16 Contoh Surat Permohonan Maaf Kepada Guru Sekolah

Contoh Surat Permohonan Maaf Kepada Guru – Ketika melakukan kesalahan, maka sudah sewajibnya bagi kita untuk meminta maaf. Terutama kepada guru, yang mana bekerja untuk mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Tidak bisa dipungkiri, jika para siswa seringkali berbuat salah kepada guru, baik disengaja maupun tidak disengaja.

Namun jika anda sadar akan kesalahan tersebut, maka ada baiknya untuk meminta maaf kepada guru. Memang benar jika masa remaja merupakan masa yang labil, terutama di usia anak SMP dan SMA. Jadi adalah hal yang wajar melakukan kesalahan kepada guru, asalkan jangan sampai keterlaluan.

Kesalahan kepada guru yang dimaksud mungkin saja berupa terlambat datang ke sekolah, karena tidak mengerjakan tugas atau pr, tidak mengikuti pelajaran sekolah ataupun bolos, dan juga berbagai kesalahan lainnya yang memang sering dilakukan anak sekolah. Pada umumnya, para siswa yang berbuat salah akan sadar akan kesalahannya tersebut dan anda mungkin ingin meminta maaf kepada guru.

Namun hubungan antara guru dan siswa memang bukanlah hubungan yang sejajar. Dalam artian, mungkin saja siswa merasa sungkan untuk meminta maaf kepada guru secara langsung. Namun anda tidak perlu khawatir, karena anda bisa mengirimkan sepucuk surat permohonan maaf dan janji tidak akan mengulangi kesalahan tersebut di kemudian hari.

Contoh Surat Permohonan Maaf Kepada Guru

Dalam menulis surat permohonan maaf kepada guru, anda tentu saja harus menggunakan bahasa yang sopan. Sebutkan kesalahan yang sudah anda lakukan dan akui jika anda sadar hal tersebut adalah memang salah dan tidak sepantasnya dilakukan seorang siswa. Selanjutnya, anda pun bisa menyampaikan permintaan maaf.

Meminta maaf kepada guru sebenarnya bukanlah hal yang susah. Namun seringkali para siswa mengabaikan hal tersebut, tanpa sadar jika kesalahan yang diperbuatnya mungkin saja mengecewakan guru. Dengan meminta maaf, setidaknya anda sudah menunjukkan itikad baik dan mengaku sadar akan kesalahan yang anda perbuat.

Alhasil, sang guru pun tentu saja akan lebih lega mengetahui anak didiknya sadar akan kesalahan yang sudah diperbuatnya. Meminta maaf atas kesalahan yang kita lakukan adalah perbuatan yang sangat baik, terutama kepada guru. Di bawah ini adalah beberapa contoh surat permohonan maaf kepada guru yang bisa anda pergunakan sebagai referensi.

1.Contoh Surat Permohonan Maaf Kepada Guru Karena Bolos

Semua siswa diwajibkan untuk mengikuti setiap les dan mata pelajaran sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Namun kita masih bisa menemukan dimana para siswa malah bolos dan tidak mengikuti pelajaran di kelas. Mungkin saja memang sengaja bolos, ataupun dikarenakan alasan lainnya, yang tetap saja seharusnya tidak bisa terjadi.

Jika anda memang sadar akan kesalahan tersebut, maka akan sangat baik jika meminta maaf kepada guru, dan berjanjilah tidak akan mengulangi kesalahan tersebut di kemudian hari. Untuk bahan referensi, di bawah ini adalah contoh surat permohonan maaf kepada guru karena tidak mengikuti pelajaran di kelas.

Medan, 20 November 2020

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
di Tempat

Dengan hormat,
Dengan surat ini, saya Anton Syahputra, kelas XI IPA, ingin meminta maaf kepada Bapak atas kesalahan yang sudah saya lakukan kemarin pada saat jam pelajaran di kelas berlangsung.

Saya sudah melakukan kesalahan dengan tidak mengikuti pelajaran pada saat les Matematika dari Bapak, dimana saya beristirahat dan bolos tanpa seizin dari Bapak. Saya sadar akan kesalahan tersebut dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi di kemudian hari. Saya sadar jika seorang siswa seharusnya mengikuti semua les dan mata pelajaran sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Sekali lagi, saya bermaksud meminta maaf kepada Bapak atas kesalahan yang sudah saya perbuat, dan berharap Bapak bisa memaafkan saya serta menginjinkan saya untuk kembali mengikuti pelajaran dari Bapak di hari selanjutnya. Saya berharap Bapak selalu dalam lindungan Allah SWT, bersabar dalam mendidik kami, serta berlapang dada akan kesalahan yang sudah saya perbuat.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Permintaan Maaf Kepada Guru Karena Tidak Mengerjakan Tugas

Selain bolos mata pelajaran tertentu, salah satu penyakit lagi yang seringkali kita jumpai dilakukan oleh siswa. Tidak mengerjakan tugas atau pr, padahal hal tersebut sangat berguna untuk melatih kemampuan siswa dalam memahami pelajaran yang sudah disampaikan guru di sekolah.

Dengan tidak mengerjakan tugas sekolah, maka anda mungkin saja akan dikenakan hukuman. Namun sebagai siswa yang baik, alangkah baiknya jika meminta maaf kepada guru atas kesalahan tersebut. Namun bukan sekedar meminta maaf, tapi harus benar – benar tulus dan tidak akan mengulanginya lagi di kemudian hari.

