16 Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Paling Lengkap

Contoh Surat Pernyataan Perjanjian – Penggunaan surat pernyataan perjanjian mungkin memang agak jarang kita temukan dalam kehidupan sehari – hari, ataupun dalam dunia kerja. Namun sebenarnya salah satu contoh surat perjanjian ini juga memiliki peranan yang sangat penting pada saat – saat tertentu. Ada banyak situasi dan kondisi dimana anda harus menggunakan surat pernyataan perjanjian, dengan tujuan mengikat satu sama lain.

Ya, pada umumnya surat pernyataan bisa ditulis oleh satu pihak saja, namun surat perjanjian biasanya ditulis oleh dua pihak. Adapun situasi yang memungkinkan surat pernyataan perjanjian ini dipergunakan adalah ketika anda harus menyatakan sesuatu hal kepada pihak lain, sekaligus berjanji untuk menepati isi dari surat pernyataan tersebut. Selain itu, pihak kedua juga bisa berperan dan ikut menandatangani surat pernyataan perjanjian yang sudah ditulis bersama.

Salah satu contoh kecil adalah surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban. Ketika anda misalnya mendaftarkan anak ke sekolah tertentu, bisa saja anda sebagai orang tua dimintai untuk menulis surat pernyataan mengenai beberapa peraturan sekolah. Selain itu, anda juga harus berjanji untuk memenuhi semua kebutuhan anak anda dalam sekolah tersebut.

Contoh lain adalah pernyataan perjanjian pembayaran hutang. Ketika meminjam uang kepada orang lain, mungkin saja anda diminta untuk menulis surat pernyataan bahwa anda akan membayar hutang tersebut dengan tepat waktu sesuai kesepakatan bersama. Mengenai pengertian surat pernyataan sendiri sudah pernah kami bahas sebelumnya dan anda bisa membaca postingan tersebut agar lebih mengerti arti surat pernyataan.

Contoh Surat Pernyataan Perjanjian

Menulis surat pernyataan perjanjian bukanlah sesuatu hal yang terlalu susah. Anda hanya perlu menyebutkan identitas saja, kemudian mengisi beberapa pernyataan yang sesuai dan disepakati bersama, serta komitmen untuk menepati janji yang sudah anda buat tersebut. Adapun mengenai beberapa hal tersebut bisa anda sepakati bersama dengan pihak lain, atau pihak yang anda janjikan.

Bagi anda yang memang menggunakan surat pernyataan perjanjian untuk keperluan sesuatu hal, maka tentu tidak akan susah menulis surat ini. Namun bagi anda yang masih sekolah atau kuliah dan mendapatkan tugas untuk menulis jenis surat ini, maka bisa saja akan sedikit kesulitan. Maka dari itu, di bawah ini adalah beberapa contoh surat pernyataan perjanjian yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban Acara

Jika anda melaksanakan suatu acara di manapun, baik di desa/keluarahan, di kampus, ataupun di sekolah, maka tentu harus ada orang yang bertanggung jawab untuk acara tersebut. Dan jika anda adalah orang tersebut, maka mungkin saja anda akan dimintai surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban acara oleh pihak lain. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pernyataan di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN PERJANJIAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Prof. Anton Syahputra
NIP:87654875 7588 7632
Jabatan:Dekan Fakultas Ekonomi
Unit Kerja:Universitas Sumatera Utara

terkait pelaksanaan acara SEMINAR EKONOMI KREATIF 2020 yang akan dilaksanakan pada 30 Februari 2020,

Dengan ini saya menyatakan akan bertanggungjawab sepenuhnya terhadap pelaksanaan acara tersebut.

Apabila pada saat pelaksanaan acara ataupun di kemudian hari terjadi hal – hal yang tidak diinginkan oleh sebab diadakannya acara tersebut, sehingga kemudian menimbulkan masalah di kampus, maka saya berjanji akan menyelesaikannya, dan apabila tidak sanggup mengatasinya maka saya bersedia menerima sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku di Universitas Sumatera Utara.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dengan sebenarnya dan untuk bisa dijadikan pedoman sebagaimana mestinya.

Medan, 15 Februari 2020

Dekan Fakultas Ekonomi
Universitas Sumatera Utara,

Prof. Anton Syahputra.
NIP. 87654875 7588 7632.

