16 Contoh Surat Permohonan Magang Kerja / Mahasiswa

Contoh Surat Permohonan Magang – Magang atau kerja magang bukanlah sesuatu hal yang baru untuk para mahasiswa. Pada umumnya, para mahasiswa tingkat akhir harus menyelesaikan kerja magang terlebih dahulu sebelum menamatkan atau menyelesaikan pendidikan dari universitas tertentu ataupun dari kampus tertentu. Kerja magang ini biasanya dilakukan pada suatu perusahaan, instansi pemerintahan, ataupun lembaga tertentu.

Kampus ataupun perguruan tinggi adalah suatu lembaga pendidikan, yang tentunya tidak memiliki hak dan wewenang dengan para pihak penerima mahasiswa magang. Maka dari itu, mereka harus terlebih dahulu membuat surat permohonan kepada perusahaan yang dituju, instansi pemerintahan, maupun lembaga tertentu.

Adapun isi dari surat permohonan magang atau surat permohonan PKL ini biasanya berupa pengajuan atau permohonan untuk menerima mahasiswa mereka kerja magang pada badan usaha atau instansi tersebut. Surat ini bisa dikirimkan oleh pihak kampus dan memberikan nama – nama mahasiswa yang ingin kerja magang. Namun surat ini juga bisa dikirimkan secara pribadi oleh mahasiswa yang bersangkutan, dimana ingin mencari tempat kerja magang sendiri.

Jika surat permohonan magang/PKL dikirimkan oleh pihak kampus, maka akan dilampirkan nama – nama dari beberapa orang mahasiswa yang tertarik untuk melaksanakan kerja magang di tempat tersebut. Namun keputusan tetap ada di tangan perusahaan, instansi, ataupun lembaga yang dituju. Baik itu mengenai jumlah mahasiswa magang yang bisa mereka terima, ataupun nama – nama yang bisa mereka terima.

Contoh Surat Permohonan Magang

Mengenai pengertian dari surat permohonan sudah pernah kita bahas sebelumnya pada postingan terdahulu. Jika anda masih tidak begitu mengerti akan arti surat permohonan, maka bisa membacanya terlebih dahulu, termasuk dengan struktur – struktur penulisan surat permohonan. Jenis jenis surat permohonan sangatlah banyak jenisnya, namun kali ini kita hanya akan  berfokus untuk membahas mengenai surat permohonan magang.

Penulisan surat permohonan magang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan surat permohonan lainnya. Bagi anda para mahasiswa yang ingin melaksanakan kerja magang, maka biasanya bisa meminta format surat permohonan magang dari pihak kampus. Namun jika anda ingin mencari bahan yang lebih variatif, maka anda bisa menggunakan contoh surat permohonan magang di bawah ini sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Permohonan Magang Kampus

Ketika para mahasiswa pada suatu kampus sudah dijadwalkan untuk mengikuti kegiatan kerja magang, maka biasanya ada beberapa pihak kampus yang ikut serta untuk mencari tempat magang para mahasiswanya. Tidak hanya itu, pihak kampus pun bisa mengirimkan surat permohonan magang kepada perusahaan, instansi, ataupun lembaga dimaksud yang menjadi tempat magang para mahasiswa kampus tersebut.

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
FAKULTAS ADMINISTRASI NEGARA
Jl. Almamater Kampus USU Medan 20155
Telp. 061-1234567; Fax. 061-1234567
Website : http://www.usu.ac.id; Email : ft.usu@usu.ac.id

Jakarta, 12 November 2019

Nomor : 123/PKL/USU/11/2019
Lampiran : 1 Lembar Daftar  Nama
Perihal : Permohonan Magang

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Direktur
PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Universitas Sumatera Utara merupakan institusi pendidikan tinggi yang bertujuan untuk menciptakan lulusan professional dan terampil di bidangnya, serta mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka kami mewajibkan setiap mahasiswa tingkat akhir untuk mengikuti Kerja Magang/PKL selama 3 (tiga) bulan, untuk menambah pengetahuan, wawasan, serta pengalaman di bidang kerja, sehingga lebih siap pakai dan mampu  bersaing.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami memohon kepada Bapak/Ibu Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera untuk menerima mahasiswa/i kami melaksanakan kerja magang/PKL untuk Tahun Ajaran 2019/2020, dari tanggal 02 Januari 2020 s/d 02 April 2020. Adapun nama dan daftar mahasiswa/i kami sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini, yang mana bisa Bapak/Ibu pilih beberapa orang untuk kerja magang di PT. Maju Jaya Sejahtera.

Demikian surat permohonan kerjasama ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Dekan Fakultas Ekonomi
Universitas Sumatera Utara,

 

Anton Syahputra, M. Si.

