16 Contoh Surat Permohonan Terbaru dan Terlengkap

Contoh Surat Permohonan – Ada banyak jenis surat yang mungkin seringkali kita pergunakan dalam kehidupan sehari – hari. Walaupun memang surat sudah hampir tidak digunakan lagi untuk komunikasi pribadi atau perseorangan, namun berbeda dengan urusan resmi. Berbagai jenis surat masih dipergunakan untuk komunikasi resmi, baik oleh perseorangan atau pribadi, maupun oleh suatu perkumpulan. Perkumpulan disini maksudnya adalah instansi pemerintahan, perusahaan, lembaga, dan organisasi.

Jika anda ingin membaca mengenai pengertian surat permohonan, bagian – bagian surat permohonan dan jenis- jenisnya, maka bisa membacanya lebih lanjut pada Pengertian Surat Permohonan.

Salah satu surat yang mungkin sudah sering kita temukan adalah surat permohonan. Surat permohonan ini bisa dipergunakan oleh perseorangan ataupun kelompok – kelompok tertentu. Mengenai surat permohonan, tentu banyak yang berpikir apa dan bagaimana menggunakan surat permohonan. Jadi, surat permohonan itu biasanya digunakan ketika seseorang atau sebuah pihak ingin memohon kepada pihak lain, baik itu berupa izin, bantuan dana, permohonan beasiswa, dan lain sebagainya.

Jika anda ingin menulis atau menggunakan surat permohonan, maka anda harus menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Hal tersebut karena posisi kita sebagai pemohon harus menunjukkan itikad baik. Selain dari itu, ada beberapa hal juga yang harus anda perhatikan dalam menulis surat permohonan, seperti struktu atau bagian bagian surat permohonan.

Salah satu contoh kecil adalah penggunaan surat permohonan dalam pembangunan masjid. Ketika anda terpilih menjadi seorang panitia pembangunan masjid, maka bisa menggunakan surat permohonan bantuan dana kepada pihak lain. Baik itu masyarakat, organisasi, lembaga lain, dan lain sebagainya. Dengan demikian, maka bantuan dana pun akan bisa anda dapatkan dengan lebih mudah.

Contoh Surat Permohonan

Ada banyak jenis dan contoh surat permohonan yang mungkin ingin anda gunakan. Hal tersebut karena penggunaan surat permohonan ini tidak terbatas pada lingkungan kerja saja, namun di berbagai lingkungan lainnya. Namun harus diakui kalau tidak semua orang  sudah paham bagaimana cara menulis surat permohonan. Dan mungkin saja anda salah satunya, sehingga harus membutuhkan beberapa bahan referensi surat permohonan.

Untuk anda yang sedang ingin menggunakan surat permohonan karena sesuatu hal ataupun untuk anda yang masih sekolah atau kuliah dan mendapat tugas untuk menulis surat permohonan, berikut di bawah ini adalah beberapa contoh surat permohonan yang bisa anda gunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan

Ada banyak orang yang mungkin ingin melakukan kegiatan tertentu di lingkungan kita. Namun tidak bisa melakukan kegiatan begitu saja, penyelenggara kegiatan mungkin saja harus memiliki izin dari aparat desa setempat. Salah satu contoh kecil adalah Karang Taruna suatu desa yang ingin melakukan kegiatan pertandingan olahraga. Maka mereka pun akan membutuhkan izin dari aparat desa setempat. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh di bawah ini.

KARANG TARUNA BAKTI JAYA
Kelurahan Padang Bulan
Kecamatan Medan Baru Kota Medan
Jl. Djamin Ginting No. 123 Medan

Medan, 12 Agustus 2019

Hal : Permohonan Ijin Pertandingan Futsal

Kepada Yth,
Lurah Padang Bulan
Kecamatan Medan Baru Kota Medan
di Tempat

Dengan Hormat,
Dalam rangka merespon banyaknya peminat olahraga futsal di kalangan anak muda saat ini, maka kami pengurus Karang Taruna Bakti Jaya bermaksud untuk mengadakan berbagai kegiatan pertandingan futsal antar klub yang ada di kelurahan Padang Bulan. Adapun pembukaan dari pertandingan futsal antar klub ini akan dilaksanakan pada :

Hari:Senin
Tanggal:15 Agustus 2019
Waktu:Pukul 08.00 – Selesai
Tempat:Lapangan Olahraga Padang Bulan

Berhubungan dengan kegiatan ini, kami selaku panitia pelaksana bermaksud meminta ijin dan persetujuan untuk menggunakan gedung tersebut.

