16 Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Terlengkap

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi – Bukan hanya untuk kepentingan perusahaan atau instansi pemerintahan, namun surat juga masih sering kita butuhkan untuk keperluan pribadi atau perseorangan. Salah satu bentuk atau jenis surat yang mungkin akan anda butuhkan adalah surat permohonan rekomendasi. Mungkin masih banyak yang belum begitu mengerti akan salah satu jenis surat yang satu ini, dan sekarang kita akan membahasnya lebih dalam.

Penggunaan surat permohonan rekomendasi mayoritas dibutuhkan oleh kelompok. Kelompok disini maksudnya bisa saja berupa perusahaan, instansi pemerintahan, ataupun juga organigasi. Permohonan rekomendasi ini pun biasanya ditujukan kepada orang atau pejabat yang lebih tinggi. Kendati demikian, bukan berarti surat permohonan rekomendasi tidak bisa dipergunakan oleh perseorangan, seperti contoh surat permohonan rekomendasi beasiswa.

Misalnya saja ketika anda ingin melamar pekerjaan di perusahaan baru, maka anda bisa membuat surat rekomendasi kepada atasan anda di perusahaan sekarang. Untuk memintanya, anda bisa memberikan surat permohonan rekomendasi secara formal. Jika disetujui, maka anda pun akan diberikan selembar surat rekomendasi, untuk mempermudah anda diterima di perusahaan baru.

Selain itu, surat permohonan rekomendasi juga mungkin akan anda butuhkan ketika ingin mengurus KTP atau KK. Surat permohonan rekomendasi bisa anda berikan kepada kepala desa di tempat anda tinggal. Dan nantinya surat rekomendasi yang anda dapatkan dari kepala desa bisa anda pergunakan untuk mengurus KTP dan KK di Kantor Catatan Sipil setempat.

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi

Sebenarnya ada sangat banyak contoh surat permohonan rekomendasi yang mungkin anda butuhkan. Beberapa diantaranya adalah contoh surat permohonan rekomendasi beasiswa, surat permohonan rekomendasi kegiatan, surat permohonan rekomendasi pindah tugas, surat permohonan rekomendasi sekolah, dan surat permohonan rekomendasi proposal. Surat permohonan rekomendasi dari instansi atau badan usaha harus menggunakan kop surat sebagaimana surat resmi pada umumnya.

Namun jika anda menulis surat permohonan rekomendasi atas nama pribadi atau perseorangan, maka mungkin anda hanya perlu menulisnya dengan bahasa yang formal saja dan sopan. Nah, berikut adalah beberapa contoh surat permohonan rekomendasi yang bisa anda jadikan referensi dalam penulisan surat permohonan rekomendasi.

1. Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Kegiatan Acara HUT RI

Contoh surat yang satu ini biasanya akan dipergunakan oleh perkumpulan ataupun mewakili kelompok tertentu. Salah satu contoh perkumpulan yang seringkali mengadakan perayaan ketika memperingati HUT RI adalah Karang Taruna. Nah, jika anda termasuk salah satu pengurus Karang Taruna di tempat anda tinggal dan ingin meminta rekomendasi dari pejabat, maka bisa menggunakan surat permohonan rekomendasi kegiatan di bawah ini.

KARANG TARUNA WARGA RW 30
KELURAHAN PADANG BULAN KECAMATAN MEDAN BARU
KOTAMADYA MEDAN PROVINSI SUMATERA UTARA
Sekretariat. Jl.  Ungu Delima No. 3  Mobile. 081234567890

Medan, 28 Juli 2020

No : 013/KTR30/SPR/VI/2020
Lampiran  : 1 Berkas Proposal Kegiatan
Hal  : Permohonan Rekomendasi Kegiatan Acara HUT RI

Kepada Yth,
Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga
Kotamadya Medan
Jalan Pangeran Diponegoro No. 123
Medan

Dengan hormat,
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke- 73, kami selaku pemuda – pemudi RW 05 Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Medan Baru yang tergabung ke dalam organisasi kepemudaan bernama Karang Taruna, akan mengadakan acara pentas seni yang akan diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal:Jumat, 17 Agustus 2020
Waktu:07.30 – Selesai
Tempat:Lapangan Serbaguna RW 05 Kelurahan Padang Bulan

Sehubungan dengan kegiatan yang akan kami selenggarakan tersebut, maka kami memohon dukungan dengan memberikan rekomendasi kegiatan acara pentas seni yang akan kami selenggarakan ini.

