16 Contoh Surat Permohonan Maaf Mahasiswa Kepada Dosen

Contoh Surat Permohonan Maaf Mahasiswa Kepada Dosen – Meminta maaf bukanlah hal yang terlalu susah untuk dilakukan. Namun tidak bisa dipungkiri jika masih banyak orang enggan untuk meminta maaf. Ada yang mungkin memang tidak berniat meminta maaf, namun ada juga dikarenakan merasa segan untuk meminta maaf.

Misalnya saja mahasiswa yang ingin meminta maaf kepada dosen, mungkin merasa segan dan itu adalah hal yang wajar. Namun jika anda memang sudah menyadari kesalahan dan berniat mendapatkan maaf, maka alangkah baiknya untuk segera meminta maaf kepada dosen. Jika merasa segan untuk meminta maaf secara langsung, maka anda bisa menggunakan perantara surat.

Ya, anda bisa menggunakan surat permohonan maaf kepada dosen dan tentunya tidak mengurangi ketulusan hati untuk meminta maaf. Terutama sebagai seorang mahasiswa yang berkeinginan untuk mendapatkan ilmu, maka sudah menjadi keharusan untuk menjaga hubungan yang baik dengan semua dosen di kampus tempat anda menuntut ilmu.

Seorang mahasiswa yang ingin meminta maaf kepada dosen bisa dikarenakan berbagai hal. Mungkin saja karena tidak bisa mengikuti jam mata kuliah, bolos mata kuliah tanpa pemberitahuan, ataupun tidak mengerjakan tugas dari dosen. Demi kebaikan and sebagai mahasiswa, maka meminta maaf adalah hal yang wajib dilakukan.

Contoh Surat Permohonan Maaf Kepada Dosen

Tidak ada yang terlalu susah untuk membuat surat permintaan maaf. Anda bisa memperkenalkan diri terlebih dahulu, lalu kemudian mengakui kesalahan yang sudah diperbuat, lalu mengutarakan permintaan maaf kepada dosen dimaksud. Hal yang paling susah justru terdapat pada keinginan dan ketulusan hati untuk meminta maaf.

Tapi dikarenakan penggunaan surat yang semakin jarang untuk komunikasi pribadi, maka mungkin saja anda sedikit kesulitan untuk menulis surat permintaan maaf. Maka dari itu, di bawah ini adalah contoh surat permohonan maaf mahasiswa kepada dosen yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Permohonan Maaf dan Izin Mahasiswa Kepada Dosen

Ketika anda berhalangan masuk mata kuliah tertentu, maka sudah menjadi keharusan untuk meminta izin kepada dosen terkait. Dalam hal ini, anda juga bisa menyampaikan permohonan maaf kepada dosen karena tidak bisa mengikuti mata kuliah yang dibawakan dosen tersebut. Tentu saja anda harus memberitahukan alasan ketidakhadiran anda yang bisa diterima dosen.

Menulis surat izin mahasiswa kepada dosen sama saja seperti menulis surat permohonan izin lainnya. Di bawah ini adalah contoh surat permohonan maaf dan izin kepada dosen.

Medan, 25 November 2020

Kepada Yth,
Bapak Dr. Muhammad Ilham
di Universitas Sumatera Utara

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
NIM:8345387
Program Studi:Ilmu Biologi
Fakultas:FMIPA USU
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini bermaksud mengajukan permohonan izin dan maaf yang sebesar – besarnya karena tidak bisa mengikuti mata kuliah Biologi pada tanggal 25 November 2020 ini. Adapun alasan ketidakhadiran saya adalah karena saya harus menjaga orang tua yang sedang sakit di Ruangan ICU Adam Malik, Medan.

Mengenai materi dan tugas kuliah yang diberikan, saya akan berkoordinasi dengan teman yang mengikuti perkuliahan tersebut.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan dengan sebenarnya, atas izin dan perhatian dari Bapak saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

2. Contoh Surat Permohonan Maaf Mahasiswa Kepada Dosen Pembimbing

Ketika sudah memasuki masa PKL atau Prakerin hingga menjelang penyusunan skripsi, maka setiap mahasiswa akan mendapatkan dosen pembimbing masing – masing. Ada banyak urusan yang harus dikoordinasikan oleh mahasiswa kepada dosen pembimbing tersebut, demi kelancaran semua proses hingga sidang dan wisuda nantinya.

Namun tidak jarang mahasiwa melakukan kesalahan, misalnya saja terlambat memberikan laporan Praktek Kerja Industri, yang mana sudah ditetapkan tanggalnya. Jika anda terlambat memberikan laporan tersebut, maka tidak ada salahnya untuk meminta maaf kepada dosen.

