16 Contoh Surat Pernyataan Cerai dari Suami dan Istri

Contoh Surat Pernyataan Cerai – Pada umumnya tidak ada pasangan suami istri yang menginginkan perceraian, namun pada kenyatannya masih sering terjadi kasus perceraian dimana – mana. Ada banyak alasan yang mengharuskan sepasang suami istri untuk bercerai dan berpisah, dan tentunya akan membutuhkan contoh surat pernyataan cerai dari suami dan istri, ataupun dari pihak berwenang.

Surat pernyataan cerai bisa ditulis dan ditanda tangani oleh kedua belah pihak, yakni pihak suami dan istri. Selain itu, surat pernyataan juga bisa dibuat dan ditanda tangani oleh pihak berwenang, seperti oleh kepala desa atau lurah, oleh kementerian agama, ataupun pihak berwenang lainnya. Jika di kemudian hari terjadi masalah di antara kedua belah pihak, maka surat pernyataan cerai tersebut bisa dipergunakan untuk menyelesaikan permasalahan dimaksud.

Pada umumnya, isi dari surat pernyataan cerai tidaklah terlalu banyak. Terdapat judul, identitas kedua belah pihak (suami dan istri), isi surat dan beberapa poin penting terkait perceraian tersebut, bisa juga dicantumkan mengenai tanggal perceraian agar lebih jelas, kemudian penutup dan tanda tangan kedua belah pihak. Itu berlaku untuk surat pernyataan cerai dari suami dan istri yang ditanda tangani bersama.

Sementara untuk surat keterangan cerai dari pihak berwenang, biasanya harus menggunakan kop surat. Format penulisannya sendiri pun tidak berbeda jauh dengan beberapa jenis dan contoh surat pernyataan lainnya. Terdapa identitas pejabat yang berwenang, identitas kedua belah pihak (suami dan istri), isi pernyataan, lalu kemudian penutup dan diakhiri dengan tanda tangan pejabat yang menerbitkan surat keterangan perceraian tersebut.

Contoh Surat Pernyataan Cerai

Perceraian bisa saja menjadi jalan satu – satunya yang bisa ditempuh oleh pasangan suami istri dan tidak memiliki harapan lagi untuk bertahan. Kendati demikian, alangkah baiknya menyelesaikan perceraian dengan baik – baik dan tetap menggunakan contoh surat pernyataan cerai dari suami dan istri untuk menghindari masalah di kemudian hari yang bisa saja terjadi. Mengenai hak asuh anak, juga biasanya diikutsertakan dalam poin atau isi dari pernyataan cerai sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Menulis surat pernyataan cerai dari suami atau istri tidaklah terlalu susah. Dan untuk pengertian surat pernyataan sendiri sudah pernah kami bahas di postingan sebelumnya, serta tata cara dan struktur penulisan surat pernyataan yang baik dan benar. Untuk lebih jelasnya, beberapa contoh surat pernyataan cerai di bawah ini bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Pernyataan Cerai Sepihak

Tidak bisa dipungkiri jika perceraian memang selalu berujung baik – baik. Bisa saja terjadi perselisihan dan tidak bisa diperbaiki, dan mungkin membuat salah satu pihak membuat pernyataan cerai sepihak secara sendiri dengan menggunakan surat pernyataan cerai dari suami. Asalkan anda memang sudah benar – benar cerai secara hukum ataupun secara agama, maka hal tersebut sah – sah saja untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pernyataan cerai dari suami di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN IKRAR TALAK

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Bin:Muhammad Ilham
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 1990
Kewarganegaraan:Indonesia
Agama:Islam
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Selanjutnya disebut Pihak Pertama (I) / Suami.

Dengan kesadaran bersama, tanpa paksaan ataupun tekanan dari pihak lain, maka dengan ini saya Pihak Pertama (Suami) memberikan Ikrar Talak 3 (Tiga) kepada :

Nama:Intan Permatasari
Binti:Handoko Yahya
Tempat/Tgl Lahir:Medan/15 Agustus 1991
Kewarganegaraan:Indonesia
Agama:Islam
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Selanjutnya disebut Pihak Kedua (II) / Istri.

