16 Contoh Surat Pengantar Proposal, Dinas, Barang, Dokumen, dan Lainnya Terlengkap

Contoh Surat Pengantar – Untuk anda yang sering beraktivitas dengan berbagai kegiatan resmi, tentu saja harus membutuhkan berbagai jenis dan contoh surat. Salah satunya adalah surat pengantar, dimana sering dibutuhkan untuk mengantarkan sesuatu, seperti dokumen, proposal, barang, dan berbagai hal lainnya. Surat pengantar dokumen inipun biasanya diterbitkan oleh pihak yang berwenang, berasal dari suatu instansi, perusahaan, lembaga, maupun organisasi.

Surat pengantar dipergunakan untuk mengantar suatu benda ataupun seseorang. Dalam hal ini, surat pengantar bisa digunakan untuk mengantarkan seseorang dalam suatu pekerjaan atau pengurusan dokumen tertentu. Ada banyak hal yang mungkin membuat anda harus meminta surat pengantar dari pihak lain.

Salah satu contoh kecil adalah ketika anda ingin mengurus KTP ketika usia sudah memasuki usia 17 tahun. Anda pun harus meminta surat pengantar terlebih dahulu dari kepala desa ataupun ketua RT, lalu kemudian pergi ke kantor catatan sipil untuk mengurus KTP tersebut. Jika tidak, maka anda tentu akan susah mengurus KTP baru.

Tidak berbeda jauh dari penulisan surat resmi lainnya, surat pengantar ini ditulis dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, serta sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Selain itu, anda juga harus memperhatikan unsur unsur atau bagian bagian yang terdapat pada surat pengantar.

Contoh Surat Pengantar

Menulis surat pengantar sebenarnya bukanlah hal yang terlalu susah. Terlebih jika anda sudah terbiasa menulis berbagai jenis contoh surat, khususnya surat resmi, maka tentu tidak akan kesulitan lagi untuk menulis jenis surat yang satu ini. Namun hal tersebut tentu tidak berlaku untuk semua orang.

Terlebih jika anda masih merupakan seorang siswa atau mahasiwa, dan mendapat tugas untuk menulis berbagai surat pengantar, maka mungkin harus membutuhkan beberapa bahan referensi. Maka dari itu, di bawah ini adalah beberapa contoh surat pengantar yang bisa anda pergunakan untuk menulis surat pengantar yang baik dan benar.

1. Contoh Surat Pengantar Proposal Kegiatan Perlombaan

Ada banyak perlombaan yang mungkin bisa kita temukan di lingkungan sekitar kita, salah satunya perlombaan yang dilakukan di lingkungan tempat tinggal. Namun kegiatan tersebut tentu saja membutuhkan dana operasional dan juga dana untuk mempersiapkan hadiah nantinya. Jadi, anda pun bisa meminta bantuan dana kepada pihak lain dengan mengirimkan surat pengantar proposal kegiatan perlombaan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar proposal kegiatan perlombaan di bawah ini.

PANITIA LOMBA MELUKIS MURAL
KELURAHAN PADANG BULAN
Kecamatan Medan Baru Kota Medan
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

 

Medan, 08 September 2019

Nomor : 123/KPB/09/2019
Perihal : Permohonan Bantuan Dana
Lampiran : 2 Bundel

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Warga Kelurahan Padang Bulan
di Tempat

Dengan hormat,
Berkenaan dengan perlombaan melukis mural antar warga Kelurahan Padang Bulan, kami atas nama panitia dan kelurahan memiliki tujuan untuk meminta pertolongan dan kepada Bapak, berupa bantuan dana. Adapun dana tersebut nantinya akan dialokasikan guna kebutuhan operasional perlombaan melukis mural antar warga.

Demikian surat permintaan bantuan dana ini kami buat, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Mengetahui,
Ketua Panitia Lomba Melukis Mural,

 

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Pengantar Proposal Rehabilitasi Masjid

Rehabilitasi masjid pada umumnya akan membutuhkan biaya yang lumayan besar. Jadi, para panitia dari rehabilitasi masjid tersebut pun tidak ada salahnya untuk meminta bantuan dari warga desa atau kelurahan berupa dana untuk rehabilitasi masjid. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar proposal rehabilitasi masjid di bawah ini.

