16 Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan, Kerja, Acara, dan Lainnya Terlengkap

Contoh Surat Permohonan Izin – Berbicara mengenai surat permohonan izin tentu sudah bukan merupakan hal yang baru lagi untuk anda. Banyak situasi dan kemungkinan yang membuat anda harus menggunakan surat permohonan izin. Baik itu mengenai permohonan izin kegiatan, permohonnan izin kerja, permohonan izin acara, permohonan izin usaha, permohonan izin sekolah, dan berbagai surat permohonan izin lainnya.

Jika anda ingin membaca lebih lengkap mengenai pengertian surat permohonan izin, cara membuatnya dan jenis jenisnya, maka anda bisa membacanya pada Pengertian Surat Permohonan Izin.

Salah satu contoh yang paling sering digunakan adalah surat permohonan izin kerja. Surat ini dipergunakan ketika seorang karyawan atau pegawai tidak bisa masuk kerja sebagaimana biasanya. Maka sebagai bentuk pertanggungjawabannya, seseorang itu harus mengirimkan surat permohonan izin kepada atasan. Surat ini juga berguna untuk memberitahukan alasan mengapa seseorang tidak bisa masuk kerja.

Surat permohonan izin ini merupakan salah satu bentuk surat resmi, dimana penulisannya harus menggunakan bahasa yang sopan dan baik, serta penulisan yang sesuai dengan kaidah penulisan surat resmi. Surat ini juga bisa dipergunakan oleh perseorangan maupun oleh suatu kelompok, seperti panitia acara.

Panitia acara yang ingin melaksanakan suatu kegiatan, mungkin juga harus memohon izin terlebih dahulu kepada pihak lain, seperti pihak kepolisian ataupun pihak aparat di tempat pelaksanaan acara tersebut. Jadi, ada begitu banyak pihak yang bisa menggunakan jenis surat yang satu ini, tidak terbatas hanya pada satu pihak saja.

Contoh Surat Permohonan Izin

Menulis surat permohonan izin sebenarnya tidaklah terlalu susah. Anda hanya perlu menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan kaidah kaidah penulisan surat resmi. Namun mungkin saja anda belum begitu paham bagaimana cara menulis surat permohonan izin, sehingga harus membutuhkan bahan referensi untuk menulisnya.

Untuk anda yang memiliki keperluan ingin mengurus permohonan izin, ataupun untuk anda yang sekolah dan bekerja, serta ingin memohon izin atas ketidakhadiran, maka beberapa contoh surat permohonan izin di bawah ini mungkin akan bisa berguna sebagai bahan referensi untuk anda sekalian.

1. Contoh Surat Permohonan Izin Kuliah

Seorang mahasiwa/i tentu sudah memiliki jadwal setiap mata kuliah yang diambilnya. Namun dikarenakan suatu alasan tertentu, mungkin saja anda tidak bisa mengikuti mata kuliah tertentu. Maka dari itu, anda bisa memohon izin kepada dekan ataupun kepada dosen pengampu mata kuliah yang tidak bisa anda ikuti. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan izin kuliah di bawah ini.

Medan, 28 Agustus 2019

Perihal  : Permohonan Izin Kuliah
Lampiran  : 1 lembar

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Dosen Pengampu Mata Kuliah Hukum Islam
Universitas Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIM:348738598
Fakultas:Hukum

memberitahukan bahwa saya tidak dapat mengikuti mata kuliah Hukum Islam yang Bapak berikan pada hari ini, Senin, 28 Agustus 2019 dikarenakan saya sedang sakit. Sebagai bukti, bersama ini juga saya sudah melampirkan surat keterangan sakti dari dokter.

Demikian surat permohonan izin kuliah ini saya sampaikan, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

 

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan OSIS

Jika anda tergabung menjadi pengurus OSIS di sekolah, tentu sudah mengetahui jika OSIS seringkali mengadakan berbagai acara ataupun menjadi panitia suatu acara yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Namun mungkin suatu acara harus membutuhkan izin terlebih dahulu dari kepala sekolah. Maka dari itu, anda pun bisa mengajukan izin dengan menggunakan surat permohonan izin kegiatan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan izin kegiatan OSIS di bawah ini.

