16 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar, Serta Sopan

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja – Memiliki pekerjaan dan mendapatkan penghasilan tetap masih menjadi impian bagi banyak orang sekarang ini. Walaupun ada orang yang memilih usaha sendiri, namun itu hanyalah sebagian kecil saja. Kendati sudah memiliki pekerjaan tetap, bukan tidak mungkin seseorang ingin mengundurkan diri dari pekerjaan tersebut dikarenakan alasan tertentu. Maka dari itulah anda mungkin akan membutuhkan surat pengunduran diri kerja.

Penggunaan surat pengunduran diri kerja memang sangat diperlukan manakala anda harus keluar dan berhenti bekerja pada suatu perusahaanm ataupun badan usaha lainnya. Menulis surat pengunduran dengan baik, sopan, dan baik tentu merupakan hal yang sangat baik untuk anda lakukan, daripada harus berhenti diam diam dan tanpa pemberitahuan.

Jika anda tidak memberikan surat pengunduran diri kerja, maka anda tentu tidak akan bisa mendapat surat rekomendasi atau surat pengalaman kerja yang mungkin saja akan anda butuhkan di masa mendatang. Selain itu, anda pun tidak akan mendapatkan pesangon yang pada umumnya diberikan oleh pihak perusahaan ketika seorang karyawan mengundurkan diri.

Salah satu jenis surat permohonan ini bukan hanya berguna untuk anda sendiri, namun juga untuk perusahaan atau tempat kerja yang anda tinggalkan. Jika anda memberikan surat pengunduran diri kerja setidaknya sebulan sebelum keluar, maka mereka akan bisa mencari pengganti anda dengan sesegera mungkin, agar tidak terjadi kekosongan posisi, yang bisa saja mengganggu kinerja perusahaan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Mengundurkan diri dari kerja merupakan hak setiap orang tanpa bisa diganggu gugat, terkecuali untuk para karyawan kontrak yang terikat kontrak kerja dalam jangka waktu tertentu. Jika anda ingin mengundurkan diri, maka ada banyak contoh surat yang bisa anda contek agar bisa menulis surat pengunduran diri kerja dengan baik dan benar.

Menulis surat pengunduran diri kerja tidaklah terlalu susah. Namun sebisa mungkin anda tidak boleh membuat pihak perusahaan tersinggung, walau apapun yang menjadi alasan anda keluar dan berhenti bekerja pada badan usaha tesebut. Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh surat pengunduran diri kerja yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

Ketika ingin mengundurkan diri dari suatu badan usaha, maka tentu anda memiliki alasan atas hal tersebut. Kendati memiliki alasan yang mungkin agak  kurang baik, namun anda harus tetap bersikap sopan dan baik, serta tidak menyinggung pihak perusahaan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan di bawah ini.

Medan, 14 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Kepala Departemen Personalia
PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Staff Marketing
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari pekerjaan sebagai Staff Marketing di PT. Maju Jaya Sejahtera, terhitung sejak tanggal 10 November 2019 mendatang.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan untuk bisa bekerja di perusahaan ini. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak pimpinan dan semua rekan rekan sekalian yang sudah bekerjasama dengan saya untuk bisa bekerja dengan baik dan profesional.

Tidak lupa, saya juga ingin meminta maaf kepada Bapak pimpinan dan rekan rekan sekalian, sekiranya saya memiliki kesalahan selama bekerja di sini, baik dari perkataan maupun perbuatan saya, yang disadari maupun tidak saya sadari. Saya hanya berharap agar ke depannya perusahaan ini semakin berkembang dan bisa berkembang dengan pesat.

Demikian surat pengunduran diri kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dengan Alasan

Ketika mengundurkan diri dari pekerjaan, maka tentu seseorang memiliki alasan atas hal tersebut. Nah, dalam menulis surat pengunduran diri anda pun bisa memberitahukan alasan tersebut. Namun apapun yang menjadi alasan anda, sebaiknya jangan sampai menyinggung pihak perusahaan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan di bawah ini.

Medan, 14 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Kepala Bagian Personalia
PT. Sukes Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Jabatan:Staff Administrasi
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari Jabatan Staff Administrasi di PT. Sukses Makmur, terhitung sejak tanggal 10 November 2019.