Demikian surat permohonan ini kami buat, atas perhatian dan ijin yang diberikan kami ucapkan banyak terimakasih.

Ketua Karang Taruna Bakti Jaya,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana

Surat permohonan bantuan dana mungkin salah satu jenis surat permohonan yang paling sering digunakan. Surat ini seringkali dipergunakan oleh suatu lembaga ataupun panitia suatu pembangunan. Salah satu contoh kecil adalah panitia rehabilitasi suatu masjid yang membutuhkan bantuan dana untuk memperbaiki masjid tersebut. Maka dari itu, panitia pembangunan masjid pun bisa mengirimkan contoh surat permohonan bantuan dana seperti contoh di bawah ini kepada pihak lain.

MASJID AL-IKHLAS PADANG BULAN
PANITIA REHABILITASI MASJID AL-IKHLAS
Jl. Jamin Ginting No. 234, Medan

Medan, 12 Agustus 2019

No : 03 / PP/ III/2019
Lampiran : 1 Lembar
Hal : Permohonan Bantuan Dana

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Warga
Kelurahan Padang Bulan
di Tempat

Assalamu’alaikum. Warahmatullahi Wabarakatuh,
Semoga saja Bapak / Ibu warga kelurahan Padang Bulan semuanya selalu sehat wal’afiat dengan lindungan Allah SWT dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Sehubungan dengan rencana rehab Masjid Al-Ikhlas yang berada di Jl. Jamin Ginting No. 234 Medan yang Insya Allah akan dimulai pada :

Hari:Senin
Tanggal:15 Agustus 2019
Tempat:Masjid Al-Ikhlas Padang Bulan Medan

Kami selaku Panitia Rehabilitasi Masjid Al-Ikhlas mengharapkan Bapak / Ibu Warga dapat memberikan bantuan dana pembangunan demi kelancaran pelaksanaan rehabilitasi Masjid dengan harapan dapat menambah kekhusyukan dan kenyamanan beribadah.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, semoga Allah SWT selalu meridhoi niat kita semua. Amin. Dan Atas perhatian dan dikabulkannya permohonan ini kami mengucapkan banyak terimakasih.

Medan, 12 Agustus 2019,

Ketua Panitia Rehabilitasi,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Permohonan Kerja

Jenis surat permohonan yang satu ini mungkin merupakan salah satu jenis surat permohonan yang paling sering digunakan. Surat permohonan kerja ini juga seringkali disebut sebagai surat lamaran kerja. Jadi, anda pun harus menulisnya dengan menggunakan bahasa yang sopan dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Untuk lebih jelasnya, anda pun bisa melihat contoh surat permohonan kerja di bawah ini.

Medan, 12 Agustus 2019

Hal : Permohonan Kerja

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan
di Tempat

Dengan Hormat
Berdasarkan informasi dari media cetak, koran terpadu perihal lowongan  pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1990
Pendidikan:S-1 Manajemen
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan
Telepon:081234567890

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang,saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:

  1. Pas Photo
  2. Fotocopy KTP
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Fotocopy Ijasah Terakhir
  5. Fotocopy Sertifikat Competensi
  6. Fotocopy Sertifikat PKL

Demikian surat lamaran saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Permohonan Izin Kerja

Sebagai seorang karyawan atau seorang pegawai, tentu sudah memiliki jadwal tertentu untuk masuk kerja setiap hari yang sudah ditentukan. Namun terkadang ada beberapa alasan sehingga seseorang tidak bisa masuk kerja. Maka dari itu, karyawan tersebut perlu memberikan surat permohonan izin kerja kepada atasannya, agar tidak dikenakan sanksi yang terlalu berat nantinya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan izin kerja di bawah ini.

