suratresmi » Surat Permohonan » 16 Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Lengkap

16 Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Lengkap

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi – Bergabung dengan sebuah organisasi, maka tentu seseorang harus siap mengorbankan waktu dan tenaga. Dan semuanya itu tentu bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang.

Alhasil, seseorang bisa saja ingin mengundurkan diri dari organisasi. Jika sudah mempertimbangkan semua baik buruknya, anda pun tentu saja tidak masalah jika ingin resign dari organisasi. Namun pastikan untuk terlebih dahulu mengajukan surat pengunduran diri dengan baik.

Mengundurkan diri dari organisasi, maka itu berarti jika ke depannya anda sudah tidak memiliki tanggung jawab lagi dalam organisasi tersebut. Kendati demikian, hindari mengajukan pengunduran diri dengan cara yang bisa membuat orang lain tersinggung.


Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Mengundurkan diri dari organisasi bisa mudah namun bisa juga susah. Jika anda sebelumnya tidak memiliki kedudukan pada organisasi tersebut, maka mungkin bisa resign dengan mudah dan cepat. Namun untuk anda yang memiliki kedudukan penting, tentunya akan butuh waktu dan proses.

Jika anda mengundurkan diri dengan baik – baik, maka semuanya akan diselesaikan terlebih dahulu, termasuk tanggung jawab anda terhadap organisasi tersebut. Anda pun bisa menggunakan salah satu dari beberapa contoh surat pengunduran diri dari organisasi di bawah ini.


1. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Pramuka

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi Pramuka

Ada banyak manfaat yang akan anda dapatkan disaat bergabung dengan organisasi pramuka, misalnya pramuka di sekolah. Namun dikarenakan alasan tertentu, mungkin saja anda ingin mengundurkan diri dari pramuka tersebut.

Jika sudah memikirkannya matang – matang, anda pun bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri dari organisasi pramuka di bawah ini sebagai referensi.

Medan, 02 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Kakak Pembina Pramuka
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Kelas:XII SMA Negeri 1 Medan
Jabatan:Anggota Bantara

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan izin untuk mengundurkan diri dari Organisasi Pramuka di SMA Negeri 1 Medan. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah :

  1. Kondisi fisik yang lemah.
  2. Jadwal kumpul bantara yang terlalu padat

Saya sudah banyak menimba pengalaman selama menjadi Bantara di sini walaupun hanya sebentar. Semoga ke depan Organisasi Pramuka SMA Negeri 1 Medan ini akan lebih baik lagi dari yang sebelumnya. Apabila terdapat kesalahan pada diri saya selama bekerja di Organisasi Kepramukaan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Besar harapan saya bahwa Kakak Pembina memberikan izin kepada saya untuk mengundurkan diri. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.


2. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasasi OSIS

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasasi OSIS

OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan salah satu organisasi resmi dan paling tinggi di suatu sekolah. Bergabung sebagai pengurus osis, tentunya akan menyita sebagian waktu dan pikiran anda, tergantung dari posisi yang anda duduki.

Alhasil, tidak semua orang sanggup bertahan untuk menjadi pengurus osis, walaupun banyak manfaat yang akan kita dapatkan. Jika ingin resign, anda pun bisa menggunakan surat pengunduran diri dari osis di bawah ini.

Medan, 02 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Ketua OSIS dan Pembina OSIS
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini, saya :

Nama:Intan Permatasari
Kelas:XI SMA Negeri 1 Medan
Jabatan:Bendahara OSIS

dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan izin untuk mengundurkan diri dari OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMA Negeri 1 Medan.

Selama setahun memegang tanggung jawab di organisasi OSIS sebagai bendahara, saya mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran serta mengasah kemampuan saya dalam hal berorganisasi. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran Pengurus dan Pembina SMA Negeri 1 Medan dan mohon maaf yang sedalam-dalamnya apabila ada perilaku yang kurang berkenan selama saya ada di dalam organisasi OSIS.

Besar harapan saya bahwa anda memberikan izin kepada saya untuk mengundurkan diri. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.


3. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi PASKIBRA

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi PASKIBRA

Para anggota organisasi paskibra memiliki peranan dan tanggung jawab yang sangat penting untuk perayaan HUT RI setiap tahunnya. Waktu dan tenaga anda akan tersita untuk latihan secara rutin, bahkan bisa saja menyita waktu yang sebelumnya bisa anda gunakan untuk bermain.

