16 Contoh Surat Permohonan Beasiswa Terlengkap

Contoh Surat Permohonan Beasiswa – Indeks kemajuan suatu negara tidak terlepas dari bidang pendidikan. Maka tidak heran jika Pemerintah memang selalu berusaha memberikan kemudahan untuk masyarakat dalam mengenyam pendidikan. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memberikan beasiswa kepada siswa atau mahasiswa tertentu. Namun untuk mendapatkan beasiswa tersebut, mungkin saja anda harus mengajukan surat permohonan beasiswa terlebih dahulu.

Sebenarnya beasiswa tidak hanya disiapkan dan diberikan oleh pihak Pemerintah saja. Namun ada juga beberapa perusahaan besar di Indonesia yang tidak mau ketinggalan dan membantu pendidikan di Indonesia dengan cara memberikan beasiswa. Ada beasiswa yang berasal dari pemerintah pusat, dan ada juga beasiswa yang berasal dari pemda/pemerintah daerah, sampai dengan tingkat kabupaten/kota. Dan untuk mendapatkannya, anda pun bisa menggunakan salah satu dari beberapa contoh surat permohonan yang akan kami berikan.

Beasiswa biasanya diberikan kepada orang – orang yang berasal dari keluarga kurang mampu dan juga kepada siswa dan mahasiswa yang berprestasi. Selain ketentuan tersebut, tentu saja masih ada beberapa persyaratan lain yang harus anda penuhi, tidak terkecuali dengan syarat administrasi. Tidak jarang juga anda harus menyertakan surat rekomendasi beasiswa dari kepala sekolah, rektor, ataupun dari lurah/kepala desa tempat anda tinggal.

Ya, alangkah baiknya jika anda memang menyertakan surat permohonan rekomendasi ketika akan mengajukan beasiswa dari pemerintah maupun dari pihak swasta. Surat rekomendasi tersebut sedikit banyaknya akan membantu anda untuk bisa mendapatkan beasiswa sesuai dengan keinginan anda. Dengan beasiswa yang didapatkan, anda pun akan lebih bisa memenuhi kebutuhan sekolah dan kuliah.

Contoh Surat Permohonan Beasiswa

Lantas, bagaimana cara menulis surat permohonan beasiswa yang baik dan benar?. Sebenarnya tidak berbeda jauh dengan permohonan lainnya. Pertama sekali anda harus memastikan jika semua persyaratan yang sudah ditentukan bisa anda penuhi. Lalu selanjutnya, anda pun bisa melengkapi berkas – berkas persyaratan administrasi yang dibutuhkan. Mengenai pengertian surat permohonan, kami pun sudah pernah membahasnya di postingan terdahulu.

Penulisan surat permohonan beasiswa ini tidaklah perlu menggunakan kop surat, karena ditulis oleh pihak pribadi. Namun kendati demikian, anda pun harus menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan, serta singkat dan padat. Sebagai bahan referensi, di bawah ini ada beberapa contoh surat permohonan beasiswa yang bisa anda pergunakan.

1. Contoh Surat Permohonan Beasiswa Kepada Bupati/Walikota

Sebagaimana kami sebutkan di atas tadi, terdapat beasiswa yang berasal dari pemerintah pusat dan pemda/pemerintah daerah, seperti tingkat kabupaten/kota. Dan untuk mendapatkan beasiswa tersebut, maka anda pun mungkin saja harus mengajukan surat permohonan beasiswa kepada bupati/walikota yang bersangkutan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat surat permohonan beasiswa kepada bupati/walikota di bawah ini.

SURAT PERMOHONAN

Perihal : Permohonan Beasiswa
Lampiran : 6 (Enam) Lembar

Kepada Yth,
Bupati Tapanuli Utara
Cq. Kepala Dinas Pendidikan Tapanuli Utara
di Tarutung

Dengan  hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIM:348753253
Tempat/Tgl Lahir:Tarutung/20 Januari 1999
Semester:V (Lima)
Jurusan:Pendidikan Administrasi Negara
Kampus:Universitas Sumatera Utara
Telp.:085234567890

bersama ini saya bermaksud mengajukan permohonan beasiswa bagi mahasiwa yang berasal dari keluarga kurang mampu di tahun 2019. Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak Bupati, bersama ini saya lampirkan beberapa berkas pendukung, diantaranya :

  1. Surat Keterangan Aktif Kuliah
  2. Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kepala Desa
  3. Fotocopy KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)
  4. KK (Kartu Keluarga)
  5. LHS (Lembar Hasil Studi)
  6. Fotocopy KTP Pemohon, Ayah, dan Ibu.

Demikian permohonan ini saya ajukan, besar harapan saya agar kirannya Bapak Bupati Tapanuli Utara dan jajarannya bisa mengabulkan permohonan saya ini demi kelancaran studi saya di Universitas Sumatera Utara. Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terimakasih.