Namun tidak hanya meminta maaf, anda juga harus berusaha secepat mungkin untuk segera memberikan laporan tersebut. Sebab jika tidak, maka bukan tidak mungkin jika kelulusan anda akan tertunda. Di bawah ini adalah contoh surat permohonan maaf mahasiswa kepada dosen pembimbing.

Medan, 25 November 2020

Kepada Yth,
Ibu Intan Permatasari, M.Si
Universitas Sumatera Utara

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIM:783478578
Jurusan:Ilmu Sosial Politik
Semester:VIII (Delapan)
Fakultas:Sosial Politik

Dengan ini bermaksud meminta maaf yang setulus – tulusnya atas keterlambatan saya memberikan Laporan Praktek Kerja Industri, yang mana seharusnya sudah terkumpul pada tanggal 25 November ini. Adapun alasan keterlambatan saya adalah karena harus mengurus orang tua (Ibu) yang sedang sakit dan menginap di rumah sakit.

Saya berjanji akan menyerahkan Laporan Praktek Kerja Industri secepat mungkin, selambat – lambatnya pada tanggal 30 November 2020 mendatang. Bilamana saya tidak memberikan hingga tenggat waktu tersebut, maka saya bersedia menerima hukuman sesuai dengan peraturan dari Fakultas Ilmu Sosial Politik, Universitas Sumatera Utara.

Demikian surat permohonan maaf ini saya perbuat dengan sebenar – benarnya, atas perhatian Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Permintaan Maaf Kepada Dosen Karena Tidak Masuk Kuliah

Masa kuliah memang merupakan masa dimana seorang mahasiswa seakan bebas menentukan keinginannya sendiri. Bahkan terkait kehadiran dalam mengikuti semua mata kuliah, tidak jarang ada mahasiswa yang seakan acuh dan meninggalkan mata kuliah begitu saja.

Mungin saja memang dosen tidak akan terlalu peduli, memanggil lalu kemudian menghukumnya. Namun hal yang pasti adalah nilai anda menjadi taruhannya. Jadi, anda bisa bebas menentukan apakah akan mendapatkan nilai yang bagus atau tidak, semuanya tergantung anda.

Bilamana anda tidak mengikuti sebuah mata kuliah tertentu, alangkah baiknya segera meminta maaf kepada dosen yang bersangkutan, tentunya demi kebaikan anda sendiri. Di bawah ini adalah contoh surat permohonan maaf mahasiswa kepada dosen karena tidak masuk kuliah yang bisa dipergunakan.

Medan, 25 November 2020

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham, M.H
di Universitas Sumatera Utara

Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
NIM:783476478
Kelas:A-1
Jurusan:Ilmu Hukum
Fakultas:Hukum, USU

Dengan ini bermaksud mengajukan permohonan maaf yang setulus – tulusnya karena tidak mengikuti perkuliahan Ilmu Hukum Syariah yang Bapak bawakan pada tanggal 23 November 2020 yang lalu.

Saya sadar akan kesalahan yang sudah saya lakukan, juga sadar jika seorang mahasiswa harus mengikuti semua jadwal perkuliahan yang sudah ditentukan. Saya berjanji tidak akan pernah mengulanginya lagi pada perkuliahan yang Bapak bawakan, dan juga semua mata kuliah yang dibawakan Bapak/Ibu Dosen lain.

Sekali lagi, saya benar – benar meminta maaf dari hati yang paling tulus, dan berharap agar Bapak bisa memaafkan saya, serta menerima saya untuk mengikuti semua jadwal perkuliahan yang Bapak bawakan.

Demikian surat permohonan maaf ini saya sampaikan, atas perhatian dan maaf dari Bapak saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

Penutup

Ketika kita sadar akan kesalahan yang sudah kita lakukan, maka sudah sepatutnya untuk meminta maaf. Menjaga hubungan yang baik adalah hal yang mutlak untuk kita lestarikan, terutama hubungan antara mahasiswa dengan dosen. Mahasiswa sebagai orang yang menimba ilmu di kampus tidak seharusnya bermasalah dengan dosen kampus, sekalipun hanya satu dosen saja.

Jika anda merasa enggan atau merasa sungkan untuk meminta maaf secara langsung, maka bisa menggunakan surat permintaan maaf. Namun tentunya harus dengan bahasa yang sopan, dan juga janji tidak akan mengulanginya di kemudian hari. Itulah beberapa contoh surat permohonan maaf mahasiswa kepada dosen yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.