16 Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Sekolah Oleh Guru dan Murid

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Sekolah – Surat permohonan resign merupakan surat yang sebaiknya anda pergunakan ketika mengajukan pengunduran diri. Resign disini maksudnya adalah mengundurkan diri dari pekerjaan, dari jabatan, dari sekolah, dari kampus, ataupun dari perkumpulan – perkumpulan lainnya.

Namun pada kali ini kita akan fokus membahas mengenai surat pengunduran diri dari sekolah. Mungkin akan banyak orang yang berpikir jika surat resign dari sekolah hanya dipergunakan oleh siswa/murid. Namun sebenarnya tidak, karena para guru ataupun pegawai tata usaha juga bisa menggunakan surat pengunduran diri dari sekolah dimana mereka mengajar dan bekerja.

Pada kasus dimana seorang guru atau siswa hendak mengundurkan diri dari sekolah, maka penggunaan contoh surat pengunduran diri memang sangat dianjurkan. Seorang guru akan lebih mudah mendapatkan hak – haknya ketika menggunakan surat resign. Begitu juga dengan seorang siswa akan lebih mudah mendapatkan surat pindah sekolah jika berniat melanjutkan pendidikan di sekolah lain.

Khusus untuk guru PNS, maka pada umumnya tidak hanya memberikan surat pengunduran diri kepada kepala sekolah saja. Namun guru PNS tersebut harus memberikan surat resign sekolah kepada instansi atau kementerian terkait, seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.. Bukan hanya itu, guru PNS tersebut juga harus memberikan beberapa berkas, agar permohonan pengunduran dirinya bisa dipertimbangkan dan segera diproses.

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Sekolah

Menulis surat pengunduran diri dari sekolah sebagai siswa/murid adalah hal yang sangat mudah. Anda hanya perlu menceritakan alasan pengunduran diri, dengan ditanda tangani oleh orang tua siswa. Sementara untuk guru PNS ataupun pegawai sekolah yang sudah PNS, maka harus memenuhi beberapa persyaratan.

Jika anda seorang guru dan hendak mengundurkan diri dari sekolah, maka sebaiknya carilah terlebih dahulu berkas apa saja yang harus dilampirkan pada surat permohonan pengunduran diri dari sekolah. Setelah itu, barulah mengirimkan surat resign kepada kementerian terkait. Di bawah ini adalah beberapa contoh surat pengunduran diri dari sekolah yang bisa anda pergunakan.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Sekolah Yayasan/Swasta

Walaupun sama – sama bekerja sebagai seorang guru, namun peraturan yang harus ditaati seorang guru sekolah negeri tentu akan berbeda dengan guru sekolah yayasan/swasta. Ketika seorang guru yayasan/swasta hendak mengundurkan diri, maka pada umumnya guru tersebut harus memberikan surat permohonan pengunduran diri kepada kepala yayasan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri dari sekolah yayasan/swasta di bawah ini.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Medan, 30 Mei 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Kepala Yayasan Mutiara Bakti
Cq. Kepala Sekolah SMA Mutiara Bakti
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 1991
Jabatan:Guru Matematika
Unit Kerja:SMA Mutiara Bakti
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari SMA Mutiara Bakti, Yayasan Mutiara Bakti sebagai guru, terhitung sejak tanggal 20 Juni 2019 mendatang. Adapun alasan pengunduran diri ini saya ajukan dikarenakan saya ingin mencari pekerjaan yang lain.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada Bapak Kepala Yayasan dan Bapak Kepala Sekolah yang sudah memberikan kesempatan untuk saya mengajar di sekolah ini.

Tidak lupa, saya juga meminta maaf yang setulus – tulusnya bilamana pernah melakukan kesalahan selama mengajar disini. Saya berharap, kirannya Yayasan Mutiara Bakti, khususnya SMA Mutiara Bakti bisa menjadi salah satu sekolah favorit di Medan dan semakin maju ke depannya.

