Contoh Surat Pernyataan Kesalahan

Contoh Surat Pernyataan Kesalahan

Contoh Surat Pernyataan Kesalahan – Dimana kaki berpijak, disitu langit dijunjung. Dimanapun kita berada, tentu ada peraturan dan norma – norma yang harus dipatuhi. Jika melanggar, sudah tentu akan menerima konsekuensi atas kesalahan yang sudah diperbuat, bahkan juga membuat pernyataan kesalahan.

Adapun tujuan dari surat pernyataan kesalahan adalah untuk memperjelas dan memberikan pengakuan atas kesalahan yang sudah dilakukan. Selain itu, berguna juga sebagai perjanjian agar tidak mengulangi kesalahan di kemudian hari. Dan yang tidak kalah penting, harus mengakui kesalahan dengan sadar.

Ada banyak jenis surat pernyataan yang seringkali dipergunakan, dan surat pernyataan kesalahan adalah salah satunya. Misalnya saja seorang siswa yang melakukan kesalahan di sekolah, dan disuruh membuat pernyataan kesalahan yang sudah dilakukan, serta berjanji untuk tidak mengulanginya di kemudian hari.

Kesalahan yang membutuhnya pernyataan lainnya misalnya dikarenakan kesalahan transfer kepada orang lain. Jika ingin menarik dana yang salah transfer tersebut, tentu harus melalui prosedur. Salah satunya anda mungkin diminta oleh pihak bank untuk membuat pernyataan kesalahan tertulis.


Contoh Surat Pernyataan Kesalahan

Struktur penulisan surat pernyataan kesalahan tidaklah terlalu susah. Anda tinggal mencantumkan identitas diri sebagai pihak yang membuat pernyataan, menulis isi pernyataan, lalu kemudian menulis harapan ataupun penutup. Mengenai isinya, akan disesuaikan dengan keadaan atau situasi yang sedang terjadi.

Sementara untuk anda yang masih sekolah atau kuliah, juga bisa saja mendapat tugas untuk mengonsep jenis surat yang satu ini. Maka dari itu, beberapa contoh surat pernyataan kesalahan di bawah ini mungkin akan bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.


1. Contoh Surat Pernyataan Tidak Mengulangi Kesalahan Siswa

1. Contoh Surat Pernyataan Tidak Mengulangi Kesalahan Siswa

Seorang siswa melakukan kesalahan di sekolah adalah hal yang lumrah, namun tetap dalam batas kewajaran. Ketika siswa terdapat melakukan kesalahan, maka bisa saja siswa tersebut akan diminta untuk menulis surat pernyataan sekolah dan pernyataan untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut di kemudian hari.

Tidak sekedar menyatakan penyesalan atas kesalahan yang sudah diperbuat, namun harus dengan sungguh – sungguh dan sadar betul akan kesalahan yang sudah dilakukan. Di bawah ini contoh surat pernyataan tidak mengulangi kesalahan siswa yang bisa digunakan.

SURAT PERNYATAAN TIDAK MENGULANGI KESALAHAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Syahputra
NISN : 88765463544578
Kelas : XI IPS – 3
Sekolah : SMA Negeri 1 Medan
Alamat : Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini menyatakan mengakui kesalahan yang sudah saya lakukan berupa absen sekolah selama 5 hari berturut – turut tanpa pemberitahuan, terhitung dari tanggal 15 Februari 2020 s/d 19 Februari 2020.

Saya juga menyatakan dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan tersebut di kemudian hari, dan saya bersedia menerima sanksi ataupun dikeluarkan dari sekolah jika di kemudian hari masih mengulangi kesalahan di lingkungan sekolah.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dengan sejujurnya, untuk bisa dijadikan pedoman sebagaimana mestinya.

Medan, 20 Februari 2020

Siswa Yang Menyatakan,

Anton Syahputra.

