16 Contoh Surat Permohonan Resmi Terbaru & Terlengkap

Contoh Surat Permohonan Resmi – Salah satu jenis surat resmi yang masih sangat sering dipergunakan saat ini adalah surat permohonan. Surat permohonan ini bisa dipergunakan oleh perseorangan demi kepentingan pribadi, namun juga bisa dipergunakan oleh pihak kelompok untuk suatu tujuan tertentu. Adapun permohonan yang disampaikan dalam surat ini sangat beragam, tergantung dari kebutuhan dan tujuan pengirim surat.

Surat permohonan termasuk ke dalam salah satu jenis surat resmi, dimana harus ditulis dengan kaidah – kaidah penulisan surat resmi sebagaimana pada umumnya. Mengenai struktur dan pengertian surat permohonan sudah pernah kami bahas pada postingan sebelumnya, dan anda bisa membacanya terlebih dahulu agar lebih paham mengenai tata cara penulisan surat resmi dan jenis – jenis surat resmi.

Berbagai jenis dan contoh surat permohonan resmi bisa kita temukan dalam kehidupan sehari – hari. Diantaranya di lingkungan pekerjaan, organisasi, kampus, sekolah, dan bahkan perseorangan. Jika surat permohonan dibuat oleh suatu keompok, maka sudah menjadi suatu keharusan untuk menggunakan kop surat. Sementara surat permohonan pribadi atau perseorangan, maka kita tidak akan menemukan komponen kop surat.

Beberapa jenis surat permohonan resmi diantaranya adalah surat permohonan bantuan, surat permohonan maaf, surat permohonan magang, surat permohonan kerjasama, surat permohonan dana, dan lain sebagainya. Sementara surat permohonan resmi yang dipergunakan oleh perseorangan adalah seperti surat permohonan beasiswa, surat permohonan mutasi/pindah tugas, surat permohonan rekomendasi, surat permohonan kerja dan masih banyak lagi.

Contoh Surat Permohonan Resmi

Lantas, bagaimana tata cara dan struktur penulisan surat permohonan resmi yang baik dan benar?. Sebenarnya bukanlah sesuatu hal yang susah untuk menulis sepucuk surat permohonan resmi, terlebih untuk anda yang sudah sering menggunakan surat resmi. Penulisan surat ini hampir tidak memiliki perbedaan dengan beberapa jenis surat resmi lainnya.

Namun bagi anda yang masih baru pertama kali ataupun mungkin karena mendapat tugas dari sekolah/kampus, maka mungkin anda masih butuh bahan contoh. Maka dari itu, di bawah ini adalah beberapa contoh surat permohonan resmi yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Permohonan Kerja

Surat permohonan kerja atau surat lamaran kerja memang merupakan surat permohonan yang ditulis oleh perseorangan secara pribadi. Namun surat ini pun bisa dikategorikan sebagai surat permohonan resmi. Untuk anda yang ingin menulis surat lamaran kerja, maka contoh surat permohonan kerja di bawah ini mungkin bisa anda jadikan bahan contoh.

Medan, 18 Desember 2019

Perihal : Lamaran Kerja
Lampiran : 8 Lembar

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Kepala Personalia
PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari Harian Medan Jaya edisi 17 Desember 2019, bahwa PT. Maju Jaya Sejahtera sedang menyediakan lowongan pekerjaan untuk posisi sebagai Staff Marketing. Sehubungan dengan hal tersebut, maka saya pun bermaksud mengajukan permohonan diri untuk bisa diterima bekerja di perusahaan Bapak/Ibu.

Adapun identitas saya adalah sebagai berikut :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 1993
Jenis Kelamin:Laki – Laki
Pend. Terakhir:S-1 Manajemen
Telp.:081234567890
Email:antonsyahputra@gmail.com
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Sebelumnya, saya sudah pernah memiliki pengalaman pekerjaan di bidang marketing selama kurang lebih 2 tahun di PT. Sukses Makmur, namun mengundurkan diri dari sana atas keinginan pribadi. Saya yakin akan bisa bekerja dengan baik di perusahaan ini dan mengaplikasikan pengalaman yang sudah saya miliki, serta tetap belajar untuk bisa berkontribusi terhadap perusahaan.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama ini saya lampirkan :

  1. Fotocopy KTP
  2. Fotocopy Ijazah Terakhir Legalisir
  3. Fotocopy Transkrip Nilai Legalisir
  4. Surat Pengalaman Kerja
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  6. Surat Keterangan Berbadan Sehat
  7. Daftar Riwayat Hidup
  8. Pas Photo Terbaru Ukuran 4 x 6

Besar harapan saya kirannya Bapak/Ibu bisa memberikan saya kesempatan untuk interview, sehingga saya bisa menjelaskan lebih detail mengenai kemampuan dan potensi diri yang saya miliki di bidang marketing.