PANITIA REHABILITASI MASJID
MASJID AL – IKHLAS PADANG BULAN
Jl. Djamin Ginting No. 234, Medan

Medan, 08 September 2019

Nomor : 123/MAI/09/2019
Perihal : Permohonan Bantuan Dana
Lampiran : 1 Bundel

Kepada Yth,
Bapak/Ibu/Sdr/i Warga
Kelurahan Padang Bulan
di Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Segala puji hanya bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat hingga saat ini. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabatnya dan umatnya yang setia hingga akhir zaman. Teriring doa semoga kita senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT.

Dalam rangka adanya pembangunan perluasan Masjid Al – Ikhlas Padang Bulan, Kami selaku Panitia Pembangunan Masjid Al – Ikhlas dengan segala kerendahan hati bermaksud untuk menyampaikan proposal permohonan Infaq/ shadaqah/jariyah untuk dana pembangunan mesjid tersebut kepada Bapak/Ibu/Sdr/i. Permohonan kami kiranya akan mendapat respon dan realisasi bantuan, baik dalam bentuk finansial maupun material.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu/Sdr/i, berikut ini kami sampaikan latar belakang masalah, dasar pemikiran, maksud dan tujuan, Susunan Panitia Pembangunan, luas tanah dan statusnya, luas, Konstruksi dan bentuk bangunan, jumlah rencana anggaran biaya yang dibutuhkan, sumber dana pembangunan, proses dan teknis kegiatan pelaksanaan pembangunan, catatan penting dan diakhiri oleh penutup serta lampiran-lampiran.

Demikian surat permohonan bantuan dana ini kami sampaikan, atas perhatian dan partisipasi Bapak/Ibu/Sdr/i, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat Kami,
Ketua Panita Pembangunan Masjid Al-Ikhlas,

 

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Pengantar RT

Ada berbagai jenis surat pengantar rt yang mungkin akan anda butuhkan, baik itu anda merupakan seorang pekerja maupun untuk yang masih sekolah dan kuliah. Jika anda masih sekolah dan ingin mengajukan diri sebagai salah satu siswa penerima beasiswa untuk siswa yang kurang mampu, tentu anda harus memiliki surat pengantar dari rt atau aparat desa setempat. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar rt di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
KELURAHAN PADANG BULAN KECAMATAN MEDAN BARU
RT 04 / 02 Padang Bulan
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

 

Medan, 08 September 2019

Nomor : 123/KPB/09/2019
Perihal : Keterangan Tidak Mampu

Saya yang bertanda tangan dibawah ini Ketua RT 04/02 Padang Bulan dengan ini menyatakan  bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 2003
Jenis Kelamin:Laki – Laki
Pekerjaan:Pelajar
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Nama tersebut adalah benar merupakan warga desa kami yang keadaan ekonominya kurang mampu. Adapun tujuan dari penerbitan surat keterangan tidak mampu ini adalah sebagai persyaratan administrasi beasiswa kurang mampu di SMA Negeri 1 Medan.

Demikian surat ini kami buat dengan sebenar-benarnya dan untuk dapat dipergunakan dengan semestinya.

Mengetahui,
Ketua RT 04/02 Padang Bulan,

 

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Pengantar Dinas

Surat pengantar dinas biasanya dipergunakan oleh isntansi pemerintahan maupun oleh perusahaan. Surat ini bisa saja diperuntukkan untuk mengantar suatu berkas ataupun untuk mengantarkan seseorang. Namun untuk kali ini kita akan memberikan contoh surat pengantar dinas dokumen dari pihak sekolah kepada pihak Dinas pendidikan setempat. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar dinas di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 08 September 2019

Nomor : 123/SMAN1/09/2019
Perihal : Laporan Belanja dan Anggaran

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan surat edaran dari Dinas Pendidikan Kota Medan pada tanggal 10 Juli 2019 perihal laporan belanja dan anggaran setiap sekolah se-Kota Medan periode Semester I 2019, maka dengan ini kami mengirimkan laporan anggaran dan belanja SMA Negeri 1 Medan.