Demikian surat permohonan rekomendasi kegiatan ini kami buat. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/ Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua Karang Taruna,

Anton Syahputra.

2. Contoh Permohonan Rekomendasi Kegiatan Bakti Sosial

Berbagai kelompok seringkali mengadakan kegiatan bakti sosial, degan tujuan yang tentunya sangat mulia. Salah satunya adalah perusahaan, yang sering melakukan kegiatan bakti sosial dengan tujuan untuk berbagi kebaikan kepada orang lain. Nah, jika anda ingin melaksanakan kegiatan bakti sosial dan ingin meminta rekomendasi dari pihak lain, maka anda bisa mencontek contoh surat permohonan rekomendasi kegiatan bakti sosial di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Pertempuran No. 123, Medan
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: http://www.majujayasejahtera.com Email: info@majujayasejahtera

Medan, 28 Juli 2020

No.  : 005/PRK/PTSAB/VI/2020
Perihal : Permohonan Rekomendasi Kegiatan
Lampiran  : 1 ( satu ) berkas proposal

Kepada Yth,
Kepala Dinas Sosial Kota Medan
Jalan Perjuangan No. 123
Medan

Dengan hormat,
Segala puji hanya bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat hingga saat ini. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabatnya dan umatnya yang setia hingga akhir zaman. Teriring doa semoga kita senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT.

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya kegiatan Bakti Sosial berupa pemeriksaan kesehatan gratis dan senam manula di lapangan parkir PT. Maju Jaya Sejahtera,  yang insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin, 30 Juli 2020
Tempat:Lapangan Parkir PT. Maju Jaya Sejahtera

maka kami memohon kepada Bapak/ Ibu agar berkenan memberikan rekomendasi kegiatan acara bakti sosial yang akan kami laksanakan tersebut.

Demikian permohonan ini kami sampaikan, sebagai bahan pertimbangan kami lampirkan proposal kegiatan. Atas perhatian dan dukungan Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

3. Contoh Permohonan Rekomendasi Kegiatan Olimpiade

Menjadi seorang anggota panitia dalam kegiatan tertentu memang bukanlah hal yang mudah. Mungkin ada banyak hal yang harus anda kerjakan agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar, salah satunya adalah dengan membuat contoh surat permohonan rekomendasi kepada pihak lain. Nah, anda pun bisa menulis surat tersebut dengan menjadikan surat rekomendasi kegiatan di bawah ini sebagai bahan referensi.

DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
Jalan Pendidikan No. 1 Medan
Tlp. 022 – 690210  Fax. 022 – 690211

Medan, 28 Juli 2020

Nomor : 05/SPR/VII/2020
Perihal  : Pemohonan Rekomendasi Kegiatan
Lampiran  : 1 berkas proposal

Kepada Yth,
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan
Universitas Sumatera Utara
Jalan Pendidikan No. 1 Medan

Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan dilaksanakannya kegiatan Olimpiade Sains dan Teknologi Nasional tahun 2018 tingkat SMP – SMA  Medan – Sumatera Utara,  yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin, 30 Juli 2020
Tempat:Fakultas Seni dan Teknologi Universitas Sumatera Utara

maka kami selaku panitia bermaksud untuk mengajukan permohonan rekomendasi kegiatan Olimpiade Sains dan Teknologi kepada Bapak/ Ibu agar pelaksaan kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik.