Demikian surat lamaran kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya.

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Permohonan Kerjasama

Surat permohonan yang satu ini pada umumnya dipergunakan oleh pihak perusahaan. Setiap perusahaan sudah seharunya menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan perusahaan lain. Dengan demikian, maka perusahaan pun akan bisa berkembang dengan lebih cepat dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Di bawah ini adalah contoh surat permohonan kerjasama yang bisa anda pergunakan.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 18 Desember 2019

Nomor : 123/MJS/12/2019
Perihal : Permohonan Kerjasama

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Perkenalkan, kami adalah perusahaan dengan nama PT. Maju Jaya Sejahtera yang bergerak di bidang produksi barang – barang elektronik dan sudah berpengalaman di bidangnya selama kurang lebih 20 tahun. Kami memiliki banyak pelanggan yang merasa puas dengan produk – produk kami, sehingga kami bisa berkembang dengan sangat pesat seperti sekarang ini.

Pada kesempatan yang sangat baik ini, kami bermaksud menawarakan kerjasama dengan PT. Sukses Makmur untuk menjadi distributor dalam produk-produk kami yang berupa barang – barang elektronik yang kami produksi dan turut menyalurkan produk unggulan kami ke tangan para konsumen.

Apabila bersedia untuk menjadi distributor resmi produk dari perusahaan kami, maka kami akan memberikan kompensasi yang sebanding kepada PT. Sukses Makmur dan juga harga yang spesial. Adapun bentuk mekanisme kerjasamanya bisa kami jelaskan dengan lebih detail jika anda berminat dan sudah mengirimkan surat balasan kepada perusahaan kami.

Demikianlah surat penawaran kerjasama ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana

Surat permohonan bantuan dana juga seringkali kita temukan pada lingkungan sekitar kita. Misalnya saja ketika sebuah organisasi ingin melakukan kegiatan tertentu, maka mereka bisa mengajukan permohonan bantuan dana kepada pihak lain dengan menggunakan contoh surat permohonan resmi. Nah, di bawah ini adalah salah satu contoh surat permohonan bantuan dana yang bisa anda pergunakan.

KARANG TARUNA BAKTI JAYA
KELURAHAN PADANG BULAN
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 18 Desember 2019

Nomor : 123/KTBJ/12/2019
Perihal : Permohonan Bantuan Dana
Lampiran : 1 Lembar Rincian Biaya

Kepada Yth,
Bapak/Ibu/Sdr/i Warga
Kelurahan Padang Bulan
di Tempat

Dengan hormat,
Seiring dengan semakin dekatnya momentum Tahun Baru 2020, maka kami dari Karang Taruna Bakti Jaya bermaksud dan sudah menyusun rencana kegiatan untuk ikut menyemarakkan momentum tahun baru tersebut, yang akan diselenggarakan pada tanggal 01 Januari 2020 bertempat di Lapangan Olahraga Padang Bulan dengan berbagai kegiatan yang bisa diikuti oleh para warga.

Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami pun bermaksud meminta bantuan dana dari para Bapak/Ibu/Sdr/i warga Kelurahan Padang Bulan. Tentunya bantuan dari Bapak/Ibu/Sdr/i akan sangat berarti demi terselenggaranya kegiatan ini dengan baik dan lancar. Kami pun akan sangat berterimakasih atas bantuan yang kami terima dan yakin jika Allah SWT membalas kebaikan – kebaikan yang kami terima.

Demikian surat permohonan batuan dana ini kami perbuat dan kami sampaikan dengan sebenarnya, atas perhatian dan bantuannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Ketua Panitia,Sekretaris Panitia,
  
Anton Syahputra.Intan Permatasari.

4. Contoh Surat Permohonan Maaf

Tidak ada orang yang sempurna dan setiap orang terbuka untuk melakukan kesalahan. Namun jika anda merasa sudah melakukan kesalahan kepada orang lain, maka langkah terbaik untuk menyelesaikannya adalah meminta maaf dan berjanji tidak mengulangi kesalahan yang sama. Begitu juga dengan perusahaan yang bisa saja melakukan kesalahan kepada perusahaan lain. Untuk itu, anda pun bisa segera mengirimkan surat permohonan maaf secara resmi demi kelancaran kerjasama kedua perusahaan.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 18 Desember 2019

Nomor : 123/MJS/12/2019
Perihal : Permohonan Maaf

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada Bapak/Ibu atas kepercayaanya dalam membeli peralatan Alat Tulis Kantor dari perusahaan kami. Kami berharap kerjasama ini bisa terus berjalan dan bisa menguntungkan untuk kedua perusahan ke depannya.