Baca Juga: Contoh Surat Pernyataan Diri


2. Contoh Surat Pernyataan Tidak Mengulangi Kesalahan Karyawan/Pegawai

2. Contoh Surat Pernyataan Tidak Mengulangi Kesalahan Karyawan Pegawai

Selain siswa, seorang karyawan ataupun pegawai juga bisa saja melakukan kesalahan di lingkungan pekerjaan, yang bisa mengakibatkan kerugian terhadap pihak perusahaan secara material maupun non-material.

Dan untuk mempertegas pengakuan serta komitmen untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut lagi, maka karyawan yang melanggar ataupun melakukan kesalahan mungkin akan diminta untuk menulis surat pernyataan tidak mengulangi kesalahan karyawan atau pegawai seperti contoh di bawah.

SURAT PERNYATAAN TIDAK MENGULANGI KESALAHAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Ilham
No. Karyawan : B12345
Jabatan : Staff Gudang
Alamat : Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Dengan ini menyatakan dan mengakui bahwa saya sudah melakukan kesalahan kerja berupa :

  • Meninggalkan gudang barang pada saat jam kerja.

Dengan sadar, saya berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut lagi di kemudian hari dan bersedia menerima sanksi yang berlaku di PT. Maju Jaya Sejahtera jika melanggar isi dari pernyataan ini. Saya juga berharap agar Bapak Pimpinan PT. Maju Jaya Sejahtera bisa memaafkan kesalahan saya dan memberikan saya kesempatan untuk bisa bekerja lebih baik lagi.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dengan sebenarnya dan untuk bisa dijadikan pedoman sebagaimana mestinya.

Medan, 20 Februari 2020

Yang Menyatakan,

Muhammad Ilham.


3. Contoh Surat Pernyataan Kesalahan Data

3. Contoh Surat Pernyataan Kesalahan Data

Pekerjaan yang berkaitan dengan data memang sangat teliti, terutama jika memiliki sangat banyak data. Kesalahan input data bisa saja terjadi tanpa disengaja dan seharusnya diperbaiki dengan secepatnya. Misalnya saja kesalahan input data yang tertulis pada kartu BPJS yang berbeda dengan data di KTP.

Dalam hal ini, pemilik Kartu BPJS tersebut akan kesulitan untuk mengurus BPJS di kemudian hari. Agar tidak terlanjur menyesal di kemudian hari, anda bisa segera meminta pihak yang bersangkutan memperbaharui atau mengganti data yang salah.

Namun jika tidak memiliki waktu untuk mengurusnya, sementara anda harus menggunakan kartu BPJS secepat mungkin, maka masih ada solusi lain. Anda bisa meminta surat keterangan dari pihak yang bersangkutan. Untuk jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pernyataan kesalahan nama di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
KECAMATAN MEDAN BARU
KELURAHAN PADANG BULAN
Telp.061-123456; Fax. 061-123456
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

SURAT KETERANGAN KESALAHAN DATA
Nomor : 123/SK/KPB/02/2020

Yang bertanda tangan di bawah ini, Lurah Padang Bulan, Kecamatan Medan Baru, Kotamadya Medan, dengan ini menerangkan bahwa :

Nama : Intan Permatasari
NIK : 1234567890987654
Tempat/Tgl. Lahir : Medan/25 Juni 1993
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : Karyawan Swasta
Alamat Sekarang : Jl. Amal No. 123, Medan

Bahwa nama tersebut diatas tercatat sebagai berikut :

Nama di Kartu Tanda Penduduk : Intan Permatasari
Nama di Kartu BPJS Kesehatan : Intan Permatasuri
Nomor Kartu BPJS Kesehatan : 123456

Adalah orang yang sama atau bukan orang lain yang berbeda, walaupun terdapat kesalahan data dalam penulisan nama di Kartu BPJS Kesehatan. Kesimpulan ini kami putuskan setelah mendengar keterangan dari yang bersangkutan dan mengumpulkan bukti – bukti yang ada.

