Contoh Surat Pernyataan

Contoh Surat Pernyataan Kerja

Contoh Surat Pernyataan – Memberikan pernyataan mengenai sesuatu hal tentu bukan hal yang susah. Namun ada kalanya pernyataan yang akan diberikan harus dengan menggunakan surat, baik itu menyatakan diri sendiri ataupun menyatakan tentang orang lain.

Ada banyak contoh surat pernyataan bermaterai yang sering dipergunakan, beberapa diantaranya adalah contoh surat pernyataan kerja, pernyataan kesanggupan, pernyataan diri, pernyataan perjanjian, pernyataan sekolah, pernyataan kesalahan, dan lain sebagainya.

Misalnya saja surat pernyataan diri untuk menyatakan kesanggupan kerja, menyatakan belum pernah menikah, menyatakan penyesalan. Sementara pernyataan yang menerangkan orang lain adalah pernyataan surat bebas narkoba, pernyataan berbadan sehat, dan beberapa contoh lain.

Adapun tujuan surat pernyataan adalah memberikan pernyataan kepada orang lain jika informasi atau keterangan yang tertulis dalam surat tersebut adalah benar adanya. Bukan tidak mungkin jika anda pun akan dikenakan hukuman jika ternyata memberikan pernyataan yang tidak sesuai fakta.


Contoh Surat Pernyataan

Pengertian Surat Pernyataan adalah pernyataan secara tertulis yang dipergunakan untuk menyatakan diri sendiri ataupun orang lain.

Pada umumnya, surat pernyataan memang paling banyak digunakan oleh perseorangan untuk menyatakan dirinya sendiri. Surat pernyataan inipun dibuat biasanya bertujuan untuk mempermudah sesuatu hal yang sedang diurus oleh orang yang memberikan pernyataan tersebut.

Nah, mungkin bagi anda yang ingin membuat pernyataan tertulis dan ingin mencari berbagai referensi, maka beberapa contoh surat pernyataan di bawah ini mungkin akan berguna untuk anda.


1. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Kerja

1. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Kerja

Memiliki pekerjaan tentu merupakan anugerah tersendiri buat setiap orang. Terlebih jika kita diangkat dan memiliki jabatan yang lebih tinggi lagi. Namun dengan diangkat pada jabatan yang baru, tentu saja tanggung jawab anda juga akan bertambah.

Maka dari itu, mungkin saja pihak perusahaan akan meminta pernyataan dari anda jika anda memang siap menjalankan jabatan baru tersebut dan meninggalkan jabatan yang lama. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat surat pernyataan kesanggupan kerja di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Antoh Syahputra
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Tempat/Tgl Lahir : Medan/20 Juli 1992
No. KTP : 347865378924
Alamat : Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini saya menyatakan kesanggupan kerja untuk jabatan yang baru, yakni sebagai Manager Marketing di PT. Maju Jaya Sejahtera. Segala tanggung jawab sebagai seorang Manager Marketing akan saya jalankan dengan baik, demi kemajuan perusahaan. Bersama ini, saya juga menyatakan jika saya melepaskan jabatan saya yang lama, yakni sebagai Supervisor Marketing.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan kesungguhan serta kemauan sendiri tanpa ada paksaam dari pihak manapun.

Medan, 02 Agustus 2020,

Yang Membuat Pernyataan,

Anton Syahputra.

Baca Juga: Contoh Surat Pernyataan Hutang


2. Contoh Surat Pernyataan Pekerjaan

2. Contoh Surat Pernyataan Pekerjaan

Ketika anda ingin membeli rumah, mobil, ataupun sepeda motor dengan cara pembayaran cicilan, maka tentu anda akan dimintai surat pernyataan atau surat keterangan kerja. Dengan anda bekerja, maka pihak leasing juga akan mempertimbangkan kesanggupan anda dalam membayar cicilan anda.