Sehubungan dengan pengiriman barang dengan nomor invoice 123/INV.MJS/12/2019 yang kami kirimkan pada tanggal 10 Desember 2019 dan terdapat kesalahan barang yang tidak sesuai dengan pemesanan, kesalahan tersebut adalah murni kesalahan kami dan kami meminta maaf atas kekeliruan tersebut. Kami pun akan mengganti barang pesanan yang sudah kami kirimkan dan mengambil kembali barang yang salah tanpa dikenakan biaya apapun untuk Bapak/Ibu.

Sekali lagi, kami meminta maaf atas kesalahan yang sudah kami lakukan secara tidak sengaja dan kami berharap ini tidak akan mempengaruhi kerjasama antar kedua perusahaan kita.

Demikian surat permohonan maaf ini kami sampaikan, atas perhatian dan maklumnya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Permohonan Rekomendasi

Tujuan dari surat permohonan rekomendasi memang sangatlah banyak. Namun sebagai salah satu contoh adalah suatu perusahaan yang meminta rekomendasi dari perusahaan lain agar pihak lain menggunakan jasa atau produk yang mereka sediakan. Dengan rekomendasi yang didapatkan, maka perusahaan tersebut akan mendapatkan keuntungan nantinya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan rekomendasi di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
CONTRACTOR, SUPPLIER, & FREIGHT FORWARDER
MEMBER OF INDO LOGISTICS GROUPS
Jl. Perjuangan No. 123, Medan

Medan, 18 Desember 2019

Nomor  : 910/LLM/12/ 2018
Lampiran : 1 ( satu ) Lembar
Perihal  :  Permohonan Rekomendasi

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Direktur PT. Jaya Berdikari
Jl. Pangeran Diponegoro No. 123
Medan

Dengan hormat,
Sehubungan dengan kegiatan usaha kami “ Maju Jaya Sejahtera” yang bertempat di Jl. Perjuangan No. 123, Medan, yang bergerak di jasa ekspor dan impor barang, maka kami mengajukan permohonan rekomendasi dari PT. Jaya Berdikari untuk dapat merekomendasikan jasa perusahaan kami melalui situs www.jayaberdikari.com.

Kami akan sangat berterimakasih atas rekomendasi yang kirannya bisa Bapak berikan demi kemajuan perusahaan kami. Kami juga telah melampirkan beberapa dokumen yang diperlukan beserta proposal didalam surat ini sebagai pertimbangan Bapak.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian serta bantuan Bapak kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Permohonan Pribadi

Ada banyak surat permohonan pribadi yang bisa dipergunakan demi kepentingan personal. Namun salah satu contoh kecilnya adalah bisa kita ambil seorang siswa yang ingin pindah sekolah. Ketika ingin pindah sekolah, maka orang tua dari sang siswa bisa mengajukan permohonan pindah sekolah kepada pihak sekolah. Setelah itu, barulah kemudian orang tua mengurus surat – surat kepindahan sekolah.

Medan, 18 Desember 2019

Perihal : Permohonan Pindah Sekolah

Kepada Yth,
Ibu Intan Permatasari
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini mengajukan permohonan pindah sekolah anak kami, yaitu :

Nama:Muhammad Ilham
Kelas:X IPS – 2
NISN:897345687
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Adapun permohonan kepindahan sekolah ini kami ajukan karena saya sebagai orang tua dipindah tugaskan ke Palembang yang bekerja sebagai seorang Perwira Polisi. Dengan demikian, tidak mungkin rasanya meninggalkan anak kami sendirian di Medan, sehingga lebih baik tinggal bersama kami dan menyelesaikan sekolah di Palembang nantinya. Kami pun akan segera mengurus surat – surat dan berkas kepindahan sekolah anak kami, sekalian berpamitan dengan guru – guru dan teman – teman sekolah.

Demikian surat permohonan ini kami perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Ibu Kepala Sekolah, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Siswa Yang Bersangkutan,Orang Tua Siswa,
  
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

7. Contoh Surat Permohonan Dana Kegiatan

Setiap kegiatan yang dilakukan oleh suatu kelompok tentu akan membutuhkan biaya. Adapun besaran biaya tergantung dari kegiatan atau acara yang akan dilakukan. Jika dirasa dana yang tersedia belum mencukupi atau kurang maksimal, maka pihak panitia pun bisa mengajukan surat permohonan dana kegiatan kepada pihak lain. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan dana kegiatan di bawah ini.