Demikian permohonan ini kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/ Ibu dan terkabulnya permohonan kami, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua Panitia Olimpiade,

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Jasa Perusahaan

Mendirikan sebuah perusahaan baru tentu bukanlah hal yang mudah. Baik itu untuk perusahaan penyedia barang, maupun perusahaan penyedia jasa. Tentu anda harus membangun dan mencari relasi yang baik, serta mempromosikan perusahaan. Nah, agar lebih mudah, anda pun bisa memohon rekomendasi kepada perusahaan terkenal, dengan tujuan agar perusahaan tersebut merekomendasikan perusahaan anda melalui media.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
CONTRACTOR, SUPPLIER, & FREIGHT FORWARDER
MEMBER OF INDO LOGISTICS GROUPS
Jl. Perjuangan No. 123, Medan

Medan, 28 Juli 2020

Nomor  : 910/ LLM/ XII/ 2020
Lampiran : 1 ( satu ) Lembar
Perihal  :  Permohonan Rekomendasi

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Direktur PT. Jaya Berdikari
Jl. Pangeran Diponegoro No. 123
Medan

Dengan hormat,
Sehubungan dengan kegiatan usaha kami “ Maju Jaya Sejahtera” yang bertempat di Jl. Perjuangan No. 123, Medan, yang bergerak di jasa ekspor dan impor barang, maka kami mengajukan permohonan rekomendasi dari PT. Jaya Berdikari untuk dapat merekomendasikan jasa perusahaan kami melalui situs www.jayaberdikari.com. Kami juga telah melampirkan beberapa dokumen yang diperlukan beserta proposal didalam surat ini sebagai pertimbangan Bapak.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian serta bantuan Bapak kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Sanjaya.

5. Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Bupati

Bupati atau walikota merupakan pejabat tertinggi di kabupaten dan kotamadya, jadi tidak heran jika banyak pihak yang meminta rekomendasi dari bupati/walikota, baik untuk pendidikan ataupun hal lainnya. Untuk mempermudah urusan anda, maka anda pun bisa mengajukan permohonan dengan menggunakan surat permohonan rekomendasi bupati/walikota di bawah ini.

SURAT PERMOHONAN REKOMENDASI

Lubuk Pakam, 28 Juli 2020

Lampiran : 1 Lembar
Perihal : Permohonan Pembuatan Surat Rekomendasi

Kepada Yth,
Bupati Deli Serdang
Provinsi Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan kelengkapan berkas persyaratan untuk mengikuti Pendidikan Perawat Spesialis melalui Program Bantuan Pendidikan Perawat Spesialis Kemenkes, maka dengan ini saya :

Nama:Dewi Cahaya
NIK:89765432545
Status Kepegawaian:PTT Kontrak Daerah
Satuan Kerja:RUSD Adam Malik Medan
Masa Kerja:4 Tahun

Mengajukan Permohonan Pembuatan Surat Rekomendasi untuk mengikuti Pendidikan Perawat Spesialis melalui Program Bantuan Pendidikan Perawat Spesialis Kemenkes Kepada Bapak Bupati Deli Serdang.

Demikian surat permohonan ini saya buat. Besar harapan kami bapak bisa memberikan rekomendasi kepada saya untuk memenuhi kelengkapan administrasi yang dimaksud. Atas bantuan dan perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

6. Contoh Permohonan Rekomendasi Rehabilitasi Masjid

Masjid merupakan tempat beribadah, dimana seharusnya orang – orang yang beribadah disana harus nyaman. Maka dari itu, Masjid juga tentu akan membutuhkan perawatan, termasuk rehab bagian – bagian masjid yang sudah rusak. Maka jika anda merupakan perwakilan dari sebuah masjid dan ingin meminta rekomendasi dari pejabat setempat, anda bisa menulis surat permohonan rekomendasi kegiatan rehabilitasi masjid seperti contoh di bawah ini.

SURAT PERMOHONAN REKOMENDASI

Medan, 28 Juli 2020

Lampiran  : 1 Bundel
Perihal       : Permohonan Rekomendasi Pembangunan Rehab Masjid Al-Ikhlas

Kepada Yth,
Camat Medan Baru
Kotamadya Medan
di Tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.
Sehubungan dengan Rekomendasi Permohonan Bantuan Operasional Masjid Al – Ikhlas :

Nama Gedung:Masjid Al – Ikhlas
Berdiri Tanggal:17 Mei 1991
Bidang:Tempat Ibadah
Alamat:Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

Maka dengan ini atas nama Masjid Al – Ikhlas, memohon Rekomendasi kepada Camat Medan Baru.

