16 Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik, Kontrak, DLL

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan – Jika anda ingin berhenti bekerja dan ingin keluar dari pekerjaan, maka pengajuan permohonan pengunduran diri kerja harus anda berikan terlebih dahulu. Dengan demikian, anda mengundurkan diri secara terhormat dan profesional. Bukan hanya sebagai formalitas saja, namun surat ini juga menunjukkan jika anda berhenti bekerja dengan cara baik – baik.

Menjadi seorang karyawan masih menjadi pilihan bagi banyak orang sekarang ini, terutama karyawan perusahaan, karyawan pabrik, ataupun karyawan retail (alfamart, indomaret, alfamidi), yang notabenenya merupakan karyawan swasta. Status anda sebagai karyawan tetap ataupun karyawan kontrak, harus tetap memberikan surat pengunduran diri dengan baik dan benar.

Untuk karyawan tetap tentu tidak akan ada masalah jika anda berhenti bekerja, apapun alasan anda. Sementara untuk karyawan kontrak, pada dasarnya hanya bisa berhenti bekerja setelah selesai kontrak. Namun jika anda memiliki alasan yang kuat, seperti alasan kesehatan yang tidak memungkinkan, maka anda juga bisa mengajukan surat permohonan resing kerja.

Memberitahukan alasan pengunduran diri bukan hal yang wajib pada beberapa situasi. Namun tentu tidak ada salahnya jika anda ingin menyampaikan alasan. Namun khusus untuk pengunduran diri karyawan kontrak, maka anda harus memberitahukan alasan yang kuat dan bisa dipercaya oleh pihak perusahaan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Menulis surat pengunduran diri dengan baik dan benar bukanlah hal yang terlalu susah. Namun anda perlu memperhatikan format surat pengunduran diri yang digunakan, bahasa dan gaya penulisan yang digunakan, serta tidak menyinggung pihak lain. Jadi tidak ada salahnya bagi anda mencari contoh surat pengunduran diri terlebih dahulu untuk dijadikan bahan referensi.

Begitu juga halnya dengan anda yang mungkin masih sekolah atau kuliah, dan mendapat tugas untuk menulis berbagai macam atau jenis surat pengunduran diri kerja karyawan. Maka dari itu, di bawah ini adalah beberapa contoh surat pengunduran diri karyawan yang bisa anda pergunakan.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik

Hingga saat ini, pabrik merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan lapangan pekerjaan paling banyak. Berbagai jenjang pendidikan juga bisa diterima bekerja di pabrik, juga tergantung skill yang anda miliki. Jika anda ingin mengundurkan diri dari pabrik, maka harus menyampaikan permohonan resing kepada atasan secara hormat. Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri karyawan pabrik yang bisa anda pergunakan.

Medan, 30 Mei 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Kepala Departemen HRD
PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
No. Karyawan:B123C
Jabatan:Kepala Gudang
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud menyampaikan permohonan pengunduran diri dari PT. Maju Jaya Sejahtera sebagai Kepala Gudang, terhitung dari tanggal 30 Juni 2019 mendatang.

Saya mengucapkan banyak terimakasih karena sudah diberikan kesempatan untuk bekerja di perusahaan ini. Tidak lupa, saya juga ingin meminta maaf bilamana dalam pekerjaan pernah melakukan kesalahan. Saya berharap, PT. Maju Jaya Sejahtera semakin maju dan sukses ke depannya.

Demikian permohonan pengunduran diri ini saya sampaikan berdasarkan keinginan sendiri. Atas perhatian dan kebijaksanaanya, saya mengucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Muhammad Ilham.

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Kontrak

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas tadi, anda tidak bisa keluar begitu saja tanpa alasan yang kuat dari status pekerjaan sebagai karyawan kontrak. Mungkin saja hanya alasan tertentu yang akan diterima perusahaan. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu jika alasan anda akan diterima dan anda tidak perlu menanggung kerugian atas berhentinya anda bekerja sebagai karyawan kontrak. Untuk lebih jelasnya, anda bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri karyawan kontrak di bawah ini.

Medan, 30 Mei 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Kepala Bagian Personalia
PT. Sukses Makmur
Jl. Cindelaras No. 123
Medan

Dengan hormat,
Bersama dengan surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Jabatan:Pegawai Produksi
Masa Kontrak:2017 – 2022
Alamat:Jl. Merpati No. 123, Medan

Dengan ini memberitahukan perihal pengunduran diri saya dari PT. Sukses Makmur, terhitung dari tanggal 30 Juni 2019 mendatang. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah disebabkan oleh kondisi kesehatan saya yang tidak memungkinkan lagi untuk bekerja.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya karena sudah diberikan kesempatan untuk bekerja dengan baik di perusahaan ini. Saya juga ingin menyampaikan permohonan maaf atas semua kesalahan yang mungkin saya lakukan dan karena saya tidak bisa menyelesaikan masa kontrak kerja saya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan, atas perhatian dan pengertiannya saya sampaikan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Koperasi

Ada berbagai jenis koperasi yang berdiri di Indonesia, dan ada sangat banyak koperasi yang terbesar di berbagai daerah, terutama koperasi yang khusus meminjamkan uang. Untuk bekerja di koperasi, pada umumnya diperlukan jaminan dari anda sebagai pekerja. Maka dari itu, anda pun harus menyampaikan dengan baik perihal pengunduran diri anda kepada atasan. Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri karyawan koperasi yang bisa anda pergunakan.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Direktur Koperasi Bintang Jaya
Jl. Pattimura No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Collector
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123, Medan

Dengan ini memberitahukan perihal pengunduran diri saya dari Koperasi Bintang Jaya sebagai Collector, terhitung dari tanggal 30 Juni 2019 mendatan. Adapun alasan pengunduran diri ini dikarenakan saya mendapat tawaran pekerjaan di perusahaan lain, yang saya rasa lebih sesuai dengan passion saya.

