16 Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Membayar, DLL

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan – Surat pernyataan merupakan salah satu jenis surat yang biasanya dipergunakan oleh perseorangan. Namun walaupun dipergunakan oleh pihak perseorangan, pada umumnya surat ini dipergunakan untuk keperluan resmi dan keperluan yang mengikat. Salah satu yang mungkin sudah tidak asing lagi dan sering kita temukan adalah surat pernyataan kesanggupan.

Surat pernyataan kesanggupan merupakan surat yang dipergunakan seseorang untuk menyatakan kesanggupannya akan sesuatu hal. Di antaranya adalah sanggup melakukan pekerjaan, sanggup membayar hutang, dan masih banyak lagi. Jadi, surat pernyataan kesanggupan ini dipergunakan untuk menyatakan diri sendiri, berbeda dengan surat pernyataan lainnya yang mungkin masih bisa dipergunakan untuk menyatakan mengenai diri orang lain.

Menulis surat pernyataan kesanggupan bukanlah hal yang susah. Namun itu bukan berarti jika anda bisa asal menulis pernyataan kesanggupan saja. Anda pun harus benar – benar sanggup dan tidak ingkar dari pernyataan yang anda buat. Sebab jika tidak, maka pihak lain memiliki hak untuk menuntut anda, karena sudah menyatakan kesanggupan secara resmi sebelumnya.

Salah satu surat pernyataan kesanggupan yang paling sering digunakan adalah surat pernyataan kesanggupan membayar hutang. Ketika anda memiliki hutang kepada orang lain, maka mungkin saja pihak yang meminjamkan uang tersebut meminta anda untuk menulis surat pernyataan kesanggupan membayar hutang. Ada juga surat pernyataan kesanggupan membayar cicilan, seperti cicilan kendaraaan ataupun cicilan lainnya.

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

Lantas, seperti apakah format dari surat pernyataan kesanggupan?. Surat pernyataan kesanggupan tidak dipatok harus mengikuti struktur penulisan surat tertentu. Anda hanya perlu menuliskan identitas anda sebagai pemberi pernyataan, perihal atau isi pernyataan yang menyatakan kesanggupan atas sesuatu hal. Pada dasarnya, pernyataan kesanggupan tidak berbeda jauh dengan surat pernyataan lain, seperti surat pernyataan orang tua misalnya.

Namun untuk anda para anak sekolah dan mahasiswa, mungkin saja mendapat tugas untuk menulis surat pernyataan kesanggupan, dan harus membutuhkan bahan contoh. Maka dari itu, di bawah ini adalah beberapa contoh surat pernyataan kesanggupan yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Pembayarang Hutang

Surat pernyataan kesanggupan pembayaran hutang ini mungkin akan anda perlukan ketika meminjam uang dari pihak lain ataupun orang lain secara personal. Selain dari surat perjanjian hutang piutang, anda pun mungkin diminta untuk menulis surat pernyataan kesanggupan membayar. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pernyataan kesanggupan pembayaran hutang di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:34634664
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini menyatakan kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:345364346
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

bahwa saya bersedia dan sanggup membayar hutang sebesar Rp. 32.000.000,- (tiga puluh dua juta rupiah) kepada Bapak Muhammad Ilham, yang identitasnya tersebut di atas.

Saya juga menyatakan akan membayar hutang tersebut paling lambat 1 (satu) bulan lagi, atau jatuh tempo pada tanggal 07 November 2019 mendatang. Apabila hingga batas waktu tersebut saya tidak memenuhi kewajiban saya sebagai peminjam, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan hukum dan perundang – udangan yang berlaku.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar – benarnya dan dalam keadaan sadar tanpa tekanan dari pihak manapun, untuk bisa dijadikan sebagai pedoman di kemudian hari.

Medan, 07 November 2019

Yang Menyatakan,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Membayar Angsuran

Ada banyak barang ataupun harta benda yang mungkin ingin anda beli secara kredit. Namun sebelum menyetujui kredit yang anda ajukan, mungkin saja pihak pemberi kredit ingin meminta surat pernyataan kesanggupan membayar angsuran dari anda. Maka dari itu, anda pun bisa menggunakan contoh surat pernyataan kesanggupan membayar angsuran di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN MEMBAYAR ANGSURAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:78638635
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 1990
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini menyatakan kepada :

Nama:Intan Permatasari
Pekerjaan:Sales Adira Finance Medan
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

bahwa saya adalah benar mengambil/membeli Kendaraan Sepeda Motor Honda Supra GTR 150 dengan pembelian kredit yang dibiayai oleh Adira Finance Medan.