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH
SMA NEGERI 1 MEDAN

Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 28 Agustus 2019

Nomor : 123/OSIS/SMAN1/08/2019
Lampiran : 1 Berkas Proposal
Hal : Permohonan Izin Kegiatan

Kepada Yth,
Bapak Kepala Sekolah
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun SMA Negeri 1 Medan yang ke 25, kami bermaksud mengadakan acara syukuran bagi seluruh siswa/i SMA Negeri 1 Medanguna memperat tali silaturahmi dan meningkatkan solidaritas yang akan dilakukan pada :

Hari/Tanggal:Senin/28 Agustus 2019
Waktu:09.00 – Selesai
Tempat:Gedung Serbaguna SMA Negeri 1 Medan

Oleh karena itu, kami selaku panitia pelaksana kegiatan bermaksud memohon izin untuk mengadakan kegiatan tersebut agar acara kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Demikian permohonan ini kami sampaikan. Besar harapan kami agar permohonan izin ini dikabulkan sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik. Atas perhatian dan  dukungan Bapak, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Ketua OSIS SMA Negeri 1 Medan,

 

Anton Syahputra.

3.Contoh Surat Permohonan Izin Acara Untuk Menggunakan Tempat

Setiap acara yang ingin dilakukan tentu akan membutuhkan tempat dari berlangsungnya acara tersebut. Tidak terkecuali untuk kegiatan rapat di suatu perusahaan yang harus menggunakan tempat dan beberapa peralatan pendukung. Maka dari itu, pihak atau suatu bagian yang ingin menggunakan suatu tempat rapat bisa memohon izin terlebih dahulu kepada bagian sarana dan prasarana. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan izin acara untuk menggunakan tempat di bawah ini.

DEPARTEMEN PRODUKSI BARANG
PT. MAJU JAYA SEJAHTERA

Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 28 Agustus 2019

No.  : 018/PTSAA/06/2019
Hal  : Permohonan Izin Menggunakan Tempat

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Kepala Departemen Sarana dan Prasarana
PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Melalui surat ini kami sampaikan bahwa pada :

Hari/Tanggal:Senin/28 Agustus 2019
Waktu:08.00 – Selesai

akan diadakan rapat umum internal terkait kenaikan produksi untuk bulan September 2019, maka dari itu kami bermaksud untuk memohon izin untuk menggunakan ruang rapat lantai 2 PT. Maju Jaya Sejahtera untuk kegiatan rapat tersebut, beserta semua peralatan rapat di dalamnya.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Departemen Produksi Barang
PT. Maju Jaya Sejahtera,

 

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Permohonan Izin Sekolah untuk Mengikuti Kegiatan

Pihak sekolah mungkin saja mengadakan suatu kegiatan tertentu di luar dari jam sekolah. Maka dari itu, pihak sekolah pun sebaiknya meminta izin kepada para orang tua/wali siswa yang akan hadir pada kegiatan tersebut. Dengan demikian, para orang tua/wali pun akan mengetahui dengan jelas mengenai kegiatan anak anak mereka. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan izin sekolah untuk mengikuti kegiatan di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 28 Agustus 2019

Nomor : 005/PK/60/VIII/2019
Perihal : Permohonan Izin Kegiatan

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Siswa
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Seseuai dengan agenda kegiatan untuk siswa- siswi baru SMA Negeri 1 Medan yaitu kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu (PERSAMI) untuk mendidik siswa – siswi baru agar menjadi siswa – siswi yang Mandiri, Terampil dan Bertanggung Jawab, maka kami bermaksud untuk memohon kepada Bapak/Ibu sebagai Orang Tua/Wali Murid untuk mengizinkan putra/ putrinya dalam mengikuti kegiatan tersebut yang pelaksanaannya Insya Allah akan diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/05 September 2019
Waktu:08.00 – Selesai
Tempat:Bumi Perkemahan Sibolangit

Mengingat akan pentingnya kegiatan tersebut, kami mohon agar Bapak/Ibu sebagai Orang Tua/Wali Murid dapat memberikan izin. Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

 

Anton Syahputra, M. Pd

5. Contoh Surat Permohonan Izin Mendirikan Bangunan

IMB atau Izin Mendirikan Bangunan adalah surat yang harus anda miliki ketika ingin membangun suatu bangunan. Surat ini pun bisa anda urus pada instansi terkait yang sudah ditunjuk oleh pemerintah daerah masing masing. Untuk memiliki surat tersebut, maka anda pun bisa memberikan surat permohonan izin mendirikan bangunan terlebih dahulu kepada dinas terkait. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan izin mendirikan bangunan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 28 Agustus 2019