Memohon maaf kepada guru mungkin saja merupakan hal yang mudah. Namun tentu saja akan kurang berguna jika anda sendiri tidak tulus dan tidak berniat untuk berubah dari kesalahan tersebut. Di bawah ini adalah contoh surat permohonan maaf kepada guru karena tidak mengerjakan tugas sekolah yang bisa anda pergunakan.

Medan, 20 November 2020

Kepada Yth,
Ibu Intan Permatasari
di Tempat

Dengan hormat,
Selamat siang Bu, Saya Muhammad Ilham, salah satu siswa kelas XI IPS 2 yang tadi siang mendapat hukuman dari Ibu karena tidak mengerjakan tugas pelajaran Bahasa Indonesia.

Dengan surat ini, saya bermaksud mengakui kesalahan yang sudah saya perbuat, dengan tidak mengerjakan tugas sekolah yang mana sudah menjadi kewajiban kami sebagai siswa. Saya sadar akan kesalahan tersebut dan menerima hukuman yang sudah diberikan Ibu Guru kepada kami, kshusunya saya.

Tapi dalam kesempatan ini, saya bermaksud meminta maaf secara pribadi kepada Ibu, dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan tersebut di kemudian hari. Saya sangat berharap, Ibu bisa memaafkan saya, dan berharap kesalahan kami tersebut tidak menurunkan semangat Ibu dalam mendidik kami. Saya sadar jika hukuman yang saya terima bukanlah apa – apa, dan semuanya demi kebaikan saya ke depannya.

Semoga Ibu selalu dalam lindungan Tuhan YME, agar bisa mendidik kami dan mencerdasakan kami seperti selama ini.

Hormat Saya,

Muhammad Ilham.

3. Contoh Surat Permohonan Maaf Kepada Guru Dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Menyampaikan permohonan maaf dalam bahasa Indonesia memang tidak ada yang salah. Namun misalnya saja anda ingin meminta maaf kepada guru mata pelajaran Bahasa Inggris, tentu tidak ada salahnya jika memberikan sepucuk surat permintaan maaf dalam bahasa Inggris.

Memang tidak semudah menulis surat bahasa Indonesia, namun mengupayakan hal yang lebih untuk mendapatkan maaf adalah hal yang sangat baik. Guru anda pun tentu akan salut dengan usaha yang anda lakukan, yakni menyampaikan permohonan maaf dalam bahasa inggris.

Mungkin saja anda akan sedikit bingung menyusun kata demi kata bahasa Inggris. Namun tidak perlu khawatir, di bawah ini adalah permintaan maaf dalam bahasa inggris dan artinya yang bisa anda pergunakan.

Medan, November 20, 2020

To :
Ms. Dewi Cahaya

With Respect,
I’m signed below :

Name:Anton Syahputra
Class:XI IPA 3

intends to apologize to Ms Dewi, for the mistakes I have done in school, with late entry classes at the time of the subjects that Ms Dewi’s taught.

I realized the mistakes I had done, and it was a student’s obligation to attend on time to attend the lessons at school. I was also aware if Ms Dewi was angry for my own good.

I promise, I will not repeat the mistake in the later days to Ms Dewi or to other teachers. I also promised to learn more seriously, and did not disappoint Ms Dewi.

Again, I apologize for the mistakes I’ve done to Ms Dewi. I hope Ms Dewi can forgive me, stay patient to us, and always be healthy to educate us as students.

Sincerely Yours,

Anton Syahputra.

Terjemahan Surat Permintaan Maaf Kepada Guru Dalam Bahasa Inggris

Diatas tadi adalah permintan maaf dalam bahasa Inggris. Namun tentu akan lebih baik jika anda mengetahui dengan baik apa arti surat bahasa inggris tersebut diatas. Maka dari itu, di bawah ini adalah terjemahan dan arti dari surat permintan maaf diatas.

Medan, 20 November 2020

Kepada Yth,
Ibu Dewi Cahaya

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Kelas:XI IPA 3

bermaksud meminta maaf kepada Ibu Dewi, atas kesalahan yang sudah saya lakukan di sekolah, dengan terlambat masuk kelas pada saat jam mata pelajaran yang Ibu ajarkan.

Saya menyadari kesalahan yang sudah saya lakukan, dan sudah menjadi kewajiban siswa untuk hadir tepat waktu untuk mengikuti pelajaran di sekolah. Saya juga sadar jika Ibu Dewi marah adalah demi kebaikan saya sendiri.

Saya berjanji, tidak akan mengulangi kesalahan tersebut di kemudian hari kepada Ibu ataupun kepada guru – guru yang lain. Saya juga berjanji akan belajar dengan lebih serius lagi, dan tidak mengecewakan Ibu Dewi.

Sekali lagi, saya meminta maaf atas kesalahan yang sudah saya lakukan kepada Ibu Dewi. Saya berharap Ibu Dewi bisa memaafkan saya, tetap sabar mengajari dan mendidik kami, serta selalu sehat untuk mencerdaskan kami para siswa.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

Penutup

Ketika melakukan kesalahan dan sadar akan kesalahan tersebut, kita memang cenderung malu. Walaupun berkeinginan meminta maaf, mungkin saja kita merasa segan mengutarakannya secara langsung. Terutama saat seorang siswa ingin meminta maaf kepada guru, bukan tidak mungkin jika perasaaan sungkan akan datang.

Namun anda tidak perlu khawatir, sebab bisa menggunakan surat permintaaan maaf. Meminta maaf bukanlah hal yang susah, namun yang paling susah adalah sadar dari kesalahan tersebut dan benar benar berniat tidak akan mengulanginya di kemudian hari. Itulah beberapa contoh surat permohonan maaf kepada guru yang bisa anda pergunakan sebagai referensi.