Memang merupakan sebuah kebanggaan bagi seseorang ketika bisa bergabung dengan paskibra. Namun harus diakui jika banyak orang tidak sanggup untuk mengikutinya. Anda pun bisa mengajukan surat pengunduran diri dari organisasi paskibra di bawah ini.

Medan, 02 Oktober 2019

Peirhal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Pembina PASKIBRA
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Kelas:XII IPS 2
NISN:8978654345

dengan ini bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri saya dari keanggotaan PASKIBRA SMA Negeri 1 Medan, dikarenakan saya tidak memiliki waktu untuk latihan.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.


4. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi PMR

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi PMR

Organisasi PMR (Palang Merah Remaja) mungkin tidak terlalu eksis lagi sekarang ini di kalangan sekolah. Namun beberapa sekolah masih memiliki organisasi ini dan mungkin saja anda merupakan salah satu anggota di dalamnya.

Jika anda bermaksud resign dikarenakan sesuatu hal, maka anda pun bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri dari organisasi pmr di bawah ini.

Medan, 02 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Pembina PMR
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
Kelas:XI SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan  ini  bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari Organisasi PMR SMA Negeri 1 Medan, terhitung sejak tanggal 10 Oktober 2019 mendatang.

Demikianlah  surat  pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya , tanpa ada paksaan dari pihak manapun, atas perhatian Ibu Pembina PMR SMA Negeri 1 Medan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Muhammad Ilham.


5. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Mahasiswa

5. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi Mahasiswa

Ada banyak organisasi yang biasanya dibentuk dan diikuti oleh para mahasiswa/i untuk tujuan tertentu di berbagai kampus, bahkan juga antar kampus. Misalnya saja organisasi mahasiswa berdasarkan agama, suku, ataupun daerah asal.

Alhasil, anda pun harus pintar membagi waktu antara berorganisasi dan belajar di kampus. Alasan ini mungkin saja membuat seseorang ingin mengundurkan diri dari sana dan anda pun bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri dari organisasi mahasiswa di bawah ini.

Medan, 02 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Ketua Umum PMM (Persatuan Mahasiswa Medan)
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIM:9876543
Kampus:Universitas Sumatera Utara
Jabatan:Anggota

degan ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari keanggotaan PMM (Persatuan Mahasiswa Medan), terhitung sejak tanggal 10 Oktober 2019 mendatang.

Adapun alasan pengunduran diri saya adalah dikarenakan saya memiliki banyak aktivitas yang padat, sehubungan dengan penyusunan skripsi dan semua tugas akhir kuliah. Saya berharap agar Ketua Umum dan Dewan Pembina bisa memaklumi keadaan dan alasan saya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan dengan sebenarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun, atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.


6. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Gereja

6. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi Gereja

Bagi para umat Kristiani, tentu sudah tidak asing lagi dengan organisasi yang bisa kita temukan di lingkungan gereja, seperti organisasi remaja di gereja. Para remaja di gereja tertentu memang pada umumnya memiliki perkumpulan sendiri.

Namun bisa saja dikarenakan satu dan berbagai alasan, anda harus mengambil keputusan untuk resign dari sana. Jika demikian, maka pilihlah cara baik – baik dan anda bisa mengajukan contoh surat pengunduran diri dari organisasi gereja di bawah ini.

Medan, 02 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Bapak Pdt. Anton Syahputra
Pembina Pemuda/I GKPI Padang Bulan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Intan Permatasari, dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri saya dari Kepengurusan Pemuda/i Gereja GKPI Padang Bulan sebagai anggota.

Adapun hal yang menjadi pertimbangan saya dalam mengambil keputusan ini adalah karena sudah lulus kuliah dan langsung mendapat panggilan kerja dari perusahaan BUMN di Jakarta. Hal ini membuat saya harus meninggalkan kota Medan dan tidak bisa mengikuti berbagai kegiatan pemuda/i GKPI Padang Bulan lagi.

Pada kesempatan ini saya juga tidak lupa menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Pendeta serta seluruh rekan – rekan pemuda/i. Saya juga tak lupa memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila selama menjadi anggota, saya memiliki perbuatan dan perkataan yang kurang menyenangkan untuk saudara/i sekalian.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya buat. Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.


7. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Club Motor

7. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi Club Motor

Ada banyak club motor yang bisa kita temukan sekarang ini, di berbagai daerah dan kota, bahkan hingga tingkat nasional. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan bergabung disana, tentunya jika anda pergunakan dengan baik.