Adapun laporan tersebut sudah kami lampirkan  bersama dengan surat ini, sebanyak 1 (satu) bundel berisikan laporan pertanggung jawaban berupa penggunaan anggaran dan belanja SMA Negeri 1 Medan selama periode Semester I TA 2019.

Demikian surat dan laporan ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

 

Anton Syahputra, M. Pd

5. Contoh Surat Pengantar Barang

Untuk jenis surat pengantar yang satu ini pada umumnya dipergunakan oleh badan badan usaha tertentu ketika ingin mengirimkan barang. Pengiriman barang ini bisa berupa pengiriman barang kepada pelanggan atau pembeli, maupun kepada kantor cabang. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar barang di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 08 September 2019

Nomor : 123/MJS/09/2019
Perihal : Pengiriman Barang
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Sebelumnya kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan saudara dalam membeli barang barang elektronik dari perusahaan kami. Dengan ini kami beritahukan jika kami sudah menerima surat pesanan yang saudara kirimkan pada tanggal 30 Agustus 2019 yang lalu.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami pun sudah memproses pesanan barang barang dari saudara dan sudah mengirimkannya melalui pengangkutan Ekspedisi Maju Express sesuai dengan permintaan saudara pada tanggal 07 September kemarin. Bersama surat ini juga sudah kami lampirkan faktur pembelian barang yang dilakukan oleh saudara lengkap dengan detail harganya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama dari saudara, kami ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

 

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Pengantar Dokumen

Surat jenis yang satu ini bisa anda pergunakan ketika ingin mengirimkan suatu dokumen kepada pihak lain. Salah satu contoh adalah pengantar dokumen dari kepala desa atau lurah kepada pemerintah di atasnya, seperti Bupati atau Walikota. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar dokumen di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
KELURAHAN PADANG BULAN
Kecamatan Medan Baru Kotamadya Medan
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

Medan, 08 September 2019

Nomor : 123/SP/KPB/09/2019
Perihal  : Laporan Bulanan
Lampiran : 1 Bundel

Kepada Yth,
Bapak Walikota Medan
Cq. Kepala Dinas Dipenloka Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Sesuai dengan peraturan dimana setiap desa/kelurahan harus memberikan laporan anggaran dan belanja desa/kelurahan setiap bulannya, maka dengan ini kami dari Kelurahan Padang Bulan mengirimkan :

  1. Laporan Belanja dan Anggara Kelurahan Periode Bulan Agustus 2019 – 1 Bundel

Demikian laporan anggaran dan belanja ini kami sampaikan, atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Lurah Padang Bulan,

 

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Pengantar dari Kepala Sekolah

Surat pengantar dari kepala sekolah mungkin saja akan dibutuhkan oleh seorang guru ataupun siswa yang memiliki tugas dari sekolah dan mewakili pihak sekolah. Salah satunya adalah ketika seorang guru mengikuti kegiatan pelatihan di suatu dinas terkait, maka bisa membawa surat pengantar dari kepala sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar dari kepala sekolah untuk guru di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 08 September 2019

Nomor : 123/SMAN1/09/2019
Perihal : Kegiatan Pelatihan Dinas Pendidikan

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan surat edaran dari Dinas Pendidikan tertanggal 05 September 2019 kepada setiap sekolah SMA sederajat se-Kota Medan untuk mengirimkan guru bidang studi Bahasa Indonesia dalam mengikuti kegiatan pelatihan di Dinas Pendidikan Kota Medan pada tanggal 08 September 2019, maka dengan ini kami mengirimkan guru bidang studi Bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Medan, yakni :

  1. Intan Permatasari, S. Pd
  2. Dewi Cahaya, S. Pd
  3. Budi Susanto S. Pd
  4. Arjun Susilo S. Pd

Demikian surat pengantar ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

 