No.  : 018/PTSAA/09/2019
Hal  : Permohonan Izin Mendirikan Bangunan
Lampiran  : 1 (satu) berkas

Kepada Yth,
Kepala Badan Pelayanan dan Perizinan Terpadu
Daerah Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jenis Kelamin:Laki – Laki
NIK:34587357
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini mengajukan permohonan izin mendirikan bangunan (IMB) rumah tinggal yang berlokasi di Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan. Adapun spesifikasi  bangunan tersebut adalah memiliki luas tanah 1000 meter persegi dan luas bangunan 600 meter persegi dengan memiliki 2 (dua) tingkat lantai. Untuk melengkapi permohonan izin ini, bersama surat ini juga kami lampirkan surat – surat yang diperlukan.

Demikian surat ini kami buat. Atas perhatian dan kerjasama Bapak Ibu, kami ucapkan terima kasih dan harap maklum.

Hormat Saya,
Pemohon,

 

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Permohonan Izin Usaha

Menjadi seseorang yang memiliki usaha tertentu memang mungkin akan menyenangkan. Namun sebelum mendirikan usaha, maka terlebih dahulu anda harus memiliki izin dari dinas terkait. Untuk memiliki surat izin usaha, maka anda bisa mengirimkan surat permohonan izin usaha pada Dinas atau Badan Pelayanan dan Perizinan Terpadu. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan  izin usaha di bawah ini.

Medan, 28 Agustus 2019

Hal : Permohonan Izin Usaha
Lampiran : 1 Berkas

Kepada Yth,
Kepala Badan Dinas Pelayanan dan Perizinan Terpadu
Daerah Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jenis Kelamin:Laki Laki
NIK:43587358735
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan izin untuk mendapatkan izin tempat usaha dengan identitas usaha sebagai berikut :

Jenis Usaha:Perdagangan
Nama Perusahaan:PT. Maju Jaya Sejahtera
Alamat Tempat Usaha:Jl. Mahameru No. 123, Medan

Sebagai kelengkapan persyaratan, saya lampirkan :

  1. Surat Permohonan SITU
  2. Pas foto berwarna 3 x 4 cm , 2 (dua) Lembar
  3. Foto copy KTP terbaru 1 (satu) Lembar
  4. Surat Keterangan dari Desa/Lurah
  5. Rekomendasi dari Camat
  6. Foto copy pelunasan PBB tahun terakhir 1 (satu) Lembar
  7. Map snalhacter plastic warna merah 1 (satu) buah

Demikian surat permohonan ini kami buat. Atas perhatian dan kerjasama Bapak Ibu, kami ucapkan terima kasih dan harap maklum.

Hormat Saya,
Pemohon,

 

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Karang Taruna

Karang Taruna merupakan suatu organisasi resmi yang biasanya bisa kita temukan pada daerah atau lingkungan tertentu. Dan para pengurus karang taruna ini juga bisa melaksanakan berbagai kegiatan di lingkungan mereka. Namun sebelum melaksanakan kegiatan tersebut, ada baiknya terlebih dahulu memohon izin kepada aparat desa atau aparat setempat. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan izin kegiatan karang taruna di bawah ini.

KARANG TARUNA BAKTI JAYA
KELURAHAN PADANG BULAN
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 28 Agustus 2019

Nomor : 123/KTBJ/08/2019
Lampiran : 1 buah proposal
Hal : Permohonan Izin Kegiatan

Kepada Yth,
Bapak Lurah Padang Bulan
di Tempat

Dengan Hormat,
Dalam rangka menjaring para peminat sepak bola di Kelurahan Padang Bulan, maka kami pengurus Karang Taruna Bakti Jaya bermaksud untuk mengadakan kegiatan pertandingan antar klub sepak bola yang berada di Kelurahan Padang Bulan, yang akan diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/05 September 2019
Waktu:08.00 – Selesai
Tempat:Lapangan Bola Padang Bulan

Demi suksesnya penyelenggaraan acara tersebut kami selaku pengurus Karang Taruna Bakti Jaya dan juga panitia acara memohon izin dan persetujuan dari Bapak Lurah Padang Bulan untuk menggunakan Lapangan Bola Padang Bulan.