Demikian permohonan pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya, dalam keadaan sadar, dan tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Sekolah Sebagai Guru TK

Bekerja sebagai seorang guru TK ataupun guru Paud tentu bukanlah hal yang mudah. Anda harus berhadapan dengan anak – anak yang masih kecil dan harus bisa mengerti mereka. Namun apabila anda ingin mengundurkan diri dari sana, tetap harus memikirkan rencana ke depannya. Dan bila anda sudah memantapkan planning ke depan, maka anda pun bisa mengajukan permohonan resign dengan menggunakan contoh surat pengunduran diri dari sekolah sebagai guru tk di bawah ini.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Hal : Permohonan Resign

Kepada Yth,
Ibu Intan Permatasari
Kepala Sekolah TK Cinta Kasih
Jl. Cindelaras No. 123
Medan

Dengan hormat,
Bersama dengan surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan:Guru Pendamping A3
Unit Kerja:TK Cinta Kasih
Alamat:Jl. Pendidikan No. 123, Medan

Dengan ini secara resmi mengajukan permohonan pengunduran diri dari TK Cinta Kasih sebagai Guru Pendamping. Adapun alasan pengunduran diri ini dikarenakan saya mendapat tawaran pekerjaan di tempat lain.

Dalam kesempatan ini, saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang sudah diberikan kepada saya untuk mengajar di TK Cinta Kasih sebagai guru. Saya juga meminta maaf jikalau selama mengajar disini saya pernah melakukan kesalahan.

Saya berharap agar ke depannya TK Cinta Kasih ini semakin berkembang dan menjadi salah satu yayasan pendidikan di Medan yang sukses.

Demikian permohonan pengunduran diri ini saya sampaikan dalam keadaan sadar, dan tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun dan pihak manapun. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Medan, 30 Mei 2019

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Sekolah Sebagai Murid/Siswa

Jika pengunduran diri guru dari sekolah ditulis sendiri, maka berbeda dengan surat pengunduran diri dari sekolah sebagai siswa. Bagaimanapun juga, sebaiknya surat pengunduran diri murid/siswa ditulis dan ditanda tangani oleh orang tua. Hal ini tentu berguna untuk meyakinkan pihak sekolah jika permohonan pengunduran diri tersebut memang atas sepengetahuan orang tua murid. Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri dari sekolah sebagai murid/siswa yang bisa anda pergunakan.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Ibu Dewi Cahaya
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua dari siswa :

Nama:Muhammad Ilham
No. Induk:874575378
Kelas:X-IPA 2
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123, Medan

Dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri atas nama anak kami tersebut diatas dari SMA Negeri 1 Medan sebagai murid.

Adapun alasan permohonan pengunduran diri ini dikarenakan saya sebagai orang tua yang bekerja sebagai Perwira TNI dipindahtugaskan ke Surabaya, sehingga kami sekeluarga harus pindah domisili ke Surabaya dan tidak mungkin meninggalkan anak kami tersebut diatas bersekolah di Medan sendirian tanpa keluarga.

Mengenai surat pindah sekolah akan kami urus secepatnya ke SMA Negeri 1 Medan, agar anak kami bisa segera masuk sekolah di sekolah yang baru di Surabaya nantinya.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Medan, 30 Mei 2019

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Sekolah Sebagai Tata Usaha/Pegawai

Bekerja sebagai seorang pegawai tata usaha di sekolah memang tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun jika anda sudah memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan tata usaha di sekolah, maka tentu tidak ada salahnya dan anda bisa memberikan surat permohonan resign kepada kepala sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri dari sekolah sebagai tata usaha di bawah ini.

Medan, 30 Mei 2019

Hal : Permohonan Resign

Kepada Yth,
Bapak Drs. Muhammad Ilham
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Bersama dengan ini surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Jabaatan:Pegawai Tata Usaha
Unit Kerja:SMP Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Merpati No. 123, Medan

Dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri dari SMP Negeri 1 Medan sebagai Pegawai Tata Usaha, terhitung dari tanggal 20 Juni 2019 mendatang. Adapun alasan dari permohonan pengunduran diri ini dikarenakan saya mendapat tawaran pekerjaan lain yang saya nilai lebih sesuai dengan passion saya.

Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kepala Sekolah yang sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja di sekolah ini. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada rekan – rekan pegawai dan guru yang sudah banyak membantu saya untuk bisa bekerja dengan baik.