Demikian Permohonan Rekomendasi ini kami buat dengan sebenarnya. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua Panitia Pembangunan,

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Kepengurusan

Sekarang ini ada banyak organisasi yang bisa kita temukan di sekitar lingkungan kita. Dan untuk menjalankan organisasi tersebut, tentu dibutuhkan beberapa orang sebagai pengurus yang sah. Untuk mensahkan para pengurus tersebut, maka anda bisa meminta surat rekomendasi kepengurusan dari organisasi yang sama, namun dari cabang lain ataupun dari pengurus organigasi pusat.

PIMPINAN CABANG
IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA
KOTAMADYA MEDAN
Sekretariat : Gedung PCNU Jl K. H. Ahmad Dahlan No. 123, Medan

Medan, 28 Juli 2020

Nomor : 001/PC/A/XIV/7354/IV/20
Lamp. : 1 (satu) Bundel
Hal. : 
PERMOHONAN REKOMENDASI

Kepada Yth,
Rekan PW. IPNU Propinsi DKI Jakarta
di Jakarta

Assalamu’alaikum wr. wb.
Bismillahirrahmanirrahim

Salam silaturrakhim kami sampaikan, ter iring do’a. semoga rahmat dan ridho Allah SWTsenantiasa menyertai langkah dan aktifitas kita.

Guna mewujudkan proses regenerasi dalam Pimpinan Cabang IPNU Kotamadya Medan, diperlukan kepemimpinan yang penuh tanggung jawab, handal dan valid.

Untuk itu, Pimpinan Cabang IPNU kabupaten Sumedang telah melaksanakan Konferensi Cabang XIII pada tanggal 15 – 20 Juli 2020 lalu. Demi tertibnya administrasi dan kelancaran sebuah organisasi, kami mohon Pimpinan Wilayah IPNU Propinsi DKI Jakarta berkenan memberikan Surat Rekomendasi untuk sebuah bukti kepengurusan kami yang sah.

Demikian permohonan ini kami sampaikan, dengan harapan semoga diperhatikan dan dimaklumi adanya, dan tak lupa kami ucapkan terima kasih atas terkabulnya permohonan ini.

Wallahulmuwaffiq ilaa aqwamith tharieq
Wassalamu’alaikum wr.wb.

Hormat Kami,
Pimpinan Cabang IPNU Cabang Medan,

Anton Syahputra.

8. Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Kemenag

Ada banyak pihak yang mungkin berurusan dengan pihak Kemenang (Kementerian Agama), salah satunya adalah sekolah, dimana mungkin membutuhkan bantuan dari pemerintah untuk pembangunan mushola atau masjid sekolah. Namun sebelum meminta bantuan kepada pemerintah, pihak sekolah bisa terlebih dahulu meminta surat rekomendasi dari kemenag. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan rekomendasi ke kemenag di bawah ini.

DINAS PENDIDIKAN KOTAMADYA MEDAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan

Medan, 28 Juli 2020

Nomor : 005 /03.02/15/K/I/2020
Lamp.  : 1 lembar
Hal  : PERMOHONAN REKOMENDASI

Kepada Yth,
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag)
Kotamadya Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Bersama ini kami sampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas Pendidikan Agama di SMA Negeri 1 Medan, kami bermaksud mengajukan permohonan Bantuan Dana Pembangunan Masjid Sekolah kepada Dirjen Pendidikan Republik Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini kami bermaksud memohon rekomendasi Kemenag Kotamadya Medan, yang nantinya akan kami lampirkan pada surat Permohonan Bantuan Dana Pembangunan Masjid kepada Dirjen Pendidikan Republik Indonesia.