Dalam kesempatan ini, saya mengucapkan terimakasih karena sudah diberikan kesempatan untuk bekerja disini dan bisa mendapatkan banyak ilmu serta pengalaman. Saya juga menyampaikan permohonan maaf bilamana pernah berbuat kesalahan selama saya bekerja di Koperasi Bintang Jaya ini.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, saya sampaikan terimakasih.

Medan, 30 Mei 2019

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Indomaret/Alfamart/Alfamidi

Indomaret ataupun Alfamidi dan Alfamart merupakan perusahaan retail yang sudah bergerak di berbagai daerah di Indonesia. Perusahaan ini memiliki kemiripan antara satu dengan yang lainnya, mulai dari proses lamaran kerja, proses training, proses kerja, sampai dengan proses pengunduran diri. Maka dari itu, di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri karyawan indomaret/alfamart/alfamidi yang bisa anda pergunakan.

Medan, 30 Mei 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Indomarco Prismatama
Jl. Industri No. 60
Tanjung Morawa

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan:Kasir Toko
Toko:Indomaret Jamin Ginting 1
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

dengan ini menyampaikan permohonan resign dari Indomaret sebagai Kasir, terhitung dari tanggal 30 Juni 2019 mendatang. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena mendapat tawaran kerja yang saya rasa lebih sesuai dengan minat saya.

Sehubungan dengan hal tersebut, saya berharap kirannya Bapak mengeluarkan surat rekomendasi dan berbagai dokumen penting lainnya terkait pengurusan dan pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan yang saya miliki.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kebijaksanaanya saya mengucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

5. Contoh Surat Resign Karyawan Restoran

Bekerja di sebuah restoran memang tidak selamanya membutuhkan pendidikan tinggi, namun lebih diutamakan untuk yang sudah berpengalaman ataupun memiliki skill di bidangnya. Mungkin saja anda ingin berhenti bekrja di sebuah restoran karena ingin mencari pekerjaan yang lebih menjanjikan lagi ataupun ingin membuka usaha restoran. Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri karyawan restoran yang bisa anda pergunakan.

Medan, 30 Mei 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Manajer Restoran Enak
Jl. Amal No. 123
Medan

Dengan hormat,
Bersama dengan surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Chef Western Food
Alamat:Jl. Pertempuran No. 123, Medan

dengan ini menyampaikan perihal pengunduran diri sebagai Chef Western Food di Restoran Enak, terhitung dari tanggal 30 Juni 2019 mendatang. Adapun alasan pengunduran diri ini dikarenakan saya berniat untuk membuka usaha restoran kecil – kecilan.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya karena sudah diberikan kesempatan untuk bekerja di restoran ini dan bisa memberikan saya banyak ilmu. Saya juga menyampaikan permohonan maaf dari hati yang paling dalam, bilamana pernah melakukan kesalahan selama bekerja disini.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaanya, saya menyampaikan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Resign Karyawan Bank

Menjadi karyawan bank ataupun pegawai bank memang masih menjadi keinginan banyak orang. Namun bukan tidak mungkin jika anda ingin mengundurkan diri dari pekerjaan di bank. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan tertentu. Maka dari itu, anda pun bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri karyawan bank di bawah ini.

Medan, 30 Mei 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Kepala Departemen HRD
PT. Bank BRI Cabang Iskandar Muda
Jl. Iskandar Muda No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
No. Karyawan:C1234
Jabatan:Teller
Alamat:Jl. Merpati No. 123, Medan

dengan ini menyampaikan permohonan pengunduran diri dari PT. Bank BRI Cabang Iskandar Muda sebagaI Teller, terhitung dari tanggal 30 Juni 2019 mendatang.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya karena sudah diberikan kesempatan untuk bekerja disini. Saya juga menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan yang mungkin saya lakukan selama bekerja disini.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaanya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

7. Contoh Format Surat Pengunduran Diri Karyawan

Ada banyak contoh surat pengunduran diri kerja yang bisa anda pergunakan, terutama pada saat mengundurkan diri dari perusahaan swasta. Maka dari itu, di bawah ini adalah contoh format surat pengunduran diri karyawan perusahaan yang bisa anda pergunakan.

(Tempat dan tanggal)

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Kepala Departemen HRD
PT. . . . . . . . . . . . . . . . . .
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:
Jabatan:
Alamat:

Dengan ini menyampaikan permohonan pengunduran diri kerja dari PT. . . . . . . . . . . . . sebagai . . . . . . . . . . . . . Adapun alasan permohonan pengunduran diri ini dikarenakan . . . . . . . . . . .

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya karena sudah diberikan kesempatan untuk bekerja disini. Saya juga menyampaikan permohonan maaf dari hati yang paling dalam atas semua kesalahan yang pernah saya lakukan selama bekerja disini. Saya berharap, Bapak/Ibu bisa memberikan hak – hak saya sebagai karyawan yang mengundurkan diri.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaanya, saya mengucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

(Nama/Tanda Tangan).

Penutup

Penggunaan surat pengunduran diri karyawan memang merupakan hal yang wajib bagi anda yang ingin berhenti bekerja sebagai karyawan. Hal ini memiliki manfaat yang sangat penting untuk anda sendiri dan juga perusahaan. Itulah beberapa contoh surat pengunduran diri karyawan yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.