Bahwa sejak hari ini, Senin, 25 Februari 2020, Saudari Intan Permatasari Binti Handoko Yahya (Pihak II) sudah bukan menjadi istri dan tanggung jawab saya lagi menurut syariat Islam, dan persoalan – persoalan yang melibatkan mantan istri saya tersebut sudah bukan menjadi tanggung jawab saya lagi.

Apabila di kemudian hari Saudari Intan Permatasari mendapatkan jodoh, maka dengan rasa ikhlas dan ridho, lahir dan bathin, saya persilahkan untuk mereka menikah dan saya tidak akan menuntut kepada siapapun dan begitu juga sebaliknya.

Demikian surat pernyataan Ikrar Talak ini saya buat dan kami tanda tangani secara bersama tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Medan, 25 Februari 2020

Yang Dijatuhi Talak,Yang Menyatakan Talak,
Intan Permatasari.Anton Syahputra.

Saksi – Saksi :

  1. Nama Saksi 1 dan tanda tangan
  2. Nama Saksi 2 dan tanda tangan
  3. Nama Saksi 3 dan tanda tangan, dst.

2. Contoh Surat Pernyataan Cerai Diatas Materai

Agar memiliki kekuatan hukum yang lebih kuat, maka surat pernyataan cerai yang ditulis dan ditanda tangani oleh kedua belah pihak sebaiknya menggunakan materai. Adapun surat pernyataan cerai diatas materai biasanya lebih diakui daripada surat pernyataan yang tanpa materai. Untuk contohnya, anda bisa melihat contoh surat pernyataan cerai diatas materai di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN CERAI

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan dengan sesungguhnya :

Nama:Muhammad Ilham
Tempat/Tgl Lahir:Medan/13 Juni 1990
Pekerjaan:Wiraswasta
Agama:Islam
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Selanjutnya disebut Pihak Pertama / Suami.

Nama:Dewi Cahaya
Tempat/Tgl Lahir:Medan/15 Mei 1991
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Agama:Islam
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Selanjutnya disebut Pihak Kedua / Istri.

Bahwa dengan ini, pada hari ini, Senin, 25 Februari 2020, kedua belah pihak sudah sepakat untuk bercerai atau mengakhiri hubungan suami istri, dan kedua belah pihak tidak memiliki hubungan dan tanggung jawab dalam hal apapun lagi, terkecuali hubungan dengan Anak.

Oleh karena itu, kedua belah pihak juga mengakui surat pernyataan ini sebagai bukti perceraian yang sah sesuai dengan hukum dan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pernyataan cerai ini dibuat atas kesadaran masing – masing pihak dan tanpa adanya unsur paksaaan dari siapapun atau dari pihak manapun juga, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 25 Februari 2020

Yang Membuat Pernyataan,

Pihak Pertama,Pihak Kedua,
Materai,Materai,
Muhammad Ilham.Dewi Cahaya.
Saksi Pihak Pertama,Saksi Pihak Kedua,
Nama Saksi 1Nama Saksi 1
Nama Saksi 2,dst.Nama Saksi 2, dst.

3. Contoh Surat Pernyataan Cerai dari RT

Surat pernyataan memang tidak hanya dibuat oleh kedua belah pihak, yakni suami dan istri yang bercerai saja. Namun surat pernyataan cerai atau surat keterangan cerai juga bisa dikeluarkan oleh pihak yang berwenang, seperti Ketua RT. Adapun kekuatan surat keterangan cerai dari RT juga sama, dan berlaku untuk menyelesaikan masalah – masalah yang mungkin terjadi di kemudian hari. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pernyataan cerai dari RT di bawah ini.

PEMERINTAH KABUPATEN TAPANULI UTARA
KEC
. TARUTUNG, KEL. HUTATORUAN
RUKUN TETANGGA. 002 / RW. 001

Telp. 0633-123456; Fax. 0633-123456

SURAT KETERANGAN CERAI
Nomor : 123/RT-002/02/2020

Yang bertanda tangan di bawah ini, Ketua RT. 002/RW. 001, Kelurahan Hutatoruan, Kecamatan Tarutung, dengan ini menerangkan bahwa :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Tarutung/20 Juni 1990
Agama:Islam
Pekerjaan:Pegawai Negeri Sipil
Alamat:Jl. Sisingamangaraja No. 123, Tarutung

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama / Suami.