Demikian surat keterangan ini kami perbuat dengan sebenarnya dan untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 25 Februari 2020

Lurah Padang Bulan,

Anton Syahputra.


4. Contoh Surat Pernyataan Salah Transfer Uang Pribadi

4. Contoh Surat Pernyataan Salah Transfer Uang Pribadi

Mudahnya melakukan transfer uang sesama bank dan antar bank memang banyak membantu kita dalam bertransaksi. Namun bukan tidak mungkin terdapat kesalahan sewaktu melakukan transfer uang, dan malah mentransfer uang ke nomor rekening yang tidak seharusnya.

Jika anda segera mengurus masalah tersebut ke bank bersangkutan, maka pihak bank bisa membatalkan transfer dana tersebut ataupun menarik dana kembali. Namun anda mungkin akan diminta untuk membuat surat pernyataan salah transfer uang pribadi seperti di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN SALAH TRANSFER

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Ilham
NIK : 897553234574567567
Jenis Kelamin : Laki – Laki
No. Rekening : 653463476344
Nama Bank : BRI Cabang Iskandar Muda Medan
Alamat : Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Dengan ini menyatakan bahwa saya sudah melakukan kesalahan transfer uang dari rekening pribadi saya pada tanggal 19 Februari 2020, Jam 15.31 WIB, senilai Rp. 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah) ke nomor rekening 123456789012, yang seharusnya ke nomor rekening 123456789022 atas nama Intan Permatasari. Bersama ini saya juga sudah melampirkan bukti transfer sebagai bukti kesalahan transfer uang yang sudah saya lakukan.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat agar kirannya bisa dipergunakan dalam mengoreksi kesalahan transfer uang tersebut. Atas perhatian dan pelayannya yang baik, saya ucapkan terimakasih.

Medan, 20 Februari 2020

Hormat Saya,

Anton Syahputra.


5. Contoh Surat Pernyataan Salah Transfer Uang Perusahaan

5. Contoh Surat Pernyataan Salah Transfer Uang Perusahaan

Bukan hanya transfer pribadi, berbagai perusahaan juga seringkali melakukan transaksi dengan cara transfer. Namun mungkin saja pegawai yang mengerjakannya melakukan kesalahan, yang mengakibatkan dana ditransfer ke nomor rekening yang tidak seharusnya.

Anda pun bisa membuat contoh surat pernyataan kesalahan transfer uang secara resmi. Resmi disini maksudnya menggunakan kop surat perusahaan dan dibubuhi stempel. Pihak bank selanjutnya akan memvalidasi transfer dana tersebut dan mengembalikannya ke rekening awal.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : [email protected]
Website : majujayasejahtera.com

SURAT PERNYATAAN SALAH TRANSFER
Nomor : 123/SPR/MJS/02/2020

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Dewi Cahaya
Jabatan : Sekretaris Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera
NIK : 2345678978654323
No. Telp. : 081234567890
Alamat : Jl. Pertempuran No. 123, Medan

Dengan ini menyatakan bahwa saya sudah melakukan kesalahan transfer uang Bank BCA sejumlah Rp. 23.500.000,- (Dua Puluh Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) pada tanggal 19 Februari 2020, Jam 10.30 WIB, dari rekening bernomor 23456789, an PT. Maju Jaya Sejahtera ke nomor rekening 76435234, yang seharusnya ke nomor rekening 76435233, an PT. Sukses Makmur. Bersama ini saya juga sudah melampirkan bukti transfer tersebut yang saya lakukan sendiri.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun, untuk bisa dipergunakan oleh pihak Bank BCA Cabang Medan dalam mengoreksi kesalahan transfer tersebut.

Medan, 20 Februari 2020

Yang Menyatakan,

Dewi Cahaya.


