan

Ketika anda melaksanakan suatu kegiatan, maka tidak ada salahnya meminta bantuan dana kepada pihak perusahaan. Anda bisa mencari perusahaan mana yang kira kira bisa memberikan bantuan untuk kegiatan tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar proposal ke perusahaan di bawah ini.

KARANG TARUNA BAKTI JAYA
KELURAHAN PADANG BULAN
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 10 Agustus 2019

Nomor : 123/KTBJ/08/2019
Perihal : Pengantar Proposal
Lampiran : 1 Bundel

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke- 74, kami selaku pihak dari Karang Taruna Bakti Jaya Kelurahan Padang Bulan akan mengadakan acara pentas seni yang akan diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/18 Agustus 2019
Waktu:08.00 – Selesai
Tempat:Lapangan Serbaguna Padang Bulan

Sehubungan dengan kegiatan yang akan kami selenggarakan tersebut, maka untuk memperlancar kegiatan yang akan kami selenggarakan tersebut, kami memohon partisipasi dari  Bapak/ Ibu dengan memberikan bantuan berupa dana untuk memperlancar keberlangsungan acara kegiatan acara pentas seni yang akan kami selenggarakan ini. Adapun proposal mengenai kegiatan tersebut sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu.

Demikian surat pengantar proposal ini kami perbuat, atas partisipasi dan bantuan Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua Karang Taruna,

Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Pengantar Proposal Kegiatan

Berbagai kegiatan bisa saja dilakukan oleh banyak pihak, yang tentunya membutuhkan biaya. Namun jika anda ingin meminta bantuan dari pihak lain, maka anda bisa mempersiapkan proposal untuk kemudian dibagikan kepada pihak yang ingin anda mintai bantuan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar proposal kegiatan di bawah ini.

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Jl. Universitas No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 17 September 2019

Nomor : 123/USU/09/2019
Perihal : Pengantar Proposal
Lampiran : 1 Bundel

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Mahameru No. 123, Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya krisis energi pada beberapa tahun belakangan di negeri kita ini, maka kami selaku mahasiwa/i dari Universitas Sumatera Utara akan melakukan kegiatan penelitian tentang pengembangan teknologi kimia atom sebagai pengganti energi alternatif, yang akan dimulai pada bulan November 2019 mendatang.

Maka melalui surat ini kami mengharapkan adanya sponsorship dalam bentuk bantuan dana ataupun akomodasi untuk jalannya penelitian dari perusahaan Bapak/ Ibu untuk kami agar dapat melakukan kegiatan penelitian tersebut dengan lancar. Sebagai bagan pertimbangan, kami lampirkan berkas proposal rencana penelitian.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan dukungan Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Departemen Penelitian
dan Pengembangan Teknologi,

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Pengantar Proposal Sponsorship Event

Suatu atau berbagai event tentu akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dan seringkali permasalahan biaya tidak bisa diatasi oleh pihak panitia dengan hanya menggunakan dana sendiri. Maka dari itu, alangkah baiknya jika anda meminta bantuan dana dari pihak lain, sembari memberikan proposal mengenai kegiatan tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar proposal sponsorship event di bawah ini

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 17 September 2019

Nomor : 123/OSIS/SMAN1/09/2019
Perihal : Pengantar Proposal
Lampiran : 1 Bundel

Kepada Yth,
Bapak Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan diadakannya acara PORSENI (Pekan Olahraga dan Senin) oleh OSIS SMA Negeri 1 Medan, yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/30 September 2019
Waktu:Pukul 08.00 – Selesai
Tempat:Lapangan SMA Negeri 1 Medan

maka dengan ini kami bermaksud untuk meminta bantuan dari Bapak Pimpinan PT. Sukses Makmur untuk bisa menjadi bagian dari kegiatan tersebut, dan bersedia menjadi sponsorship event yang akan kami laksanakan tersebut. Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami sudah melampirkan proposal mengenai kegiatan tersebut.

Demikian surat permohonan sponsorhip ini kami sampaikan, atas perhatian dan bantuan dari Bapak, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Ketua OSIS SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Pengantar Proposal Permohonan Dana

Suatu kegiatan tentu akan membutuhkan biaya, dan mungkin anda bisa meminta bantuan atau dana dari pihak lain untuk menyediakan dana tersebut. Sebagai salah satu contoh adalah kegiatan yang dilakukan oleh suatu sekolah, mungkin bisa mengajukan permohonan dana kepada Dinas Pendidikan untuk memberikan dana demi kepentingan kegiatan tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar proposal permohonan dana di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 20 Mei 2019

Nomor : 123/SMAN1/05/2019
Perihal : Permohonan Dana
Lampiran : 1 Bundel

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Berhubung dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional pada 02 Mei 2019 mendatang, maka kami dari pihak SMA Negeri 1 Medan bermaksud untuk mengadakan kegiatan lomba membaca puisi untuk SMA se-Kota Medan yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/02 Mei 2019
Waktu:Pukul 08.00 – Selesai
Tempat:Aula SMA Negeri 1 Medan

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami dari pihak SMA Negeri 1 Medan bermaksud mengajukan permohonan dana dem berlangsungnya kegiatan tersebut sesuai dengan yang kita harapkan bersama. Bersama ini, kami juga sudah melampirkan proposal mengenai kegiatan tersebut, sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak.

