16 Contoh Surat Pernyataan Diri Terlengkap dan Terbaru

Contoh Surat Pernyataan Diri – Surat pernyataan pada umumnya dipergunakan untuk memberikan pernyataan mengenai orang lain ataupun untuk menyatakan diri sendiri. Dan untuk pernyataan diri sendiri, bisa anda lakukan sendiri namun tentunya harus sesuai dengan fakta dan keadaan yang sebenarnya. Apapun yang anda cantumkan pada surat pernyataan diri harus bisa anda pertanggungjawabkan nantinya.

Salah satu jenis atau contoh surat pernyataan diri yang paling sering dipergunakan adalah surat pernyataan mengundurkan diri. Surat pengunduran diri ini bisa anda pergunakan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan, organisasi, ataupun dari kepanitiaan atau suatu perkumpulan. Menulis surat pernyataan pengunduran diri tentu harus menggunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung perasaan orang lain.

Namun itu hanyalah salah satu contoh saja, karena masih ada beberapa surat pernyataan diri lainnya. Misalnya saja surat pernyataan diri tidak mengulangi kesalahan, pernyataan pengunduran diri dari sekolah ataupun pendaftaran mahasiswa, dan lain sebagainya. Mengenai pengertian surat pernyataan sudah pernah kami bahas di postingan sebelumnya dan anda bisa membacanya terlebih dahulu.

Walaupun merupakan surat yang ditulis oleh perseorangan, namun surat ini biasanya dipergunakan untuk keperluan resmi. Jadi anda tidak bisa membuat pernyataan yang tidak sesuai dengan kenyataan, karena hal tersebut bisa saja akan merugikan anda di kemudian hari ataupun anda akan dikenakan sanksi karenanya. Maka dari itu, penulisan surat pernyataan diri juga harus sesuai dengan kaidah – kaidah penulisan surat yang benar dan terstruktur.

Contoh Surat Pernyataan Diri

Lantas, bagaimana cara menulis atau cara membuat surat pernyataan diri dengan baik dan benar?. Sebenarnya bukan hal yang susah, karena anda hanya perlu mencantumkan beberapa informasi saja dan sifatnya bebas, asalkan sesuai dengan kenyataan. Anda bisa menuliskan identitas diri anda sebagai pemberi pernyataan, mencantumkan satu atau beberapa pernyataan yang anda inginkan, lalu kemudian menuliskan penutup surat dan diakhiri dengan tanda tangan.

Bagi anda yang memang berkepentingan dan menggunakan surat pernyataan diri untuk suatu keperluan, maka tentu sudah mengetahui apa – apa saja yang perlu dinyatakan. Namun untuk anda yang masih sekolah atau kuliah dan mendapat tugas untuk menulis surat pernyataan diri, bisa saja masih terasa asing dan membutuhkan referensi. Maka dari itu, di bawah ini adalah beberapa contoh surat pernyataan diri yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Pernyataan Pengunduran Diri

Sebagaimana kami sebutkan diatas tadi, salah satu contoh surat pernyataan diri yang paling sering digunakan adalah surat pernyataan mengundurkan diri. Salah satu contoh kecil adalah surat pernyataan pengunduran diri dari pekerjaan, yang bisa anda berikan kepada atasan ataupun kepada bagian personalia/HRD beberapa waktu sebelum berhenti bekerja. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pernyataan pengunduran diri di bawah ini.

Medan, 15 Februari 2020

Hal : Pernyataan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Kepala Departemen Personalia
PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
No. Karyawan:B83735
Jabatan:Staff Marketing
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

Dengan ini saya menyatakan permohonan pengunduran diri dari PT. Maju Jaya Sejahtera dengan jabatan terakhir sebagai Staff Marketing, terhitung sejak tanggal 30 Februari 2020 mendatang.

Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Pimpinan karena sudah diberikan kesempatan bekerja dan berkarir di perusahaan ini, dan juga kepada rekan – rekan kerja sekalian karena sudah banyak membantu saya untuk bisa bekerja dengan baik selama ini.

Saya juga tidak lupa untuk meminta maaf kepada Bapak Pimpinan bilamana selama saya bekerja pernah melakukan kesalahan, baik dari perkataan maupun dari sikap saya sehari – hari. Saya juga meminta maaf kepada rekan – rekan kerja sekalian jika pernah berbuat salah selama bekerja di perusahaan ini. Akhir kata, saya berharap PT. Maju Jaya Sejahtera tetap berjaya dan bisa semakin berkembang dan maju ke depannya.