Tarutung, 11 Desember 2019

Mengetahui,

Pemohon,Orang Tua,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

2. Contoh Surat Permohonan Beasiswa Tidak Mampu

Beasiswa untuk siswa atau mahasiswa yang kurang mampu adalah salah satu jenis beasiswa yang seringkali kita temukan untuk tingkat sekolah ataupun mahasiswa. Jadi, bagi anda yang berasal dari keluarga kurang mampu, bisa saja mengajukan permohonan beasiswa ketika ada beasiswa yang tersedia, baik dari pihak pemerintah, maupun dari pihak swasta. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan di bawah ini.

SURAT PERMOHONAN

Perihal : Permohonan Beasiswa
Lampiran : 6 (Enam) Lembar

Kepada Yth,
Bapak Walikota Medan
Cq. Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 2003
Jenis Kelamin:Laki – Laki
Kelas:XI – IPS
Sekolah:SMA Negeri 1 Medan
Telp.:085234567890
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini saya bermaksud mengajukan permohonan beasiswa untuk siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu di tahun 2019.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak Walikota dan Bapak Kepala Dinas Pendidikan, bersama ini saya lampirkan :

  1. Surat Keterangan Aktif Sekolah
  2. Surat Keterangan Tidak Mampu dari Lurah
  3. Fotocopy Kartu Pelajar
  4. Fotocopy KTP Kedua Orang Tua
  5. Fotocopy Raport

Besar harapan saya kirannya Bapak Walikota dan Bapak Kepala Dinas Pendidikan bisa mengabulkan permohonan saya ini, demi kelancaran pendidikan saya di Jenjang Sekolah Menengah Atas.

Demikian surat permohonan ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kebijaksanaanya, saya ucapkan banyak terimakasih.

Medan, 11 Desember 2019

Mengetahui,

Pemohon,Orang Tua
Muhammad Ilham.Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Permohonan Beasiswa Kepada Rektor

Pihak kampus atau pihak Universitas Tinggi seringkali dipercaya oleh pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah untuk mengelola dan memberikan beasiswa kepada para mahasiswa yang berhak. Jadi, ketika kampus atau perguruan tinggi anda mendapat beasiswa dari pihak lain, anda pun bisa mengajukan permohonan beasiswa tersebut kepada pihak rektor ataupun kepada pihak kampus.

SURAT PERMOHONAN

Perihal : Permohonan Beasiswa
Lampiran : 6 (Enam) Lembar

Kepada Yth,
Rektor Universitas Sumatera Utara
Cq. Dekan Fakultas MIPA
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
NIM:3266243
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Agustus 1999
Semester:VII (Tujuh)
Jurusan:Ilmu Pengetahuan Alam
Kampus:Universitas Sumatera Utara
Telp.:085234567890
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

dengan ini saya bermaksud mengajukan permohonan kepada Bapak agar kirannya bisa menjadi salah satu mahasiwa penerima beasiswa untuk mahasiwa yang berasal dari keluarga kurang mampu di tahun 2019.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak Rektor dan Bapak Dekan, bersama ini saya lampirkan beberapa berkas pendukung, diantaranya :

  1. Surat Keterangan Tidak Mampu dari Lurah
  2. Fotocopy KTM (Kartu Tanda Mahasiwa)
  3. Fotocopy LHS (Lembar Hasil Studi)
  4. Fotocopy KTP Pemohon dan Kedua Orang Tua.

Demikian permohonan ini saya perbuat dengan sebenarnya, dan besar harapan saya agar kirannya Bapak bisa mengabulkan permohonan saya, demi kelancaran studi dan pendidikan saya. Atas perhatian dan kebijaksanaanya, saya ucapkan terimakasih.

Medan, 11 Desember 2019

Mengetahui,

Pemohon,Orang Tua,
Intan Permatasari.Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Beasiswa

Sebagaimana kami jelaskan tadi di atas, surat rekomendasi memang sangat dibutuhkan ketika anda akan mengajukan permohonan. Maka dari itu, anda pun bisa mengajukan surat permohonan rekomendasi dari Rektor, Dekan, ataupun Kepala Sekolah sebelum mengajukan permohonan beasiswa. Surat rekomendasi tersebut sedikit banyaknya akan membantu anda mendapatkan beasiswa tersebut.

Medan, 11 Desember 2019

Perihal : Permohonan Rekomendasi Beasiswa

Kepada Yth,
Rektor Universitas Mega Buana
Cq. Dekan Fakultas Sastra
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 1998
Jenis Kelamin:Perempuan
NIM:897656543
Jurusan:Sastra Inggris
Fakultas:Sastra
Telp.:081234567890
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

dengan ini bermaksud memohon kepada Bapak Rektor dan Bapak Dekan Fakultas Sastra, agar kirannya diberikan surat rekomendasi beasiswa yang akan saya pergunakan untuk mengajukan permohonan beasiswa berprestasi kepada Bapak Walikota Medan.

Demikian surat permohonan ini saya perbuat, besar harapan saya agar Bapak bisa mengabulkannya. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Dewi Cahaya.