Demikian surat permohonan dana ini kami sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd

8. Contoh Surat Pengantar Proposal Bantuan Dana

Ketika anda menjadi panitia dari suatu kegiatan yang bisa dinikmati oleh orang banyak atau umum, maka alangkah baiknya jika anda mengajukan proposal bantuan dana kepada pihak lain. Salah satu contoh kecil adalah panitia rehabilitas masjid yang bisa mengajukan bantuan dana kepada masyarakat. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar proposal bantuan dana di bawah ini.

MASJID AL-IKHLAS
PANITIA PEMBANGUNAN MASJID
Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Medan Baru
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

Medan, 17 September 2019

Nomor : 123/MAI/09/2019
Perihal : Permohonan Bantuan Dana
Lampiran : 1 Bundel Proposal

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Warga
Kelurahan Padang Bulan
di Tempat

Dengan hormat,
Dalam rangka adanya rehabilitasi masjid Al-Iklhas Padang Bulan, kami selaku Panitia Pembangunan Masjid Al-Ikhlas Padang Bulan dengan segala kerendahan hati bermaksud untuk menyampaikan proposal permohonan bantuan dana untuk pembangunan mesjid tersebut kepada Bapak/Ibu warga Kelurahan Padang Bulan, dengan satu keyakinan, permohonan kami kiranya akan mendapat respon dan realisasi bantuan, baik dalam bentuk finansial maupun material.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersama surat ini kami sudah melampirkan 1 bundel proposal rehabilitasi tersebut dan semua perkiraan biaya yang akan dibutuhkan. Kami pun sangat berharap uluran tangan dari Bapak/Ibu demi kelancaran rehabilitasi Masjid Al-Ikhlas untuk kepentingan bersama.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan partisipasi Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua Penitia Pembangunan,

Anton Syahputra.

9. Contoh Surat Pengantar Proposal ke Gubernur

Jika memang kegiatan yang anda lakukan memiliki manfaat yang bisa dirasakan banyak orang, maka tidak ada salahnya mengajukan proposal bantuan dana kepada pejabat yang berwenang, seperti kepada gubernur. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar proposal ke gubernur di bawah ini.

KARANG TARUNA BAKTI JAYA
KELURAHAN PADANG BULAN
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 17 September 2019

Nomor : 123/KTBJ/09/2019
Perihal : Permohonan Bantuan Dana
Lampiran : 1 Bundel Proposal

Kepada Yth,
Bapak Gubernur Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Untuk menampung kreativitas dan meningkatkan kecintaan para pemuda/i terhadap olahraga, maka kami dari Karang Taruna Bakti Jaya Kelurahan Padang Bulan bermaksud untuk mengadakan kegiatan perloombaan olahraga untuk berbagai cabang se-Kecamatan Medan Baru, yang akan dilaksanakan pada :

Tanggal:30 September – 30 Oktober 2019
Waktu:Pukul 09.00 – Selesai
Tempat:Lapangan Olahraga Padang Bulan

Sehubungan dengan kegiatan tersebut, kami dari pihak panitia bermaksud mengajukan permintan bantuan dana dari Bapak Gubernur demi berlangsungnya kegiatan sebagaimana yang kita inginkan. Bersama ini kami sudah melampirkan 1 bundel proposal sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak.

Demikian surat permohonan bantuan dana ini kami sampaikan, atas perhatian dan partisipasi dari Bapak, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Ketua Karang Taruna Batkti Jaya,

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Pengantar Proposal Bantuan Dana Kegiatan

Berbagai kegiatan bisa kita temukan di lingkungan kita sehari hari. Dan tentu saja kegiatan kegiatan tersebut akan membutuhkan biaya yang lumayan. Dan untuk membantu pendanaan, maka pihak panitia bisa meminta bantuan dana kegiatan kepada pihak lain. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar proposal bantuan dana kegiatan di bawah ini.