Surat pernyataan kerja ini juga seringkali disebut dengan surat keterangan kerja. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat keterangan kerja di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : [email protected]
Website : majujayasejahtera.com

SURAT PERNYATAAN KERJA
No : 017/SK.PSS/XIX/2020

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Syahputra
Jabatan : Direktur
Alamat : Jl. Amal No. 123, Medan
Telp. : 081364759303

Menyatakan Bahwa :

Nama : Muhammad Ilham
Tempat/Tgl Lahir : Medan/ 20 Juli 1993
Alamat : Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan

Adalah benar sebagai karyawan perusahaan kami , PT. Maju Jaya Sejahtera dengan posisi sebagai staff marketing, terhitung sejak tanggal 20 September 2015.

Demikian surat pernyataan ini kami buat untuk diguankan sebagaimana mestinya.

Medan, 02 Agustus 2020

Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.


3. Contoh Surat Pernyataan Bebas Narkoba

3. Contoh Surat Pernyataan Bebas Narkoba

Sebagian besar perusahaan di Indonesia tidak mau menerima calon karyawan yang mengonsumsi narkoba. Bukan hanya perusahaan, namun juga untuk melamar CPNS, TNI, ataupun Polri. Maka dari itu, anda tentu saja harus memberikan pernyataan diri jika anda memang bebas dari narkoba.

Namun tidak cukup pernyataan lisan saja, seringkali surat pernyataan diri juga akan dibutuhkan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pernyataan diri bebas narkoba di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN BEBAS NARKOBA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir : Medan/ 20 Juli 1996
Agama : Islam
Alamat : Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa Saya :

Tidak pernah menggunakan narkoba dan terlibat narkoba dalam bentuk apapun.

Demikian surat pernyataan ini Saya buat, Saya bersedia dituntut dipengadilan apabila jika saya melanggar yang tertulis dari surat ini Saya bersedia menerima segala tindakan / sanksi yang diberikan oleh pihak terkait, apabila dikemudian hari Saya terbukti menggunakan narkoba atau terlibat maka pernyataan Saya tidak benar dan bersedia menerima konsekuensinya.

Medan, 02 Agustus 2020

Yang Membuat Pernyataan,

Anton Syahputra.


4. Contoh Surat Pernyataan Hutang

4. Contoh Surat Pernyataan Hutang

Meminjam uang kepada orang lain memang bukanlah hal yang terlalu sulit, terlebih jika orang tersebut sudah dekat dengan kita. Namun jika anda meminjam uang dalam jumlah yang lumayan besar, maka mungkin saja anda akan dimintai surat pernyataan hutang.

Jadi, anda akan terikat dengan hutang tersebut dan harus membayarnya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pernyataan hutang di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN HUTANG

Saya yang bertanda tangan si bawah ini :

Nama : Anton Syahputra
No. KTP : 3598723597345
Alamat : Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini menyatakan :

  1. Bahwa saya sudah melakukan peminjaman uang kepada saudara Muhammad Ilham sebesar Rp. 100.000.000 (seratus juta rupiah) pada tanggal 02 Agustus 2020 dan berjanji akan mengembalikan pinjaman tersebut paling lama dalam jangka waktu 6 bulan sejak surat pernyataan ini ditanda tangani.
  2. Jika saya belum mempunyai kemampuan untuk mengembalikan pinjaman kepada saudara Muhammad Ilham, pada tanggal jatuh tempo tersebut, kepada saudara Muhammad Ilham dimohon agar saya diberi keringanan bisa diberi perpanjangan hari bila hal itu terjadi,  untuk melunasi pinjaman selama 30 (tiga puluh) hari lagi.
  3. Saya siap bertanggung jawab atas pinjaman saya itu secara hukum apabila saya masih belum mampu melunasi pinjaman tersebut sampai batas waktu yang ditentukan.

Demikianlah surat pertanyaan ini saya buat sebagaimana kenyataannya serta tanpa gangguan ataupun paksaan dari pihak manapun.

Medan, 02 Agustus 2020

Yang Membuat Pernyataan,

Anton Syahputra.


5. Contoh Surat Pernyataan Kerja

5. Contoh Surat Pernyataan Kerja

Ketika anda melamar pekerjaan di perusahaan tertentu dan anda diterima bekerja disana, tentu saja pihak perusahaan ingin agar anda betah bekerja dan bisa  bekerja dengan baik. Namun hal tersebut tidaklah bisa ditentukan dari awal, karena setiap orang tentu saja berbeda – beda.