Saya menyatakan kepada Ibu Intan Permatasari yang identitasnya tersebut di atas dan kepada pihak Adira Finance, bahwa saya bersedia dan menyatakan sanggup untuk membayar angsuran pembelian sepeda motor tersebut pada tanggal 10 setiap bulannya selama 3 (tiga) tahun, dengan jumlah angsuran sebesar Rp. 879.000,- (delapan ratus tujuh puluh sembilan ribu rupiah).

Apabila saya tidak sanggup membayar angsuran setiap bulannya dengan tepat waktu, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan hukum dan perundang – undangan yang berlaku oleh pihak Adira Finance.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat, untuk bisa dijadikan sebagai pedoman di kemudian hari.

Medan, 07 November 2019

Yang Menyatakan,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Bayar

Ada banyak tagihan yang mungkin harus kita bayar sesuai dengan tepat waktu, salah satunya adalah kesanggupan membayar biaya pengobatan atau biaya rumah sakit. Ketika anda membawa seseorang yang membutuhkan pengobatan, anda mungkin akan dimintai oleh pihak rumah sakit untuk membuat surat pernyataan kesanggupan bayar. Maka dari itu, anda pun bisa menggunakan contoh surat di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN BAYAR

Pada hari ini, Senin, 07 November 2019, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:234624742
Pekerjaan:Wiraswasta
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

dengan ini menyatakan bahwa saya bertanggung jawab kepada :

Nama:Dewi Cahaya
NIK:346343473
Pekerjaan:Pegawai Negeri Sipil
Alamat:Jl. Gitar No. 123, Medan

atas insiden kecelakaan yang melibatkan saya dan Ibu Dewi Cahaya sesuai dengan identitas di atas, yang terjadi pada hari ini, Senin, 07 November 2019, sekira pukul 10.00 WIB di Jl. Jend. Sudirman Kota Medan, yang menyebabkan luka fisik dan harus mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Umum Pirgadi Medan.

Saya juga bertanggung jawab dan bersedia menanggung semua biaya pengobatan untuk Ibu Dewi Cahaya dan sepakat untuk menyelesaikan insiden kecelakaan ini secara kekeluargaan.

Demikian surat pernyataan kesanggupan ini saya perbuat dengan sebenarnya, dalam keadaan sadar, sehat jasmani dan rohani, serta tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun.

Medan, 07 November 2019

Yang Menyatakan,

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Kerja

Ketika diterima menjadi salah satu karyawan di suatu perusahaan, seringkali kita akan diberikan syarat untuk menulis surat pernyataan kesanggupan kerja. Hal ini tidak terlepas dari kesanggupan menjalani peraturan perusahaan, jam kerja perusahaan, gaji yang ditetapkan, ataupun berbagai ketentuan lainnya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat surat pernyataan kesanggupan kerja di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN KERJA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20/09/1993
Agama:Islam
Kewarganegaraan:Indonesia
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

sebagai karyawan baru di perusahaan PT. Maju Jaya Sejahtera, dengan  ini menyatakan bahwa saya :

  1. Bersedia dan sanggup untuk bekerja di bawah tekanan di PT. Maju Jaya Sejahtera.
  2. Bersedia masuk kerja sesuai dengan shift yang sudah ditentukan oleh perusahan.
  3. Bersedia dan sanggup untuk kerja lembur jika dibutuhkan, dengan catatan maksimal 5 jam kerja lembur dalam satu hari.
  4. Menjaga disiplin dan patuh pada peraturan yang sudah ditentukan oleh perusahaan PT. Maju Jaya Sejahtera.
  5. Bersedia ditempatkan di cabang PT. Maju Jaya Sejahtera manapun yang berada di Kota Medan.
  6. Jika di kemudian hari saya tidak bisa mematuhi pernyataan – pernyataan tersebut di atas, maka saya bersedia diberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan perusahaan.

Demikian surat pernyataan kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya dan dalam keadaan sadar, sehat jasmani dan rohani, serta tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun.

Medan, 07 November 2019

Yang Menyatakan,

Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Mematuhi Peraturan

Semua perusahaan, instansi pemerintahan, lembaga, maupun organisasi tertentu, dipastikan memiliki peraturan yang sudah ditetapkan. Dan jika anda bergabung pada salah satunya, maka bisa saja diminta untuk menulis surat pernyataan kesanggupan untuk bisa mematuhi peraturan – peraturan tersebut. Anda pun bisa menggunakan contoh surat pernyataan kesanggupan di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN MEMATUHI PERATURAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, selaku Siswa Baru SMA Negeri 1 Medan :

Nama:Intan Permatasari
Kelas:X B-2
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

dengan ini menyatakan bahwa saya bersedia mematuhi semua peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah, SMA Negeri 1 Medan.