2. Contoh Surat Permohonan Magang Pribadi

Bagi anda yang ingin melaksanakan kerja magang di suatu perusahaan, instansi, ataupun lembaga tertentu, mungkin saja harus mencari sendiri tempat magang anda. Maka dari itu, anda pun bisa mencari informasi mengenai pihak – pihak yang mungkin bisa menerima anda sebagai mahasiswa magang, lalu mengirimkan surat permohonan pkl kepada mereka.

Medan, 12 November 2019

Perihal : Permohonan Kerja Magang
Lampiran : 1 (Satu) Bundel

Kepada Yth,
HRD PT. Bank Rakyat Indonesia
Kantor Cabang Iskandar Muda
Jl. Iskandar Muda No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
NIM:9876435
Kampus:Universitas Budi Mulia Medan
Program Studi:S-1 Perbankan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan untuk bisa melaksanakan Praktek Kerja Lapangan/Kerja Magang di PT. BRI Kantor Cabang Iskandar Muda, Medan selama 3 bulan, terhitung dari tanggal 02 Januari 2020 s/d 02 April 2020.

Sebagai bahan materi untuk pertimbangan Bapak/Ibu, bersama ini saya sudah melampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto copy Kartu Mahasiswa
  3. KHS Terakhir dengan IPK
  4. Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6
  5. SKCK ( Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
  6. Surat Keterangan Berbadan Sehat

Demikian permohonan ini saya ajukan dengan sebenarnya, besar harapan saya agar Bapak/Ibu bisa mempertimbangkan permohonan saya ini. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari.

3. Contoh Surat Permohonan Magang Bakti BCA

Bank BCA merupakan salah satu bank yang sangat besar di Indonesia dan memiliki banyak cabang di beberapa negara di Asia. Bank  BCA ini seringkali membuat program kerja magang untuk para tamatan – tamatan tertentu yang ingin bekerja di bank tersebut nantinya. Jadi, jika anda memiliki basis pendidikan sesuai dengan kebutuhan program magang bakti bank bca, maka alangkah baiknya anda mengirimkan surat permohonan kepada bank tersebut.

Medan, 12 November 2019

Perihal : Permohonan Magang Bakti
Lampiran : 1 (Satu) Bundel

Kepada Yth,
HRD PT. Bank Central Asia, Tbk
Kantor Wilayah Sumatera Utara
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan 20134

Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi pengumuman tentang Program Magang Bakti PT. Bank Central Asia, Tbk yang saya dapatkan dari website resmi Bank BCA, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 1996
Jenis Kelamin:Perempuan
Pendidikan:S-1 Perbankan
Kewarganegaraan:Indonesia
Agama:Islam
Telp.:081234567890
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan kerja magang baki di Bank BCA dengan posisi sebagai Customer Service. Saya sudah membaca semua persyaratan dan bersedia memenuhi semua persyaratan tersebut, termasuk ditempatkan di kantor cabang BCA mana saja di Wilayah Sumatera Utara.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu HRD, bersama ini saya sudah melampirkan :

  1. Fotocopy Ijazah Terakhir
  2. Fotocopy Transkrip Nilai
  3. Fotocopy KTP
  4. Fotocopy Kartu Keluarga
  5. SKCK
  6. Surat Keterangan Berbadan Sehat
  7. Daftar Riwayat Hidup
  8. Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6

Besar harapan saya kirannya Bapak/Ibu bisa memberikan saya kesempatan interview, sehingga saya bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai potensi diri dan kemampuan yang saya miliki di bidang perbankan, khususnya di bidang customer service.

Demikian surat permohonan ini saya perbuat, atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

Dewi Cahaya.

4. Contoh Surat Permohonan Magang Bidan

Bagi anda yang menempuh pendidikan di bidang kebidanan tentu akan terbiasa kerja magang di suatu rumah sakit ataupun di suatu puskesmas dan beberapa lembaga kesehatan lainnya. Namun sebelum melaksanakan magang tersebut, anda pun harus mengajukan surat permohonan terlebih dahulu kepada lembaga kesehatan yang anda inginkan. Maka dari itu, anda pun bisa menggunakan surat permohonan pkl di bawah ini.

