16 Contoh Surat Permohonan Pribadi Berbagai Keperluan

Contoh Surat Permohonan Pribadi – Penggunaan berbagai jenis surat permohonan memang masih sangat sering kita lihat sekarang ini. Bukan hanya permohonan yang dipergunakan dalam mewakili suatu kelompok, namun ada juga beberapa jenis surat permohonan pribadi. Permohonan pribadi inipun tidak hanya digunakan untuk keperluan informal, namun juga bisa untuk keperluan resmi atau formal.

Menulis surat permohonan pribadi mungkin memang tidak terlalu susah dan tidak seperti menulis berbagai contoh surat permohonan lainnya. Jika dalam permohonan lainya anda perlu melampirkan berkas yang mungkin dibutuhkan, maka sedikit berbeda dengan permohonan pribadi, dimana hal tersebut mungkin saja tidak akan berlaku.

Salah satu contoh adalah ketika anda ingin meminta maaf kepada guru ataupun kepada teman/sahabat. Anda pun bisa menulis surat pribadi berisi permohonan maaf langsung. Jika kepada sahabat, maka anda bisa menggunakan bahasa bebas dan tidak resmi, namun jika meminta maaf kepada guru, maka anda harus tetap menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta sopan.

Sementara permohonan pribadi yang bersifat setengah resmi adalah surat permohonan magang. Jika anda ingin magang kuliah, maka surat permohonan magang mungkin akan dikirimkan oleh pihak kampus. Namun jika anda ingin kerja magang setelah tamat kuliah dan untuk menambah pengalaman, maka anda pun harus menulis sendiri surat permohonan magang anda.

Contoh Surat Permohonan Magang

Lantas, bagaimana cara menulis surat permohonan pribadi yang baik dan benar?. Bisa dipastikan jika penulisan surat permohonan pribadi ini berbeda jauh dengan penulisan surat permohonan bantuan atau permohonan sponsor misalnya. Pada umumnya, surat permohonan bantuan dana dan sponsor dipergunakan oleh kelompok tertentu, berbeda dengan surat permohonan pribadi yang dipergunakan oleh perseorangan.

Jadi bagi anda yang ingin membuat permohonan pribadi, tidak perlu khawatir karena ada banyak contoh surat yang bisa anda pergunakan. Dan untuk membantu anda, di bawah ini adalah beberapa contoh surat permohonan pribadi yang bisa anda pergunakan.

1. Contoh Surat Permohonan Magang Pribadi

Banyak orang yang sudah menamatkan pendidikannya ingin magang terlebih dahulu untuk mencari pengalaman kerja. Hal ini tentu merupakan hal yang sangat baik. Namun anda pun harus mencari tempat magang terlebih dahulu, lalu kemudian mengirimkan surat permohonan magang kepada pihak yang anda tuju. Untuk bahan referensi, di bawah ini adalah salah satu contoh surat permohonan magang pribadi yang bisa anda pergunakan.

Medan, 12 Desember 2019

Kepada Yth,
Bapak Anton Syahputra, MH
Law Firm Anton Syahputra & Partners
di Medan

PERIHAL : PERMOHONAN MAGANG ADVOKAT

Dengan hormat,
Sehubungan dengan selesainya pendidikan saya sebagai Sarjana Hukum di Universitas Sumatera Utara, dan atas dasar Undang – Undang Advokat No. 18 Tahun 2003 (Pasal 3) yang dimana untuk dapat diangkat sebagai advokat diwajibkan bagi calon advokat untuk menjalankan magang sekurang – kurangnya 2 (dua) tahun berturut – turut, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham, SH
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Agustus 1994
Jenis Kelamin:Laki – Laki
Pendidikan:Sarjana Hukum (S-1)
Asal Kampus:Universitas Sumatera Utara
Kewarganegaraan:Indonesia
Agama:Islam
Telp.:081234567890
Email:muhammadilham@gmail.com
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

dengan ini saya bermaksud mengajukan permohonan kerja magang di Law Firm Anton Syahputra & Partners, untuk memperbanyak pengalaman dan memperdalam ilmu sebagai seorang pengacara. Sebaga bahan pertimbangan untuk Bapak, bersama ini saya sudah melampirkan beberapa berkas pendukung yang diperlukan.

Besar harapan saya kirannya bisa diterima kerja magang di Law Firm Anton Syahputra & Partners selama 2 (dua) tahun, agar bisa memenuhi syarat dari PKPA yang menyatakan harus menjalani kerja magang sekurang – kuranya selama 2 (dua) tahun berturut – turut, agar bisa diangkat sebagai seorang advokat.

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan, atas perhatian dan kesempatan dari Bapak, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

Muhammad Ilham.

2. Contoh Surat Permohonan Maaf Kepada Guru

Sebagai seorang siswa, bisa saja anda berbuat kesalahan kepada guru. Mungkin dikarenakan tidak mengerjakan pekerjaan rumah, melanggar peraturan sekolah, ataupun dikarenakan berbagai kesalahan lainnya. Dan jika anda ingin meminta maaf atas kesalahan tersebut, tentu akan sangat baik dan mungkin akan membuat guru anda senang, karena anda menunjukkan niat baik dan meminta maaf.