Medan, 12 Agustus 2019

Hal  : Permohonan Izin Kerja

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan
di Tempat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan
Jabatan:Staff Personalia

Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada hari Senin, 12 Agustus 2019 saya tidak bisa masuk untuk bekerja seperti biasanya dikarenakan ada kepentingan keluarga yang sangat mendesak. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk memohon izin untuk tidak masuk kerja pada tanggal tersebut.

Demikian surat izin saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya  ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Kuliah

Bukan hanya para karyawan dan pegawai , para mahasiswa yang sedang kuliah juga tentu sudah memiliki jadwal untuk mengikuti setiap mata kuliah. Namun jika anda sedang tidak bisa mengikuti mata suatu mata kuliah untuk periode waktu tertentu, maka anda pun bisa meminta izin kepada pihak kampus. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan izin tidak masuk kuliah di bawah ini.

Medan, 12 Agustus 2019

Hal : Permohonan Izin Kuliah

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Dosen Mata Kuliah Hukum Islam
Universitas Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIM:325897
Jurusan:Hukum

Melalui surat ini, saya bermaksud untuk memberitahukan jika saya tidak bisa mengikuti mata kuliah dari Bapak pada hari Senin, 12 Agustus 2019. Hal ini dikarenakan saya sedang dalam keadaan sakit dan tidak bisa mengikuti kuliah sebagaimana biasanya. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk meminta izin kepada Bapak atas ketidakhadiran saya. Bersama surat ini, saya juga sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian surat izin kuliah ini saya perbuat, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Permohonan Beasiswa

Sekarang ini pemerintah dan pihak swasta sudah memberikan banyak beasiswa untuk para anak sekolah dan mahasiswa. Jadi, untuk anda yang memiliki prestasi tinggi atau berasal dari keluarga kurang mampu, mungkin bisa mencoba untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Namun tentu saja anda harus membuat surat permohonan beasiswa terlebih dahulu. Maka dari itu, anda pun bisa menggunakan contoh surat permohonan beasiswa di bawah ini sebagai bahan referensi.

Medan, 12 Agustus 2019

Hal : Permohonan Beasiswa

Kepada Yth,
Dr. Muhammad Ilham
Dekan Fakultas Hukum
Universitas Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIM:051411131137
Semester:6 (enam)
Jurusan:S1 Hukum
Fakultas:Fakultas Hukum
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1996
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Ibu untuk dapat diusulkan penerima Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik)

Sebagai pertimbangan, bersama ini saya lampirkan persyaratan sebagai berikut :

  1. Perincian gaji orang tua dari Bendahara Gaji (Swasta/PNS) ATAU Surat Keterangan Penghasilan yang telah disahkan oleh pejabat setempat
  2. Surat pernyataan sedang tidak menerima beasiswa dari sumber lain
  3. Foto copy KTP, KTM (2 lembar) dan Kartu Keluarga
  4. Foto copy KHS semester ganjil TA. 2017/2018 sebanyak 2 (dua) lembar
  5. Foto berwarna ukuran 3×4
  6. Foto copy rekening Bank BRI Pribadi sebanyak 2 (dua) lembar

Adapun beasiswa tersebut saya pergunakan untuk menunjang kelancaran saya menyelesaikan pendidikan saya di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara, Medan.

Demikian surat permohonan beasiswa ini saya buat, atas perhatian dan bantuan Ibu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Permohonan Kerja Magang

Surat permohonan kerja magang pada umumnya digunakan oleh para mahasiswa yang sudah memasuki masa akhir kuliah ataupun para siswa SMK yang biasanya sudah memiliki jurusan sendiri. Jadi, terlebih dahulu anda harus mencari tempat kerja magang, lalu mengirimkan surat permohonan kerja magang kepada mereka, agar anda diizinkan untuk magang di instansi atau di badan usaha tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan kerja magang di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMK NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 234, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : smkn1medan@gmail.com

Medan, 12 Agustus 2019

Nomor  :  421.5/012–MN/SMKN1/2019
Lampiran : 1 Lembar
Hal : Permohonan Praktik Kerja Industri

Kepada Yth,
Pimpinan Bengkel Sukses Makmur
Jl. Kutalimbaru No. 123, Medan
di Medan