2. Contoh Surat Pernyataan Pertanggungjawaban Pekerjaan

Dalam dunia kerja, maka setiap karyawan harus bertanggung jawab akan pekerjaan yang sudah diserahkan kepadanya. Terlebih jika anda mendapat tugas khusus, maka mungkin saja anda akan diminta oleh pihak perusahaan untuk membuat surat pernyataan pertanggungjawaban pekerjaan. Untuk lebih jelasnya, maka anda bisa melihat contoh surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban pekerjaan di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN PERJANJIAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Kepala Proyek
Perusahaan:PT. Maju Jaya Regency
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Sehubungan dengan pelaksaaan Proyek Pembangunan Rumah Toko di Jl. Cindelaras No. 123, Medan, dengan ini saya menyatakan :

  1. Bertanggungjawab secara penuh terhadap proyek pekerjaan yang akan dilaksanakan mulai 20 Februari 2020 s/d 20 Mei 2020,
  2. Berjanji akan menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu, sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan,
  3. Menjaga kualitas bangunan rumah toko dan sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh perusahaan,
  4. Menggunakan dana sebaik mungkin dan akan melaporkannya secara transparan kepada pihak perusahaan,
  5. Jika saya tidak menepati pernyataan dan perjanjian tersebut, maka saya bersedia menerima sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku di perusahaan.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dengan sebenar – benarnya dan untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 15 Februari 2020

Yang Menyatakan,

Muhammad Ilham.
Kepala Proyek.

3. Contoh Surat Pernyataan Pertanggungjawaban Penggunaan Dana

Masalah penggunaan dana merupakan hal yang sangat sensitif di semua aspek kehidupan. Jadi ketika anda atau pihak anda menerima dana dari pihak lain, maka bisa saja anda diminat untuk menulis surat pernyataan jika anda bisa mempertanggungjawabkan penggunaan dana dengan tepat sasaran dan transparan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban penggunaan dana di bawah ini.

KARANG TARUNA BAKTI JAYA
KELURAHAN PADANG BULAN
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

PERNYATAAN PERTANGGUNGJAWABAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Ketua Karang Taruna
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya :

  1. Dengan penuh rasa tanggungjawab, bersedia dan siap menerima dana bantuan berupa uang senilai Rp. 15.000.000,- (Lima Belas Juta Rupiah) dari Kelurahan Padang Bulan untuk kegiatan Perayaan HUT-RI 17 Agustus,
  2. Akan menggunakan dana bantuan dengan tepat sasaran dan melaporkannya kepada Kelurahan secara transparansi,
  3. Jika ditemukan kesalahan atau penggunaan uang yang tidak tepat, maka saya bersedia mempertanggungjawabkannya secara hukum yang berlaku.

Demikian surat pertanggungjawaban ini saya perbuat dengan sebenarnya dan untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 17 Juli 2020

Ketua Karang Taruna Bakti Jaya,

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Pembayaran

Surat pernyataan perjanjian pembayaran biasanya dipergunakan ketika terjadi pinjam meminjam uang. Biasanya pihak peminjam akan diminta untuk menulis surat pernyataan perjanjian jika dia bersedia membayar hutang tersebut sesuai dengan waktu yang sudah disepakati. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pernyataan perjanjian pembayaran di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
NIK:34587634789326
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123, Medan

Dengan ini menyatakan bahwa saya :

Bersedia dan berjanji akan membayar uang yang saya pinjam dari Saudari Dewi Cahaya pada hari ini, 15 Februari 2020 senilai Rp. 5.000.00,- (Lima Juta Rupiah), selambat – lambatnya pada tanggal 30 Maret 2020 mendatang.

Apabila saya tidak membayar hutang tersebut dengan tepat waktu, maka saya bersedia diproses secara hukum dan perundang – undangan yang berlaku di Indonesia.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 15 Februari 2020

Yang Menyatakan,

Intan Permatasari.

5. Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Kerja

Surat pernyataan perjanjian kerja biasanya dipergunakan ketika anda mendapat pekerjaan atau jabatan baru, dan anda harus bertanggungjawab secara penuh untuk pekerjaan/jabatan tersebut. Dan untuk itu, anda mungkin saja diminta oleh pihak perusahaan untuk menulis surat pernyataan kesanggupan kerja. Untuk lebih jelasnya, anda bisa menggunakan contoh surat pernyataan perjanjian kerja di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN KERJA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
NIK:783587533534
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 1994
Jenis Kelamin:Perempuan
Telp.:081234567890
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini menyatakan dan berjanji kepada Pimpinan PT. Maju Jaya Sejahtera bahwa saya :

  1. Bersedia dan menerima untuk diterima sebagai karyawan baru dengan jabatan sebagai Staff Keuangan PT. Maju Jaya Sejahtera.
  2. Bersedia masuk kerja setiap hari kerja yang sudah ditentukan di PT. Maju Jaya Sejahtera dari jam 08.00 – 17.00.
  3. Bersedia untuk bekerja lembur jika dibutuhkan.
  4. Berjanji untuk bertanggungjawab terhadap jabatan dan pekerjaan.
  5. Bersedia mematuhi semua peraturan yang sudah ditetapkan di PT. Maju Jaya Sejahtera.
  6. Jika saya mengabaikan atau melanggar pernyataan tersebut diatas, maka saya bersedia diproses secara hukum ataupun menerima sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku di PT. Maju Jaya Sejahtera.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dengan sebenar – benarnya dan untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 15 Februari 2020

Yang Menyatakan,

Dewi Cahaya.

6. Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Hutang Piutang

Jika anda terlibat dalam transaksi hutang piutang, baik sebagai pemberi pinjaman ataupun peminjam, maka sebaiknya memang harus menggunakan surat pernyataan perjanjian hutang piutang. Surat tersebut akan memiliki banyak manfaat jika di kemudian hari terjadi hal – hal yang tidak diinginkan atau ada pihak yang ingkar dari kesepakatan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pernyataan perjanjian hutang piutang di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN PERJANJIAN HUTANG PIUTANG

Pada hari ini, Senin, 15 Februari 2020, kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:983756993285
Pekerjaan:Pegawai Negeri Sipil
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Dalam perjanjian ini merupakan pihak peminjam, untuk selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama,

Nama:Muhammad Ilham
NIK:7595339823475653
Pekerjaan:Wiraswasta
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Dalam perjanjian ini merupakan pihak pemberi pinjaman, untuk selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua.

Kedua belah pihak sudah sepakat untuk mengikat diri satu sama lain dalam suatu perjanjian hutang piutang, yang mana diatur dalam beberapa poin berikut ini :

  1. Pihak Pertama menyatakan sudah menerima uang tunai dari Pihak Kedua senilai Rp. 50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah), dimana uang tersebut adalah hutang.
  2. Pihak Pertama bersedia membayar bunga dari hutang tersebut sebesar 5 % per bulan, sehingga bunga yang harus dibayarkan per bulannya adalah senilai Rp. 2.500.000,- (Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah).
  3. Pihak Pertama bersedia memberikan jaminan berupa BPKB Sepeda Motor Honda CBR150R dengan Nomor Polisi BK 4321 CBA atas nama Anton Syahputra, yang nilainya dianggap kurang lebih sama dengan nilai hutang.
  4. Pihak Pertama menyatakan dan berjanji akan membayar hutang tersebut selambat – lambatnya 3 bulan sejak surat perjanjian ini ditanda tangani, atau pada tanggal 15 Mei 2020 mendatang, berikut dengan bunga hutang.
  5. Jika Pihak Pertama tidak melunasi hutang dengan tepat waktu, maka Pihak Kedua berhak untuk mengambil, memiliki, dan menjual barang jaminan yang sudah diberikan oleh Pihak Pertama sebagai biaya pelunasan hutang tersebut.
  6. Surat perjanjian ini dibuat dalam rangkap dua, dibubuhi materai yang cukup, dan ditandangani oleh kedua belah pihak, serta memiliki kekuatan hukum yang sama, untuk selanjutnya dimiliki dan disimpan oleh masing – masing pihak.

Demikian surat perjanjian ini kami perbuat dengan sebenarnya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, serta tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun, untuk selanjutnya bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 15 Februari 2020

Pihak Pertama,Pihak Kedua,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

Penutup

Walaupun tergolong jarang digunakan, namun surat pernyataan perjanjian bisa saja akan sangat anda butuhkan pada kondisi tertentu. Surat pernyataan perjanjian ini berguna sebagai ikatan yang kuat antara satu pihak dengan pihak lainnya. Itulah tadi beberapa contoh surat pernyataan perjanjian yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.