Maka dari itu, pihak perusahaan pun seringkali meminta agar para calon karyawan yang diterima memberikan pernyataan kesanggupan kerja mereka, dan berbagai kesanggupan lainnya di perusahaan tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pernyataan kerja di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir : Medan/20 Juli 1994
Jenis Kelamin : Laki – Laki
No. KTP : 8378597357
Alamat Lengkap : Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini menyatakan bahwa :

  1. Sampai saat ini saya belum terikat ikatan atau kontrak kerja dengan perusahaan  atau instansi lain dimanapun.
  2. Saya bersedia untuk dikerjakan ditempat cabang perusahaan manapun di seluruh wilayah Indonesia.
  3. Saya bersedia dan mampu untuk bertugas dalam jangka waktu yang ditetapkan
  4. Saya tidak akan mengundurkan diri sebelum berakhirnya masa kontrak kerja saya disertai alasan apapun
  5. Saya tidak akan mengambil cuti selama masa tugas kerja saya.

Demikianlah surat pernyataan ini saya tulis dengan sebenarnya tanpa ada unsur paksaan dari pihak siapa saja. Apabila nanti kemudian hari saya ternyata melakukan pelanggaran atau pernyataan ini tidak sesuai maka saya siap menerima segala konsekuensinya sesuai dengan hukum yang berlaku.

Medan, 02 Agustus 2020

Yang Membuat Pernyataan,

Anton Syahputra.


6. Contoh Pernyataan Kesalahan Siswa

6. Contoh Pernyataan Kesalahan Siswa

Surat pernyataan yang satu ini biasanya diperbuat oleh orang – orang yang baru saja melakukan kesalahan. Dan salah satunya adalah siswa, yang mungkin saja melanggar peraturan sekolah, serta mendapatkan hukuman dari guru. Mungkin saja akan diminta untuk membuat contoh surat pernyataan siswa.

Namun tidak hanya hukuman saja, mungkin juga pihak sekolah akan meminta anda menanda tangani contoh surat pernyataan penyesalan dan berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut di kemudian hari. Di bawah ini adalah contoh surat pernyataan tidak mengulangi kesalahan siswa yang bisa anda pergunakan sebagai referensi.

SURAT PERNYATAAN PENYESALAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Syahputra
No. Induk Siswa : 3456
Kelas : XII IPA 2
Sekolah : SMA Negeri 1 Medan

Berkenaan surat ini saya menyatakan telah melanggar peraturan sekolah dengan membolos selama 1 minggu secara berturut-turut tertanggal 20 Juli 2020 sampai dengan 30 Juli 2020. Dengan sadar Saya saya siap menerima hukuman dan mengakui bahwa kesalahan tersebut merupakan pelanggaran besar.

Demikianlah saya buat dengan sebenar-benarnya surat pernyatan ini  agar bisa dimaklumi dan dimaafkan.

Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Medan, 02 Agustus 2020

Hormat Saya,

Anton Syahputra.


7. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

7. Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

Banyak pekerjaan yang tidak mungkin bisa menerima seseorang yang sudah menikah. Beberapa di antaranya adalah saat melamar TNI, Polri, dan juga beberapa perusahaan di Indonesia.

Nah, jika anda ternyata melamar pekerjaan dengan salah satu syarat belum menikah, tentu saja anda harus memberikan pernyataan resmi jika anda memang belum menikah. Sebagai bahan referensi, di bawah ini adalah surat pernyataan belum menikah yang sering dipergunakan.

SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Syahputra
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Umur : 20 Tahun
Agamar : Islam
Tempat/Tgl Lahir : Malang/20 Juli1999
Alamat : Jl. Amal No. 123, Medan

Bersama dengan surat ini saya menyatakan dengan sebenar-benarnya  bahwa saya sampai saat belum pernah menikah dengan siapapun secara adat, hukum agama dan negara. Dan benar-benar masih bujang atau perjaka.

Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan apabila surat pernyataan ini tidak benar, maka saya bersedia dituntut sesuai dengan hukum dan undang-undang yang berlaku.

Medan, 02 Agustus 2020

Yang Membuat Pernyataan,

Anton Syahputra.


8. Contoh Surat Pernyataan Sekolah Untuk Praktikum

8. Contoh Surat Pernyataan Sekolah Untuk Praktikum

Ketika anda ingin mengikuti sebuah praktikum di sekolah, tentu saja penyelenggara harus mengakui keseriusan anda terlebih dahulu. Jadi, jika di kemudian hari ternyata anda melanggar, maka anda harus bertanggung jawab karena sudah memberikan surat pernyataan sekolah terlebih dahulu.

Misalnya saja dalam mengikuti praktikum yang diadakan di sekolah. Anda bisa membuat pernyataan tertulis untuk mempertega niat dan kemauan anda. Jika memang dibutuhkan, anda bisa menggunakan contoh surat pernyataan sekolah di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Syahputra
NRP : 3457623234
Alamat : Jl. Amal No. 123, Medan
Telp. : 081234567890

Berkenaan dengan surat ini menyatakan bahwa dengan ini saya sebagai praktikum fisika menyatakan dengan sesungguhnya bahwa :

  1. Sanggup dan bersedia mentaati peraturan yang berlaku pada praktikum rangkaian logika
  2. Sanggup dan bersedia melaksanakan tugas yang diberikan oleh asisten pada praktikum fisika dengan  sebaik-baiknya
  3. Sanggup dan bersedia menerima sanksi atau peringatan apabila melanggaran aturan yang berlaku sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada praktikum ini

Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya dan tanpa ada tekanan ataupun paksaan dari pihak lain.

Medan, 02 Agustus 2020

Yang Membuat Pernyataan,

Anton Syahputra.


9. Contoh Surat Pernyataan Kehilangan Ijazah

9. Contoh Surat Pernyataan Kehilangan Ijazah

Setelah menempuh pendidikan, ijazah adalah dokumen yang tentu saja dinanti – natikan setiap orang. Ijazah merupakan bukti sah jika seseorang itu sudah menempuh pendidikan dan lulus.

Maka jika anda kehilangan ijazah, maka sama saja anda tidak memiliki bukti lagi jika anda sudah pernah lulus dari pendidikan tertentu. Maka dari itu, anda bisa membuat surat pernyataan kehilangan ijazah, agar pihak sekolah atau pihak kampus bersedia memberikan surat keterangan lulus untuk anda.

SURAT PERNYATAAN KEHILANGAN IJAZAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Syahputra
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Tempat/Tgl Lahir : Medan/ 20 Juli 1996
Agama : Islam
Alamat : Jl. Amal No. 123 Medan

Bersama dengan surat ini menerangkan bahwa saya benar-benar kehilangan Ijazah SMA Negeri 1 Medan, Tahun Lulus 2013/2014.

Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya dan tanpa rekayasa.

Medan, 02 Agustus 2020

Yang Membuat Pernyataan,

Anton Syahputra.


10. Contoh Surat Pernyataan Penghasilan Orang Tua

10. Contoh Surat Pernyataan Penghasilan Orang Tua

Sekarang ini pemerintah maupun pihak swasta banyak memberikan beasiswa untuk keluarga yang kurang mampu, namun memiliki keinginan untuk melanjutkan sekolah. Namun untuk mendapatkan beasiswa kurang mampu tersebut, tentu saja anda harus melengkapi beberapa berkas, salah satunya adalah surat pernyataan penghasilan orang tua mnengenai penghasilan.

Hal ini tentu saja dibutuhkan, agar pemberi beasiswa bisa mematikan jika bantuan pendidikan yang diberikan tepat sasaran. Anda pun bisa menggunakan contoh surat pernyataan orang tua tentang penghasilan di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN PENGHASILAN ORANG TUA

Yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua dari :

Nama : Muhammad Ilham
Pekerjaan : Pelajar
Alamat : Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhanya bahwa saya sebagai orang tua dari anak tersebut di atas memiliki penghasilan Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah) setiap bulan. Sehubungan dengan hal tersebut, kami memohon agar sudi kirannya Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan memberikan beasiswa kurang mampu untuk anak kami dengan nama tersebut di atas.