Demikian surat pernyataan pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenar – benarnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kesempatan bekerja yang diberikan selama ini, saya mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Pernyataan Pengunduran Diri Anggota PPS/Panitia Pemungutan Suara

Menjelang PEMILU atau pemilihan umum, tentu akan dibentuk kepanitiaan pemungutan suara di setiap tps/tempat pemungutan suara masing – masing. Namun bukan tidak mungkin jika ada seseorang anggota pps yang ingin mengundurkan diri sebelum pemilihan umum tiba. Sebisa mungkin surat pernyataan pengunduran diri anggota pps anda berikan secepat mungkin, agar kepanitiaan masih memiliki waktu untuk mencari pengganti anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pernyataan pengunduran diri anggota pps di bawah ini.

Medan, 15 Februari 2019

Hal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Ketua KPU Kotamadya Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Agustus 1993
Alamat:Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

Dengan ini mengundurkan diri sebagai Anggota PPS (Panitia Pemungutan Suara) Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Medan Baru, Kotamadya Medan pada Pemilihan Umum Tahun 2019.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada Komisioner KPU Kotamadya Medan atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menjadi anggota PPS Kelurahan Padang Bulan. Saya juga memohon maaf apabila selama menjadi anggota PPS terdapat hal – hal yang tidak baik atau kurang berkenan.

Demikian surat pernyataan pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenar – benarnya, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

3. Contoh Surat Keterangan Bersih Diri/SKBD

Surat Keterangan Bersih Diri atau sering disingkat dengan SKBD memang bukan merupakan surat pernyataan yang ditulis oleh diri sendiri, melainkan dari pihak/instansi terkait. Surat ini berisikan keterangan jika orang yang diterangkan tidak pernah terlibat G 30 S/PKI maupun ormas, tidak pernah menentang Pancasila dan UUD 1945 dan merupakan penduduk dari wilayah tertentu. Maka dari itu, di bawah ini adalah format surat keterangan bersih diri yang bisa anda pergunakan.

Contoh Format Surat Keterangan Bersih Diri
Contoh Format Surat Keterangan Bersih Diri

Di bawah ini adalah contoh surat keterangan bersih diri yang sudah terisi dengan lengkap dan bisa anda contek.

Contoh Surat Keterangan Bersih Diri
Contoh Surat Keterangan Bersih Diri

4. Contoh Surat Pernyataan Pengunduran Diri dari Organisasi

Selain dari pekerjaan, surat pernyataan pengunduran diri juga bisa dipergunakan ketika akan mengundurkan diri dari organisasi. Jenis surat ini bisa anda pergunakan ketika mengundurkan diri dari organisasi OSISI, Pramuka, organisasi mahasiswa, organisasi kemasyarakatan, organisasi club motor, atau organisasi apapun. Di bawah ini adalah contoh surat pernyataan pengunduran diri dari organisasi yang bisa anda pergunakan.

Medan, 15 Februari 2020

Hal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Ketua Perkumpulan Mahasiswa Medan (PPM)
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
No. Anggota:A1234
Jabatan:Sekretaris
Kampus:Universitas Sumatera Utara

dengan ini menyatakan permohonan pengunduran diri dari Organisasi Perkumpulan Mahasiswa Medan (PPM), terhitung dari tanggal 30 Februari 2020 mendatang.

Adapun alasan pengunduran diri saya adalah dikarenakan saya memiliki banyak aktivitas yang padat, sehubungan dengan penyusunan skripsi dan semua tugas akhir kuliah. Saya berharap agar Ketua Umum dan Dewan Pembina bisa memaklumi keadaan dan alasan saya.

Demikian surat pernyataan pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenar – benarnya, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

5. Contoh Surat Pernyataan Pengunduran Diri Calon Mahasiswa

Terkadang, ketika anda sudah mendaftar di perguruan tinggi tertentu, bisa saja ada alasan untuk anda mengundurkan diri dari pendaftaran di kampus tersebut. Jika anda mengundurkan diri begitu saja tanpa surat pernyataan dan tidak memenuhi syarat, maka biaya yang sudah anda keluarkan untuk mendaftar tidak akan bisa ditarik atau diminta kembali.