Anton Syahputra, M. Pd

8. Contoh Surat Pengantar Sekolah Untuk Siswa

Seorang atau beberapa orang siswa juga mungkin saja akan membutuhkan surat pengantar untuk kegiatan tertentu. Salah satu contoh adalah ketika para siswa berangkat untuk mengikuti lomba cerdas tangkas mewakili sekolah mereka, maka tentu akan membutuhkan surat pengantar dari kepala sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar sekolah untuk siswa di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 08 September 2019

Nomor : 123/SMAN1/09/2019
Perihal : Lomba Cerdas Tangkas

Kepada Yth,
Panitia Lomba Cerdas Tangkas
SMA sederajat se-Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan diadakannya kegiatan Lomba Cerdas Tangkas di Dinas Pendidikan Kota Medan, maka dengan ini kami mengirimkan siswa kami mewakili SMA Negeri 1 Medan, yakni :

  1. Intan Permatasari
  2. Dewi Cahaya
  3. Muhammad Ilham

Kami berharap agar siswa kami dipermudah dalam mengikuti kegiatan Lomba Cerdas Tangkas tersebut.

Demikian surat pengantar ini kami perbuat, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

 

Anton Syahputra, M. Pd

9. Contoh Surat Pengantar Kerja

Surat pengantar kerja biasanya dipergunakan oleh para instansi pemerintahan maupun oleh pihak perusahaan. Surat ini dipergunakan ketika seorang karyawan atau pegawai ditugaskan untuk melakukan suatu pekerjaan di luar kantor. Maka dari itu, karyawan/pegawai tersebut pun harus memegang surat pengantar kerja dari atasannya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar kerja di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 08 September 2019

Nomor : 123/MJS/09/2019
Perihal : Penugasan Mandor Proyek

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Kepala Proyek Pembangunan
PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan pembangunan jembatan layang di Jl. Sisingamangaraja, Medan, yang dikerjakan oleh PT. Maju Jaya Sejahtera dan dikepalai oleh Bapak Muhammad Ilham, maka dengan ini kami mengirimkan mandor untuk menjadi pengawas kegiatan tersebut, yakni Bapak Budi Iskandar.

Adapun yang bersangkutan akan bertugas disana sebagai mandor selama pengerjaan proyek pembangunan jembatan layang tersebut.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

 

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Pengantar dari Perusahaan ke BPJS Kesehatan

Ketika anda bekerja di suatu perusahaan, maka mungkin anda akan didaftarkan untuk mengikuti program BPJS Kesehatan dari pemerintah. Nantinya, gaji anda akan dipotong setiap bulannya sebagai iuran dari BPJS tersebut. Namun jika anda keluar dan berhenti dari perusahaan, serta tidak pernah menggunakan BPJS yang anda miliki, anda pun bisa mengklaim BPJS tersebut agar diuangkan kepada anda. Namun terlebih dahulu anda pun harus meminta surat pengantar dari perusahaan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar dari Perusahaan ke BPJS Kesehatan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 08 September 2019

Nomor : 123/MJS/09/2019
Perihal : Pengantar BPJS Kesehatan

Kepada Yth,
Kepala BPJS Kesehatan
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Dengan ini kami dari PT. Maju Jaya Sejahtera ingin mengantarkan mantan karyawan kami yang sudah mengundurkan diri atas keinginan sendiri untuk klaim BPJS Kesehatan dengan nomor kartu 325796, atas nama Muhammad Ilham.

Kami berharap dengan adanya surat pengantar ini, maka mantan karyawan kami dengan nama tersebut di atas akan dimudahkan dalam proses klaim BJPS Kesehatan sesuai dengan peraturan perundang udangan yang berlaku.

Demikian surat pengantar ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

 

Anton Syahputra.

