16 Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana, Barang, DLL

Contoh Surat Permohonan Bantuan – Berbagai pihak tentu akan membutuhkan bantuan dari pihak lain, sama halnya dengan kita yang seringkali meminta bantuan kepada orang lain. Bantuan yang dimaksud disini memang seringkali diidentikkan dengan bantuan dana, walaupun tidak selamanya demikian. Ketika anda atau lembaga anda membutuhkan bantuan dari pihak lain, maka bisa menggunakan surat permohonan bantuan, dan akan lebih baik lagi jika melampirkan proposal pada surat tersebut.

Salah satu contoh kecil yang seringkali kita temui adalah permohonan bantuan dana pembangunan. Sebut saja suatu masjid misalnya ingin melakukan rehabilitasi, sehingga akan membutuhkan dana yang lumayan tinggi. Dan untuk memenuhi kebutuhan dana tersebut, anda pun selaku panitia pembangunan masjid atau pengurus masjid bisa meminta bantuan dana dari pihak lain.

Selain itu, permohonan bantuan dana juga seringkali dipergunakan ketika suatu pihak ingin melakukan suatu kegiatan, dan itu disebut dengan permohonan bantuan dana kegiatan. Misalnya saja sebuah karang taruna di desa atau kelurahan ingin melakukan acara peringatan HUT RI dan membutuhkan dana yang lumayan banyak. Untuk menutupi kebutuhan dana tersebut, anda selaku pengurus karang taruna pun bisa mengajukan permohonan bantuan dana dari pihak lain, seraya melampirkan proposal acara dimaksud.

Permohonan bantuan tidak terbatas disitu saja, namun menjangkau lebih banyak aspek yang mungkin memang jarang kita temukan. Tidak seperti beberapa jenis surat permohonan lainnya, surat permohonan batuan ini pada umumnya tidak memerlukan surat rekomendasi yang bisa anda dapatkan dengan surat permohonan rekomendasi. Jika anda sudah memiliki surat rekomendasi, maka permohonan anda kemungkinan akan lebih cepat ditanggapi oleh pihak yang dituju.

Contoh Surat Permohonan Bantuan

Lantas, bagaimana cara menulis surat permohonan bantuan yang baik dan benar. Namun jika anda ingin mengajukan bantuan dana kepada pihak lain yang merupakan pihak kelompok ataupun perseorangan, penggunaan kop surat atau kepala surat wajib untuk anda penuhi sebagai identitas dari pemohon bantuan.

Bagi anda yang mungkin sering berkecimpung di bidang seperti ini, tentu sudah tidak asing lagi dengan tata cara penulisan surat permohonan bantuan. Namun jika anda baru pertama kalinya ataupun anda mendapatkan tugas dari sekolah/kampus untuk menulis surat permohonan bantuan, maka beberapa contoh surat permohonan batuan di bawah ini mungkin akan bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana

Salah satu jenis surat permohonan batuan yang paling sering dipergunakan mungkin adalah surat permohonan bantuan dana. Dana yang dibutuhkan disini bisa saja untuk pembangunan masjid misalnya, dan panitia pembangunan berusaha menggalang dana dengan cara memohon bantuan dana dari pihak lain. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat surat permohonan bantuan dana di bawah ini.

PANITIA REHABILITASI MASJID
MASJID AL- IKHLAS PADANG BULAN MEDAN
Jl. Jamin Ginting No. 123, Medan
Kelurahan Padang Bulan, Kotamadya Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 16 Desember 2019

Nomor : 123/MAI/PBD/12/2019
Perihal : Permohonan Bantuan Dana
Lampiran : 1 Bundel Proposal

Kepada Yth,
Bapak Walikota Medan
di Tempat

Assalamu’alaikum wr.wb.

Dengan hormat,
Teriring rasa syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya. Shalawat serta salam pada suri tauladan kita Nabi Muhammad SAW, pemimpin umat sejati.

Sehubungan dengan telah dimulainya rehabilitasi bangunan Masjid Al-Ikhlas Padang Bulan Medan oleh Panitia Rehabilitasi, pada bulan Desember 2019 s/d selesai yang beralamat di Jl. Jamin Ginting No. 123, Kelurahan Padang Bulan, Medan. Maka dengan ini kami dari Panitia Rehabilitasi Bangunan Masjid bermaksud mengajukan permohonan bantuan dana dari Bapak Walikota Medan, demi terselenggaranya rehabilitasi masjid. Bersama surat ini, kami pun sudah melampirkan satu bundel proposal rehabilitasi masjid.