Dengan Hormat,
Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan RI No. 323 / U / 1997 tentang penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada Sekolah Menengah Kejuruan di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), SMK Negeri 1 Medan mengadakan kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) tahun pelajaran 2019/2020. Kegiatan Praktik Kerja Industri, yang termasuk dalam model Pendidikan Sistem Ganda (Dual System Learning), akan dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan, yaitu terhitung dari tanggal 01 September 2019 s/d 01 Desember 2019 mendatang.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami sangat mengharap partisipasi Bapak/Ibu/Saudara untuk ikut serta memperlancar agenda rutin SMK Negeri 1 Medan tersebut dengan bersedia menerima peserta didik kami untuk melakukan praktik di perusahaan yang Bapak/Ibu/Saudara pimpin. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Praktik Kerja Industri tersebut sebanyak 102 siswa dan 36 siswi. Kami berharap Bapak/Ibu/Saudara dapat menerima beberapa orang siswa kami untuk melakukan praktik di Bengkel Bapak/Ibu/Saudara.

Kami juga melampirkan data siswa siswi kami yang ingin sekali melaksanakan Prakerin di Bengkel yang Bapak pimpin dan formulir surat balasan kesediaan menerima Prakerin.

Demikian surat ini disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua Jurusan Otomotif
SMK Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, S.Pd

8. Contoh Surat Permohonan Barang

Dalam suatu perusahaan tentu akan ada banyak barang – barang yang dipergunakan oleh setiap bagian – bagian. Misalnya saja bagian administrasi yang akan membutuhkan banyak alat – alat ATK. Maka jika bagian administrasi tersebut membutuhkan beberapa atau banyak alat ATK, mereka pun bisa mengajukan surat permohonan barang kepada bagian terkait, misalnya bagian pengadaan barang. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan barang di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
DEPARTEMEN ADMINISTRASI

Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 12 Agustus 2019

No : 104/DU/PR/11/2019
Perihal  : Pengadaan Alat Tulis Kantor

Kepada Yth,
Kepala Departemen Pengadaan Barang
PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan training untuk seluruh karyawan perusahaan, maka dari itu kami dari departemen Departemen Administrasi bermaksud untuk memohon pengadaan alat tulis kantor berupa sebagai berikut.

  1. Kertas HVS 80gr sebanyak 10 Rim
  2. Note Book A5 50 lembar sebanyak 1500 buah
  3. Pulpen Hitam sebanyak 40 Lusin
  4. Pensil 2B sebanyak 10 Lusin
  5. Pensil HB sebanyak 10 Lusin
  6. Penghapus sebanyak 10 pak isi 15 buah

Demikian surat permohonan pengadaa barang ini dibuat. Untuk estimasi harga barang kami lampirkan bersama surat ini. Atas waktu dan perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

9. Contoh Surat Permohonan Pindah Tugas

Untuk anda yang bekerja di sebuah badan usaha swasta, mungkin tidak akan bisa memohon untuk pindah tugas. Namun berbeda dengan para PNS, yang bisa meminta untuk pindah tugas sesuai dengan keinginan masing – masing. Kendati demikian, seorang PNS tidak bisa pindah tugas begitu saja, sebelum memperoleh persetujuan dari dinas terkait. Maka dari itu, seorang PNS yang ingin pindah tugas bisa mengirimkan surat permohonan pindah tugas terlebih dahulu kepada dinas terkait. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan pindah tugas seperti di bawah ini.

Medan, 12 Agustus 2019

Hal : Permohonan Pindah Tugas

Kepada Yth,
Bapak Walikota Medan
C.q Kepala Badan Kepegawaian Daerah
Kota Medan
di Tempat

Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIP:985397539757835
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1990
Jabatan/Golongan:Penata Muda/ III B
Jabatan:Guru SMA Negeri 1 Medan
Jenis Kelamin:Laki – Laki
Status:Menikah
Telp.:085383757853

Dengan ini mengajukan permohonan pindah tugas dari SMA Negeri 1 Medan ke SMA Negeri 1 Lubuk Pakam. Hal ini dikarenakan keluarga saya tinggal di Lubuk Pakam, termasuk istri dan anak – anak. Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini saya juga melampirkan :