Demikian surat permohonan ini kami ajukan, atas perhatian dan ijin yang di berikan kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua Karang Taruna Bakti Jaya,

 

Anton Syahputra.

8. Contoh Surat Permohonan Izin Kerja

Untuk anda yang sudah bekerja, tentu sudah memiliki jadwal masuk kerja setiap hari yang sudah ditentukan. Namun dikarenakan satu alasan tertentu, mungkin saja anda tidak  bisa masuk kerja. Maka dari itu, anda pun bisa meminta izin kepada atasan anda dengan mengirimkan surat permohonan izin kerja. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin kerja di bawah ini.

Medan, 28 Agustus 2019

Perihal : Permohonan Izin Kerja

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIP:34587387
Jabatan:Staff Produksi

bermaksud untuk mengajukan permohonan izin tidak dapat bekerja pada hari ini, Senin, 28 Agustus 2019. Hal tersebut dikarenakan saya harus menghadiri wisuda anak saya di Universitas Sumatera Utara.

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

9. Contoh Surat Permohonan Izin Sekolah dari Orang Tua

Sebagai seorang siswa, sudah merupakan kewajiban untuk datang dan mengikuti proses belajar mengajar di sekolah setiap hari yang sudah ditentukan. Namun jika anda sedang sakit misalnya, maka bisa meminta izin kepada pihak sekolah dan guru guru. Anda pun bisa meminta bantuan orang tua untuk menulis surat permohonan izin sekolah, serta menanda tangani surat tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan izin sekolah dari orang tua di bawah ini.

Medan, 28 Agustus 2019

Perihal : Permohonan Izin Sekolah

Kepada Yth,
Bapak Wali Kelas XII B
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupaka orang tua dari siswa :

Nama:Dewi Cahaya
Siswa:Kelas XII B SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

bermaksud memberitahukan bahwa anak kami tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Senin, 28 Agustus 2019 dikarenakan sedang sakit dan harus beristirahat di rumah atas saran dokter. Bersama ini saya juga sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter. Oleh karena itu, saya bermaksud untuk meminta izin dari Bapak Wali Kelas XII B SMA Negeri 1 Medan atas ketidakhadiran anak saya.

Demikian surat izin yang kami buat, atas pemberian izin dan kebijaksanaan dari Bapak Wali Kelas, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa,

 

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Lomba

Berbagai jenis perlombaan sudah sangat sering kita temukan di lingkungan sekitar kita, baik di lingkungan sekolah, lingkungan pekerjaan, dan juga lingkungan masyarakat. Namun sebelum melaksanakan suatu kegiatan, mungkin saja para panitia atau pihak penyelenggara lomba harus mengantongi izin dari pihak pihak tertentu. Untuk itu, anda bisa meminta izin dari pihak lain dengan menggunakan surat permohonan izin. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan izin kegiatan lomba di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 28 Agustus 2019

Nomor : 123/SMAN1/08/2019
Perihal : Permohonan Izin Lomba

Kepada Yth,
Bapak Kepala Dinas Pendidikan
Daerah Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan perayaan HUT SMA Negeri 1 Medan yang akan jatuh pada tanggal 05 September 2019, maka kami selaku pihak SMA Negeri 1 Medan ingin menyelenggarakan lomba membaca puisi tingkat SMA se-Kota Medan yang akan diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/05 September 2019
Waktu:08.00 – Selesai
Tempat:Aula SMA Negeri 1 Medan

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami dari pihak penyelenggara ingin memohon izin untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut, demi terlangsungnya kegiatan sesuai dengan perencanaan kami.

Demikian surat permohonan izin kegiatan lomba ini kami sampaikan, atas perhatian dari Bapak, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

 

Anton Syahputra, M. Pd

11. Contoh Surat Permohonan Izin Kerja Praktek Dokter

Seorang dokter memang diperbolehkan untuk membuka klinik ataupun sarana kesehatan lainnya. Namun tidak bisa membuka tempat praktek begitu saja, seseorang harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari dinas terkait. Maka dari itu, anda pun bisa mengirimkan surat permohonan izin kerja praktek dokter kepada dinas yang menanangani masalah tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan izin kerja praktek dokter di bawah ini.