Namun seseorang bisa saja berubah pikiran ataupun karena alasan lain, sehingga ingin berhenti dari keikutsertaan. Anda pun bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri dari organisasi club motor di bawah ini.

Medan, 02 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Ketua Umum HSOI Medan
Honda Sonic Owner Indonesia Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
No. Anggota:B123
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud menajukan permohonan pengunduran diri dari HSOI (Honda Sonic Owner Indonesia) Medan sebagai anggota aktif. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah dikarenakan saya sudah tamat kuliah dan harus fokus bekerja yang banyak menyita waktu saya.

Saya berharap agar ketua umum memaklumi alasan saya. Tidak lupa, saya ingin mengucapkan terimakasih kepada rekan rekan sekalian atas kebersamaan selama ini. Saya juga ingin meminta maaf, jika selama ini pernah berbuat kesalahan, baik dari perkataan, perbuatan, ataupun dari bahasa tubuh saya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Muhammad Ilham.


8. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Serikat Pekerja

8. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi Serikat Pekerja

Organisasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia adalah organisasi yang menaungi para karyawan dan buruh di Indonesia di berbagai daerah. Ketika anda ingin resign dari sana, maka bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri dari organisasi serikat pekerja di bawah ini.

Medan, 02 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Ketua Umum SPSI Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Anton Syahputra, dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari SPSI (Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) Kota Medan, terhitung sejak tanggal 10 Oktober 2019 mendatang.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Ketua Umum dan juga rekan rekan sekalian yang telah menerima saya bergabung di organisasi ini selama ini. Saya juga tidak lupa untuk memohon maaf, jika selama bergabung di organisasi ini pernah melakukan kesalahan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan dengan sebenar benarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

 


9. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi BEM

9. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi BEM

BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa merupakan salah satu organisasi tertinggi pada suatu kampus. Menjadi anggota BEM mungkin saja menjadi impian bagi banyak mahasiswa, sama halnya seperti OSIS di sekolah.

Jika anda bergabung dengan BEM, maka tentu harus mempersiapkan waktu, tenaga, bahkan pikiran, terutama jika anda menduduki jabatan penting. Ingin resign?, anda bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri dari organisasi bem di bawah ini.

Medan, 02 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Ketua Umum BEM Universitas Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Intan Permatasrai
Jabatan di BEM:Seksi Dokumentasi
NIM:098765456789
Fakultas:Ekonomi – Manajemen

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari BEM Universitas Sumatera Utara dengan jabatan Seksi Dokumentasi, terhitung sejak tanggal 10 Oktober 2019 mendatang.

Selama ikut serta di dalam kepengurusan BEM saya sudah mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran serta menjadi bagian dari berkembangnya organisasi ini. Mohon maaf apabila dalam organisasi saya pernah melakukan hal-hal yang kurang berkenan di hati.

Surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dalam keadaan sadar tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.


10. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Masjid

10. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi Masjid

Dalam suatu masjid kita bisa menemukan organisasi, seperti organisasi remaja. Namun jika anda ingin mengundurkan diri dari sana karena suatu alasan tertentu, maka anda pun bisa menggunakan surat pengunduran diri dari organisasi masjid di bawah ini.

Medan, 02 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Ketua Umum Remaja Masjid Al-Ikhlas
Padang Bulan, Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Dewi Cahaya, dengan ini  bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari Organisasi Remaja Masjid Al-Ikhlas Padang Bulan, Medan, terhitung sejak tanggal 10 Oktober 2019 mendatang. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena harus melanjutkan pendidikan ke Jakarta dan tidak bisa mengikuti berbagai kegiatan Remaja Masjid Al-Ikhlas Padang Bulan lagi di Medan.

Pada kesempatan ini saya juga tidak lupa menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Ketua Umum dan  juga semua pihak Masjid yang banyak membantu dan memberikan saya kesempatan untuk bergabung disini.

Saya juga tak lupa memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila selama mengemban amanah dan tanggung jawab sebagai ketua Remaja Masjid terdapat perkataan, sikap, ataupun perbuatan saya yang kurang baik.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya buat. Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.


11. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi HMI/Himpunan Mahasiswa Indonesia

11. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi HMI Himpunan Mahasiswa Indonesia

Organisasi HMI atau Himpunan Mahasiswa Indonesia tentu bukan merupakan organisasi yang asing lagi untuk anda sekalian, terutama untuk para mahasiswa. Ada banyak sekali mahasiswa yang tergabung pada organisasi ini.

Namun jika anda ingin mengundurkan diri dari organisasi HMI, maka anda bisa melihat dan menggunakan contoh surat pengunduran diri dari organisasi HMI di bawah ini.

Medan, 02 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Ketua Umum HMI
Universitas Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
NIM:9876543
Fakultas:FMIPA
Jabatan:Head of Public Relations

dengan ini bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari Badan Pengurus Harian (BPH) Himpunan Mahasiswa Indonesia Universitas Sumatera Utara.Adapun alasan pengunduran diri ini adalah sebagai karena sudah mendapatkan pekerjaan dan memiliki jadwal waktu yang padat, sehingga tidak memiliki waktu yang memadai lagi untuk mengikuti kegiatan kegiatan dari HMI Indonesia.

Saya sudah banyak menimba pengalaman selama menjadi bagian keluarga di sini dan semoga kinerja saya bisa menjadikan laju-kembang organisasi ini. Apabila terdapat kesalahan pada diri saya selama menjalankan amanah pada organisasi ini, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Muhammad Ilham.


12. Contoh Permohonan Pengunduran Diri dari Organisasi Kampus

12. Contoh Permohonan Pengunduran Diri Dari Organisasi Kampus

Ada banyak organisasi kampus di tiap kampus yang bisa kita temukan. Namun jika anda ingin mengundurkan diri dari sana karena berbagai alasan penting, maka tentu tidak ada salahnya, selagi menyampaikannya dengan baik. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat surat pengunduran diri dari organisasi kampus di bawah ini.

Medan, 02 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Ketua Umum HMI (Himpunan Mahasiswa Islam)
Universitas Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Fakutas:Sosial Politik
Jabatan:Sekretaris

dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari Himpunan Mahasiwa Islam Indonesia Universitas Sumatera Utara. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah dikarenakan harus fokus untuk menyusun skripsi dan tugas akhir kuliah lainnya, sehingga tidak memiliki banyak waktu lagi untuk mengikuti kegiatan kegiatan dari HMI USU.

Saya mengucapkan banyak terimakasih karena telah diberi kepercayaan selama satu tahun untuk menduduki jabatan sebagai Sekretaris HMI USU. Tidak lupa juga saya berharap agar HMI USU semakin baik kedepannya dan tetap berkembang.

Jika sekiranya ada kesalahan saya selama bergabung menjadi pengurus HMI Usu, dengan sangat hormat saya memohon maaf dari lubuk hati yang paling dalam.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan dengan sesungguhnya, atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.


13. Contoh Pengunduran Diri dari Organisasi Karate/Pencak Silat

13. Contoh Pengunduran Diri Dari Organisasi Karate Pencak Silat

Organisasi bela diri seperti karate atau pencak silat bukanlah merupakan organisasi yang asing lagi untuk kita semua. Ada banyak cabang dari organisasi ini dan mudah kita temukan di berbagai daerah.

Namun jika anda ingin mengundurkan diri dari sana, maka anda bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri dari organisasi karate di bawah ini.

Medan, 02 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Pembina Perkumpulan Karate Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
No. Anggota:986565
Sabuk:Hitam
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari Perkumpulan Karate Kota Medan, terhitung sejak tanggal 10 Oktober 2019 mendatang. Adapun yang menjadi alasan pengunduran diri saya adalah karena harus berangkat ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dan tidak memiliki waktu lagi untuk mengikuti kegiatan organisasi di Medan.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Bapak Pembina dan juga rekan rekan sekalian yang sudah menerima saya untuk bergabung disini. Saya juga ingin meminta maaf jika sekiranya selama bergabung disini pernah melakukan kesalahan, baik dari perkataan, perbuatan, maupun dari tindakan saya.

Demikian surat pengunduran diri saya ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.


14. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Partai Politik

14. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi Partai Politik

Ada banyak partai politik sekarang ini yang bisa kita temukan, dan banyak sekali orang yang bergabung di dalamnya. Namun jika anda ingin mengundurkan diri dari sana, tentu tidak ada salahnya. Maka dari itu, anda bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri dari organisasi partai politik di bawah ini.