  1. Surat Persetujuan Menerima dari Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Lubuk Pakam
  2. Foto Copy SK CPNS/PNS
  3. Foto Copy SK Pangkat
  4. Foto Copy Jabatan
  5. Foto Copy Karpeg
  6. Foto Copy NPWP
  7. Foto Copy KTP
  8. Foto Copy Ijazah/ LPJ/Diklat Pim IV
  9. Surat Pernyataan Tidak Ada Permasalahan Dari Hasil Pemeriksaan Inspektorat Kab Inhil
  10. Surat Keterangan Tidak Sedang Dalam Menjalani Tugas Belajar Dan Ikatan Dinas
  11. Surat Keterangan Tidak Mempunyai Hutang Piutang Dengan Pihak Bank Dan Pihak Lainnya Terkait Urusan Dinas
  12. Surat Pernyataan Tidak Pernah Dijatuhi Hukuman Disiplin Tingkat Sedang/Berat
  13. Surat Rekomendasi dari Lurah
  14. Surat Rekomendasi dari Camat
  15. DP3 2 Tahun Terakhir
  16. Daftar Riwayat Hidup (DRH)

Besar harapan saya kiranya Bapak/Ibu dapat memberikan Rekomendasi pindah tugas yang dimaksud.

Demikian Permohonan ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimaksih.

Hormat Saya,
Pemohon,

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah

Bukan hanya PNS saja yang bisa mengajukan surat permohonan pindah, namun para anak sekolah juga. Jadi, ketika orang tua anda misalnya pindah tugas ke kota lain, anda pun bisa memohon kepada pihak sekolah untuk pindah sekolah juga. Namun akan lebih baik jika permohonan ini diwakili oleh orang tua anda. Untuk itu, anda bisa mengirimkan surat permohonan pindah sekolah kepada kepala sekolah tempat anda menuntut ilmu. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan pindah sekolah seperti di bawah ini.

Medan, 12 Agustus 2019

Hal : Permohonan Pindah Sekolah

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Kepala Sekolah
SMA Negeri 1 Medan
Jl. Pendidikan No. 123, Medan

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini, selaku orang tua dari siswa :

Nama:Muhammad Ilham
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 2002
Sekolah Asal:SMA Negeri 1 Medan
Kelas:XI IPS 3
NISN:9837653759

melalui surat ini mengajukan permohonan pindah sekolah dari SMA Negeri 1 Medan untuk masuk ke SMA Negeri 1 Pekanbaru. Hal tersebut dikarenakan tuntutan pekerjaan dari orang tua sebagai seorang TNI AD yang harus pindah tugas ke Pekanbaru, sehingga tidak memungkinkan untuk meninggalkan anak kami sendiri di Medan.

Demikian surat permohonan ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan kami sekolah dapat memberikan izin atas permohonan ini. Atas perhatian dan kebijaksanaannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Orang Tua Siswa,

Anton Syahputra.

11. Contoh Surat Permohonan Pribadi Mengurus KTP

Sebagaimana yang sudah saya jelaskan di atas tadi, surat permohonan tidak hanya dipergunakan oleh instansi atau badan usaha saja. Namun juga bisa digunanakan oleh perseorangan untuk kepentingan pribadi juga. Salah satu contoh kecil adalah surat permohonan pribadi untuk mengurus KTP baru. Ketika anda sudah memasuki usia 17 tahun dan ingin mengurus KTP baru, tentu harus memiliki surat rekomendasi terlebih dahulu dari aparat desa setempat. Maka dari itu, anda pun bisa menggunakan contoh surat permohonan pribadi di bawah ini untuk menulis surat permohonan tersebut.

Medan, 12 Agustus 2019

Perihal : Permohonan Membuat KTP
Lampiran : 1 berkas

Kepada Yth,
Bapak Lurah Padang Bulan
Kecamatan Medan Baru Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jenis Kelamin:Laki – Laki
No. KTP:329080900002
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 2001
Status:Belum Menikah
Agama:Islam
Pekerjaan:Mahasiwa
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini ingin meminta surat rekomendasi untuk mengurus KTP yang baru. Hal ini sehubungan dengan usia saya yang sudah memasuki usia 17 tahun dan wajib untuk memiliki KTP atau identitas pengenal. Bersama ini termasuk saya lampirkan juga fotocopy Kartu Keluarga demi kelancaran pengurusan KTP tersebut.