Keterangan ini kami buat dengan sebenarnya/sejujurnya dan bertanggung jawab. kami bersedia di kenakan sanksi berupa dicabutnya beasiswa untuk anak kami di SMA Negeri 1 Medan, jika dikemudian hari terbukti data yang diberikan tidak benar.

Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan sebenarnya untuk dengan sebaik-baiknya.

Medan, 02 Agustus 2020

Yang Membuat Pernyataan,
Orang Tua Siswa,

Anton Syahputra.


11. Contoh Surat Pernyataan Kehilangan STNK Kendaraan Bermotor

11. Contoh Surat Pernyataan Kehilangan STNK Kendaraan Bermotor

Bagi setiap pemilik kendaraan bermotor, tentu harus melengkapi surat – surat kendaraanya, baik itu sepeda motor maupun mobil. Dan jika anda kehilangan STNK, mau tidak mau anda harus mengurusnya agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Namun terlebih dahulu, anda pun harus menyatakan surat pernyataan kehilangan STNK sebelum meminta surat keterangan hilang dari pihak yang berwajib. Anda pun bisa menggunakan contoh surat pernyataan kehilangan di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN KEHILANGAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Anton Syahputra
Alamat : Jl. Amal No. 123, Medan
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Kebangsaan : Indonesia
No.KTP : 894768976

Berkenaan dengan surat ini saya menyatakan telah kehilangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) Bermotor pada hari Minggu, 01 Agustus 2020 kemarin.

Kendaraan : Sepeda Motor Honda Sonic 150R
No. Rangka : 874568468476
No. Mesin : 4564564564
No. Polisi : BK 4321 CBA
Atas Nama : Anton Syahputra

Dokumen tersebut hilang dalam perjalanan dari Jl. Mahameru menuju ke Jl. Pendidikan.

Demikianlah surat pernyataan kehilangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya, agar bisa digunakan untuk keperluan pengurusan STNK baru. Apabila nantinya ditemukan adanya keterangan yang tidak sesuai dengan surat ini maka saya siap menerima konsekuensinya.

Medan, 02 Agustus 2020

Yang Membuat Pernyataan,

Anton Syahputra.


12. Contoh Surat Pernyataan Pengunduran Diri

12. Contoh Surat Pernyataan Pengunduran Diri

Setiap orang tentu ingin memiliki pekerjaan agar bisa mendapatkan penghasilan dan memenuhi kebutuhan sehari – hari. Namun dikarenakan berbagai alasan yang mungkin sangat beragam, bukan tidak mungkin seseorang ingin keluar dan berhenti bekerja di tempatnya bekerja.

Namun agar mendapatkan apresiasi dari pihak pekerjaan anda, ada baiknya agar anda memberikan surat pengunduran diri, sebelum benar – benar berhenti bekerja.

Medan, 02 Agustus 2020

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Syahputra
Alamat : Jl. Amal No. 123, Medan
Jabatan : Manajer pemasaran

Berkenaan dengan surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin pertanggal 30 Agustus 2020 mendatang. Demikianlah surat ini dengan sebenar-benarnya saya buat tanpa gangguan dan tekanan dari pihak manapun.

Terima kasih banyak atas bimbingan yang diberikan selama saya bekerja di PT. Sukses Makmur dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih atas perhatian bapak/ibu.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.


13. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Mengelola Dana

13. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Mengelola Dana

Sekarang ini ada banyak dana bantuan dari pemerintah, baik itu berupa bantuan untuk umum maupun berupa bantuan dana untuk perseorangan atau pribadi. Nah, semua itu tentu membutuhkan pertanggung jawaban dari pihak yang menerima dana.

Pemberi bantuan mungkin saja meminta anda untuk berjanji, dan anda pun bisa menggunakan contoh surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban. Anda harus bersedia dan berjanji untuk menggunakan dana hanya sesuai peruntukan yang sudah ditentukan.