Adapun yang menjadi alasan pengunduran diri saya adalah karena saya harus melanjutkan usaha bisnis orang tua yang sudah tidak bisa dikelola dengan baik lagi oleh orang tua karena umur yang semakin tua. Saaya pun berharap agar Bapak bisa memahami alasan saya ini.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya karena sudah diberi kesempatan bekerja di perusahaan ini dengan baik. Saya hanya bisa berharap agar perusahaan ini semakin berkembang dan maju ke depannya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari.

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat menulis surat pengunduran diri. Beberapa di antaranya adalah ucapan terimakasih karena sudah diberi kesempatan bekerja, permintaan maaf jika sekiranya memiliki salah, dan harapan agar perusahaan yang anda tinggalkan semakin maju dan berkembang. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar di bawah ini.

Medan, 14 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan:Admin
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

bersama dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri, terhitung sejak tanggal 10 November 2019 mendatang.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan oleh Bapak Direktur kepada saya untuk bekerja di PT. Maju Jaya Sejahtera ini dengan profesional selama kurang lebih 5 tahun.

Tidak lupa, saya juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada Bapak Direktur dan seluruh rekan karyawan di PT. Maju Jaya Sejahtera, sekiranya saya memiliki salah selama bekerja disini, baik itu yang saya sadari ataupun yang tidak saya sadari. Saya hanya berharap semoga PT. Maju Jaya Sejahtera semakin maju dan berkembang pesat ke depannya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenarnya, atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Dewi Cahaya.

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Resmi

Surat pengunduran diri yang resmi haruslah ditulis dengan baik dan diberikan setidaknya 3 minggu sebelum anda benar benar keluar dari perusahaan tersebut. Hal tersebut agar pihak perusahaan bisa mencari pengganti anda secepatnya, dan tidak terjadi kekosongan posisi yang anda tinggalkan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri kerja resmi di bawah ini.

Medan, 14 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Direktur PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
Nomor Karyawan:B343
Jabatan:Teknisi Mesin Produksi
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri PT. Sukses Makmur sebagai Teknisi Mesin Produksi, terhitung sejak tanggal 10 November 2019 mendatang.

Adapun yang menjadi alasan pengunduran diri saya adalah karena saya ingin berfokus pada usaha katering yang saya jalani sekarang ini. Saya hanya bisa berharap agar Bapak pimpinan bisa memaklumi alasan saya ini.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya tulis dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Muhammad Ilham.

5. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Pdf

Ada banyak orang yang mencari contoh surat pengunduran diri kerja Pdf atau dalam bentuk file pdf. Namun hal tersebut hanya akan membuang buang waktu anda saja. Sebaliknya, anda bisa mengcopy contoh surat pengunduran diri kerja di bawah ini, lalu kemudian mengeditnya sesuai dengan keinginan anda sendiri.

Medan, 14 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Kepala Bagian Personalia
PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Jabatan:Staff Keuangan
Alamat:Jl. Amal No. 123,  Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri (resign) dari PT. Maju Jaya Sejahtera, terhitung sejak tanggal 10 November 2019 mendatang.

Saya mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan bimbingan yang diberikan selama saya bekerja di perusahaan ini. Tidak lupa, saya juga ingin memohon maaf atas segala kesalahan selama bekerja, baik yang saya sadari maupun tidak.

Demikian surat pengunduran diri kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari.

6. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Doc

Selain mencari surat pengunduran diri pdf, ada banyak orang yang juga ingin mencari contoh surat pengunduran diri kerja doc. Namun itupun tidak akan terlalu banyak membantu anda. Sebaliknya anda bisa mengcopy surat pengunduran diri di bawah ini, lalu kemudian mengeditnya pada mircrosoft word sesuai dengan keinginan anda.

Medan, 14 Oktober 2019

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham, M. Pd
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan:Guru Matematika
Status:Guru Honorer
Unit Kerja:SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Mddan

dengan ini secara resmi bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Guru Mata Pelajaran Matematika dari SMA Negeri 1 Medan, terhitung sejak tanggal 10 November 2019.

Adapun yang menjadi alasan pengunduran diri saya adalah karena mendapatkan tawaran pekerjaan dari salah satu perusahaan ternama di Medan. Saya berharap, agar Bapak Kepala Sekolah bisa memaklumi alasan ini.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatiannya dan bimbingan yang diberikan selama ini, saya mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

Dewi Cahaya.

7. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Pabrik

Ada banyak pabrik pabrik yang berdiri di Indonesia dan membutuhkan banyak karyawan. Namun bisa saja seseorang karyawan pabrik tersebut ingin mengundurkan diri dari pekerjaanya. Jika anda bekerja di salah satu pabrik dan ingin mengundurkan diri dari sana, maka anda pun bisa menulis surat pengunduran diri kerja pabrik seperti di bawah ini.

Medan, 14 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Kepala Departemen Personalia
PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
Posisi:Karyawan Produksi
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Sukses Makmur dengan posisi terakhir sebagai karyawan produksi, terhitung sejak tanggal 10 November 2019 mendatang.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Pimpinan yang sudah menberikan saya kesempatan untuk bekerja di pabrik ini. Saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada rekan rekan kerja semuanya, yang sudah banyak membantu dan membimbing saya untuk bisa bekerja dengan baik.

Tidak lupa, saya pun ingin meminta maaf jika sekiranya saya pernah berbuat salah selama bekerja disini, baik yang sengaja maupun tidak sengaja, baik dari perkataan maupun tidakan saya. Saya hanya berharap agar ke depannya perusahaan ini semakin maju dan bisa berkembang dengan pesat.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Muhammad Ilham.

8. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Karena Ingin Melanjutkan Kuliah

Pendidikan memang tidak ada habisnya dan tidak memandang umur. Walaupun anda sudah bekerja sekarang, mungkin saja anda ingin melanjutkan pendidikan, sehingga tidak bisa bekerja lagi. Maka dari itu, anda pun bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri kerja karena ingin melanjutkan pendidikan di bawah ini.

Medan, 14 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Manajemen Hotel Sukses Jaya
Jl. Cindelaras No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Jabatan:Forntliner
No. Karyawan:B3434
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari Hotel Sukses Jaya dengan posisi terakhir sebagai frontliner, terhitung sejak tanggal 10 November 2019 mendatang.

Adapun yang menjadi alasan pengunduran diri saya adalah karena saya harus melanjutkan kuliah ke Jenjang yang lebih tinggi lagi, sehingga saya tidak bisa membagi waktu kerja dengan waktu kuliah. Saya berharap agar Bapak pimpinan bisa memaklumi alasan saya ini.

Demikian surat pengunduran diri kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan bimbingan yang diberikan kepada saya selama ini, saya mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari.

9. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dengan Alasan Sakit

Seseorang bisa saja terkena penyakit yang berkepanjangan dan membuatnya tidak bisa lagi bekerja dengan baik. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika anda harus mengundurkan diri dari pekerjaan, dengan menyebutkan alasan pengunduran diri anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan sakit di bawah ini.

Medan, 14 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Departemen:Pemasaran dan Informasi
Jabatan:Sales
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Maju Jaya Sejahtera dengan posisi terakhir sebagai sales, terhitung sejak tanggal 10 November 2019 mendatang.

Adapun yang menjadi alasan pengunduran diri saya adalah karena penyakit leukimia yang saya derita, sehingga membuat saya tidak memungkinkan lagi untuk bekerja dengan baik dan fokus. Saya pun berharap agar Bapak pimpinan memaklumi alasan saya ini dan bisa memberikan apa yang menjadi hak saya.

Demikian surat pengunduran diri kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja di Puskesmas

Khusus untuk orang orang yang tamat dari pendidikan kesehatan, kebanyakan akan mencari pekerjaan yang berkaitan dengan kesehatan, salah satunya adalah puskesmas. Namun jika anda mendapatkan pekerjaan di rumah sakit misalnya, atau karena ada alasan lain, maka anda bisa saja mengundurkan diri dari puksesmas tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri kerja di puksesmas di bawah ini.

Medan, 14 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Kepala Puksesmas Padang Bulan
Jl. Jamin Ginting No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan:Bidan Tidak Tetap
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari Puksesmas Padang Bulan, terhitung sejak tanggal 10 November 2019 mendatang. Adapun yang menjadi alasan pengunduran diri saya adalah karena saya mendapatkan pekerjaan di salah satu rumah sakit swasta di Medan. Dan saya berharap agar Bapak pimpinan bisa memaklumi alasan saya ini.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Dewi Cahaya.

11. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Guru

Seorang guru PNS tentu tidak bisa mengundurkan diri dengan begitu mudah dari satu sekolah. Namun untuk para guru honorer, tergantung keputusan dari mereka sendiri apakah ingn berhenti bekerja atau tidak. Maka jika anda ingin mengundurkan diri dari pekerjaan sebagai guru honorer, anda pun bisa menulis surat pengunduran diri seperti contoh surat pengunduran diri kerja guru di bawah ini.

Medan, 14 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham, S. Pd
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Guru Honorer
Unit Kerja:SMP Negeri 1 Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari SMP Negeri 1 Medan, dengan posisi terakhir sebagai Guru Honerer Mata Pelajaran Bahasa Inggris, terhitung sejak tanggal 10 November 2019 mendatang.

Adapun yang menjadi alasan pengunduran diri saya adalah karena sudah mendapatkan pekerjaan di salah satu sekolah swasta SMA di Medan sebagai guru tetap. Saya berharap agar Bapak Kepala Sekolah bisa memaklumi alasan saya ini.

Tidak lupa, saya juga ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Bapak Kepala Sekolah yang sudah memberikan saya kesempatan untuk mengajar di sekolah ini, begitu juga dengan rekan rekan guru yang banyak membantu saya untuk bisa mengajar dengan baik dan lebih baik lagi.

Saya juga ingin meminta maaf kepada Bapak Kepala Sekolah dan semua rekan guru, jika sekiranya saya pernah berbuat salah selama menjadi guru di sekolah ini. Saya berharap agar SMP Negeri 1 Medan bisa berkembang dan semakin maju ke depannya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

12. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Singkat

Dalam menulis surat pengunduran diri kerja tidaklah harus panjang jika memang memungkinkan. Anda pun bisa menulis surat pengunduran diri kerja dengan singkat, namun harus padat dan jelas. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri kerja singkat di bawah ini.

Medan, 14 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Kepala Bagian HRD
PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya Muhammad Ilham, selaku karyawan PT. Sukses Makmur dengan posisi sebagai Staff Marketing, dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri, terhitung sejak tanggal 10 November 2019 mendatang.

Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak pimpinan yang sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja di perusahaan ini, dan juga kepada rekan rekan kerja yang sudah banyak membantu dan membimbing saya. Tidak lupa, saya juga ingin meminta maaf kepada Bapak pimpinan dan rekan rekan sekalian, sekiranya saya pernah berbuat salah selama bekerja disini. Saya hanya berharap agar perusahaan ini semakin maju dan berkembang dengan pesat.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Muhammad Ilham.

13. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dalam Bahasa Inggris

Anda mungkin tidak akan pernah atau setidaknya akan sangat jarang menggunakan contoh surat pengunduran diri kerja dalam bahasa Inggris. Namun jika anda masih sekolah atau kuliah, maka mungkin saja anda mendapatkan tugas untuk menulis surat pengunduran diri kerja dalam bahasa Inggris. Maka dari itu, di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri kerja dalam bahasa Inggris untuk anda sekalian.

Medan, October, 14 2019

Subject : Resignation

To :
Director of PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

With Respect,
I, the undersigned below :

Name:Intan Permatasari
Position:Marketing Staff
Addres:Jl. Amal No. 123, Medan

hereby intend to submit an application for resignation from PT. Sukses Makmur with the last position as marketing staff, starting from the date November, 10 2019.

I thank the director for giving me the opportunity to work in this company. I also want to thank all colleagues who have helped and guided me to work well and professionally.

I also want to apologize to the father of the director and colleagues, if I have done anything wrong while working here, both through words and from what I did. I hope that this company will be more advanced and can grow rapidly in the future.

I did this letter of resignation in truth and without any pressure from anyone. Thank you for your attention.

Sincerely,

 

Intan Permatasari.

14. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dari Jabatan

Setiap orang tentu memiliki jabatan ataupun posisi dalam pekerjaanya masing masing. Namun bisa saja anda merasa tidak sanggup untuk menyandang suatu jabatan yang anda rasa terlalu tinggi. Maka dari itu, anda pun bisa mengundurkan diri dari jabatan tersebut dan meminta jabatan yang lebih rendah lagi. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri kerja dari jabatan di bawah ini.