Demikian surat permohonan ini saya buat. Atas perhatian dan pertolongan Bapak/ Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

12. Contoh Surat Permohonan Pribadi Izin Sekolah

Setiap sekolah tentu sudah memiliki jadwal tersendiri untuk proses belajar mengajar pada semua siswa. Namun dikarenakan sesuatu hal, mungkin saja seseorang siswa tidak bisa mengikuti pelajaran dan tidak bisa hadir di sekolah. Maka dari itu, anda pun bisa mengirimkan surat permohonan pribadi berupa izin sekolah kepada pihak sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan pribadi izin sekolah di bawah ini.

Medan, 12 Agustus 2019

Hal : Permohonan Izin Sekolah

Kepaa Yth,
Bapak/Ibu Guru
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Dengan ini kami orang tua/wali murid dari :

Nama:Anton Syahputra
Siswa:Kelas XI SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Memberitahukan bahwa anak kami tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Senin, 12 Agustus 2019 dikarenakan sakit demam berdarah yang mengharuskannya istirahat total. Oleh karena itu, sudilah kiranya Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI memberikan izin.

Demikian surat izin yang kami buat, atas pemberian izin dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru Wali Kelas saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa,

Anton Syahputra.

13. Contoh Surat Permohonan Pribadi Meminta Maaf

Setiap orang yang melakukan kesalahan tentu harus menanggung konsekuensi dari kesalahan yang diperbuatnya tersebut. Salah satu contoh kecil adalah seorang karyawan yang melakukan kesalahan kerja di perusahaan yang menyebabkan kerugian material maupun kerugian non material untuk perusahaan. Maka dari itu, anda pun bisa memberikan surat permohonan pribadi meminta maaf kepada pihak perusahan dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan pribadi meminta maaf di bawah ini.

SURAT PERMOHONAN MAAF

Medan, 12 Agustus 2019

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Melalui surat ini, kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Kepala Gudang

Bermaksud untuk menyampaikan permohonan maaf kepada pimpinan PT. Sukses Makmur atas kelalaian yang saya lakukan dalam menjaga gudang, sehingga terjadi kehilangan sebagian barang dari gudang, yang menyebabkan kerugian material kepada perusahaan pada 11 Agustus 2019 kemarin. Kelalian tersebut murni merupakan kesalahan saya sebagai Kepala Gudang dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

Sehubungan dengan hal tersebut, saya ingin memohon maaf yang sebesar – besarnya kepada pimpinan PT. Sukses Makmur agar diberikan kesempatan untuk tetap bekerja dan memperbaiki kesalahan tersebut. Saya bersedia diproses secara hukum yang berlaku jika masih mengulagi kesalahan tersebut di kemudian hari.

Demikian surat permohonan maaf ini kami sampaikan. Atas perkenannya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

14. Contoh Surat Permohonan Rekomendasi

Permohonan rekomendasi memang sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Tidak hanya perusahaan dan badan usaha lainnya, namun juga sering dibutuhkan oleh perseorangan. Salah satunya adalah permohonan rekomendasi kerja dari perusahaan tempat anda bekerja sekarang. Jadi, ketika anda keluar dari suatu perusahaan, anda bisa meminta surat rekomendasi, yang nantinya bisa anda gunakan ketika melamar pekerjaan di perusahan lain. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan rekomendasi di bawah ini.

Medan, 12 Agustus 2019

Hal : Permohonan Surat Rekomendasi Kerja

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:7434567888567
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1988
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

bermaksud untuk meminta surat rekomendasi kerja dari Bapak. Hal ini sehubungan dengan saya yang pernah bekerja dalam kontrak kerja selama 4 tahun di perusahaan yang bapak pimpin, mulai dari 30 Juli 2015 sampai dengan 30 Juli 2019.

Selama bekerja, saya selalu menjunjung tinggi kejujuran dalam bekerja dan tidak pernah melanggar peraturan dari perusahaan. Untuk itu, saya memohon kepada Bapak, agar sudi kirannya memberikan saya surat rekomendasi kerja, karena saya bermaksud melamar pekerjaan di perusahaan lain.