Tentunya, pernyataan bermaterai memiliki kekuatan hukum yang sah. Jika anda melanggar di kemudian hari, bukan tidak mungkin akan dijerat dengan hukum. Anda pun bia menggunakan contoh surat pernyataan kesanggupan mengelola dana di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN MENGELOLA DANA

Yang Bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Syahputra
NIP : 98347585345
NUPTK : 34987349857
Pend. Terakhir : D3 Fakultas Kimia Universitas Sumatera Utara
Masa Kerja : 2018 – 2020

Menyatakan bersedia bertanggung jawab untuk menerima Block Grant Peningkatan Kualifikasi S1/D4  bagi Guru dari LPMP Sumatra Utara sejumlah Rp. 2.500.000,00 (dua juta lima ratus ribu rupiah). Saya berkomitmen menggunakan dana ini hanya untuk peningkatan Kualifikasi Akademik bagi guru ke jenjang S1/D4 di Universitas Negeri Malang masa studi tahun 2020.

Demikian surat kesanggupan ini bersifat mengikat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 02 Agustus 2020

Penerima Bantuan,

Anton Syahputra.


14. Contoh Pernyataan Diri Untuk Menunjukkan Sikap

14. Contoh Pernyataan Diri Untuk Menunjukkan Sikap

Pada umumnya, kita akan menunjukkan sikap dari cara berbicara, dari gesture wajah, melalui lisan, maupun hal – hal lainnya. Namun mengenai pernyataan sikap tidaklah demikian. Salah satu contoh adalah ketika Ketua RT setempat membuat suatu keputusan, namun anda dan beberapa tetangga lainnya keberatan atau tidak setuju.

Maka dari itu, anda bisa membuat surat pernyataan sikap mengenai ketidak setujuan atas keputusan Ketua RT tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat surat pernyataan diri untuk menunjukkan sikap di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN SIKAP

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu

Alhamdulillah washsholatu wassalamu ‘ala Rasulillah wa ‘ala aali wa ashabihi wamantabi’ahum biihsaanin ilaa yaumiddin

Melihat permasalahan mengenai piket jaga yang tidak kunjung selesai, kami sangat khawatir hal ini akan dapat menimbulkan kesenjangan sosial diantara warga dan tentunya tidak kita inginkan bersama. Oleh karena itu kami warga RT 42, RW 16 Desa Tuntungan memberikan pernyataan sikap sebagai berikut :

  1. Kami yakin bahwa pemberlakuan piket jaga dan denda bagi yang absen itu sangat memberatkan beberapa warga yang dikuatkan oleh beberapa fakta dari ketidakhadiran mereka dan adanya warga yang tidak mau bayar.
  2. Rencana penarikan dana keamanan sebesar Rp. 20.000 guna membayar tenaga keamanan yang hanya bersifat formalitas hal ini juga  kami anggap memberatkan dan kurang tepat.
  3. Oleh karena itu kami mendesak saudara Ketua RT 42 untuk segera menghapus pemberlakuan piket jaga berikut dengan denda-dendanya, uang ganti keamanan, uang jimpitan dan penarikan dana-dana lain yang dianggap tidak penting.  Dengan demikian diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi setiap warga yang tinggal di lingkunngan RT 42.

Demikian pernyataan sikap ini dibuat sebagai wujud kasih sayang, saling menghormati diantara sesama dan menasehati dalam kebaikan dan kebenaran.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu.

Medan, 02 Agustus 2020

Perwakilan RW 16,

Anton Syahputra.


15. Contoh Pernyataan Diri

15. Contoh Pernyataan Diri

Ketika anda berencana untuk mendaftarkan diri sebagai penerima beasiswa di Kampus, mungkin saja banyak hal – hal yang harus anda lengkapi, salah satunya adalah surat pernyataan diri.