Namun jika anda membuat surat pernyataan pengunduran diri calon mahasiswa dan memenuhi persyaratan, maka mungkin saja semua atau sebagian biaya yang sudah anda keluarkan masih bisa diberikan kembali kepada anda. Maka dari itu, sangat perlu dan sangat penting untuk menggunakan surat pernyataan pengunduran diri calon mahasiswa. Di bawah ini adalah contoh surat pernyataan pengunduran diri calon mahasiswa yang bisa anda pergunakan.

Medan, 20 Juli 2020

Hal : Permohonan Pengunduran Diri Calon Mahasiswa

Kepada Yth,
Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru
Universitas Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 2004
Asal Sekolah:SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

dengan ini menyatakan mengundurkan diri dari Daftar Calon Mahasiswa Baru di Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara, dengan alasan ingin mendaftar sebagai Taruna Akademi Militer (AKMIL). Saya juga menyampaikan permohonan maaf karena tidak bisa melanjutkan pendidikan di Universitas Sumatera Utara.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenar – benarnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Pernyataan Pengunduran Diri dari Sekolah

Contoh surat pengunduran diri dari sekolah biasanya dipergunakan ketika ada seorang siswa yang ingin mengundurkan diri dari sekolah ataupun ingin pindah sekolah. Namun adapun surat pernyataan pengunduran diri dari sekolah tidak bisa ditanda tangani oleh siswa itu sendiri, melainkan harus dibuat dan ditanda tangani oleh orang tua siswa yang bersangkutan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pernyataan pengunduran diri dari sekolah di bawah ini.

Medan, 15 Februari 2020

Hal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Ibu Dra. Intan Permatasari
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, selaku orang tua siswa dari :

Nama:Dewi Cahaya
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Mei 2005
NISN:8765367
Kelas:X – IPS 2
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan pengunduran diri anak saya tersebut diatas dari SMA Negeri 1 Medan, dengan alasan :

Keluarga kami akan pindah domisili ke Pekanbaru, Provinsi Riau, dikarenakan saya sebagai orang tua yang bekerja sebagai Prajurit TNI dipindahtugaskan kesana dan tidak mungkin rasanya meninggalkan anak kami sendirian di Medan untuk melanjutkan sekolahnya. Adapun nantinya penguruan surat pindah sekolah akan kami urus secepatnya ke sekolah bersama dengan anak saya tersebut diatas.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya ajukan, atas perhatian Ibu Kepala Sekolah, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa,

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Pernyataan Diri Tidak Mengulangi Kesalahan

Tidak semua kesalahan harus diganjar hukuman. Jika kesalahan yang anda lakukan masih bisa ditolerir, baik di dunia pekerjaan ataupun di sekolah, bahkan kampus juga, bisa saja anda hanya akan diminta untuk membuat surat pernyataan diri tidak mengulangi kesalahan. Namun tentu saja jika masih mengulangi kesalahan, maka akan diberikan sanksi. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pernyataan diri tidak mengulangi kesalahan di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan:Staff Keuangan
Alamat:Jl. Pertempuran No. 123, Medan

dengan ini saya menyatakan dengan sebenar – benarnya bahwa saya sudah menggunakan dana perusahaan PT. Maju Jaya Sejahtera untuk keperluan pribadi saya senilai Rp. 5.000.000 (Lima Juta Rupiah).

Atas nama pribadi, saya bertanggungjawab dan berjanji akan mengganti keseluruhan uang tersebut. Besar harapan saya agar Bapak Pimpinan PT. Maju Jaya Sejahtera masih memberikan saya kesempatan untuk memperbaiki diri dan menerima saya untuk tetap bekerja di perusahaan ini. Dan apabila saya masih melakukan kesalahan di kemudian hari, maka saya bersedia menerima sanksi ataupun diproses secara hukum dan undang – undang yang berlaku.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dengan sebenar – benarnya, dan tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya ucapkan terimakasih.

Medan, 15 Februari 2022

Yang Menyatakan,

Dewi Cahaya.

Penutup

Menulis surat pernyataan diri bukanlah hal yanng terlalu susah. Jika anda sudah menemukan poin – poin penting mengenai apa yang akan dinyatakan, maka langkah selanjutnya tinggal mengkonsep surat pernyataan diri-nya saja. Itulah tadi beberapa contoh surat pernyataan diri yang bisa anda pergunakan untuk keperluan pribadi.