Tidak lupa saya berharap agar perusahaan yang bapak pimpin semakin berkembang dan bisa menjadi perusahaan yang besar.

Demikian surat permohonan rekomendasi ini saya perbuat, atas perhatian dan rekomendasi dari Bapak, saya mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

15. Contoh Surat Permohonan Kerjasama

Jenis surat permohonan yang satu ini paling sering dipergunakan oleh setiap perusahaan. Demi menjalin kerjasama yang baik dan menguntungkan dengan perusahaan lain, maka anda pun bisa mengirimkan surat permohonan rekomendasi kepada perusahaan lain. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan kerjasama di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 12 Agustus 2019

Hal  : Permohonan Kerjasama
Lampiran : 1 (satu) buah proposal

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saat ini perusahaan kami baru memulai kegiatan produksi kerupuk dan olahan makanan seblak instan selama satu bulan dengan permintaan produksi yang selalu meningkat setiap harinya dan kami cukup kesulitan menemukan bahan baku terutama rempah – rempah dan bumbu masakan yang kami butuhkan untuk produksi.

Oleh karena itu, kami dari PT. Maju Jaya Sejahtera dalam hal ini bermaksud untuk mengajukan permohonan kerjasama dengan PT.  Sukses Makmur untuk menjadi distributor bumbu masak atau rempah – rempah guna memperlancar kegiatan produksi pada perusahaan kami.

Mekanisme bentuk kerjasama akan kami jelaskan lebih lanjut apabila PT. Sukses Makmur tertarik dengan permohonan kerjasama yang kami sampaikan ini.

Demikian surat permohonan kerjasama ini kami buat. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/ Ibu, kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,

Anton Syahputra.

16. Contoh Format Surat Permohonan

Beberapa contoh surat permohonan di atas mungkin sudah cukup menjadi bahan referensi untuk anda sekalian dalam menulis surat permohonan rekomendasi. Namun menurut kami, salah satu jenis surat permohonan yang paling sering digunakan adalah salah satunya surat permohonan kerja. Maka dari itu, di bawah ini kami akan memberikan contoh format surat permohonan kerja untuk anda pergunakan sekalian.

(Nama Kota dan Tanggal)

Hal : Permohonan Kerja

Kepada Yth,
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan, bahwa perusahaan yang sedang Bapak/Ibu pimpin sedang membutuhkan karyawan untuk ditempatkan pada posisi . . . . . . . . . . . . . . Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini saya ingin mengajukan lamaran kerja untuk bisa mengisi posisi tersebut. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:
Tempat/Tgl Lahir:
Jenis Kelamin:
Pendidikan Terakhir:
Alamat:
Telp.:

mengajukan diri untuk bisa mengisi posisi karyawan yang sedang Bapak/Ibu butuhkan. Saya merupakan orang yang bisa bekerja keras dan memegang teguh disiplin kerja. Saya juga bisa bekerja dengan baik secara individual maupun secara team.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu sekalian, bersama ini saya juga melampirkan :

  1. CV ( Curriculum Vitae)
  2. Transkrip Nilai Legalisir
  3. Foto Copy Izajah Terakhir
  4. Foto Copy  KTP
  5. Pas Foto Terbaru Ukuran 4×6

Demikian surat permohonan kerja ini saya perbuat, besar harapan saya agar Bapak/Ibu sekalian meluangkan waktu untuk memberikan saya kesempatan interview atau menjalani test, agar saya bisa menjelaskan secara lebih terperinci mengenai kemampuan dan potensi diri yang saya miliki.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

(Nama dan Tanda Tangan).

Penutup

Sekarangi ini teknologi memang sudah sangat maju dan canggih. Anda pun sudah bisa berkomunikasi dengan mudah dan sangat cepat. Bukan hanya sekedar berkirim pesan saja, bahkan anda pun sudah bisa melakukan video call dan bertatap muka langsung dari layar smartphone atau layar komputer anda. Kendati demikian, penggunaan surat tetaplah tidak bisa ditinggalkan, karena berbagai urusan dan keperluan masih sangat membutuhkan surat sebagai media komunikasi yang resmi.