GERAKAN MAHASISWA KRISTEN INDONESIA (GMKI)
FAKULTAS ILMU SOSIAL & ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Jl. Universitas No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-0123456

Medan, 18 Desember 2019

Nomor : 123/GMKI.FISIP USU/12/2019
Perihal : Permohonan Bantuan Dana Natal

Kepada Yth,
Bapak/Ibu/Sdr/i
di Tempat

Dengan hormat,
Perayaan Natal merupakan perayaan yang sangat penting dan bersejarah bagi umat Kristiani. Dan untuk itu,  kami dari GMKI FISIP USU berencana dan sudah menyusun acara kegitan Natal yang akan dilakukan pada tanggal 23 Desember 2019 mendatang.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka dengan ini kami bermaksud meminta bantuan dana dari Bapak/Ibu/Sdr/i, kirannya bisa meringankan beban kami dengan memberikan sedikit bantuan dana, demi terselenggaranya acara Natal ini sesuai dengan rencana yang sudah ditentukan. Kami akan sangat berterimakasih atas semua bantuan dana yang kami terima dan kami yakin jika Tuhan akan membalas semua amal baik dari Bapak/Ibu/Sdr/i sekalian.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan partisipasinya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Ketua Panitia Natal,Sekretaris Panitia Natal,
  
Anton Syahputra.Intan Permatasari.

8. Contoh Surat Permohonan Pindah Tugas

Penggunaan surat permohonan pindah tugas biasanya bisa kita temukan di kalangan para PNS. Seorang PNS yang ingin mutasi/pindah tugas tidaklah bisa pindah tugas begitu saja, melainkan harus mengajukan permohonan mutasi terlebih dahulu kepada dinas terkait. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan pindah tugas di bawah ini.

Medan, 18 Desember 2019

Perihal : Permohonan Pindah Tugas
Lampiran : 9 Lembar

Kepada Yth,
Bapak Gubernur Sumatera Utara
Cq. Badan Kepegawaian Daerah
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
NIP:3289753 1236 1636
Pangkat/Gol.:Penata Muda/IIIB
Jabatan:Guru Sekolah
Unit Kerja:SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

dengan ini saya bermaksud mengajukan permohonan mutasi/pindah tugas dari Dinas Pendidikan Kota Medan (SMA Negeri 1 Medan) ke Dinas Pendidikan Deli Serdang (SMA Negeri 1 Lubuk Pakam). Adapun maksud dan tujuan kepindahan saya ini adalah agar bisa lebih dekat dengan keluarga (Suami dan Anak) di Lubuk Pakam.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak, bersama ini saya lampirkan :

  1. Fotocopy SK CPNS
  2. Fotocopy SK PNS
  3. Fotocopy SK Pangkat Terakhir
  4. Fotocopy Kartu Pegawai
  5. Fotocopy DP3 2 Tahun Terakhir
  6. Fotocopy Ijazah Terakhir
  7. Fotocopy Absensi 3 Bulan Terakhir
  8. Daftar Riwayat Hidup
  9. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah

Demikian permohonan pindah tugas ini saya ajukan, kirannya Bapak bisa mengabulkan dan saya ucapkan terimakasih atas perhatian Bapak.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.
NIP. 3289753 1236 1636.

9. Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan

Jika anda ingin melakukan suatu acara atau kegiatan, maka tentu harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari pihak – pihak yang berkepentingan. Bahkan seringkali sebuah kegiatan harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari kepolisian, demi mencegah hal – hal yang tidak diinginkan. Jika anda merupakan panitia suatu kegiatan dan ingin meminta izin kegiatan kepada pihak lain, maka anda bisa menggunakan contoh surat permohonan izin kegiatan di bawah ini.

KARANG TARUNA BAKTI JAYA
KELURAHAN PADANG BULAN
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 18 Desember 2019

Nomor : 123/KTBJ/12/2019
Lampiran : 1 Bundel Susunan Acara
Hal : Permohonan Izin Kegiatan

Kepada Yth,
Bapak Lurah Padang Bulan
di Tempat

Dengan Hormat,
Dalam rangka acara syukuran akhir tahun yang sudah rutin dilakukan oleh Karang Taruna Bakti Jaya setiap tahunnya, maka kami dari pengurus Karang Taruna Bakti Jaya Kelurahan Padang Bulan dengan ini bermaksud mengadakan acara syukuran yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/31 Desember 2019
Waktu:17.00 – Selesai
Tempat:Balai Lurah Padang Bulan

Demi suksesnya penyelenggaraan acara tersebut kami selaku pengurus Karang Taruna Bakti Jaya dan juga panitia acara memohon izin dan persetujuan dari Bapak Lurah Padang Bulan untuk menggunakan Balai Kelurahan Padang Bulan.

Demikian surat permohonan ini kami ajukan, atas perhatian dan ijin yang di berikan kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua Karang Taruna Bakti Jaya,

Anton Syahputra.

Penutup

Berbagai jenis dan contoh surat permohonan resmi memang masih sangat sering kita temui dalam berbagai aspek dan sisi kehidupan sehari – hari. Ketika anda atau kelompok anda ingin mengadakan suatu acara atau ingin mendapatkan bantuan dari pihak lain, maka anda pun bisa mengajukan surat permohonan secara resmi kepada pihak yang dimaksud. Itulah tadi beberapa contoh surat permohonan resmi yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.