Medan, 28 Agustus 2019

Perihal : Permohonan Surat Izin Dokter

Kepada Yth,
Bapak Kepala Dinas Kesehatan
Daerah Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:dr. Anton Syahputra
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan
No. Telp:081234567890
Tahun Lulusan:2015
Nomor STR:345873587

Dengan ini megajukan Permohonan untuk mendapatkan Surat Izin Praktek Dokter :

Sarana Kesehaan:Klinik
Alamat:Jl. Djamin Ginting No. 124, Medan
Kelurahan:Kelurahan Padang Bulan
Wilayah Kerja:Kotamadya Medan
Provinsi:Sumatera Utara

Sebagai bahan pertimbangan terlampir :

  1. Foto Copy KTP
  2. Foto Copy Ijazah Dokter
  3. Foto Copy STR yang masih berlaku
  4. Surat Persetujuan Atasan sebagai PNS atau Pegawai pada Sarana Kesehatan
  5. Surat Keterangan Sehat dari Dokter
  6. Rekomendasi dari Organisasi Profesi
  7. Rekomendasi dari Puskesmas setempat ( Wilayah Praktek ) / Sarana Tempat Bekerja
  8. Pas Photo ukuran 4×6 3 ( Tiga ) Lembar
  9. MOU Pembuangan Limbah Medis Padat

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,
Pemohon,

 

dr. Anton Syahputra.

12. Contoh Surat Permohonan Izin Acara Keramaian

Ketika anda atau pihak anda ingin melaksanakan suatu acara, maka mungkin saja acara tersebut menimbulkan keramaian dan akan sedikit mengganggu kepada orang lain. Maka dari itu, anda perlu mengurus surat izin acara keramaian kepada kepolisian terdekat untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan izin acara keramaian di bawah ini.

SEKRETARIAT MASJID AL-IKHLAS
PADANG BULAN
Kecamatan Medan Baru Kota Medan
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

Medan, 28 Agustus 2019

Nomor : 123/PI/08/2019
Hal : Permohonan Izin Acara

Kepada Yth,
Bapak Kapolsek Medan  Baru
Kepolisian Resort Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya acara kami dalam rangka peringatan Haflatul Imtihan Santri Ponpes Miftahussalam serta Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW.  Kami selaku Panitia Penyelenggara Memohonan Izin keramaian kepada Bapak dalam pelaksanaan pengajian tersebut yang akan di selenggarakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/28 Agustus 2019
Waktu:08.00 – Selesai
Acara:Haflatul Imtihan dan Isro’ Mi’roj
Tempat:Masjid Al-Ikhlas Padang Bulan
Penceramah:Ustadz. Muhammad Ilham

Demikian surat permohonan izin ini kami sampaikan, atas perhatian dan izinnya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua Panitia,

 

Anton Syahputra.

13. Contoh Surat Permohonan Izin Kerja PNS

Seorang PNS sudah diwajibkan untuk masuk kerja setiap hari senin – jumat kecuali hari besar atau sedang ada hari libur. Bahkan untuk para guru yang menjadi PNS, banyak juga yang harus masuk sekolah pada hari sabtu. Namun dikarenakan suatu alasan tertentu, mungkin saja seorang guru tidak bisa hadir dan mengajar di sekolah. Maka dari itu, anda bisa meminta izin kepada kepala sekolah dengan mengirimkan surat permohonan izin kerja. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan izin kerja PNS di bawah ini.

Medan, 28 Agustus 2019

Perihal : Permohonan Izin

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari, S. Pd
NIP:345873587
Pangkat/Gol:Penata/IVA
Uni Kerja:SMA Negeri 1 Medan

dengan ini bermaksud memberitahukan bahwa saya tidak bisa masuk mengajar pada hari ini, Senin, 28 Agustus 2019 dikarenakan saya harus menghadiri pernikahan anak saya. Sehubungan dengan hal tersebut, maka saya pun bermaksud untuk meminta izin kepada Bapak Kepala Sekolah dan mencari pengganti saya untuk mengajar.