Demikian permohonan rekomendasi ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami sampaikan terimakasih

Hormat Kami,
Kepala SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M.Pd

9. Contoh Permohonan Rekomendasi Pembuatan KTP

Sekarang ini pemerintah sudah menerapkan penggunaan e-KTP ataupun elektronik KTP. KTP Elektronik ini akan berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang lagi seperti dulu, yang tentunya akan mengutungnkan semua masyarakat. Namun jika anda masih pertama kali mengurus KTP, maka anda harus membawa surat rekomendasi dari pejabat di daerah tempat anda tinggal, seperti Kepling, Lurah, ataupun Kepala Desa. Maka dari itu, anda bisa memberikan surat permohonan rekomendasi seperti di bawah ini kepada aparat desa.

Jika anda ingin mengurus KTP yang baru atau ingin mengganti KTP lama anda, maka tentu anda tidak bisa langsung pergi begitu saja ke kantor camat atau kantor dinas catatan sipil untuk mengurus dokumen tersebut. Namun anda harus terlebih dahulu membawa surat rekomendasi dari aparat desa setempat. Untuk itu, anda bisa mengirimkan surat permohonan rekomendasi kepada aparat di tempat anda tinggal.

SURAT PERMOHONAN REKOMENDASI

Medan, 28 Juli 2020

Hal : Permohonan Rekomendasi
Lampiran : 1 Lembar KK Orang Tua

Kepada Yth,
Lurah Padang Bulan
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan usia saya yang sudah menginjak 17 tahun, maka saya berencana untuk mengurus KTP di Kantor Catatan Sipil Kota Medan. Maka dari itu, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 2001
Pekerjaan:Siswa
Alamat:Jl. Pendidikan No. 123, Medan

bermaksud untuk meminta surat rekomendasi guna mengurus pembuatan KTP baru di Kantor Catatan Sipil Kota Medan.

Atas perhatian dan surat rekomendasi dari Bapak, saya mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Pengurusan KK

Tidak berbeda jauh dengan pengurusan KTP baru, anda juga harus memegang surat rekomendasi dari aparat desa setempat ketika ingin mengurus KK. Ketika anda menikah, maka tentu anda harus memiliki KK sendiri dan tidak tergabung dalam KK orang tua lagi. Maka dari itu, anda pun bisa meminta rekomendasi dari aparat setempat dimana anda tinggal guna mengurus KK baru di Kantor Catatan Sipil.

SURAT PERMOHONAN REKOMENDASI

Medan, 28 Juli 2020

Hal : Permohonan Rekomendasi
Lampiran : 1 Lembar KK Orang Tua

Kepada Yth,
Lurah Padang Bulan
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan pernikahan yang baru saja selesai kami selenggarakan, maka dengan ini kami bermaksud untuk meminta surat rekomendasi dari Bapak untuk keperluan pengurusan KK yang baru. Adapun kami pasangan suami istri seperti di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:7434567888567
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1993
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan istri saya :

Nama:Dewi Cahaya
NIK:876434789674435
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1994
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Atas perhatian dan surat rekomendasi dari Bapak, saya mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

11. Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Perizinan

Mengurus perizinan memang bukanlah hal yang terlalu susah untuk dilakukan dan tidak terlalu susah untuk mendapatkan izin. Namun jika perizinan yang anda ajukan menyangkut kepentingan banyak orang, maka anda mungkin harus meminta rekomendasi terlebih dahulu kepada pihak lain. Seperti ketika anda ingin menggunakan peralatan kesehatan.

SURAT PERMOHONAN REKOMENDASI

Medan, 28 Juli 2020

Nomor     : 01/12/08/RK/2020
Lampiran : –
Perihal     : Permohonan Perizinan

Kepada Yth,
K.A Dinkes Kota Medan
Bag. Perizinan
di Tempat

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:dr. Anton Syahputra
No. STR:3421100106032345
Instansi:Puskesmas Sehat Selalu
Jabatan:Ka. Puskesmas Sehat Selalu

Mengajukan permohonan pengajuan rekomendasi untuk perizinan penggunaan pesawat sinar X. yang akan dioperasikan di wilayah :

Nama Puskesmas:Puskesmas Sehat Selalu
Alamat:Desa Padang Bulan, Medan

Dan rekomendasi ini akan kami teruskan kepada pihak BAPETEN sebagai badan yang berwenang.