11. Contoh Surat Pengantar dari Perusahaan ke BPJS Ketenagakerjaan

Tidak berbeda jauh dengan BPJS Kesehatan, anda pun bisa mengklaim BPJS Ketenagakerjaan yang anda miliki jika sudah keluar dan berhenti bekerja pada suatu perusahaan. Namun anda pun harus memiliki surat pengantar dari perusahaan, tempat dimana anda bekerja sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar dari perusahaan ke BPJS Ketenagakerjaan di bawah in.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 08 September 2019

Nomor : 123/MJS/09/2019
Perihal : Pengantar BPJS Ketenagakerjaan

Kepada Yth,
Kepala BPJS Ketenagakerjaan
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Dengan ini kami dari PT. Maju Jaya Sejahtera ingin mengantarkan mantan karyawan kami yang sudah mengundurkan diri atas keinginan sendiri untuk klaim BPJS Ketenagakerjaan dengan nomor kartu 983485, atas nama Intan Permatasari.

Kami berharap dengan adanya surat pengantar ini, maka mantan karyawan kami dengan nama tersebut di atas akan dimudahkan dalam proses klaim BJPS Ketenagakerjaan sesuai dengan peraturan perundang udangan yang berlaku.

Demikian surat pengantar ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

 

Anton Syahputra.

12. Contoh Surat Pengantar Laporan

Setiap lembaga atau organisasi tertentu, mungkin saja harus memberikan laporan setiap periode waktu tertentu kepada pihak pihak yang terkait. Salah satunya adalah koperasi koperasi yang harus memberikan laporan bulanan kepada Dinas Koperasi. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar laporan di bawah ini.

KOPERASI MAJU JAYA SEJAHTERA
KELURAHAN PADANG BULAN
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 08 September 2019

Nomor : 123/MJS/SP/09/2019
Perihal : Laporan Bulanan
Lampiran : 1 Bundel

Kepada Yth,
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM
Kotamadya Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Sesuai dengan ketentuan pemerintah, dimana setiap koperasi harus memberikan laporan bulanan kepada Dinas Koperasi dan UMKM, maka dengan ini kami bermaksud memberikan laporan Bulanan periode Agustus 2018 dari Koperasi Maju Jaya Sejahtera.

Demikian surat pengantar laporan bulanan ini kami sampaikan, atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Ketua Koperasi Maju Jaya Sejahtera,

 

Anton Syahputra.

13. Contoh Surat Pengantar Berkas

Surat pengantar berkas ini bisa anda pergunakan ketika ingin mengirimkan suatu berkas tertentu kepada pihak lain ataupun dinas terkati. Sebagai salah satu contoh kecil, sebut saja sebuah perusahaan yang ingin memberikan berkas penjualan kepada dinas terkait atau kementerian terkait. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar berkas di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 08 September 2019

Nomor : 123/MJS/09/2019
Perihal : Pengantar Berkas
Lampiran : 6 Bundel

Kepada Yth,
Kepala Dinas Perpajakan Daerah
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan peraturan pemerintah yang mewajibkan setiap perusahaan untuk memberikan laporan penjualan kepada Dinas Perpajakan setiap semester, maka dengan ini kami mengirimkan laporan, berupa Laporan Penjualan Periode Semester I Tahun 2018.

Adapun berkas yang kami kirimkan adalah :

  1. Laporan Penjualan Bulan Januari 2018 – 1 Bundel
  2. Laporan Penjualan Bulan Februari 2018 – 1 Bundel
  3. Laporan Penjualan Bulan Maret 2018 – 1 Bundel
  4. Laporan Penjualan Bulan April 2018 – 1 Bundel
  5. Laporan Penjualan Bulan Mei 2018 – 1 Bundel
  6. Laporan Penjualan Bulan Juni 2018 – 1 Bundel

Demikian surat pengantar berkas ini kami sampaikan, atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

 

Anton Syahputra.

14. Contoh Surat Pengantar Proposal Sponsorship

Suatu acara atau kegiatan tertentu, mungkin saja akan membutuhkan bantuan dana dari pihak lain, baik itu berupa perseorangan maupun pihak perusahaan. Nah, jika anda ingin meminta bantuan sponsorship dari pihak lain, maka anda pun bisa mengirimkan surat pengantar proposal sponsorship kepada pihak yang anda tuju. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar proposal sponsorship di bawah ini.