Tidak lupa dalam kesempatan ini, saya juga ingin meminta maaf bilamana selama bekerja di SMP Negeri 1 Medan, saya pernah berbuat salah secara sengaja maupun tidak, dari perkataan, perbuatan, maupun dari hasil pekerjaan saya.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya, dalam keadaan sadar, sehat jasmani dan rohani, serta tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun dan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak Kepala Sekolah, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

5. Contoh Surat Resign Guru PNS Dari Sekolah

Ketika seorang guru PNS ingin mengundurkan diri dari pekerjaanya, maka guru tersebut harus terlebih dahulu membuat surat permohonan pengunduran diri dari sekolah dan mengirimkannya kepada instansi atau kementerian terkait. Namun terlebih dahulu bisa meminta surat rekomendasi dari kepala sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri kerja guru PNS dari sekolah di bawah ini.

Medan, 30 Juni 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri
Lampiran : 4 (Empat) Lembar

Kepada Yth,
Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI
Cq. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah
di Tempat

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra, S.Pd
Tempat/Tgl Lahir:Medan/15 Juli 1990
NIP:893458754 4363 2362
Pangkat/Gol.:Guru Madya/Penata Muda III/A
Jabatan:Guru Matematika
Unit Kerja:SMP Negeri 123 Medan
Alamat:Jl. Merpati No. 123, Medan

Dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan alasan kondisi fisik dan kesehatan yang tidak memungkinkan untuk mengikuti kegiatan proses mengajar di sekolah lagi.

Sebagai pertimbangkan, bersama ini saya melampirkan beberapa berkas pendukung sebagai berikut :

  1. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah SMP Negeri 123 Medan
  2. Fotocopy SK Pengangkatan PNS (Legalisasi)
  3. Fotocopy SK Kenaikan pangkat Terakhir (Legalisasi)
  4. Surat pernyataan telah mengembalikan semua aset negara

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya sampaikan, tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun dan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kebijaksanaan, serta putusan yang diambil, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra, S.Pd.
NIP. 893458754 4363 2362.

6. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan Kepala Sekolah

Jabatan kepala sekolah merupakan jabatan tertinggi dalam suatu sekolah negeri. Namun bisa saja seorang kepala sekolah ingin mengundurkan diri tanpa harus menunggu pensiun dikarenakan satu dan lain hal. Untuk itu, maka mengirimkan surat permohonan pengunduran diri kepada Kementerian Pendidikan adalah cara yang harus ditempuh. Anda pun bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri dari jabatan kepala sekolah di bawah ini.

SURAT PERMOHONAN PENGUNDURAN DIRI

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri
Lampiran : 5 (Lima) Lembar

Kepada Yth,
Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI
Cq. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah
di Tempat

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Drs. Muhammad Ilham
Tempat/Tgl Lahir:Lampung/25 Agustus 1980
NIP:87348737532 6523 6232
Pangkat/Gol.:Pembina IV/A
Jabatan:Kepala Sekolah
Unit Kerja:SD Negeri 12345 Medan
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

bersama dengan surat ini bermaksud menyampaikan permohonan pengunduran diri sebagai Kepala Sekolah Pegawai Negeri Sipil (PNS). Adapun alasan pengunduran diri ini dikarenakan saya ingin fokus mengembangkan usaha dan akan menyita banyak waktu saya.

Sebagai pertimbangkan, bersama ini saya melampirkan beberapa berkas pendukung sebagai berikut :

  1. Fotocopy Absensi 3 Bulan Terakhir
  2. Fotocopy Slip Gaji 3 Bulan Terakhir
  3. Fotocopy SK Pengangkatan PNS (Legalisasi)
  4. Fotocopy SK Kenaikan pangkat Terakhir (Legalisasi)
  5. Surat pernyataan telah mengembalikan semua aset negara

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa adanya pengaruh dari siapapun dan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kebijaksanaanya, saya ucapkan terimakasih.

Medan, 30 Juni 2019

Hormat Saya,

Drs. Muhammad Ilham.
NIP. 87348737532 6523 6232.

Penutup

Berdasarkan jenis dan contoh surat pengunduran diri dari sekolah diatas tadi, maka sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk menulis jenis surat ini. Berbagai contoh terbilang sangat sering dipergunakan, terutama surat pengunduran diri oleh guru untuk sekolah. Itulah tadi beberapa contoh surat pengunduran diri dari sekolah yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.