Saya juga bersedia mematuhi semua tata tertib sebagai seorang siswa di SMA Negeri 1 Medan, dan bersedia dihukum ataupun diberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku jika di kemudian hari saya melanggar peraturan sekolah.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dengan sebenarnya dan dalam keadaan sadar, sehat jasmani dan rohani, serta tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun.

Medan, 07 November 2019

Mengetahui,

Siswa Yang Menyatakan,Orang Tua Siswa
  
Intan Permatasari.Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Membayar SPP

SPP atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan merupakan biaya sekolah yang seringkali kita temukan pada berbagai sekolah swasta. Dan biasanya SPP tersebut dibayarkan setiap bulan, sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Namun apabila anda terlambat membayar spp, maka mungkin saja pihak sekolah akan meminta orang tua untuk membuat surat pernyataan kesanggupan membayar spp tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pernyataan kesanggupan membayar spp di bawah ini.

SURAT KETERANGAN KESANGGUPAN MEMBAYAR SPP

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Telp.:081234567890
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

merupakan orang tua dari siswa :

Nama:Dewi Cahaya
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 2002
Kelas:XI IPS 2
NISN:358763346

dengan sesungguhnya menyatakan bahwa kami bersedia dan sanggup untuk membayar SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) untuk periode bulan Oktober 2019 sebesar Rp. 550.000.-(lima ratus lima puluh ribu rupiah) sesuai dengan peraturan yang berlaku pada SMA Swasta Cinta Kasih Medan.

Biaya tersebut akan kami bayarkan bersamaan dengan pembayaran SPP Periode Bulan November 2019 pada bulan ini, selambat – lambatnya pada tanggal 30 November 2019 mendatang.

Demikian surat pernyataan ini kami perbuat dengan sebenarnya, dan apabila kami melalaikan pernyataan dan tanggung jawab kami tersebut di atas, maka pihak sekolah berhak memberikan sanksi akademik kepada anak kami dengan nama tersebut di atas.

Medan, 07 November 2019

Yang Menyatakan,
Orang Tua Siswa,

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Membayar Hutang

Pada saat anda meminjam uang kepada orang lain, maka tentu anda memiliki kewajiban untuk membayar hutang tersebut suatu hari nanti. Nah, pada saat meminjam uang tersebut, seringkali anda diminta oleh pemberi pinjaman untuk membuat surat pernyataan hutang. Jika tidak, anda mungkin akan diminta untuk membuat surat pernyataan kesanggupan membayar hutang. Untuk itu, anda pun bisa menggunakan surat kesanggupan membayar hutang di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN MEMBAYAR HUTANG

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir:Medan/30 Juli 1990
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Alamat:Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan

dengan ini menyatakan bahwa saya :

  1. Bersedia dan sanggup membayar hutang sebesar Rp. 14.000.000,- (empat belas juta rupiah) kepada Ibu Dewi Cahaya selambat – lambatnya pada tanggal 30 Desember 2019 mendatang.
  2. Bersedia dan sanggup membayar bunga hutang sebesar 10% atau sebesar Rp. 1.400.000,- (satu juta empat ratus ribu rupiah) bersamaan dengan pembayaran pinjaman, sehingga total yang harus saya bayarkan adalah sebesar Rp. 15.400.000,- (lima belas juta empat ratus ribu rupiah).
  3. Jika saya tidak melunasi kewajiban saya sebagai peminjam, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan hukum dan perundang – undangan yang berlaku di Wilayah Negara Republik Indonesia.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dengan sebenarnya dan dalam keadaan sadar, sehat jasmani dan rohani, serta tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun.

Medan, 07 November 2019

Yang Menyatakan,

Intan Permatasari.

Penutup

Penggunaan surat pernyataan kesanggupan memang masih sangat sering kita temukan sekarang ini. Terlebih dalam hal urusan hutang piutang, yang mana biasanya memang menggunakan surat perjanjian hutang piutang. Namun itu saja tidak cukup, sehingga banyak pihak yang menggunakan surat pernyataan kesanggupan membayar hutang. Nah, itulah tadi beberapa contoh surat pernyataan kesanggupan yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.