5. Contoh Surat Permohonan Beasiswa Baznas

BAZNAS atau Badan Amil Zakat Nasional merupakan badan yang dibentuk oleh pemerintah untuk mengumpulkan dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS). Bukan hanya itu, lembaga ini juga seringkali memberikan beasiswa kepada mahasiswa dengan jumlah mahasiwa yang terbatas. Jadi, hanya para mahasiswa yang memenuhi persyaratan dan terpilih saja yang akan bisa mendapatkan beasiswa Baznas tersebut. Jika anda ingin mendapatkan beasiswa baznas, maka anda pun bisa menggunakan surat permohonan beasiswa baznas di bawah ini.

Jakarta, 11 Desember 2019

Perihal : Permohonan Beasiswa BAZNAS 2019
Lampiran : 9 (Sembilan) Lembar

Kepada Yth,
Bapak Rektor Universitas Indonesia
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIM:8934758765
Program Studi:Ilmu Statistika
Fakultas:MIPA
Telp.:081234567890
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Jakarta

dengan ini memohon Beasiswa Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) tahun 2019. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan :

  1. Formulir Permohonan Beasiswa BAZNAS
  2. Fotocopy Kartu Tanda Mahasiwa (KTM)
  3. Fotocopy Kartu Rencana Studi (KRS)
  4. Fotocopy Kartu Hasil Studi (KHS)
  5. Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga
  6. Surat Pernyataan
  7. Surat Keterangan Tidak Mampu dari Lurah
  8. Fotocopy Piagam dan Penghargaan
  9. Fotocopy Buku Tabungan

Demikian permohonan ini saya perbuat dan saya ajukan dengan sebenarnya, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Permohonan Beasiswa PPA

Beasiswa PPA atau Peningkatan Prestasi Akademik tentunya hanya bisa didapatkan oleh para mahasiswa yang memenuhi persyaratan. Namun terlebih dahulu, anda pun harus mengajukan permohonan beasiswa PPA terlebih dahulu kepada pihak kampus ataupun Rektor. Untuk bahan referensi, anda bisa menggunakan surat permohonan beasiswa PPA di bawah ini.

Medan, 11 Desember 2019

Perihal : Permohonan Beasiswa PPA
Lampiran : 10 (Sepuluh) Lembar

Kepada Yth,
Bapak Rektor Universitas Sumatera Utara
Cq. Dekan Fakultas MIPA
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
NIM:87657646
Semester:VII ( Tujuh)
Jurusan:Ilmu Matematika
Fakultas:MIPA
Telp.:081234567890
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

bersama ini saya mengajukan permohonan kepada Bapak berupa Permohonan Beasiswa PPA dan mohon kirannya agar saya bisa dimasukkan dalam daftar peserta calon mahasiswa penerima beasiswa PPA tahun 2019.

Adapun sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak Rektor dan Bapak Dekan, bersama ini saya lampirkan :

  1. Fotocopy KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)
  2. Fotocopy Sertifikat dan Piagam
  3. Fotocopy Kartu Keluarga
  4. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua
  5. Surat Pernyataan Tidak Sedang Menerima atau Mengajukan Beasiswa Lain
  6. Surat Pernyataan Sanggup Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler
  7. Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6

Demikian surat permohonan beasiswa ini saya perbuat dengan sebenarnya, kirannya Bapak sudi mempertimbangkan dan mengabulkan permohonan saya ini, demi kelancaran studi saya. Atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Muhammad Ilham.

7. Contoh Format Surat Permohonan Beasiswa

Permohonan beasiswa memang bisa diajukan kepada banyak pihak. Di antaranya kepada Pemda/Pemerintah Daerah, pihak sekolah/kepala sekolah, dan juga kepada pihak kampus/rektor. Namun yang paling sering adalah mengajukan permohonan beasiswa kepada rektor. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan satu buah contoh format surat permohonan beasiswa kepada rektor.

(Nama Kota dan Tanggal)

Perihal : Permohonan Beasiswa
Lampiran : . . . . Lembar

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Rektor . . . . . . . . . . .
Cq. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:
NIM:
Jurusan:
Fakultas:
Semester:
Telp.:
Alamat:

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan beasiswa . . . . . . . . . . . tahun . . . . . .

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu Rektor, bersama ini saya lampirkan beberapa berkas pendukung, di antaranya :

  1. Fotocopy KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)
  2. Fotocopy KRS (Kartu Rencana Studi)
  3. Fotocopy KHS (Kartu Hasil Studi)
  4. Fotocopy Sertifikat dan Piagam
  5. Surat Keterangan Tidak Mampu dari Lurah/Kepala Desa
  6. Fotocopy Kartu Keluarga Terbaru
  7. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua.

Demikian permohonan ini saya perbuat dengan sebenarnya, besar harapan saya agar Bapak/Ibu bisa mengabulkan permohonan saya ini, demi kelancaran studi saya. Atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Nama dan Tanda Tangan.

Penutup

Ilmu adalah sesuatu yang sangat mahal, dan pernyataan itu memang benar adanya. Terkadang, kita harus mengeluarkan banyak biaya untuk menempuh pendidikan tertentu, terlebih pendidikan tinggi. Dan untuk itulah pemerintah ataupun pihak swasta seringkali memberikan beasiswa kepada para siswa dan mahasiswa yang memenuhi persyaratan dan terpilih. Itulah tadi beberapa contoh surat permohonan beasiswa yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.