Demikianlah surat permohonan bantuan dana ini kami buat dan sampaikan dengan sebenarnya. Atas perhatian dan partisipasi dari Bapak Walikota  Medan, kami ucapkan terima kasih. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Hormat Kami,
Ketua Rehabilitasi Masjid,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Kegiatan

Masih terkait dengan permohonan bantuan dana, salah satu contoh surat permohonan yang juga sering kita jumpai adalah permohonan bantuan dana. Sabuah kelompok atau komunitas yang ingin mengadakan kegiatan tertentu, bisa saja ingin menggalang dan meminta bantuan dana dari pihak lain. Untuk itulah, anda sebagai panitia misalnya bisa meminta bantuan dana secara resmi dengan menggunakan surat permohonan.

KARANG TARUNA BAKTI JAYA
KELURAHAN PADANG BULAN
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 16 Desember 2019

Nomor : 123/KTBJ/12/2019
Perihal : Permohonan Bantuan Dana
Lampiran : 1 Lembar Rincian Biaya

Kepada Yth,
Bapak/Ibu/Sdr/i Warga
Kelurahan Padang Bulan
di Tempat

Dengan hormat,
Seiring dengan semakin dekatnya momentum Tahun Baru 2020, maka kami dari Karang Taruna Bakti Jaya bermaksud dan sudah menyusun rencana kegiatan untuk ikut menyemarakkan momentum tahun baru tersebut, yang akan diselenggarakan pada tanggal 01 Januari 2020 bertempat di Lapangan Olahraga Padang Bulan dengan berbagai kegiatan yang bisa diikuti oleh para warga.

Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami pun bermaksud meminta bantuan dana dari para Bapak/Ibu/Sdr/i warga Kelurahan Padang Bulan. Tentunya bantuan dari Bapak/Ibu/Sdr/i akan sangat berarti demi terselenggaranya kegiatan ini dengan baik dan lancar. Kami pun akan sangat berterimakasih atas bantuan yang kami terima dan yakin jika Allah SWT membalas kebaikan – kebaikan yang kami terima.

Demikian surat permohonan batuan dana ini kami perbuat dan kami sampaikan dengan sebenarnya, atas perhatian dan bantuannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Ketua Karang Taruna Bakti Jaya,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Permohonan Bantuan Barang

Permohonan bantuan memang tidak selamanya dalam bentuk uang. Bisa saja bantuan yang diharapkan adalah dalam bentuk barang, misalnya saja buku untuk suatu perpustakaan. Demi menambah pengetahuan para anak – anak dan menambah koleksi buku di suatu perpustakaan umum, maka pihak perpustakaan bisa mengajukan permohonan bantuan barang berupa buku kepada khalayak ramai ataupun kepada pihak tertentu.

PERPUSTAKAAN ANAK PINTAR
Jl. Jamin Ginting No. 123, Medan
Kelurahan Padang Bulan, Kotamadya Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 16 Desember 2019

Nomor : 123/PAN/12/2019
Perihal : Permohonan Bantuan Buku

Kepada Yth,
Bapak/Ibu/Sdr/i
di Tempat

Dengan hormat,
Budaya membaca adalah salah satu budaya yang memiliki peranan sangat besar untuk mengembangkan wawasan, terutama untuk anak – anak yang masih bersekolah. Maka dari itu, kami pun sudah mendirikan sebuah perpustakaan umum dengan nama Perpustakaan Anak Pintar yang beralamat di Jl. Jamin Ginting No. 123, Medan. Setiap orang berhak datang dan meminjam buku dari perpustakaan ini dengan syarat – syarat yang sangat ringan.

Kami sadar jika perpustakaan ini masih jauh dari kata sempurna dan masih memiliki koleksi buku yang tidak terlalu banyak. Sehubungan dengan hal tersebut, kami dari pihak pengelola Perpustakaan Anak Pintar bermaksud mengajukan permohonan bantuan barang berupa buku – buku sekolah dan buku pengetahuan umum, dengan tujuan menambah koleksi buku, agar anak – anak memiliki pilihan buku yang lebih beragam.