Nama:Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir:Tarutung/15 Mei 1991
Agama:Islam
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Alamat:Jl. D.I. Panjaitan No. 123, Tarutung

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua / Istri.

Bahwa kedua belah pihak tersebut diatas adalah benar mantan pasangan suami istri yang sudah bercerai terhitung sejak hari ini, Senin, 25 Februari 2020. Adapun kedua belah pihak sudah sepakat untuk mengakhiri pernikahan secara kekeluargaan dan sudah tidak memiliki hubungan dan tanggung jawab apapun lagi satu sama lain, kecuali hubungan dengan Anak.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar – benarnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun juga, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 25 Februari 2020

Ketua RT. 002/RW. 001
Kel. Hutatoruan, Kec. Tarutung,

Muhammad Ilham.

4. Contoh Surat Pernyataan Cerai Nikah Siri

Pernikahan siri bisa diartikan sebagai pernikahan yang dilakukan dengan adanya wali, memenuhi syarat dan nikah, namun tidak didaftarkan di KUA (Kantor Urusan Agama) dengan persetujuan kedua belah pihak. Kendati demikian, alangkah baiknya untuk tetap menggunakan surat pernyataan cerai ketika sepasang suami istri yang nikah siri bercerai. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pernyataan cerai nikah siri di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN CERAI NIKAH SIRI

Pada hari ini, Senin, 25 Februari 2020, kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:786534576678
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 1990
Pekerjaan:Wiraswasta
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama / Suami

Nama:Intan Permatasari
NIK:8765463657975
Tempat/Tgl Lahir:Medan/15 Mei 1991
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua / Istri.

Dengan ini kami menyatakan jika kami adalah sepasang suami istri yang melakukan pernikahan siri pada Sabtu, 20 Februari 2018 lalu. Namun terhitung dari hari ini, Senin, 25 Februari 2020, kami sudah sepakat untuk berpisah dan tidak menjadi sepasang suami istri lagi, dan tidak ada hubungan lagi satu sama lain. Segala tindakan dan perilaku Pihak Pertama sudah bukan lagi menjadi tanggung jawab Pihak Kedua, begitu juga sebaliknya.

Demikian surat pernyataan ini kami perbuat dengan sebenarnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 25 Februari 2020

Yang Menyatakan :

Pihak Pertama,Pihak Kedua,
Muhammad Ilham.Intan Permatasari.

Saksi – Saksi :

Saksi Pihak Pertama,Saksi Pihak Kedua,
Nama Saksi 1Nama Saksi 1
Nama Saksi 2Nama Saksi 2
Nama Saksi 3, dst.Nama Saksi 3, dst.

5. Contoh Surat Pernyataan Cerai dari Kelurahan

Selain dari RT (Rukun Tetangga), surat pernyataan cerai atau surat keterangan cerai juga bisa diterbitkan oleh kelurahan/lurah dan tetap memiliki kekuatan hukum yang sah. Anda tinggal memberikan keterangan dan bukti – bukti kepada pihak kelurahan, maka anda sudah bisa meminta surat keterangan cerai dari kelurahan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pernyataan cerai dari kelurahan di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
KELURAHAN PADANG BULAN
Kecamatan Medan Baru Kotamadya Medan
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

SURAT KETERANGAN CERAI
Nomor : 123/SK-KPB/02/2020

Yang bertanda tangan di bawah ini, Lurah Padang Bulan, Kecamatan Medan Baru, Kotamadya Medan, dengan ini menerangkan bahwa :

Nama:Anton Syahputra
NIK:876543458674
Jenis Kelamin:Laki – Laki
Tempat/Tgl Lahir:Medan/15 Agustus 1990
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

dengan :

Nama:Dewi Cahaya
NIK:786546486747
Jenis Kelamin:Perempuan
Tempat/Tgl Lahir:Medan/30 Juni 1991
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Kedua yang bersangkutan tersebut diatas adalah benar merupakan warga Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Medan Baru, Kotamadya Medan dan benar merupakan sepasang suami istri yang menikah pada Sabtu, 15 Februari 2017 lalu.