AKADEMI KEBIDANAN (AKBID)
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN HUSADA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Nomor : 123/SP/AKBIDHUS/11/2019
Perihal : Permohonan Magang

Kepada Yth,
Bapak/Ibu HRD
Rumah Sakit Umum Adam Malik
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan Ketentuan Kementerian terkait yang menyatakan bahwa semua mahasiswa tingkat akhir harus melaksanakan magang/PKL, demi mempersiapkan mahasiswa yang siap kerja, berwawasan luas, dan berpengalaman, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
NIM:9876746
Semester:5 (Lima)
Prodi:D-3 Kebidanan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan agar kirannya diberikan izin untuk melaksanakan magang/PKL di Rumah Sakit Umum Adam Malik selama 3 (tiga) bulan, terhitung dari tanggal 02 Januari 2020 s/d 02 April 2020. Adapun maksud dan tujuan dari magang ini adalah untuk mempersiapkan tamatan Bidan yang siap kerja, berwawasan luas, dan berpengalaman.

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan, atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu HRD Rumah Sakit Umum Adam Malik Medan, saya ucapkan terimakasih.

Medan, 12 November 2019

Mahasiswa,Ketua Prodi Kebidanan,
Intan Permatasari.Dewi Cahaya, M. Keb

5. Contoh Surat Permohonan Magang Advokat/Pengacara

Memiliki pekerjaan sebagai seorang advokat/pengacara tentu bukanlah hal yang mudah. Anda tentu harus memiliki wawasan yang luas tentang hukum, juga termasuk pengalaman kerja. Maka dari itu, anda pun bisa melakukan kerja magang di kantor advokat yang sudah ada. Untuk pengajuan permohonan, anda bisa menggunakan surat permohonan kerja magang advokat/pengacara di bawah ini.

Medan, 12 November 2019

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham, MH
Law Firm Muhammad Ilham & Partners
di Medan

PERIHAL : PERMOHONAN ADVOKAT MAGANG

Dengan hormat,
Sehubungan dengan selesainya pendidikan saya sebagai Sarjana Hukum di Universitas Sumatera Utara, dan atas dasar Undang – Undang Advokat No. 18 Tahun 2003 (Pasal 3) yang dimana untuk dapat diangkat sebagai advokat diwajibkan bagi calon advokat untuk menjalankan magang sekurang – kurangnya 2 (dua) tahun berturut – turut, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra, SH
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1995
Jenis Kelamin:Laki – Laki
Pendidikan:Sarjana Hukum
Asal Kampus:Universitas Sumatera Utara
Kewarganegaraan:Indonesia
Agama:Islam
Telp.:081234567890
Email:antonsyahputra@gmail.com
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan kerja magang di Law Firm Muhammad Ilham & Partners, untuk memperbanyak pengalaman dan memperdalam ilmu sebagai seorang pengacara. Sebaga bahan pertimbangan untuk Bapak, bersama ini saya sudah melampirkan beberapa berkas pendukung yang diperlukan.

Besar harapan saya kirannya bisa diterima kerja magang di Law Firm Muhammad Ilham & Partners selama 2(dua) tahun, agar bisa memenuhi syarat dari PKPA yang menyatakan harus menjalani kerja magang sekurang – kuranya selama 2 (dua) tahun berturut – turut, agar bisa diangkat sebagai seorang advokat.

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan, atas perhatian dan kesempatan dari Bapak, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Permohonan Magang di Rumah Sakit

Untuk anda yang menempuh pendidikan akademi kebidanan, akademi keperawatan, maupun kedokteran, maka alangkah baiknya jika melaksanakan magang di rumah sakit tertentu. Namun terlebih dahulu anda harus mengirimkan surat permohonan pkl pada rumah sakit tujuan anda. Untuk suratnya, anda bisa menggunakan surat permohonan magang di rumah sakit di bawah ini.

Medan, 12 November 2019

Perihal : Permohonan Magang

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
HRD Rumah Sakit Umum Adam Malik Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
NIM:897675345
Kampus:Universitas Sumatera Utara
Program Studi:Kedokteran
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan izin untuk bisa melaksanakan tugas akhir kuliah saya, yakni magang di Rumah Sakit Umum Adam Malik Medan selama 3 (tiga) bulan, terhitung dari tanggal 02 Januari 2020 s/d 02 April 2020 mendatang.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak, bersama ini saya lampirkan :

  1. Fotocopy Kartu Mahasiswa
  2. KHS Terakhir dengan IPK
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6

Saya bersedia dan menyatakan sanggup untuk mematuhi dan menjalani semua peraturan dan tata tertib yang berlaku di Rumah Sakit Umum Adam Malik Medan. Dan besar harapan saya agar kirannya diberikan izin dan kesempatan bagi saya dalam melaksanakan tugas akhir/magang di Rumah Sakit Umum Adam Malik.

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

Penutup

Penggunaan surat permohonan magang memang masih sangat sering kita temukan sekarang ini. Baik itu permohonan magang dari kampus, ataupun dari anda sendiri secara perseorangan, seperti untuk magang advokat/pengacara. Itulah tadi beberapa contoh surat permohonan magang yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.