PANITIA KEGIATAN LOMBA
KELURAHAN PADANG BULAN
Kecamatan Medan Baru Kota Medan
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

Medan, 17 September 2019

Nomor : 123/KPB/09/2019
Perihal : Permohonan Bantuan Dana
Lampiran : 1 Bundel Proposal

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan perlombaan olahraga di Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Medan Baru Kota medan, maka dengan ini kami atas nama panitia dan pemerintah Kelurahan bermaksud untuk mengajukan permohonan bantuan dana kepada Bapak.

Dana tersebut akan kami alokasikan untuk operasional selama berlangsungnya kegiatan perlombaan olahraga hingga selesai. Dan sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak, bersama ini kami juga sudah melampirkan 1 bundel proposal.

Demikian surat permohonan bantuan dana ini kami perbuat, atas perhatian, partisipasi serta kesediaannya untuk memberikan bantuan, kami sampaikan banyak terimakasih.

Hormat Kami,
Ketua Panitia Lomba,

Anton Syahputra.

11. Contoh Surat Pengantar Proposal Dana

Pengajuan proposal memang identik dengan permohonan bantuan dana. Dan pengajuan proposal ini bisa anda pergunakan ketika anda melaksanakan atau menjadi dari suatu kegiatan tertentu. Sebagai bahan referensi, anda pun bisa melihat contoh surat pengantar proposal dana di bawah ini.

KARANG TARUNA BAKTI JAYA
KELURAHAN PADANG BULAN
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 17 September 2019

Nomor : 123/KTBJ/09/2019
Perihal : Permohonan Dana
Lampiran : 1 Bundel Proposal

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Camat
Kecamatan Medan Baru
di Tempat

Dengan hormat,
Mengingat bangunan kantor Karang Taruna yang sudah semakin buruk dan banyak bagian bangunan yang mulai rusak, maka kami dari pihak Karang Taruna Bakti Jaya bermaksud untuk merehab ataupun memperbaiki kantor karang taruna tersebut.

Dan sehubungan dengan hal tersebut, kami pun bermaksud untuk meminta bantuan dana kepada Bapak/Ibu Camat Kecamatan Medan Baru, demi kelancaran rehab bangunan kantor. Bersama ini kami juga sudah melampirkan 1 bundel proposal mengenai biaya dan alokasi biaya untuk rehab kantor.

Demikian surat permohonan dana ini kami sampaikan, atas perhatian dan bantuan dana dari Bapak/Ibu Camat, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Ketua Karang Taruna Bakti Jaya,

Anton Syahputra.

12. Contoh Surat Pengantar Proposal Sponsor Kegiatan

Jika anda tergabung menjadi anggota panitia dari suatu kegiatan, maka anda bisa mengajukan proposal kepada pihak lain dengan maksud dan tujuan meminta bantuan dana. Banyak pihak yang mungkin bisa mensponsori kegiatan tersebut, terlebih jika kegiatan yang anda lakukan terbuka dan bisa dinikmati oleh umum. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar proposal sponsor kegiatan di bawah ini.

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Jl. Universitas No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 02 April 2019

Nomor : 123/BEM/USU/04/2019
Perihal : Permohonan Sponsor
Lampiran : 1 Bundel Proposal

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional, BEM Universitas Sumatera Utara bermaksud untuk menyelenggarakan Pentas Seni Tari yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/02 Mei 2019
Waktu:Pukul 09.00 – Selesai
Tempat:Auditorium Universitas Sumatera Utara

Maka dari itu, kami selaku panitia Pentas Seni Tari dari Universitas Sumatera Utara, bermaksud untuk mengajukan permohonan kerjasama sponsorship untuk mendorong kelancaran acara tersebut. Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak, bersama ini kami sudah melampirkan 1 bundel proposal dari kegiatan yang terbuka untuk umum tersebut.

Demikian surat permohonan ini kami ajukan, atas perhatian dan ketersediaannya menjadi sponsor, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua BEM Universitas Sumatera Utara,

Anton Syahputra.

13. Contoh Surat Pengantar Proposal Kerjasama Sekolah

Suatu sekolah mungkin saja ingin menjalin kerjasama dengan sekolah lainnya dengan banyak tujuan. Salah satu contoh adalah kerjasama pertukaran pelajar yang tentu sudah tidak asing lagi kita dengar. Nah, jika ingin mengajukan kerjasama kepada sekolah lain, maka anda bisa menggunakan referensi contoh surat pengantar proposal kerjasama sekolah di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 17 September 2019

Nomor : 123/SMAN1/09/2019
Perihal : Permohonan Kerjasama
Lampiran : 1 Bundel

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Jakarta
di Tempat

Dengan hormat,
Untuk mempererat hubungan antar sekolah dan menambah wawasan dari para siswa, maka kami sudah menjalin kerjasama dengan beberapa sekolah di Medan dengan melakukan pertukaran pelajar.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami pun bermaksud mengajukan permohonan kerjasama berupa pertukaran pelajar dengan SMA Negeri 1 Jakarta demi menambah wawasan dan pengetahuan para siswa/i. Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak, bersama ini kami juga sudah melampirkan 1 bundel proposal.