Demikian permohonan ini kami buat atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
Ka. Puskesmas Sehat Selalu,

dr. Anton Syahputra.

12. Contoh Permohonan Rekomendasi Pindah Tugas atau Mutasi

Bagi anda yang bekerja sebagai seorang PNS, tentu tidak akan bisa pindah tugas dengan mudah. Mengurus kepindahan pun mungkin saja anda harus berhubungan dengan pejabat tinggi di daerah tempat anda bekerja, itupun belum tentu disetujui. Maka dari itu, anda bisa meminta rekomendasi dari atasan anda dimana bekerja sekarang, agar lebih mudah mendapatkan persetujuan dari pejabat yang mengurus kepindahan anda tersebut.

SURAT PERMOHONAN REKOMENDASI

Hal : Permohonan Rekomendasi Pindah Tugas

Kepada Yth,
Kepala SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra, S.Pd
NIP:89754335678345
Jabatan:Guru Matematika SMA Negeri 1 Medan
Pangkat/Gol:Penata Muda/IV B
Unit Kerja:SMA Negeri 1 Medan

bermaksud untuk meminta rekomendasi dari Bapak, agar bisa pindah tugas ke SMA Negeri 2 Medan. Hal ini dimaksudkan agar saya bisa lebih dekat bertugas ke sekolah, karena sudah pindah tempat tinggal di dekat area SMA Negeri 2 Medan.

Demikian surat permohonan ini saya perbuat, atas perhatian dan rekomendasi dari Bapak, saya mengucapkan banyak terimakasih.

Medan, 21 Mei 2020

Hormat Saya,

Anton Syahputra, S.Pd

13. Contoh Permohoan Rekomendasi Melanjutkan Pendidikan

Jika anda sudah menamatkan pendidikan dari suatu jenjang tertentu dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi, tentu itu bukanlah hal yang susah. Namun jika universitas tujuan anda merupakan universitas elit dan ternama, maka mungkin saja anda harus membutuhkan rekomendasi untuk mempermudah anda diterima di universitas tersebut. Maka dari itu, anda bisa meminta rekomendasi dari dosen anda, seperti contoh surat permohonan rekomendasi di bawah ini.

SURAT PERMOHONAN REKOMENDASI

Yogyakarta, 21 Mei 2020

Kepada Yth,
Bapak DR. Ahmad Subari
di Tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.
Bersama surat ini saya ingin memberitahukan kepada Bapak bahwa saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Sanjaya
Fakultas:Matematika
Universitas:Universitas Sumatera Utara
Angkatan:2016
Lulus:2020

Meminta bantuan kepada bapak sebagai Dosen Pebimbing Akademik saya di Angkatan 2014 untuk membantu saya memberikan Surat Rekomendasi dalam seleksi calon Mahasiswa Pascasarjana Magister di Universitas Indonesia, Jakarta. Sebagai informasi kepada bapak bahwa saya lulus di bulan Febuari tahun 2020 dengan IPK 3.15.

Saya meminta maaf sebesar-besarnya kepada bapak atas permintaan saya yang hanya melalui surat ini. Demikian permohonan saya kepada bapak untuk membantu mengisi surat rekomendasi ini. Saya ucapkan terimakasih banyak atas bantuan yang bapak berikan kepada saya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

14. Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Beasiswa

Sekarang ini ada banyak beasiswa yang mungkin bisa dinikmati oleh siswa/i berprestasi atau siswa/i yang kurang mampu. Ada  banyak beasiswa yang disediakan oleh pemerintah maupun dari pihak swasta. Jika anda ingin mendapatkan beasiswa tersebut dengan alasan karena kurang mampu, maka bisa meminta surat rekomendasi dari aparat setempat dimana anda tinggal, yang menyatakan jika anda memang berasal dari keluarga kurang mampu. Anda pun bisa menggunakan contoh surat permohonan rekomendasi beasiswa di bawah ini.