Bukan hanya buku baru, namun kami pun akan menerima buku bekas dari Bapak/Ibu/Sdr/i sekiranya bisa disumbangkan untuk perpustakaan baru ini. Kami dari pengelola perpustakaan sangat mengharapkan bantuan dari Bapak/Ibu/Sdr/i semuanya.

Demikian surat permononan bantuan ini kami sampaikan, atas perhatian dan bantuannya, kami mengucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Ketua,Sekretaris,
  
Anton SyahputraIntan Permatasari.

4. Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Baznas

Baznas atau Badan Amil Zakat Nasional adalah badan yang dibentuk oleh pemerintah untuk mengumpulkan dan menyalurkan zakat, infaq, serta sedekah. Lembaga inipun seringkali memberikan dana beasiswa kepada para mahasiswa yang memenuhi persyaratan. Nah, jika anda ingin memohon bantuan dana baznas berupa beasiswa, maka bisa menggunakan contoh surat permohonan bantuan dana baznas di bawah ini.

Jakarta, 16 Desember 2019

Perihal : Permohonan Beasiswa BAZNAS 2019
Lampiran : 9 (Sembilan) Lembar

Kepada Yth,
Bapak Rektor Universitas Indonesia
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
NIM:8934758765
Program Studi:Ilmu Statistika
Fakultas:MIPA
Telp.:081234567890
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Jakarta

dengan ini memohon Beasiswa Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) tahun 2019. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan :

  1. Formulir Permohonan Beasiswa BAZNAS
  2. Fotocopy Kartu Tanda Mahasiwa (KTM)
  3. Fotocopy Kartu Rencana Studi (KRS)
  4. Fotocopy Kartu Hasil Studi (KHS)
  5. Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga
  6. Surat Pernyataan
  7. Surat Keterangan Tidak Mampu dari Lurah
  8. Fotocopy Piagam dan Penghargaan
  9. Fotocopy Buku Tabungan

Demikian permohonan ini saya perbuat dan saya ajukan dengan sebenarnya, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

5. Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Pendidikan

Bantuan dana pendidikan sering juga disebut dengan beasiswa, yang berlaku untuk siswa sekolah ataupun mahasiswa kuliah. Jika sekiranya anda berhak, maka anda pun bisa mengajukan permohonan beasiswa/bantuan dana pendidikan kepada pihak lain, seperti kepada pemerintah/pemda setempat, kepala sekolah, ataupun kepada rektor kampus dimana anda kuliah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan beasiswa atau bantuan dana pendidikan di bawah ini.

SURAT PERMOHONAN

Perihal : Permohonan Beasiswa
Lampiran : 6 (Enam) Lembar

Kepada Yth,
Rektor Universitas Sumatera Utara
Cq. Dekan Fakultas MIPA
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
NIM:9854345
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Agustus 1999
Semester:VII (Tujuh)
Jurusan:Ilmu Pengetahuan Alam
Kampus:Universitas Sumatera Utara
Telp.:085234567890
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

dengan ini saya bermaksud mengajukan permohonan kepada Bapak agar kirannya bisa menjadi salah satu mahasiwa penerima beasiswa untuk mahasiwa yang berasal dari keluarga kurang mampu di tahun 2019.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak Rektor dan Bapak Dekan, bersama ini saya lampirkan beberapa berkas pendukung, diantaranya :

  1. Surat Keterangan Tidak Mampu dari Lurah
  2. Fotocopy KTM (Kartu Tanda Mahasiwa)
  3. Fotocopy LHS (Lembar Hasil Studi)
  4. Fotocopy KTP Pemohon dan Kedua Orang Tua.

Demikian permohonan ini saya perbuat dengan sebenarnya, dan besar harapan saya agar kirannya Bapak bisa mengabulkan permohonan saya, demi kelancaran studi dan pendidikan saya. Atas perhatian dan kebijaksanaanya, saya ucapkan terimakasih.

Medan, 16 Desember 2019

Mengetahui,

Pemohon,Orang Tua Pemohon,
  
Dewi Cahaya.Muhammad Ilham.

Penutup

Penggunaan berbagai jenis dan contoh surat permohonan bantuan memang masih sangat sering kita jumpai. Dan pada umumnya surat ini dipergunakan oleh berbagai pihak secara resmi, sehingga bantuan yang diharapkan memang bisa dipertanggungjawabkan dalam bentuk yang sudah direncanakan. Itulah tadi beberapa contoh surat permohonan bantuan yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.