Medan, 02 Oktober 2019

Kepada Yth,
Bapak Anton Syahputra
Ketua Umum DPP Partai Maju Jaya
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Intan Permatasari, bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari DPP Partai Maju Jaya Kota Medan, terhitung sejak tanggal 10 Oktober 2019 mendatang.

Bersama dengan surat ini, perkenankan saya mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Bapak Ketua Umum DPP Partai Maju Jaya yang memberikan kepercayaan kepada saya untuk menjadi bagian dari pengurus Partai yang Bapak Pimpin,

Saya juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya karena sudah tidak bisa lagi bergabung dan menjadi bagian dari kepengurusan partai yang Bapak pimpin. Tidak lupa saya juga ingin meminta maaf jika selama bergabung disini pernah berbuat salah dan bertindak yang kurang menyenangkan untuk Bapak Pimpinan dan rekan rekan sekalian.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenar benarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.


15. Contoh Pengunduran Diri dari Organisasi MAPALA

15. Contoh Pengunduran Diri Dari Organisasi MAPALA

MAPALA atau Mahasiswa Pecinta Alam adalah organisasi bagi para mahasiswa para pecinta alam. Organisasi ini mudah kita temukan pada kampus tertentu dan biasanya memiliki berbagai kegiatan di luar kampus.

Maka dari itu, waktu yang tersita tentu akan banyak, begitu juga dengan tenaga dan pikiran anda. Jika anda ingin resign, maka bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri dari organisasi Mapala di bawah ini.

Medan, 02 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Ketua Umum MAPALA
Universitas Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Anton Syahputra, dengan ini bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari organisasi Mapala, terhitung sejak tanggal 10 Oktober 2019 mendatang.

Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena harus fokus menyusun skripsi, dan tugas tugas akhir kuliah lainnya, sehingga tidak memiliki waktu luang lagi untuk mengikuti kegiatan dari Mapala.

Saya berterimakasih yang sebesar besarnya karena sudah diizinkan bergabung di Mapala selama ini. Saya juga ingin meminta maaf kepada ketua umum dan rekan rekan sekalian, jika selama ini saya pernah berbuat salah.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.


16. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Masyarakat

Banyak organisasi masyarakat yang mudah kita temukan sekarang ini. Namun bilamana anda ingin resign, maka bisa menggunakan surat pengunduran diri dari organisasi masyarakat di bawah ini.

Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Masyarakat
Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Masyarakat

17. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Karang Taruna

Karang Taruna merupakan sebuah organisasi yang mudah kita temukan di desa, kelurahan, ataupun lingkungan tertentu. Untuk bisa menjadi anggota karang taruna di seuatu tempat, maka tentu anda harus berdomisili di sana.

Jika akhirnya anda pindah domisili, maka anda pun harus resign dari keanggotaan di karang taruna. Anda pun bisa mengajukan surat resign dari organisasi karang taruna di bawah ini.

Surat Pengunduran Diri dari Karang Taruna
Surat Pengunduran Diri dari Karang Taruna

18. Contoh Format Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Ada banyak jenis dan contoh surat pengunduran diri dari organisasi yang mungkin akan anda butuhkan. Namun pada umumnya pengunduran diri itu sama dan tidak terlalu berbeda antara satu dengan yang lainnya. Di bawah ini kami akan memberikan satu buah format contoh surat pengunduran diri dari organisasi.

(Nama Kota dan Tanggal)

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: 
NIK: 
Alamat: 

dengan ini bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari organisasi . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ., terhitung sejak tanggal . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . mendatang. Adapun yang menjadi alasan pengunduran diri saya adalah karena . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ..

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya untuk Ketua dan juga rekan rekan sekalian yang sudah menerima saya bergabung pada organisasi ini. Tidak lupa, saya juga ingin meminta maaf jika selama bergabung disini, saya pernah berbuat kesalahan, baik dari perkataan maupun dari tindakan saya. Saya berharap agar organisasi ini semakin berkembang dan maju ke depannya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat, atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

(Nama dan Tanda Tangan).


Penutup

Sebagai bentuk tanggung jawab dan profesionalitas, maka seseorang harus mengajukan pengunduran diri disaat ingin terbebas dari keikutsertaan dalam suatu organisasi.

Bergabung dengan sebuah organisasi, maka tentu anda harus meluangkan waktu, tenaga, pikiran, bahkan terkadang materi, hingga seseorang ingin resign. Itulah beberapa contoh surat pengunduran diri dari organisasi yang bisa anda pergunakan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top