6. Contoh Surat Pernyataan Kesalahan Kerja

6. Contoh Surat Pernyataan Kesalahan Kerja

Kesalahan dalam bekerja adalah sesuatu yang wajar, namun tetap harus dalam batas dan tidak mungkin dibiarkan terus menerus terjadi. Harus ada efek jera yang diberikan untuk kesalahan yang dilakukan para pekerja. Bisa berupa hukuman ataupun sekedar meminta untuk membuat pernyataan tertulis.

Untuk kesalahan yang masih bisa ditolerir oleh pihak perusahaan, memang pada umumnya hanya menggunakan pernyataan tertulis. Dalam hal ini, karyawan yang melakukan kesalahan membuat surat pernyataan kesalahan kerja untuk diberikan kepada pihak perusahaan.

SURAT PERNYATAAN KESALAHAN KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Ilham
Jabatan : Staff Marketing
Alamat : Jl. Pertahanan No. 123, Medan

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa pada hari ini, Senin, 20 Februari 2020, saya menyatakan dan mengakui kesalahan kerja yang sudah saya lakukan, berupa absen kerja selama 5 hari berturut – turut dan tidak meminta izin kepada pihak perusahaan. Saya pun berjanji untuk tidak akan mengulangi kesalahan tersebut di kemudian hari dan bersedia menerima sanksi jika melanggar isi pernyataan ini.

Demikian surat perntataan ni saya buat dengan sebenarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Medan, 20 Februari 2020

Yang Menyatakan,

Muhammad Ilham.

Baca Juga: Contoh Surat Pernyataan Diri


7. Contoh Surat Pernyataan Kesalahan Input Data

7. Contoh Surat Pernyataan Kesalahan Input Data

Mudahnya mengakses internet sekarang ini membuat kita mudah menginput data untuk keperluan tertentu. Sebut saja untuk mendaftar SBMPT(Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) misalnya. Namun bisa saja anda salah dalam input data yang dibutuhkan, entah itu berupa nama ataupun data lainnya.

Jika demikian, maka anda harus segera mengklarifikasinya dan membuat surat pernyataan kesalahan input data. Jika tidak, maka bukan tidak mungkin kalau kelulusan anda nantinya akan dianulir oleh pihak yang bersangkutan, hanya karena kesalahan data.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir : Medan/20 Juli 2004
Jenis Kelamin : Perempuan
Asal Sekolah : SMA Negeri 1 Medan
Pilihan PTN : Universitas Sumatera Utara
Universitas Negeri Medan
Alamat : Jl. Merbabu No. 123, Medan

Dengan sesungguhnya menyatakan bahwa saya telah mendaftar secara online pada website https://sbmptn.ltmpt.ac.id untuk mengikuti SBPMTN Tahun Ajaran 2020/2021. Tetapi pada saat menginput data tersebut, saya melakukan kesalahan dan kekeliruan dalam mengisi kolom nama sebagai berikut :

  • Tertulis Intan Permatasuri, seharusnya Intan Permatasari.

Untuk itu, bersama ini saya melampirkan bukti – bukti berupa fotocopy KTP, fotocopy SKHUN, dan juga formulir pendaftaran yang saya download dari https://sbmptn.ltmpt.ac.id.

Demikian pernyataan ini saya perbuat dengan sebenarnya dan sejujurnya, dan saya bersedia menerima sanksi jika di kemudian hari terdapat ketidaksesuaian dengan isi dari pernyataan ini.

Medan, 22 Mei 2020

Yang Menyatakan,

Intan Permatasari.


Penutup

Kesalahan adalah sesuatu hal yang lumrah dilakukan manusia, namun tetap saja setiap kesalahan memiliki konsekuensi tertentu. Salah satunya adalah dengan menulis surat pernyataan kesalahan bermaterai dan pernyataan untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut lagi di kemudian hari.

Tidak sekedar memberikan pernyataan tertulis, namun juga harus sadar penuh akan kesalahan yang sudah diperbuat. Itulah tadi beberapa contoh surat pernyataan kesalahan bermaterai yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top