Namun terhitung dari hari ini, Senin, 25 Februari 2020, kedua yang bersangkutan tersebut diatas sudah sepakat untuk berpisah/cerai dan bukan menjadi suami istri lagi, tanpa adanya unsur paksaan ataupun tekanan dari pihak manapun. Kedua belah pihak sepakat untuk tidak memiliki hubungan lagi, kecuali hubungan dengan anak tunggal mereka.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 25 Februari 2020

Lurah Padang Bulan,
Kec. Medan Baru, Kotamadya Medan,

Muhammad Ilham.

6. Contoh Surat Pernyataan Cerai Istri Kepada Suami

Ketika seorang istri ingin menggugat cerai suaminya dengan alasan tertentu, maka bisa melayangkan surat permohonan cerai kepada pihak Pengadilan Agama setempat untuk memproses perceraian tersebut. Namun tentu saja anda harus menyampaikan alasan – alasan gugatan cerai yang anda layangkan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan cerai istri kepada suami di bawah ini.

Medan, 25 Februari 2020

Kepada Yth,
Ketua Pengadilan Agama Kota Medan
Jl. Pang. Diponegoro No. 123
Medan

Assalamualaikum, Wr. Wb.

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permaasari
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 1989
Agama:Islam
Pekerjaan:Wiraswasta
Alamat:Jl. Jatinegara No. 123, Medan

Selanjutnya merupakan Pihak Penggugat, bermaksud untuk mengajukan gugatan perceraian kepada suami saya :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/15 Februari 1987
Agama:Islam
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Alamat:Jl. Jatinegara No. 123, Medan

Selanjutnya merupakan Pihak Tergugat.

Adapun alasan/dalil – dalil gugatan Penggugat adalah sebagai berikut ini :

  1. Bahwa pada tanggal 22 Mei 2015, Penggugat dan Tergugat sudah melakukan pernikahan yang mana dicatat oleh Pegawai Nikah Kantor Urusan Agama Medan sebagaimana tercatat dalam Kutipan Akta Nikah No. 123/AN/02/2015 tanggal 22 Mei 2015. Maka dari itu, Pernikahan tersebut adalah SAH secara agama dan hukum yang berlaku di Indonesia.
  2. Pada awalnya, pernikahan Penggugat dengan Tergugat berjalan harmonis dan baik baik saja. Namun sejak tanggal 30 Maret 2017, keadaan berubah dikarenakan Tergugat terbukti menjalin hubungan dengan perempuan lain, yang mana foto – fotonya saya lampirkan bersama dengan surat permohonan ini.
  3. Atas hubungan Tergugat dengan perempuan lain tersebut, Penggugat merasa tidak nyaman dan sudah tidak kuat lagi membina rumah tangga bersamanya dan memilih untuk mengajukan gugatan cerai, serta Tergugat juga sudah sepakat agar saya mengajukan permohonan cerai.
  4. Keputusan untuk bercerai sudah dibicarakan dengan Keluarga Penggugat dan Kelurga Tergugat, serta Pihak Penggugat bersedia membayar biaya perkara sesuai dengan hukum dan ketentuan yang berlaku.

Berdasarkan alasan/dalil – dalil tersebut diatas, maka dengan ini Penggugat memohon agar Ketua Pengadilan Agama Kota Medan untuk segera memerika dan mengadili perkara ini, dan selanjutnya untuk menjatuhkan putusan yang berbunyi :

Primair :

  1. Mengabulkan gugatan Penggugat,
  2. Menetapkan putusan pernikahan Penggugat dengan Tergugat karena perceraian secara sah,
  3. Memberikan hak asuh anak yang masih berusia 3 tahun kepada Penggugat,
  4. Membebankan biaya perkara menurut hukum.

Subsidair :

  1. Atau menjatuhkan putusan lain dengan seadil – adilnya.

Wassalamualaikum, Wr. Wb.

Hormat Penggugat,

Intan Permatasari Binti Handoko.

Penutup

Jika ingin berpisah dan bercerai dengan baik – baik, maka istri bisa mengajukan permohonan cerai atau suami bisa mengajukan surat pernyataan cerai dengan menggunakan contoh surat pernyataan cerai dari suami. Pernyataan cerai pun harus ditanda tangani oleh kedua belah pihak dan menyepakati terlebih dahulu mengenai hal – hal lain. Itulah tadi beberapa contoh surat pernyataan cerai yang bisa anda gunakan ketika dibutuhkan.