Demikian surat permohonan kerjasama ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd.

14. Contoh Surat Pengantar Proposal Kerjasama OSIS

Alangkah baiknya jika antar sekolah ada kerjasama yang terjalin dengan baik. Anda pun tidak perlu menunggu pihak sekolah untuk memulai, namun jika anda menjadi anggota osis, maka tidak ada salahnya untuk mengajukan kerjasama dengan osis dari sekolah lain, yang tentunya dengan persetujuan dari kepala sekolah anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar proposal kerjasama osis di bawah ini.

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 17 September 2019

Nomor : 123/OSIS/SMAN1/09/2019
Perihal : Pengajuan Kerjasama
Lampiran : 1 Bundel Proposal

Kepada Yth,
Ketua OSIS SMA Negeri 2 Medan
Jl. Perjuangan No. 123, Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Untuk menjalin hubungan yang baik antar sekolah tingkat SMA se-Kota Medan, maka kami berusaha menjalin kerjasama yang baik dengan berbagai sekolah. Adapun bentuk kerjasama ini adalah berupa pelaksanaan berbagai kegiatan secara bersama sama yang digagas dan dipanitiai oleh dua sekolah yang berbeda.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami dari OSIS SMA Negeri 1 Medan pun bermaksud mengajukan kerjasama kepada pihak OSIS SMA Negeri 2 Medan. Adapun bentuk kerjasamanya nanti bisa kita rundingkan secara bersama sama, dan sebagai salah satu contoh, bersama ini kami sudah melampirkan 1 buah proposal.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kesediaanya untuk menjalin kerjasama, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Ketua OSIS SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra.

15. Contoh Surat Pengantar Proposal Sponsorship Sekolah

Suatu sekolah mungkin saja mengadakan berbagai kegiatan tertentu dan ingin menjalin kerjasama dengan berbagai pihak sponsorship. Maka dari itu, suatu sekolah bisa mempersiapkan proposal mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan dan memberikannya kepada pihak pihak yang diinginkan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar proposal sekolah di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 17 September 2019

Nomor : 123/SMAN1/09/2019
Perihal : Permohonan Sponsorship
Lampiran : 1 Bundel Proposal

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Untuk meningkatkan taraf kecintaa para siswa terhadap seni tari, maka kami bermaksud mengadakan kegiatan perlombaan tari tingkat SMA se-Kota Medan yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/30 September 2019
Waktu:Pukul 08.00 – Selesai
Tempat:Aula SMA Negeri 1 Medan

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami dari SMA Negeri 1 Medan bermaksud mengajukan kerjasama berupa kerjasama sponsorhip untuk PT. Maju Jaya Sejahtera. Dan sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak, bersama ini kami sudah melampirkan 1 bundel proposal.

Demikian surat pengajuan kerjasama sponsorship ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd

16. Contoh Format Surat Pengantar Proposal

Ada banyak jenis surat pengantar proposal yang seringkali digunakan. Namun salah satu yang paling sering digunakan adalah pengantar proposal sponsor. Maka dari itu, di bawah ini kami akan memberikan satu buah format surat pengantar proposal untuk anda sekalian.

(KOP SURAT)

(Nama Kota dan Tanggal)

Nomor : . . . . . . . . . . . . . . . .
Perihal : Permohonan Sponsor
Lampiran : 1 Bundel Proposal

Kepada Yth,
. . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . .

Dengan hormat,
Sehubungan dengan  . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . , maka kami dari  . . . . . . . . . . . . . . . . bermaksud untuk mengadakan  . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal: 
Waktu: 
Tempat: 

Sehubungan dengan hal tersebut, kami pun bermaksud untuk mengajukan permohonan kepada Bapak/Ibu untuk bersedia menjadi sponsor dari kegiatan tersebut. Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama ini kami juga sudah melampirkan 1 bundel proposal.

Demikian surat permohonan sponsor ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

(Nama dan Tanda Tangan)

Penutup

Berbagai jenis surat pengantar proposal masih seringkali dipergunakan hingga saat ini. Dan anda mungkin saja membutuhkan referensi dalam menulis surat surat pengantar proposal tersebut. Itulah tadi beberapa contoh surat pengantar proposal yang mungkin akan bisa berguna untuk anda sekalian.