PANITIA LOMBA SEPAK BOLA
KARANG TARUNA BAKTI JAYA
Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Medan baru
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-234567

Medan, 08 September 2019

Nomor : 123/KBJ/09/2019
Perihal : Pengantar Proposal Sponsorship
Lampiran : 1 Bundel

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Sehubungan dengan kegiatan perlombaan sepak bola antar klub di Kelurahan Padang Bulan yang akan kami laksanakan pada bulan Oktober mendatang, maka dengan ini kami meminta kepada Bapak/Ibu Pimpinan PT. Sukses Makmur, agar sekirannya bisa mensponsori kegiatan yang kami laksanakan.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu pimpinan, bersama ini kami sudah melampirkan data data dari jadwal dan kegiatan yang akan dilaksanakan, besar dana yang dibutuhkan, alokasi dan tujuan dana, jenis dan jumlah hadiah yang dipersiapkan, dan berbagai informasi lainnya yang sudah kami lampirkan pada surat ini.

Demikian surat pengantar proposal sponsorship ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama dari Bapak/Ibu, kami mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Kami,
Ketua Panitia Perlombaan Sepak Bola,

 

Anton Syahputra.

15. Contoh Surat Pengantar Magang

Ketika anda ingin maganng pada suatu perusahaan, tentu saja anda tidak akan bisa magang begitu saja pada perusahaan tersebut. Namun terlebih dahulu anda harus membawa surat pengantar magang dari kampus anda, lalu menunjukkannya kepada pihak perusahaan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengantar magang di bawah ini.

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI
FAKULTAS ADMINISTRASI NEGARA
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Jl. Universitas No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 08 September 2019

Nomor : 123/USU/09/2019
Perihal : Pengantar Magang
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Sesuai dengan peraturan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang mewajibkan setiap mahasiwa harus melakukan kerja magang, maka dengan ini kami bermaksud mengantarkan para mahasiswa/i kami untuk bisa bekerja magang di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Adapun nama nama mahasiwa/i kami sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini, dan Bapak/Ibu bisa memilih beberapa di antaranya untuk bisa kerja magang di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Demikian surat pengantar ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama dari Bapak/Ibu pimpinan, kami mengucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Dekan Fakultas Administrasi
Universitas Sumatera Utara,

 

Prof. Anton Syahputra, M. Si

16. Contoh Format Surat Pengantar

Ada banyak contoh surat pengantar yang seringkali kita pergunakan, dan beberapa contoh di atas mungkin sudah cukup menjadi bahan pertimbangan dan referensi untuk anda sekalian. Namun di bawah ini, kami akan memberikan satu buah contoh format surat pengantar proposal untuk anda sekalian.

(KOP SURAT)

(Nama Kota dan Tanggal)

Nomor : . . . . . . . . . . . . .
Perihal : Pengantar Proposal
Lampiran : . . . . . . . . . . .

Kepada Yth,
. . . . . . . . . . . . . . . . . 
. . . . . . . . . . . . . . . . . 
. . . . . . . . . . . . . . . . . 

Dengan hormat,
Sesuai dengan . . . . . . . . . . . . . .  maka dengan ini kami bermaksud untuk mengajukan proposal bantuan dana dari Bapak/Ibu.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama ini kami juga sudah melampirkan . . . . . . . . ..

Demikian surat pengantar proposal ini kami sampaikan, atas perhatian dan bantuannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

 

(Nama dan Tanda Tangan).

Penutup

Bukan hanya untuk mengantarkan barang, dokumen, ataupun laporan, namun surat pengantar ini juga bisa dipergunakan untuk mengantar seseorang. Namun yang pasti, surat pengangar ini memang sangat sering dipergunakan oleh pihak pihak tertentu. Itulah tadi beberapa contoh surat pengantar yang bisa anda pergunakan untuk bahan referensi dalam menulis surat pengantar yang baik dan benar.