Medan, 14 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri Jabatan

Kepada Yth,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Kepala Departemen
Departemen:Departemen Keuangan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengundurkan diri dari Jabatan sebagai Kepala Departemen Keuangan PT. Maju Jaya Sejahtera, dan saya berharap agar Bapak Direktur bisa memberikan jabatan yang lebih rendah kepada saya.

Adapun alasan pengunduran diri dari jabatan saya ini adalah karena saya merasa masih kurang mampu untuk memikul tanggung jawab sebagai seorang Kepala Departemen Keuangan. Saya berharap agar Bapak sudi memaklumi alasan saya ini dan sudi memberikan jabatan yang lebih rendah lagi.

Demikian surat pengunduran diri saya dari jabatan ini saya perbuat dengan sebenarnya, tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Atas perhatian dan pengertian dari Bapak Direktur, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

15. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Karyawan Kontrak

Seorang karyawan kontrak tentu tidak bisa mengundurkan diri dari pekerjaanya begitu saja, sebelum batas waktu yang sudah ditentukan. Namun jika anda memiliki alasan kuat, maka bisa saja anda mengundurkan diri. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengundurna diri kerja karyawan kontrak di bawah ini.

Medan, 14 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Kepala Departemen HRD
PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Berdasarkan Perjanjian Kontrak Kerja yang saya tanda tangani bersama dengan perusahaan PT. Sukses Makmur, bahwa saya terikat kontrak kerja dalam jangka waktu 2 tahun, terhitung dari tanggal 10 Januari 2019 s/d 10 Januari 2021 mendatang. Namun dikarenakan alasan tertentu, saya pun tidak mampu melanjutkan kontrak kerja ini sebagaimana yang sudah disepakati bersama.

Maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Posisi:Staff Marketing
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengundurkan diri dari PT. Sukses Makmur sebagai karyawan kontrak, terhitung sejak hari ini, Senin, 14 Oktober 2019.

Adapun yang menjadi alasan pengunduran diri saya adalah karena kecelakaan parah yang saya alami, yang membuat saya harus menjalani banyak perawatan intensif untuk bisa beraktivtias kembali. Menurut keterangan dokter, dibutuhkan waktu setidaknya 6 bulan untuk saya bisa pulih kembali.

Saya memohon maaf yang sebesar besarnya atas kejadian ini, sehingga tidak bisa melanjutkan kontrak kerja saya lagi sampai habis. Saya juga berharap agar Bapak Direktur bisa memaklumi alasan saya, yang sudah tidak memungkinkan lagi untuk bekerja, setidaknya selama 6 bulan ke depan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya, atsa perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Dewi Cahaya.

16. Format Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Ada banyak jenis dan contoh surat pengunduran diri yang bisa anda pergunakan ketika ingin mengundurkan diri dari pekerjaan. Namun di bawah ini, kami akan memberikan satu buah contoh format surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar untuk anda sekalian.

(Nama Kota dan Tanggal)

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:
Jabatan:
Alamat:

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . dengan jabatan terakhir sebagai . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . , terhitung sejak tanggal . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . mendatang.

Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. Saya hanya berharap agar Bapak/Ibu Pimpinan bisa memaklumi alasan saya tersebut.

Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak/Ibu Pimpinan, atas kesempatan yang diberikan untuk saya bekerja di perusahaan ini. Saya juga mengucapkan terimasih kepada rekan rekan kerja sekalian yang sudah banyak membantu dan membimbing saya untuk bisa bekerja dengan baik dan profesional.

Tidak lupa, saya juga ingin meminta maaf kepada Bapak/Ibu Pimpinan dan juga rekan rekan kerja semuanya, sekiranya saya pernah berbuat salah selama bekerja disini, baik yang sengajar maupun tidak, baik dari perkataan maupun dari tindakan yang saya lakukan. Saya hanya berharap agar ke depannya perusahaan ini semakin maju dan bisa berkembang dengan pesat.

Demikian surat pengunduran ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

(Nama dan Tanda Tangan)

Penutup

Penggunaan berbagai contoh surat pengunduran diri kerja memang masih sangat sering kita temukan saat ini. Walaupun anda bisa keluar dan berhenti bekerja tanpa pemberitahuan, namun hal tersebut tentu kurang baik dan memberikan image buruk untuk anda sendiri. Itulah tadi beberapa contoh surat pengunduran diri kerja yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.