SURAT PERMOHONAN REKOMENDASI BEASISWA

Hal : Permohonan Rekomendasi Beasiswa

Kepada Yth,
Lurah Padang Bulan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan orang tua dari :

Nama:Muhammad Ilham
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 2002
Pekerjaan:Pelajar
Sekolah:SMA Negeri 1 Medan

bermaksud untuk meminta rekomendasi dari Bapak Lurah untuk anak saya dengan nama tersebut di atas untuk penerimaan beasiswa dari Pemerintah di sekolah. Hal ini sehubungan dengan kondisi kami yang kurang mampu dan dirasa layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Demikian surat permohonan rekomendasi ini kami perbuat, atas perhatian dan rekomendasi dari Bapak Kepala Desa, kami mengucapkan banyak terimakasih.

Medan, 28 Juli 2020

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa,

Ahmad Syahputra.

15. Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Kerja

Setiap orang tentu menginginkan pekerjaan yang baik dengan gaji yang memuaskan. Maka tidak heran jika banyak orang yang akhirnya keluar dari suatu perusahaan dan melamar pekerjaan di perusahaan lain. Nah, jika anda mengalami hal demikian, maka anda bisa meminta surat rekomendasi dari perusahaan lama anda agar lebih dipercaya di perusahaan yang anda lamar.

SURAT PERMOHONAN REKOMENDASI

Medan, 28 Juli 2020

Hal : Surat Permohonan Rekomendasi Kerja

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:7434567888567
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1993
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

bermaksud untuk meminta surat rekomendasi kerja dari Bapak. Hal ini sehubungan dengan saya yang pernah bekerja dalam kontrak kerja selama 4 tahun di perusahaan yang bapak pimpin, mulai dari 20 Juli 2016 sampai dengan 20 Juli 20120.

Selama bekerja, saya selalu menjunjung tinggi kejujuran dalam bekerja dan tidak pernah melanggar peraturan dari perusahaan. Untuk itu, saya memohon kepada Bapak, agar sudi kirannya memberikan saya surat rekomendasi kerja, karena saya bermaksud melamar pekerjaan di perusahaan lain.

Tidak lupa saya berharap agar perusahaan yang bapak pimpin semakin berkembang dan bisa menjadi perusahaan yang besar.

Demikian surat permohonan rekomendasi ini saya perbuat, atas perhatian dan rekomendasi dari Bapak, saya mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

16. Contoh Format Surat Permohonan Rekomendasi

Di atas tadi sudah ada beberapa contoh surat permohonan rekomendasi yang mungkin akan berguna untuk anda. Semua contoh tersebut sudah lengkap dan tinggal mengubah bagian – bagian tertentu saja. Namun jika anda ingin mencari salah satu contoh format surat permohonan rekomendasi, maka di bawah ini ada contoh format surat permohonan rekomendasi untuk mengurus KTP yang baru. Kami memilih contoh ini karena setiap orang tentu akan membutuhkan KTP yang baru ketika umurnya sudah mencapai 17 tahun.

SURAT PERMOHONAN REKOMENDASI

(Nama Kota dan Tanggal)

Hal : Permohonan Rekomendasi
Lampiran : 1 Lembar KK Orang Tua

Kepada Yth,
(Aparat desa tempat anda tinggal)
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan usia saya yang sudah menginjak 17 tahun, maka saya berencana untuk mengurus KTP di Kantor Catatan Sipil Kota (kota anda). Maka dari itu, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: 
Tempat/Tgl Lahir: 
Pekerjaan: 
Alamat: 

bermaksud untuk meminta surat rekomendasi guna mempermudah pengurusan pembuatan KTP baru di Kantor Catatan Sipil.

Atas perhatian dan surat rekomendasi dari Bapak, saya mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

(Nama Anda).

Penutup

Ada banyak hal dan situasi yang mungkin mengharuskan anda untuk menggunakan surat permohonan rekomendasi. Namun kasus yang paling sering adalah ketika anda ingin mengurus suatu berkas, dimana harus mendapatkan surat rekomendasi terlebih dahulu dari pihak atau pejabat terkait. Itulah tadi beberapa contoh surat permohonan rekomendasi yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.