Demikian surat permohonan izin in saya sampaikan, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari, S. Pd

14. Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Sekolah

Mungkin ada banyak kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pihak suatu sekolah. Kegiatan ini bisa merupakan kegiatan di sekolah saja ataupun kegiatan di luar sekolah. Jika kegiatannya dilakukan di luar sekolah dan harus menggunakan tempat umum, maka bukan tidak mungkin pihak sekolah harus meminta izin terlebih dahulu kepada orang yang bersangkutan. Maka dari itu, anda pun bisa meminta izin dengan cara mengirimkan surat permohonan izin kegiatan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan izin kegiatan sekolah di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 28 Agutus 2019

Nomor : 123/SMAN1/08/2019
Perihal : Permohonan Izin Tempat
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Bapak Lurah Padang Bulan
di Tempat

Dengan hormat,
Bersama dengan surat ini kami beritahukan jika kami pihak SMA Negeri 1 Medan akan mengadakan kegiatan pertandingan sepak bola antar kelas, yang akan diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/05 September 2019
Waktu:09.00 – Selesai
Tempat:Lapangan Bola Padang Bulan

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami bermaksud untuk memohon izin kepada Bapak Lurah Padang Bulan agar sekirannya memberikan izin kepada kami dalam menggunakan Lapangan Bola Padang Bulan demi kelancaran kegiatan kami.

Demikian surat permohonan izin peminjaman tempat ini kami sampaikan, atas perhatian dan izin dari Bapak Lurah, kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

 

Anton Syahputra, M. Pd

15. Contoh Surat Permohonan Izin Kerja Karena Sakit

Ketika anda sedang sakit, maka tentu tidak akan bisa bekerja dengan maksimal. Anda pun sebaiknya beristirahat saja dan memulihkan kesehatan secepat mungkin. Untuk mempertanggungjawabkan ketidakhadiran anda, maka anda pun bisa meminta izin kepada atasan dengan mengirimkan surat permohonan izin kerja. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan izin kerja karena sakit di bawah ini.

Medan, 28 Agustus 2019

Perihal : Permohonan Izin Kerja
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Staff Marketing
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

bermaksud memberitahukan bahwa saya tidak bisa masuk kerja pada hari ini, Senin, 28 Agustus 2019 dikarenakan sedang sakit. Dan menurut keterangan dari dokter, saya harus beristirahat total di rumah untuk satu hari ini. Sebagai bukti, bersama ini saya juga sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter. Oleh karena itu, saya pun bermaksud untuk meminta izin dari Bapak untuk hari ini.

Demikian surat permohonan kerja ini saya perbuat, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

16. Contoh Format Surat Permohonan Izin

Di atas tadi sudah ada banyak contoh surat permohonan izin yang bisa anda jadikan bahan referensi untuk menulis surat permohonan izin. Ada beberapa contoh dan jenis, seperti surat permohonan izin kegiatan, surat permohonan izin kerja, surat permohonan acara, surat permohonan izin usaha, surat permohonan izin sekolah, dan lainnya. Namun salah satu contoh yang mungkin paling sering digunakan adalah surat permohonan izin kerja karena sakit. Maka dari itu, di bawah ini kami akan berikan satu buah format surat permohonan izin kerja karena sakit untuk anda sekalian.

(Nama Kota dan Tanggal)

Perihal : Permohonan Izin Kerja
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Pimpinan PT. . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:
Jabatan:
Alamat:

bermaksud memberitahukan bahwa saya tidak bisa masuk kerja pada hari ini, . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . dikarenakan sedang sakit. Untuk itu, saya bermaksud untuk meminta izin dari Bapak/Ibu selama saya tidak bisa masuk kerja. Bersama ini, saya juga sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter sebagai penguat alasan saya.

Demikian surat permohonan izin kerja ini saya sampaikan, atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

(Nama dan Tanda Tangan).

Penutup

Sekarangi ini teknologi memang sudah sangat maju dan canggih. Anda pun sudah bisa berkomunikasi dengan mudah dan sangat cepat. Bukan hanya sekedar berkirim pesan saja, bahkan anda pun sudah bisa melakukan video call dan bertatap muka langsung dari layar smartphone atau layar komputer anda. Kendati demikian, penggunaan surat tetaplah tidak bisa ditinggalkan, karena berbagai urusan dan keperluan masih sangat membutuhkan surat sebagai media komunikasi yang resmi.