Nah, maka dari itu, anda harus bisa memberikan pernyataan sebagaimana diminta pihak kampus, seperti tidak sedang menerima beasiswa yang lain, tidak pernah terlibat tindak pidana/kriminal, tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat dari kampus lain ataupun dari perusahaan.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pernyataan diri di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir : Jakarta/20 Juli 1998
Agama : Islam
Fakultas : S-1 Teknik Mesin Universitas Sumatera Utara
Alamat : Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya :

  1. Saat ini tidak memiliki ikatan dinas atau beasiswa jenis yang sama dari pihak Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta.
  2. Tidak pernah melakukan pelanggaran hukum/tindak pidana kriminal apapun yang menyebabkan saya dipenjara atau dikurung.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat ataupun dengan hormat, baik dari instansi pemerintahan maupun instansi swasta.
  4. Tidak berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/ Pegawai Negeri Sipil
  5. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya dan saya bersedia diproses berdasarkan hukum dan aturan yang berlaku apabila di kemudian hari pernyataan saya ini tidak benar.

Medan, 02 Agustus 2020

Yang Membuat Pernyataan,

Anton Syahputra.


16. Contoh Surat Pernyataan Cerai

16. Contoh Surat Pernyataan Cerai

Bagi pasangan suami istri yang ingin bercerai, hendaknya dilakukan dengan cara baik – baik. Semuanya bisa diselesaikan dengan baik, juga mengenai hak dan tanggung jawab masing – masing. Dengan demikian, munculnya masalah di kemudian hari akan bisa diminimalisir.

Jika anda ingin bercerai dengan suami ataupun istri, maka bisa menggunakan contoh surat pernyataan cerai di bawah ini.

Contoh Pernyataan Cerai
Contoh Pernyataan Cerai

 


17. Contoh Surat Pernyataan Jual Beli Tanah

 

Memperjual belikan tanah sudah seharusnya dibekali dengan dokumen lengkap dan asli. Baik anda sebagai penjual atau pembeli, tentunya akan membutuhkan surat perjanjian jual beli tanah. Penjual harus mematikan kepemilikan tanah, dan pembeli harus memastikan pembayaran atas tanah yang dibeli.

Ada banyak informasi yang haru dicantumkan pada surat tersebut. Namun pastinya akan dibuat dengan rangkap dua dengan materai yang cukup. Anda pun bisa menggunakan contoh surat pernyataan jual beli tanah di bawah ini.

Contoh Pernyataan Jual Beli Tanah
Contoh Pernyataan Jual Beli Tanah

18. Contoh Surat Pernyataan Ahli Waris

 

Surat keterangan ahli waris bisa dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang. Misalnya saja oleh Lurah ataupun Kepala Desa setempat, dimana harta warisan berada. Contoh surat pernyataan ahli waris di bawah ini bisa anda pergunakan sebagai referensi.

Contoh Surat Keterangan Ahli Waris
Contoh Surat Keterangan Ahli Waris

Baca Juga: Contoh Surat Pernyataan Cerai


19. Contoh Surat Pernyataan Domisili

 

Sama halnya dengan keterangan ahli waris, surat keterangan domisili juga bisa diterbitkan oleh pejabat setempat. Ada banyak kegunaan surat keterangan domisili, salah satunya untuk melamar kerja. Di bawah ini adalah surat pernyataan domisili yang bisa anda gunakan.

Contoh Surat Keterangan Domisili
Contoh Surat Keterangan Domisili

20. Contoh Surat Pernyataan Tidak Pernah Dipidana

 

Ketika anda melamar kerja di suatu instansi ataupun perusahaan, bisa saja diminta untuk membuat pernyataan tertulis bahwa anda tidak pernah berurusan dengan hukum sebagai terpidana. Jika memang dibutuhkan, anda bisa menggunakan contoh surat pernyataan tidak pernah dipidana di bawah ini.

Contoh Pernyataan Tidak Pernah Dipidana
Contoh Pernyataan Tidak Pernah Dipidana

21. Contoh Surat Pernyataan Setia Kepada Pancasila

 

Warga negara Indonesia yang baik sudah seharusnya setia kepada Pancaila, sebagai dasar negara Indonesia. Namun untuk berbagai keperluan, terkadang pernyataan lisan tidaklah cukup. Jika diminta, anda pun bisa menggunakan contoh surat pernyataan setia kepada pancasila di bawah ini.