Medan, 12 Desember 2019

Kepada Yth,
Ibu Intan Permatasari
Wali Kelas XII IPS -2
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Sebelumnya saya ingin meminta maaf atas surat yang saya kirimkan ini, dan mungkin membantu kesibukan Ibu. Saya memutuskan untuk mengirimkan surat ini, dikarenan saya sadar akan kesalahan yang sudah saya lakukan dan mungkin menyakiti hati Ibu sebagai seorang guru.

Dengan segala kerendahan hati dan keinginan untuk bisa menjadi siswa yang lebih baik lagi, saya dengan setulus hati ingin meminta maaf atas kesalahan kami tadi siang di sekolah yang tidak mengerjakan Pekerjaan Rumah dan harus mendapat hukuman dari Ibu Guru. Kami sebagai siswa, khususnya saya sudah seharusnya melaksanakan semua kewajiban dan tanggung jawab sebagai seorang siswa.

Saya juga sadar jika semua hukuman yang Ibu Guru berikan adalah dengan tujuan yang terbaik untuk kami. Ibu ingin kami berubah dan bisa menjadi siswa yang lebih baik lagi ke depannya, dan tidak berharap kami mengulangi kesalahan yang sama ataupun kesalahan yang lain dikemudian hari. Saya juga sama sekali tidak merasa sakit hati atas hukuman yang saya terima, karena itu sudah menjadi konsekuensi dari pelanggaran yang saya lakukan.

Sekali lagi, saya ingin meminta maaf kepada Ibu Guru. Saya berharap Ibu tidak pernah merasa capek dan merasa bosan untuk mendidik, serta mengajari kami. Bagi kami, Ibu Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa dan tidak akan pernah kami lupakan. Kami juga sadar kalau kami tidak akan bisa menjadi apa – apa jikalau bukan karena jasa dari pada guru kami.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Pribadi Permohonan Maaf Kepada Teman/Sahabat

Berteman ataupun bersahabat bukan berarti akan terbebas dari masalah. Walau seakrab apapun anda dengan teman atau sahabat, bisa saja terjadi kesalahpahaman yang mengakibatkan sakit hati pada satu belah pihak. Dan jika anda merasa telah berbuat salah kepada teman/sahabat anda, maka sebaiknya segera meminta maaf. Anda pun bisa menggunakan surat permohonan maaf kepada sahabat anda.

Medan, 12 Desember 2019

Kepada Sahabatku,
Intan Permatasari
di Tempat

Hai Intan,
Apa kabar?, aku harap kamu tidak terlarut – larut dengan permasalahan kita tadi siang yang Intan.

Intan, saya juga ingin meminta maaf atas kesalahan dan perbuatan saya tadi siang yang membentak kamu ya Intan. Sebenarnya saya sedang ada masalah dengan pacar saya, sehingga saya tidak bisa berpikir jernih. Saya pun merasa sakit hati saat kamu bilang kalau saya seperti tidak memperdulikanmu dan cuekin kamu selama jam sekolah.

Saya sadar, sebagai seorang sahabat tidak seharusnya bersikap demikian samamu dan membentak kamu, walau apapun masalah yang sedang saya hadapi. Sudah seharusnya saya curhat dan bercerita samamu, serta mendengarkan solusi jitu yang seringkali kamu berikan samaku. Saya tidak ingin persahabat kita retak dan hancur hanya karena permasalahan seperti ini.

Maka dari itu, saya pun memutuskan untuk mengirimkan sepucuk surat ini samamu, dan berharap kamu bisa memaafkan perkataan serta bentakan saya tadi siang. Sekali lagi, saya minta maaf ya Intan, jangan marah dan tetaplah jadi sahabat terbaikku.

Dari Sahabatmu,

Dewi Cahaya.

4. Contoh Surat Permohonan Visa Pribadi

Jika anda ingin bepergian keluar negeri dikarenakan ingin berlibur ataupun untuk keperluan lainnya, maka anda pun harus mengajukan permohonan visa terlebih dahulu. Akan lebih baik lagi jika anda sudah terlebih dahulu mengajukan surat permohonan rekomendasi kepada pihak terkait dan sudah mendapatkan surat rekomendasi tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan pribadi untuk pembuatan visa di bawah ini.

Medan, 12 Desember 2019

Perihal : Permohonan Visa

Kepada Yth,
Kedutaan Besar Jepang
di Jakarta

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 1990
Jenis Kelamin:Perempuan
Kewarganegaraan:Indonesia
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Telp.:081234567890
Email:intanpermatasari123@gmail.com
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pembuatan Visa Jepang.

Adapun alasan dan dasar dari permohonan saya ini adalah dikarenakan saya akan berlibur ke Jepang selama 20 hari, terhitung dari tanggal 05 Januari 2020 s/d 25 Januari 2020 mendatang. Segala akomodasi dan pengeluaran atas kunjungan tersebut menjadi tanggung jawab saya secara pribadi dan saya menjamin tidak akan mencari pekerjaan di Jepang dan akan segera balik ke Indonesia pada tanggal 25 Januari 2020 mendatang.

Demikian permohonan ini saya ajukan, atas perhatian dan dukungan, serta bantuannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

Penutup

Penggunaan surat permohonan pribadi memang bukanlah merupakan sesuatu yang jarang kita temukan. Banyak keperluan dari surat permohonan pribadi, yang pastinya untuk kepentingan personal. Jika anda ingin mengirimkan surat permohonan secara pribadi, maka beberapa contoh di atas tadi mungkin akan bisa berguna sebagai bahan referensi untuk anda sekalian.