Contoh Pernyataan Setia Kepada Pancasila
Contoh Pernyataan Setia Kepada Pancasila

22. Contoh Surat Pernyataan CPNS

 

Pada saat melamar CPNS, para pelamar akan diminta untuk membuat surat pernyataan. Ada dua jenis surat pernyataan CPNS yang digunakan, dan di bawah ini sudah kami lampirkan keduanya sebagai bahan referensi untuk anda sekalian.

Perlu diketahui jika antar daerah penerimaaan CPNS yang dilamar mungkin ada sedikit perbedaan format surat pernyataan. Jadi pastikan anda tidak salah memilih dan tetap gunakan format surat pernyataan CPNS dari daerah atau instansi/kementerian dimana anda melamar CPNS.

Contoh Surat Pernyataan CPNS 1
Contoh Surat Pernyataan CPNS 1
Contoh Surat Pernyataan CPNS 2
Contoh Surat Pernyataan CPNS 2

23. Contoh Surat Pernyataan Perjanjian

 

Dalam berbagai kondisi, perjnajian memang akan sangat dibutuhkan. Misalnya saja pada saat menjalin kerjasama antar perusahaan, dimnana membutuhkan bukti yang valid dan sah atas perjanjian tersebut. Anda pun bisa menggunakan contoh surat pernyataan perjanjian di bawah ini.

Contoh Pernyataan Perjanjian
Contoh Pernyataan Perjanjian

24. Contoh Pernyataan Persetujuan

 

Ketika persetujuan lisan tidak cukup, maka pernyataan tertulis tentu akan dibutuhkan, Misalnya saja di rumah sakit, dimana keluarga pasien harus menyetujui penanganan yang akan dilakukan oleh dokter, seperti operasi mialnya. Di bawah ini adalah contoh surat pernyataan persetujuan yang digunakan di rumah sakit.

Contoh Pernyataan Persetujuan
Contoh Pernyataan Persetujuan

25. Contoh Pernyataan Doc

Pernyataan tertulis memang mungkin saja dibuat dengan tulisan tangan. Namun adakalanya juga harus dikonsep dengan microsoft office juga dan anda mungkin membutuhkan surat pernyataan word. Anda pun bisa download contoh surat pernyataan doc di bawah ini.


26. Contoh Pernyataan Pdf

File Pdf mungkin memang tidak terlalu sering digunakan. Namun jika anda membutuhkannya, kami juga sudah menyediakan contoh surat pernyataan doc yang bisa anda downloiad di bawah ini.


27. Format Surat Pernyataan

Ada berbagai macam dan contoh surat pernyataan yang akan anda gunakan suatu saat nanti. Namun salah satu jenis surat pernyataan yang paling banyak digunakan adalah surat pernyataan belum menikah.

Surat pernyataan yang satu ini sering dipergunakan ketika ingin melamar pekerjaan, mendaftar di Perguruan Tinggi, mendaftar menjadi TNI atau Polri, mendaftar sebagai CPNS, dan lain – lain. Maka dari itu, kami akan memberikan satu contoh format surat pernyataan diri belum menikah di bawha ini.

SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :  
Jenis Kelamin :  
Umur :  
Agamar :  
Tempat/Tgl Lahir :  
Alamat :  

Bersama dengan surat ini saya menyatakan dengan sebenar-benarnya  bahwa saya sampai saat belum pernah menikah dengan siapapun secara adat, hukum agama dan negara. Dan benar-benar masih bujang atau perjaka.

Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan apabila surat pernyataan ini tidak benar, maka saya bersedia dituntut sesuai dengan hukum dan undang-undang yang berlaku.

(Nama Kota dan Tanggal)

Yang Membuat Pernyataan,

(Nama Anda).


Penutup

Dalam kehidupan sehari – hari, penggunaan berbagai jenis surat pernyataan seringkali kita temukan, seperti pernyataan kerja, kesanggupan, pernyataan diri, dan lain sebagainya. Anda pun bisa menggunakan beberapa contoh surat pernyataan bermaterai diatas tadi sebagai bahan referensi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top